Tuesday, December 10, 2013

KEBUN RAYA BOGOR: TERBELENGGU KABUT NOSTALGIA

 

Photo-1625

Walah, lebay banget ya judul postingan admin kali ini? Padahal isinya cuman acara jalan2 ke Kebun Raya Bogor (KBR) hehehe. Tapi emang ada alasan kenapa gue bikin judul lebay gitu guys. Soalnya dulu pas kuliah, gue ama teman2 seangkatan gue pernah KKL (Kuliah Kerja Lapangan) di sini. Duh kangen banget deh ama masa2 kuliah dulu. Soalnya masa2 kuliah dulu tuh berkesan banget dalam kehidupan admin, bahkan lebih berkesan daripada kehidupan SMA gue *yang sucks banget* Di sini gue punya temen2 senasib seperjuangan yang jadi sohib kental gue. Di sinilah gue merasakan dalamnya arti persahabatan dan rasa persaudaraan *lebay* Di sini jugalah gue mengecap manisnya kecupan pertama *hoeeek, sama aspal maksudnya*. Dan pengalaman KKL ke Bogor itulah yang menjadi pengalaman paling berkesan gue *selaen OSPEK tentunya* Sayangnya, gue sekarang kudu berpisah ama temen2 gue yang kini terpencar2 ke berbagai penjuru Indonesia. Makanya, kesempatan jalan2 ke KBR ini gue jadiin momen untuk bernostalgila *versi lebay tentunya*

Nah, secara KBR itu gedeeeeee banget (sekitar 87 hektar), jelas kita nggak bakal bisa menjelajahi tiap pelosoknya. Makanya sebelum berangkat gue udah siapin peta dan ancang2 mau kemana aja selama di KBR (bahkan udah nyiapin jalurnya). Eh sialnya, rencana itu agak berantakan soalnya gue yang rencana masuk dari pintu utama malah masuk dari pintu II. Ceritanya gue dari depan katedral naek angkot 06 hingga sampai di gerbang tempat loket tiket masuk KBR (harganya 15 ribu). Gue pikir itu tuh pintu utama. Eh ternyata itu pintu II. Nah, buat kalian yang baru pertama kali masuk KBR ini gue buatin jalur supaya nggak usah capek bolak-balik oke?

Pintu masuk (gerbang II) Taman Teijsmann Kuburan Belanda depan Istana Negara Monumen Olivia Museum Zoology Bunga Bangkai Taman Meksiko Lapangan Astrid Jalan Astrid Griya Anggrek Taman Lebak Jembatan Gantung Gerbang I (pintu keluar)

  PETA KEBUN RAYA BOGOR - Copy

PETA KEBUN RAYA BOGOR

*jalur yang disarankan*

Pertama masuk, gue liat papan peringatan ini. Emang sih tiap larangannya masuk akal semua, kecuali nomer 6 pojok kiri bawah. EMANG ADA YANG MAU JADI TARZAN GELANTUNGAN DI KEBON RAYA????

Photo-1410

Secara gue anak sesat, begitu masuk (baru masuk beberapa centi dari gerbang) gue udah langsung nyasar. Guepun menyusuri jalanan (sebelah kanan loket) dengan pohon palem yang romantis di sisi kanan kirinya ini. Nah, guys walaupun gue bukan fotografer handal, tapi gue punya dua teori tentang foto yang bagus. Pertama, ada foto yang bagus kalo kita moto objek tanpa ada manusia di dalamnya. Kayak kita motret bangunan dsb. Kita sering kan fotonya nunggu sepi dulu biar nggak ada orang lalu lalang. Tapi ada juga foto yang keliatan lebih hidup kalo ada orang2 yang beraktivitas di dalamnya. Nah, foto ini pastinya lebih hidup kalo ada orang (minimal orang lagi pacaran lah) jalan bareng di antara pepohonan palem ini. Tapi pas gue tunggu, NGGAK ADA ORANG LEWAT! Dan pas gue lagi pengen foto sesuatu tanpa gangguan kayak teori gue yang pertama, EH ORANG2 MALAH PADA SELIWERAN NGGAK JELAS!!!

Photo-1413

Gue saat itu hendak menuju Museum Zoology. Di tengah perjalanan gue malah nemuin gedung terbengkalai ini. Lihat guys vandalismenya, malu2in aja. Anak alay pasti ini yang bikin.

Photo-1415

Sesampainya gue di Museum Zoology, target gue tentunya foto2 bareng kerangka ikan paus yang menjadi koleksi andalan museum ini. Namun pas nyampe ...

Photo-1443

ASTAGA!!! LAGI DIRENOVASI????

Padahal pas gue ikut misa di Katedral Bogor tadi pagi, gerejanya juga lagi direnovasi. Waduuuh, sial banget sih gue pagi ini? Begitu masuk ke Museum Zoology, ada lukisan2 mural yang keren, berasa hidup deh gambarnya.

Photo-1420   Photo-1419  

Di dalamnya ada kerangka2 ini.

Photo-1421

Sayangnya gue nggak begitu menikmati museum ini soalnya lagi ada field trip anak2 SD yang rame banget (pada lari2an kemana-mana). Waduh, nih anak2 kalo gede jadi anak alay pasti. Tapi gue masih sempet foto2 “stuffed animals” alias taksiderium yang dibikin diorama mirip habitat aslinya. Namun gue nggak yakin hewan2 ini masih ada di alam liar, tau sendiri hutan di Indonesia udah abis gitu.

Photo-1433 Photo-1437 Photo-1440

Oya yang keren ada spider crab ini, Buset deh gede banget!!!

Photo-1430

Di deket Museum Zoology gue malah nemuin Pintu Utama yang bikin gue sadar kesalahan rute gue. Akibatnya gue balik lagi ke pintu II (nggak recommended guys, makanya mending kalian belok ke kiri dulu abis masuk ke pintu II tempat jual tiket, ke Museum Zoology-nya entaran aja, entar juga nyampe kok). Nah di sebelah kiri pintu II gue nemuin Taman Teijsmann yang ditandai dengan obelisk ini. Dari kejauhan udah keliatan Istana Bogor, tapi gue nggak langsung ke sana. Soalnya gue ngincer foto2 di Kuburan Belanda dulu.

Photo-1446

Setelah jalan menembus hutan belantara bambu *lebay*, akhirnya ketemu juga kuburan Belanda-nya. Wow kereeeen! Cuma sayang nggak ada patung angel-nya kayak di Museum Prasasti.

Photo-1465   Photo-1461

Tak jauh dari situ gue nemuin WC yang lebay.

Photo-1448

Akhirnya Istana Bogor!!! Tapi begitu sampai ke sana, lho...lho ....

Photo-1471

Astaga guys! Bagian depan istananya juga DIRENOVASI!!!! Buset deh, tapi pagi katedral direnov, kerangka ikan paus direnov, sekarang kolam depan Istana Negara juga direnov! Bujubuset, jangan2 se-Bogor lagi direnov semua? Jangan2 entar gue balik ke Jakarta, kosan gue lagi direnov juga? Dasaaaar dasaaaaar!!! Padahal spot ini cocok banget lho guys buat foto2. Gue ingat dulu gue ama temen2 gue seangkatan juga sempet foto2 di sini hiks. Akhirnya gue cuman menggelar tikar koran buat piknik dan makan bekal gue di sini.

Jalaaaan terus kita bakal nemuin Monumen Olivia Raffles yang merupakan istri Thomas Stanford Raffles. Monumen ini merupakan bukti cinta Raffles pada istrinya yang meninggal karena malaria. Wow, jadi terharu.

Photo-1479

Sampai di Monumen Olivia Raffles, gue lalu belok ke kanan (ketemu Museum Zoology lagi sebenarnya) dan mampir bentar di Toko Tanaman dan Suvenir. Rencana sih gue sebenarnya pengen beli biji Venus fly trap (tumbuhan karnivora yang keren banget). Cuma sayangnya ternyata nggak ada. Gue akhirnya beli teh rosela seharga 15 ribu. Siapa tau enak dan berkhasiat. Oya buat kalian yang nggak kuat jalan, kalian bisa rental sepeda atau naek mobil wisata dengan biaya 10 ribu (tapi kudu antre).

Gue lalu jalan lagi berusaha nemuin Bunga Bangkai alias Amorphophallus titanum (bukan Rafflesia arnoldi) ya. Tapi begitu sampe ...

Photo-1487

Yah!!! Tanamannya kemana??? Maklum aja guys. Kalo nggak berbunga, tanaman ini hanya hidup dalam bentuk umbi di bawah tanah. Baru kalo keluar bunganya baru dia mencuat dari dalam tanah. Gue lalu jalan balik lagi ke Monumen Olivia Raffles dan menuju ke Jalan Astrid. Eh di tengah jalan, gue nemuin prasasti dan patung unik ini.

Photo-1492

Gue lalu nerusin jalan setapak yang ada di situ aja, soalnya mengarah ke Taman Meksiko. Di dekatnya juga ada pohon tumbang yang keren banget. Akhirnya sampai juga di Taman Meksiko! Melihatnya jadi berasa lagi ada di Meksiko ya (ya iyalah, masak berasa di Republik Adzerbaidjan). Di sini emang isinya tanaman gurun gitu guys kayak kaktus dan sodara2nya.

Photo-1497

Tapi yang bikin gemes tangan2 usil ini nih! Admin yakin seyakin2nya ini pasti ulah anak alay!!!  Najis cuih ....

Photo-1499

Jalan terus dan gue nemuin jembatan merah *yang gagal gue foto soalnya banyak cewek2 pose2 nggak jelas di situ* dan akhirnya setelah gue seberangin (dan jalan lumayan) gue ketemu ama Kafe Dedaunan dan lapangannya yang wow ini.

Photo-1517

Di sini ada teratai raksasa yang nama latinnya cukup keren, yakni Victoria amazonica. Yap, tanaman ini emang asli Amazon dan merupakan teratai terbesar di dunia. Bahkan konon kalo kamu naruh bayi di atasnya, dia nggak bakal tenggelam lho *but don’t try this at KBR*.

Photo-1513   Photo-1508 

Gue lalu menelusuri Jalan Astrid yang emang keliatan asri dengan bunga2nya yang indah. Di kanan kiri juga banyak banget orang2 lagi ngadain acara bersama.

Photo-1518   Photo-1520 

Di Jalan Astrid ada juga pohon baobab atau Adansonia yang asli Afrika ini. Aneh ya pohonnya?

Photo-1581  Photo-1579

Nah, abis itu di ujung jalan Astrid gue belok dan nemuin Griya Anggrek. Nih tempat superkeren, sumpah! Turis2 bule yang masuk ke sini aja ampe terperangah liat koleksi2nya. Penataannya juga wow banget, berasa kayak di hutan tropis gitu (ada air terjunnya juga). Pokoknya keren deh! Cuma kalo mau masuk kudu hati2, jalanannya licin. Bahkan ampe tulisan “Hati-Hati tangga licin” aja ampe jatuh kepeleset hehehe.

Photo-1523

Ini dia koleksinya ...

Photo-1536   Photo-1559

Photo-1562   Photo-1565

Abis dari Griya Angggrek gue jalan terus dan mulai merasakan dehidrasi. Dua botol air minum yang gue siapin ternyata udah abis gue sedot. Untungnya, di sini gue nemuin ....

Photo-1572

THANK GOD!!! Ternyata ada air minum gratisan di sini. Ada dua keran yang walaupun ngucurnya pelan banget tapi akhirnya bisa memuaskan dahaga gue. Cuma sayangnya yang keluar air putih doang ya? Coba es jeruk atau jus stroberi *masih untung dikasih, masih minta yang aneh2*

Gue lalu nemuin taman yang isinya Koleksi Tanaman Obat. Gue awalnya sih nggak tertarik, tapi pas baca plakatnya, ternyata ada koleksi tanaman obat untuk masalah kewanitaan! Waduuuh langsung kepengen liat deh tanamannya kayak apa. Tapi pas gue muter2 gue malah nggak ketemu tanamannya. Yang ada malah orang pacaran. Gue saranin guys, kalo mau tempat pacaran yang sepi, tempat ini emang pas. Soalnya tau sendiri lah, kayaknya nggak ada yang tertarik masuk ke sini #lah malah kasih nasehat yang nggak baek hehehe#

Di jalan gue ketemu ama pohon yang buahnya aneh ini. Aneh banget kan buahnya, kayak abis dimakan gitu. Padahal baru jatuh dari pohon. Jangan2 setelah nanya ke ahlinya, “Ooooh, itu mah buahnya abis dimakan codot. Tuh yang basah2 kan air liurnya masih nempel.” Gue langsung, “HIIIIIY HIIIIYYYY...” sambil ngelempar buahnya.

Photo-1585

Gue jadi ingat guys buah aneh yang ada di kampus gue di UNS Solo. Di depan GOR basket UNS tuh ada pohon aneh yang buahnya panjang2. Terus kalo buahnya jatuh ke tanah, dia berubah jadi batu. Nggak percaya? Tapi beneran ada kok.

Nah, berikutnya gue ketemu ama Taman Lebak Sudjana Kassan yang menurutku nggak mengecewakan ini.

Photo-1589   Photo-1594

Jalaaaaaan terus dan nyampek deh di jembatan gantung. Wow, langsung berasa di Golden Gate-nya San Fransisco hahaha *lebay*. Cuman agak serem guys pas gue lewat, soalnya goyang2 gitu. Gue langsung panik soalnya ada keterangan maksimal jembatan ini untuk 10 orang. Tapi pas gue lewat jelas2 ada lebih dari 10 orang soalnya banyak anak2 alay lagi foto2 di tengah jembatan. Langsung gue #kabur#

Photo-1611   Photo-1610  

Di deket situ makam misterius (banyak yang ziarah, tapi nggak tau makam siapa) ama ada tangga ini juga guys. Tapi saranku sih jangan dinaikin, cuman bikin capek. But it looks like exotic forest right?

Photo-1613

Di sini gue ketemu tentara (banyak tentara di KBR nggak tau napa, mungkin gara2 deket ama istana kali ya) yang menyarankan gue jalan lewat bawah aja, soalnya kata dia di bawah lebih banyak “pemandangannya”.

Pemandangan versi bapak tentara: “Pohon, taman, ama bunga2 yang ada di KBR”

Pemandangan versi gue: “Cewek2 Bandung yang lagi jalan2 ke Bogor.”

Gue lalu langsung mencari jalan ke pintu keluar, soalnya waktu udah nunjukin setengah 3 (lagian udah capek juga) dan gue harus kembali ke Jakarta. Di jalan gue lewatin landmark2 kayak Monumen Kelapa Sawit (katanya kelapa sawit pertama di Asia Tenggara ditanam di KBR ini lho), lalu koleksi Pandan, ama Monumen JJ Smith yang ....uh, no comment deh.

Photo-1624

Btw, monumen ini dibuat khusus buat penulis Vampire Diaries lho hahaha (yang nama slinya LJ Smith, kalian ngerti lelucon gue kagak sih?).

Akhirnya, petualangan ini kuakhiri di Pintu Utama KBR. Abis itu gue jalan lagi buat nyari manisan pala buat oleh2 terus naek angkot ke terminal (yang gue sesalin, soalnya terminalnya deket banget ternyata). Akhir kata, gue cuman bisa mengutuk diri gue sendiri, soalnya pas gue ke Bogor, semua objek wisata yang gue harapkan untuk dilihat DALAM KONDISI DIRENOVASI!!! Tapi cukuplah untuk memuaskan nostalgila gue akan kenangan2 masa kuliah dulu. Coba Jakarta ada tempat beginian #ngimpi#

3 comments:

  1. Lain kali kalo ke KRB Mending lu bahas makam belanda sampe habis ya min..XD
    Lumayan,2 temen gw ampe kebawa mimpi
    ditambah..mimpi dua2nya sama X'|
    kalo gw kabur..jd ga sempet kejadian aneh aneh..Nice post

    ReplyDelete
  2. Bank Dave ngomong2 pohon yg di UNS yg buahnya klo jatoh jd batu itu beneran gk sih? klo iya apa nama pohonnya? sekalikali jalan2 ke tempat wisata yg angker dong kan seru tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. bank dave sombong amat sih. jawab dong. penasaran bgt nih

      Delete