Sunday, October 12, 2014

LET’S HAVE SOME FUN IN DUFAN!

 

1404973003873 - Copy - Copy1404973003873 - Copy (2)1404973003873 - Copy (3)

Hallo readers. Pasti pada nggak sabar khan denger cerita jalan2 admin? Kali ini admin berkunjung lagi ke Dufan di Ancol. Wait ... Dufan? Bukannya admin adalah pecinta sejarah, kok tumben ke tempat rekreasi keluarga kayak gini? Ya emang sih guys. Namun berhubung gue lagi liburan panjang nih dan Dufan juga lagi promo diskon 50%, nggak ada salahnya gue sekali-kali ke sini.

Flashback dikit ke pantai Ancol yang airnya coklat2 gimana gitu (definitely polluted). Gue nggak berani nyebur ke situ soalnya entar takutnya jadi monster mutan kayak di serial Jiban. Makanya gue kepengen banget maen ke Pulau Seribu. Denger2 di sana pastainya masih alami. Nah, selama di sini gue sempet memfoto vandalisme ala anak2 ABG sekarang yang ternyata kocak banget dan bikin gue geleng2 kepala. Kapan tobatnya nih anak2 Jakarta. Banyak yang curhat, kayak ini nih:

1404024315822

Congratulation, Jonathan Patrice Hamonangan Panjaitan ... you had yourself a fans (and perhaps a creepy stalker). I will beware if I were you.

1404024433796

Oke, corat-coret kayak gini sih masih wajar ya. Anak2 SMK kan biasanya bengal2 hehehe. Tapi kalo ini?

1404024302637

Astagfirullah ... anak2 Majelis Taklim juga ikut2an? Tapi masih kurang parah kalo dibandingin ama ini ....

1404024287206

ASTAGA! ANAK2 SLB JUGA IKUT2AN? TAWURAN LAGI???? (nggak bisa gue bayangin tawurannya gimana).

Omong2 soal vandalisme, pas tulisan ini dibuat, lagi heboh banget kasus vandalisme anak2 Klaten di Gunung Fuji yang pastinya mencoreng banget nama Indonesia di dunia internasional. Kita harusnya malu banget, soalnya gunung Fuji tuh dianggap sakral banget ama orang Jepang. Emang foto2 narsis2an udah nggak cukup ya, pake corat-coret segala. Malu2in banget!

Balik lagi ke cerita jalan2 admin. Di Ancol juga ada destinasi menarik yang pastinya sudah nggak asing lagi buat kalian, yakni Dufan. Asiknya tuh kalo ke Dufan bareng temen2 ya guys. Tapi sayangnya gue saudara2 gue udah keseringan maen ke sini jadi pada nggak mau diajak. Temen2 gue juga masih kerja jadi nggak bisa nemenin. Akhirnya gue berpetualang ke sini sendirian, sedihnya ... Mungkin aja ya lain kali gue ama para follower setia blog Mengaku Backpacker bisa jalan2 bareng kemana gitu daripada gue backpackeran solo terus begini. Setuju? Sekalian bisa jumpa fans hohoho *plaaak*

Tiket Dufan kebetulan lagi dikorting abis. Dari tiket normal seharga 180 K IDR (hari kerja) menjadi separuhnya, cuma 90 K IDR. Tergolong murah dong guys. Tempat ini lagi banting harga soalnya denger2 Dufan ini mulai kehilangan pamornya gara2 wahana hiburan yang makin menjamur di Bogor dan Bandung. Bahkan sampai ada promo cuman bayar 280 K buat masuk ke Dufan selama setahun. Tapi jangan buru2 tergoda ama rayuan mereka ya. Menurut gue, Dufan adalah tipe tempat yang kayaknya cuman seru untuk dikunjungi sekali aja. Kunjungan kedua ketiga mungkin udah bosan kali ya.

Sesuai saran yang sering gue baca di berbagai blog, gue datang ke sini sepagi mungkin. Transport ke sini gampang banget, tinggal naek busway jurusan Ancol. Tempat tiketnya pun udah terintegrasi banget ama halte buswaynya. Setelah membayar tiket masuk Ancol seharga 20 K, guepun meluncur ke Dufan yang letaknya lumayan dekat ama halte busway. Di sana karena masih pagi (sekitar jam 11), gue nggak perlu antri. Di sana tangan gue di-cap kayak di Sea World. Cuman nggak tau kenapa, cap yang di sini gampang ilang. Baru naek wahana beberapa kali, capnya udah luntur aja. Tapi untung walaupun udah pudar2 gimana gitu, cap itu masih bertahan ampe sore.

Karena baru pertama kali masuk ke sini, wahana yang pertama gue coba tentu yang nggak ekstrim dulu. Pertama gue naik Bianglala yang sebenarnya sih nggak tinggi2 amat. Cuman ya gara2 gue orangnya agrophobia (takut ketinggian) cukup buat merinding aja pas nyampe di puncak. Ditambah keretanya pas berhenti lagi pas gue di puncak. Lucunya gue pas bareng satu kereta ama keluarga yang bawa anak kecil. Eh di puncak (pas berenti) dia malah disuapin maem sambil ngomong, “Mah, kok keretanya berhenti? Nggak seru ah?” Buset deh ... nggak seru? Gue aja yang udah om2 meriding. Perlu dinaikin Tornado nih anak.

1404965918554

Sesampainya di bawah gue lalu mencoba wahana yang agak ekstrim, yaitu Hysteria. Walaupun antreannya nggak nguatin panjangnya, namun gue puas banget naek wahana ini. Seru banget, walaupun bentar.

Pertama kita akan duduk dan alat ini mulai menaikturunkan kita di ketinggian yang cemen. Namun pas di saat yang terduga, wahana ini akan menaikkan kita secara tiba2 dengan sangat cepat. Nah pengalaman yang bikin kita merinding bukan pas naiknya, namun pas kita naik secara kilat lalu diturunkan bentar. Beneran, pas saat itu gue ampe nggak bisa ngerasain bokong gue, soalnya kayak melayang di atas kursi. Hmm...kayak hukum I Newton tentang kelembaman ya, benda yang bergerak akan cenderung tetap bergerak walaupun udah dihentikan.

1404972151143 - Copy1404972149800 - Copy1404972154452 - Copy

Untungnya gue duduknya ke arah pantai, jadi gue bisa melihat pemandangan laut yang lumayan indah pas gue di puncak. Cukup buat nurunin adrenalin hehehe. Oya warning aja pas kalian naik wahana ini sebaiknya jangan bawa benda yang mudah jatuh. Bahkan sandal sebaiknya dilepas aja. Tapi pengalaman gue yang pake kacamata saat itu, nggak masalah kok, kacamatanya masih tetap menempel dengan erat di mata gue hehehe.

Saking serunya wahana ini, begitu turun gue langsung kepengen naik lagi. Tapi bentar ... istirahat dulu aja hehehe. Wahana ketiga yang gue naikin adalah Ontang Anting. Gue naek ini sih gara2 kupikir wahana ini nggak terlalu ekstrim. But think twice, pas naek ternyata muternya tinggi banget, ampe kaki gue terasa bisa nyentuh pucuk2 pepohonan yang ada di sekitarnya. Wah, terlalu underestimate nih.

1404968302178

Wahana berikutnya yang gue naikin adalah wahana paling ekstrim di Dufan ini, yakni ...

Ekspresi readers: “Pasti yang admin maksud ini ...”

1404972174516

Bukaaaan! Maksud gue yang ini ....

1404971446373

Roller coaster alias Halilintar! Well, yang ini jelas ekstrim. Namun gara2 gue orangnya penakut, pas roller coasternya menukik 360 derajat menghadap ke bawah, gue langsung tutup mata hahaha. Soalnya gue pikir roller coasternya bakalan lama. Namun ternyata bentar banget, cuman sekali putaran. Nyesel deh gue tadi merem. Ngulang lagi jelas ogah gue. Jadilah gue keilangan kesempatan gue berekstrim ria di wahana ini.

Sehabis itu gue langsung menenangkan diri di wahana penguin “Happy Feet” ini. Semula sih gue masuk cuman buat ngisi waktu doang, namun ternyata seru juga. Di sini ada 2 ruang. Ruang pertama menyajikan sinopsis cerita Happy Feet (cuman proyektor aja di sini) dan kedua adalah teater 4D. Di sini kursi kita akan bergerak2 mengikuti gerakan di layar (adegan pas Happy Feet dikejar2 singa laut). Asik banget ternyata di sini. Cuman kalo mau masuk lagi males, soalnya antreannya panjang banget.

1404970945208

Menepati janji gue, gue lalu naek Hysteria untuk yang kedua kalinya. Kali kedua gue naik, gue udah mulai terbiasa nih. Pas naeknya gue sama sekali nggak kaget. Namun tetap saja, sensasi “i-can’t-feel-my-butt” tetap aja terasa. Hahaha dan lagi2 gue memlih posisi dimana gue bisa lihat laut dari atas. Sehabis itu, gue naik “Kora Kora” yang lumayan fun juga. Di sini nggak ada teriak2, yang ada malah pada ketawa histeris.

1404973130838

Tapi sumpah guys, kalo disuruh naek Tornado semacam ini, gue nggak berani. Gue aja ngilu liat yang naek pada diputer2 nggak jelas, apalagi naek. Itu anak orang yang diputer2 kayak sate gitu. Gue pernah naek wahana yang sama pas gue di Jatim Park dan kayaknya sekali seumur hidup aja cukup deh hehehe.

1404973257002

Abis itu gue nenangin diri sambil jalan2 di sekitaran danau. Rupanya ada juga lokasi romantis di sini.

1404980995772

Nah ini nih daerah yang bangunan2nya bergaya western ala coboy gitu. Ada shooting range juga, tapi gue nggak coba. Gue malah masuk ke Rumah Miring yang ternyata nggak ada seru2nya sama sekali. Pendek banget rutenya.

1404973492502   1404973476114

Di sini ternyata juga ada Istana Boneka kayak di TMII. Hmmm ... kalo isinya boneka Annabelle atau jenglot sih gue mau masuk hehehe (dasar kebanyakan translate riddle horor).

1404973389745

Setelah puas makan siang, gue lanjut ke wahana Ice Age. Sebenarnya ini adalah tujuan utama gue datang ke Dufan. Namun sayang pas gue datang jam 11 tadi, wahana ini belum buka. Wahana ini baru buka jam 1 dan antrenya alamak ... panjang banget. Ngalah2in antre sembako. Gue nunggu sekitar sejam cuman buat bisa masuk ke sini. Namun menurut gue, pengorbanan gue dipanggang di panas yang terik selama sejam benar2 worth it banget, soalnya wahananya seru banget.

1404965490484   1404984522921

Di sini kita bakal naek kapal dan menyusuri sungai untuk bertemu dengan karakter2 Ice Age. Lucu banget pas bisa liat Diego si Sabretooth mulutnya bisa gerak2 dan ngomong. Pas ada robot brontosaurus makan daun juga lucu banget. Tapi yang paling memacu adrenalin pas kita ketemu dinosaurus buaya, serasa naek roller coaster. Bisa dibilang pas disini tuh mirip2 wahana Niagara alias kita bakal basah kuyub. Apalagi di sini udaranya dingin banget. Gue saranin sih pake jaket tebel yang anti air kalo masuk ke sini. Tapi dijamin nggak bakal nyesel deh.

Setelah seru2an di Ice Age, gue naik wahana terakhir yang belum gue naikin, yakni Turangga Rangga Yap, wahana unyu ini emang pas banget jadi penutup perjananan gue.

1404980241625

Ekspresi readers: “Plis deh ... jangan bilang admin takut pas kudanya muter naik turun ...”

1404980661953

Hehehe ... agak sih ... dikiiiiiit banget. Tapi gue pikir pasti seru ya kalo naeknya malam hari pas lampu2 di komidi putar ini nyala, pasti romantis beut.

Gue bakalan pulang kalau saja senadainya gue nggak ingat kalo jam sudah menunjukkan pukul 4 sore. Lho ... ada apa pukul 4 sore? Rupanya ada Treasueland: Temple of Fire, yakni pertunjukan stuntman yang menceritakan petualangan Profesor Smith dan rekannya untuk menemukan harta karun. Mereka harus berhadapan dengan suku pribumi serta tokoh antagonis bernama Dora dan komplotannya. Dijamin betah deh lihat show ini, apalagi yang maen jadi Dora cantik dan sexy banget. Namun yang menarik perhatian gue justru yang maen jadi rekannya Profesor Smith, soalnya kocak banget.

1404981753988

Di pertunjukan ini banyak banget aksi stuntman seperti terjun dari ketinggian hingga semburan api. Semburan apinya beneran men ... panasnya aja ampe kerasa di kursi penonton. Oya ... kalo kalian duduk di kursi tengah jangan lupa sedia payung, soalnya kita bakalan “dikerjain” dengan cara disemburin air dari panggung. Gue aja ampe basah semua pas pulang. Di akhir pementasan, kita juga bisa berfoto bareng ama para pemerannya. Seru banget pokoknya. Don’t miss it when you’re in Dufan.

Dan berfoto bareng maskot Dufan asyik kali ya … namuuuuuuuun, laen kali aja deh ….

1404984644489

Nah, itulah sekilas perjalanan gue ke Dufan. Pas gue pulang naek busway, gue malah dejavu dan merasa kayak naek roller coaster lagi. Hahaha ... namanya juga bus di Jakarta. Well, kesimpulannya, se-ekstrim apapun wahana di Dufan, dijamin masih kalah tuh ama yang namanya KOPAJA.

7 comments:

  1. lain x ajak2 dong bang dave.. rame2 lebih seru.. ^^

    ReplyDelete
  2. hehheee.. ga mati kutu ya jalan sendirian?
    well--nanti sekali seumur idup bolelah nyobain ke dufan
    oh ya, bole request? hehe
    minta jalan" backpacker ke luar negeri dong?
    yang admin mau kunjungin gitu?? ke negara mana dan mau liat apa aja? yyyy *puppyeye

    ReplyDelete
  3. Suka banget dehhh baca baca pengalaman kak Dave kaya gini bisa bikin ketawa sendiri wkwkwk:D

    ReplyDelete
  4. Di Indonesia, dufan akan terus menjadi tempat hiburan favorit keluarga.. :)

    ReplyDelete
  5. Post an nya udah lama tapi gue baru baca wkwk. Niatnya pengen Denger cerita dufannya tapi malah ngakak dibagian vandalisme apalagi slb tawuran. Ngakak deh:)

    ReplyDelete
  6. Seruuu banget ceritanya. Btw aku baca ini karena pengen banget berani buat solo trip, minimal ke Dufan dulu deh yang deket. Tapi alesan paling utamanya mah ya pengen manfaatin annual pass aja kwkkww. Thanks kak, tulisannya sangat memotivasi hihihii

    ReplyDelete
  7. Waaaaaa


    *Belum pernah ke Dufan

    ReplyDelete