Monday, December 9, 2013

GUE SOK BRITISH: MISA BAHASA INGGRIS DI GEREJA ST THERESIA MENTENG

 

Photo-1367

Gue bingung guys sekarang kalo pas akhir pekan gini. Gara2 keseringan gue jalan2, gue sekarang udah keabisan tempat buat dijelajahin lagi. Makanya hari Minggu kemaren gue berusaha nyari suasana beda dengan misa di gereja Santa Theresia di Menteng yang alamak jauhnya dari kosan gue di Cilandak. Sebenarnya di Cilandak ada gereja juga sih, malah deket banget, tinggal jalan 5 menit aja nyampek dari kosan gue. Cuma di gereja St Theresia gue lagi pengen nyoba sesuatu yang baru, yakni ikut misa bahasa Inggris buat ekspatriat.

Cieee...sok gaya2an banget nih guys. Soalnya gue sehari2 juga speak English, secara gue kerjanya di sekolah internasional. Di tempat kerjaku mah anak kelas 1 SD dah pinter bahasa Inggris. Malu dong kalo gue nggak bisa, ya nggak? Makanya, gue juga pengen ngerasain, gimana sih rasanya ikut misa bahasa Inggris. Secara gereja St Theresia adalah satu2nya yang melayani misa bahasa Inggris (setau gue), makanya gue sengaja ke sana.

Gereja ini hampir mirip sih rutenya (jaraknya juga kira2 sama) ama Katedral. Bedanya kalo di katedral kita tinggal naek busway jurusan OGC dari Harmoni, kalo gereja Menteng ini kita naek busway jurusan Blok M dan turun di halte Sarinah. Nanti tinggal jalan kaki ke gerejanya (dari dalam haltenya juga uda keliatan kok menara gerejanya).

Sayangnya gue datengnya kepagian guys. Kirain misa dimulai jam 11, tapi ternyata jam 11.30. Pas gue datang aja misa sebelumnya yang pakek bahasa Indonesia juga belum kelar. Akhirnya gue ngabisin waktu sambil berdoa di Gua Maria yang ada di sana. Peaceful banget deh suasananya.

Photo-1361

Jam 11 lewat dikit, gue lalu masuk ke gereja. Masih sepi, soalnya misa baru mulai setengah jam lagi. Walaupun di depan altar masih banyak kursi kosong, tapi sedari awal gue udah niat mau duduk di balkon (padahal biasanya orang2 pada ke balkon kalo tempat duduk di bawah udah abis hehehe). Ternyata pemandangan dari balkon memang aduhai. Terus terang aja gue cuman modal nekad aja ikut misa Bahasa Inggris ini. Secara guys, doa Bapa Kami ama Salam Maria versi Inggris aja gue kagak apal hahaha.

Anehnya, walaupun ini misa buat ekspatriat, ternyata 90% jemaat yang datang mukanya pribumi semua (well, banyak yang wajahnya khas etnis Tionghoa sih, tapi nggak bisa dibedain juga mereka asli WNI, orang Singapura, Cina daratan, Jepang, atau Korea). Yang muka2nya mirip Indonesia juga kemungkinan besar bukan pribumi, mungkin aja mereka Filipino, Thailand, Vietnam, dan lain-lain. Bapak2 yang duduk di samping aku (orang Indo asli soalnya ngobrol ama istrinya pake bahasa Indonesia) malah ngomong pakek bahasa Inggris ama gue. Gue dikirain Pinoy kali ya hahaha.

Nah sebelum misa dimulai, ternyata diisi dengan lantunan doa rosario. Begitu misa dimulai, nah beneran khan....GUE KAGAK NGERTI APA-APA! Hahaha...payah banget. Gue emang nggak ada pengalaman apapun sebelumnya dengan tata liturigi berbahasa Inggris. Sebenarnya lagu2 dan doa yang dilantunkan selama misa udah ada di depan (dipancarkan ama proyektor). Sialnya gue lupa bawa kacamata (gue duduknya jauh banget lagi, di balkon). Mampus dah gue. Mati kutu nih hahaha. Akhirnya gue cuman bisa manyun selama misa, walaupun gue masih ngerti sih maksud bacaan Injilnya yang mana (hampir ketiduran pula pas homili hahaha).

Cuma yang nyenengin ada dua nih selama misa Bahasa Inggris ini. Pertama lagu2nya asyik, berasa kayak misa di luar negeri. Yang kedua pas Salam Damai (salaman sehabis doa Bapa Kami, sebelum Komuni), kita salaman sambil mengucapkan, “Peace be with you”. Nah, kata “Peace be with you” ini lebih berasa maknanya daripada versi Indonesianya yang “Salam Damai” atau “Damai Kristus”. Apalagi kalo ngucapinnya sambil tersenyum, walaupun yang kita salamin itu orang yang bener2 asing bagi kita. Gue jadi ngerasain kita semua bener2 berbagi damai satu sama lain tanpa peduli kita kenal atau tidak.

Akhirnya misa berjalan dengan lancar, walaupun gue kagak ngerti tapi yang penting tetep pede aja sok tahu ikut nyanyi hehehe. Oya misa ini juga nuansanya agak “kelabu” soalnya kita juga mendoakan para korban topan yang melanda Filipina. Pas banget, soalnya paginya sebelum berangkat ke gereja gue sempet baca beritanya tentang topan di Filipina yang dikhawatirkan memakan korban hingga 1000 orang. Wah, gue ikut berbela sungkawa deh buat semua korban, soalnya jujur gue suka banget ama Filipina. Apalagi rekan2 sekerja gue alias colleague gue ada juga yang Filipino. Dan gue suka banget ama orang2 Filipino soalnya mereka ramah2 banget, mirip kayak orang Indo. Gue berharap warga Fipilina bisa bangkit lagi dari bencana ini ya, seperti orang2 Aceh dulu bisa bergeliat bangkit setelah dilanda bencana tsunami.

Akhirnya setelah misa selesai gue langsung #kabur# sebelum gue ketahuan jadi penyusup hehehe. Sialnya di luar gue baru nyadar kalo ternyata misa ini ada teks-nya (tapi gue pikir banyak yang nggak tahu juga soalnya tadi gue liat di balkon nggak ada umat yang pegang teks misa). Yah kapan2 deh, kalo ada teks misa sih nggak mati-mati kutu amat. Kapan2 ikut lagi ah misa bahasa Inggrisnya hahaha. Oya ama kalo ada kegiatan muda-mudi di St Theresia, gue diajak ya. Walaupun jauuuuh tapi gue suka banget ama gereja ini, soalnya suasananya mirip ama gereja gue di Solo yang juga bangunan Belanda kuno.

Photo-1364   Photo-1366

2 comments:

  1. hehe yang penting ada semangat bro, btw bro punya buku lagu bhasa Inggris untuk misa, boleh kirim lewat email ga bro? kapan2 kabari bro kalau mau misa lagi ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya saya udah pindah ke surabaya. duh kangen banget ama gereja st theresia

      Delete