Sunday, October 12, 2014

NOSTALGILA 90-AN: GOOSEBUMPS EFECTS!

 

goosebumps

Hallo guys *terutama yang seumuran ama admin* Buat kalian yang masih SD pas masa 90-an *yang berarti membuat kalian sekarang berumur twenty-something* pasti inget banget ama Goosebumps. Goosebumps adalah novela (novel tapi lebih pendek) horor yang diciptain oleh penulis favorit gue, RL Stine. Yap, jauh sebelum novel2 kayak Harry Potter, Hunger Games, dan Percy Jackson sukses besar, buku2 ini yang jadi favorit anak2 pada zamannya. Goosebumps dulu ngetop banget pas gue SD, alasannya karena ceritanya serem (untuk ukuran anak seumuran gue) dan juga ceritanya cukup pendek (kalo dibandingin novel) jadi enak banget dibaca. Mau bernostalgila bareng buku2 Goosebumps ini? Ayo simak artikel admin berikut ini.

Goosebumps diciptain oleh penulis bernama asli Robert Lawrence Stine yang sekarang mungkin udah jadi kakek2 ya, soalnya beliau lahir di tahun 1943. Beliau seorang lulusan Sastra Inggris, pantes aja beliau hobi banget menulis. Sebelum menjadi penulis buku horor anak-anak, beliau ternyata pernah bekerja sebagai tim kreatif di Nicklelodeon. Nggak heran beliau deket banget ama dunia anak2. Uniknya, sebelum menulis buku2 horor, beliau ternyata gemar menulis buku2 komedi lho.

1goosebump

Pada akhir 90-an, beliau memutuskan banting setir menulis novela horor remaja berjudul “Fear Street”. Melihat kesuksesan buku2 horor ciptaannya, RL Stine mulai menulis buku horor untuk anak2 pada tahun 90-an. Maka lahirlah serial Goosebumps. Namanya juga pas ya ama isi bukunya, soalnya “goosebumps” dalam bahasa Inggris berarti meriding atau berdiri bulu kuduknya.

Buku Goosebumps pertama yang beliau luncurkan adalah “Welcome to the Dead House” pada 1992 yang ternyata di luar dugaan, meraup kesuksesan yang luar biasa. Buku itu langsung terjual 1 juta kopi pada minggu pertama penjualannya! Buset deh, dahsyat banget! Nggak heran, beliau terus-menerus ketagihan memproduksi lanjutannya. Hingga akhir periode 90-an dimana serial Goosebumps ini berjaya, tercatat sudah ada 62 jilid dan terhitung seluruh edisinya terjual hingga 350 juta kopi! Buku2 ini juga sudah diterjemahkan dalam 32 bahasa, termasuk Indonesia tentunya.

Rahasia kesuksesan buku2 Goosebumps tentu adalah kepiawaian RL Stine dalam menulis plot twist yang bikin ending tiap bukunya sama sekali nggak terduga. Buku2 Goosebumps juga sukses membuat anak2 di seluruh dunia merinding karena tak pernah gagal mengeksploitasi ketakutan anak2 pada hantu, monster di kolong tempat tidur, ruang bawah tanah, atau pada kegelapan. Beberapa buku juga punya cover2 yang disturbing dan cukup menakutkan buat anak seumuran gue dulu. Berikut ini beberapa judul Goosebumps yang gue ingat.

Serigala Rawa Demam

51FRJJRHDPL

Menurut gue sih ini seri Goosebumps yang paling serem. Ceritanya tentang manusia serigala yang berkeliaran di rawa2.

Darah Monster

MonsterBlood

Yang ini juga lumayan serem dan dibikin sekuelnya, menceritakan darah monster yang menyebabkan manusia yang terkena menjadi raksasa.

Misteri Hantu Tanpa Kepala

0978043966987_500X500

Lupa ceritanya, tapi covernya bikin ... hiiiiiy ....

Boneka Hidup Beraksi

N11665

Yang ini juga cukup sukses dan dibikin beberapa sekuelnya. Ceritanya tentang boneka yang bisa hidup dan berbicara.

Kutukan Makam Mumi

Goosebumps_-5_The_Curse_of_the_Mummy's_Tomb

Salah satu cerita favorit gue. Bercerita tentang seorang anak yang ikut penggalian arkeologis orang tuanya di Mesir dan bertemu dengan, tentu saja, mumi.

Masalah Besar

Goosebumps-Masalah-Besar

Nah gue pernah punya buku ini. Ceritanya tentang anak yang nyelametin putri duyung. Gara2 buku ini gue jadi suka banget ama hiu martil wkwkwk.

Rahasia Kepala Terpenggal

0590568760_01_SCLZZZZZZZ_

Udah pernah baca belum ya ... lupa. Tapi judulnya aja udah disturbing banget.

Topeng Hantu

The_Haunted_Mask

Seingat gue ini salah satu buku Goosebumps yang terkenal. Lihat covernya aja dulu gue dah merinding.

Tetangga Hantu

misc-novel-horor-rlstine-goosebumps-10tetanggahantu

Hahaha ... gue juga inget buku yang satu ini. Ending2nya si tokoh utamanya yang ternyata hantu.

Bergaya Sebelum Mati

misc-novel-horor-rlstine-goosebumps-4bergayasebelummati

Bercerita tentang kamera yang bisa nangkap kematian seseorang. Cover buku ini juga bikin gue ketakutan dulu (maklum anak SD).

Jauhi Ruang Bawah Tanah

stay-out-of-the-basement

Kalo nggak salah ceritanya tentang seorang anak yang ayahnya melakukan penelitian dengan tanaman di ruang bawah tanah. Salah satu cover buku Goosebumps favorit gue.

Ini beberapa buku Goosebumps lainnya (yang gue inget covernya)

  8151639852_52d29ecca1   Goosebumps-Ghost-Camp-Stine-R-L-9780439568319

welcome-to-camp-nightmare    Piano_lessons_can_be_murder

Nah, salah satu spin off dari buku2 Goosebumps ini yang gue suka banget adalah game-book berjudul “Seri Petualangan Maut” soalnya isinya kratif banget. Jadi kita bisa memilih petualangan kita sendiri. Contohnya nih, dalam halaman yang kita buka, kita ketemu mumi. Nah nanti ada petunjuk: kalo mau menghadapi mumi, lompat ke halaman berapa; tapi kalo mau kabur, lompat ke halaman berapa. Duh seru banget deh, soalnya ada ending bagus (kita selamet) dan ada juga ending yang jelek (kita ikutan jadi mumi atau apa). Wah keren banget! Sayang sekarang buku model beginian nggak ada lagi hiks.

CAM00237

Buku RL Stine ini kerap mendapat pujian karena tema bukunya yang bebas dari kekerasan, walaupun bergenre horor. Beliau juga kerap memasukkan unsur humor ke dalam buku2nya yang lebih bikin anak2 betah membacanya. Dan yang paling penting, buku2 Goosebumps ini membuat anak2 menjadi gemar membaca. Padahal biasanya kan anak2 sukanya buku yang banyak gambarnya. Nah, Goosebumps ini isinya tulisan semua tapi tetep bikin anak2 betah bacanya. Jarang2 lho. Salut deh buat penulisnya.

Well, ternyata ada banyak ya sisi positif yang didapat dari buku2 Goosebumps. Moga2 aja ya yang ini nggak dicekal KPI kayak Spongebob wkwkwk. Apa kalian juga ingat juga ama serial Goosebumps ini? Buat yang masih muda *alias lahirnya tahun 2000-an ke atas* dan nggak begitu tahu tentang buku2 ini, boleh kok dibaca *tapi agak susah sih nyarinya sekarang* soalnya seru. Kalo punya adek2 yang suka cerita horor dan masih duduk di sekolah dasar, bisa juga tuh disaranin baca buku2 Goosebumps ini.

Buat yang kangen atau kepengen mengenal seri buku Goosebumps, ini ada beberapa link yang bisa admin kasih.

http://horortime.blogspot.com/2013/05/tetangga-hantu.html

http://gundhanasevi.blogspot.com/2014/07/r.html

http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000006002317/buku-goosebumps/ (ada link downloadnya, tapi nggak tau masih berfungsi atau nggak)

Nah, apa buku Goosebumps favorit kalian? Jangan lupa kasih comment ya ...

14 comments:

  1. Blm bacA..bru ntn filmya. .tu aja dh nyeremin broo..

    ReplyDelete
  2. udah baca yang tetangga hantu ama bergaya sebelum mati
    ini gue baca ps smp dan belinya di pasar loak
    wahh.. ceritanya keren
    dulu kan gue kutu buku tuh, doyan banget baca novel ama komik (bergendre apa aja) asal buku cerita gue baca
    aku punya beberapa serial novel terjemahan Alfred Hitchcock dan Trio Detektif (punya beberapa seri) ama satu lagi lupa pengaranganya tentang anak" yg berpetualang di sebuah pulau rahasia. sampe sekrang jadi novel fav. :)
    sekarang? novel terbaru aja belum tentu gue liat
    hahahahaha

    ReplyDelete
  3. Bergaya sebelum mati ya???
    .
    wah anee punya min... asli serem bingitz kalo baca malem2. walaupun nover terjemahan, tapi isinya ngena banget. Tapi lupa gimana persis ceritanya, coz bukunya udah dikardusin tuh ehheheh

    ReplyDelete
  4. Goosebumps yanh pernah saya baca. Buku 1. Welcome to death house alias selamat datang si rumah mati, keren nih. Endingnya ada keluarga lain yg beli terus pelayan atau apanya gitu yg udah
    Ketahuan bahwa dia udah mati masih ada di rumah itu. Kalau nggak salah anjing mereka kan ikut mati juga..
    Buku ke 2 Rahasia ruang bawah tanah, endingnya si bapaknya tokoh utama hampir aja jadi tanaman. Ceritanya ttg tanaman hidup gitu kan. Terus lupa buku ke berapa yg judulnya wanita pecinta monster yg dia liat penjaga perpusnya makan lalat. Penjaga perpusnya monster. Tapi yg paling shock endingnya itu sekeluarga si cewek yg jadi tokoh utama lebih monster lagi. Kalau welcome the camp nightmare juga nggak nyangka "fakta" nya. Duh banyak deh dulu punya goosebumps koleksi seperti "jangan sembarangan mengucapkan keinginan", "kutukan ayam", "percuma menakut nakuti ku", "masalah besar", "phantom opera", dll.. duh jadi pengen baca lagi. Kalau yg seri petualangan maut dulu punya "Dingdong matilah kau" sama "festival hantu" . Saya pilih jalan cerita selalu kena yg kejebak selamanya di tempat itu kalau hidup pun itu cacat. Hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bener nih punya koleksinya?
      masih ada gaa? mau dong pinjeemmmmm
      kyaaa.. penasaran
      susah banget nyari novel" lama
      padahal isinya bermutu banget
      dan yang paling disuka ga panjang" amat

      Delete
    2. mbak Ella: iya koleksi, eh ternyata pas kemarin di bongkar lagi dari kardus kardus, udah ke makan rayap, T_T.. bukunya jadi tinggal setengah gitu..hiksss

      Delete
  5. ada juga seri the nightmare room yang juga serem ceritanya

    ReplyDelete
  6. Nah, goosebumps yg ceritanya loncat-loncat ke halaman berapa tuh yg seru, waktu itu ceritanya 2 org anak (seinget saya ada yg namanya lucy, entah anak itu entah hantunya) yg tinggal di rumah seorang nenek dan dibelakangnya ada kuburan. Nah kalo kita milih yg arahnya ke kuburan endingnya selalu kena sihir jadi patung.. Entahlah, udah lama banget waktu SD :) And I need it now :(

    ReplyDelete
  7. min klo goosebumps yang ceritanya kita yang tentuin itu goosebumps yang mana yaa?

    ReplyDelete
  8. Baru beli di pasar loak hari ini banget. Dapetnya versi bahasa inggris, beli yang judulnya one day at horrorland sama you can't scare me. nostalgia masa2 SD, dulu kayaknya takut bgt, baca satu bab aja ga mau nerusin tpi tadi baca ketawa2 aja, seru banget! R. L. Stine emang oke banget cara penulisannya ga bertele-tele tpi to the point. Sama tadi beli fear street yang berpesta semalam suntuk sama life guard, blom sempet baca. Seneng banget deh baca2 lagi goosebumps.

    ReplyDelete
  9. wahh.. jadi kangen baca goosebumps lagi, terakhir baca itu pas SMA kira2 tahun 2000 an

    ReplyDelete
  10. Gan masih punya buku"nya gak? Bisa saya beli mungkin.

    ReplyDelete
  11. Goosebumps ever.. Saya punya koleksi cukup banyak, seri petualangan maut,seri the nightmare room,fear street saga,fear street superchiler,fearstreet no.99,hampir seri novel R.L stain semua punya seru2 abis ampe sekarang ga bosen di baca..ada juga koleksi enid blyton 5 sekawan buat yg lahir tahun 70an pasti tau bukunya,ada juga novel klasik seri elang gramedia yg keluar tahun 75-80an,ceritanya juga keren2 pokonya buku2 novel di atas top semua dah,rugi kalo ga punya, udah pada langka semua bukunya,

    ReplyDelete
  12. Paling suka Bergaya Sebelum Mati, Hantu Auditorium, Pantai Hantu, sama Darah Monster (I-II). Keren semua. Bacaan saya pas masih SD hahaha :D

    ReplyDelete