Wednesday, March 4, 2015

FUTURISTIC MOSQUE: 10 MASJID MODERN PALING MENCENGANGKAN

 

103_1

Gue pernah menulis artikel tentang gereja2 modern yang ternyata disempurnakan oleh salah satu readers gue di postingan kaskus ini. Hal ini membuat gue bertanya-tanya, ada nggak ya masjid yang bentuknya modern? Karena setau gue, umat Muslim cukup setia dalam membangun masjid2 berkubah yang sudah menjadi tradisi selama ratusan tahun. Setelah hunting2 di google, akhirnya gue berhasil menyusun list 10 masjid modern yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Agak sukar memang mencarinya, namun dengan ini gue lega karena arsitek2 Muslim rupanya mulai meng-embrace modernitas dan nggak terpaku ama pakem2 desain masjid yang konservatif. Berikut ini 10 masjid modern paling kontemporer dan futuristis yang berhasil gue kompilasi.

 

1. Sheikh al Zayed Mosque (Dubai, Uni Emirat Arab)

Sheikh_Zayed_Grand_Mosque_2_UAE

Masjid megah ini memang masih memeluk erat desain masjid tradisional. Dibangun pada 1996-2007, masjid terbesar di Uni Emirat Arab ini mampu menampung hingga 40 ribu jemaah. Masjid dengan jumlah kubah yang menakjubkan, mencapai 85 buah ini, juga menjadi rumah bagi karpet terbesar di dunia dan chandelier (lampu gantung) terbesar ketiga di dunia.

30459

Masjid lainnya yang “harusnya” dibangun di Dubai adalah Muhammad bin Rashid Garden Mosque yang seharusnya merupakan salah satu proyek eco-friendly yang ambisius dari pemerintah UEA. Proyek ini dirancang meliputi universitas, museum, perpustakaan, masjid, perkantoran, apartemen, bahkan kebun binatang yang semuanya terletak dalam areal taman yang luas (di tengah gurun pasir Dubai). Namun sayangnya akibat krisis ekonomi dunia pada 1997-1998, proyek ini terpaksa dibatalkan, sehingga kita mungkin takkan pernah melihat pembangunan masjid modern ini terlaksana.

Mosque_2_update

2. Crystal Mosque (Kuala Trengganu, Malaysia)

2255349834_818846bb05

Dibangun pada 2006-2008, masjid unik ini walaupun memiliki bentuk konvensional, namun menggunakan material2 modern untuk pembangunannya, yakni baja, kaca, dan kristal. Letaknya juga membuat masjid ini nampak mengapung di atas air.

3. Islamisches Forum (Penzberg, Jerman)

2123_l

Masjid yang dibuka pada 2005 ini dirancang oleh Alan Jasarevic, seorang arsitek keturunan Bosnia-Herzegovina dan terdapat di sebuah kota kecil di dekat Munich, Bavaria tak jauh dari pegunungan Alpen. Sesuai dengan namanya, masjid ini tak hanya menjadi tempat ibadah saja, melainkan tempat diskusi serta Islamic Centre bagi kota kecil tersebut. Masjid ini fasad dari kaca biru yang terbuat dari kaca daur ulang, melambangkan transparansi. Minaretnya juga memiliki kaligrafi adzan.

penzberg-bluefacade

 n00031899-r-s-001

4. Masjid Agung Cologne (Cologne, Jerman)

images

Bangunan berarsitektur unik ini merupakan proyek masjid pertama dari arsitek Paul Bhm, yang sebelumnya merupakan spesialis dalam membangun gereja. Masjid ini mampu menampung 2.000-4.000 jemaah dan pembangunannya didanai oleh pemerintah Turki. Uniknya, sebuah gereja Katolik setempat bernama St. Theodore’s Church juga ikut mengumpulkan dana untuk membantu pembangunan masjid ini.

remote_image_a347d0121d

5. Masjid Edinburgh (Edinburgh, Skotlandia)

edinburgh_mosque_aw06_122

Selesai pada 1998, masjid ini pendanaannya seluruhnya didonori oleh Raja Fadh dari Arab Saudi. Keunikan masjid ini adalah penggunaan elemen2 Kristen seperti pintu khas gereja gotik dan minaret ala menara gereja bergaya Romanesque.

6. Masjid Al-Irsyad (Parahyangan, Indonesia)

Al Irsyad Mosque4

Masjid modern ini memang lumayan terkenal di Indonesia. Masjid yang dibangun 2010 ini sengaja dibangun berbentuk persegi agar mudah dalam pengaturan umat untuk sholat. Sementara bagian luarnya dihiasi dengan kaligrafi bergaya modern yang seolah terpatri di dindingnya. Masjid ini secara pribadi menurut gue adalah bentuk kekreativan dan kejeniusan arsitek2 Muslim Indonesia.

7. Masjid Yesil Vadi (Istanbul, Turki)

Modern Mosques Istanbul 03 20130525  for91days.com

Masjid modern rancangan Adnan Kazmaoglu ini memang berbeda dengan yang lain. Aroma modern memang jelas terlihat dari desain futuristis masjid yang dibangun 2010 ini, walaupun denah dasarnya masih sangat terpengaruh dengan bentuk kubah yang menjadi elemen utama masjid selama ratusan tahun.

8. Rancangan Masjid Agung Pristina (Pristina, Kosovo)

Republik Kosovo adalah sebuah negara kecil di wilayah Balkan (Eropa Timur) yang baru saja melepaskan diri dari Serbia pada 2008. Dengan mayoritas penduduk Muslim, pemerintah Kosovo pada 2013 mengadakan kontes desain Masjid Agung untuk ibu kota negara tersebut, Pristina. Beberapa entri bergaya modern masuk, salah satunya adalah bentuk “berpilin” ini.

Prishtina-Central-Mosque-Tarh-O-Amayesh-02

Namun pemenangnya ternyata seri dari kedua desain masjid ini (rakyat Kosovo juga masih kebingungan menentukan yang mana). Mana yang kalian sukai? Walaupun desain yang kanan lebih indah, namun gue pribadi lebih menyukai desain sebelah kiri. Kurasa ini saatnya rakyat Kosovo memiliki landmark arsitektur yang mencolok dan beda dengan yang lain.

pristina kosovo

9. Masjid Chandgaon (Chittagong, Bangladesh)

1287004217-04-chandgaon-528x350

Siapa sangka Bangladesh juga memiliki masjid modern bergaya minimalis? Masjid yang dirancang arsitek bernama Kashef Mahboob Chowdury ini menggunakan bentuk kubus dengan dominan warna putih. Masjid yang selesia dibangun 2007 ini juga sempat mencicipi penghargaan Aga Khan Award atas desainnya yang berani.

06

10. Masjid Agung Sumbar (Padang, Indonesia)

799px-West_Sumatra_Grand_Mosque_(Development_Jan_2012_02)

Masjid agung yang menakjubkan ini merupakan hasil karya arsitek bernama Rizal Muslimin yang memenangkan kompetisi mengalahkan 323 kompetitor dari berbagai negara pada sayembara yang diselenggarakan 2007 lalu. Masjid ini diharapkan mampu bertahan menghadapi gempa hingga 10 skala Richter dan mampu menampung hingga 20 ribu jemaah.

800px-West_Sumatra_Grand_Mosque_(Development_Jan_2012_04)  

BONUS:

Rancangan Sebuah Masjid di Turki

8d3a646b1ec690463b18bfc4465b746b_w468

Jujur menurut gue ini adalah rancangan masjid paling “wow” di list ini. Jika kalian lebih menyukai desain masjid dengan kubah, pikirkan lagi. Pada awalnya, masjid dibangun dengan bentuk sederhana, yakni kubus, seperti bentuk ka’bah. Bentuk standar masjid berkubah yang kalian lihat saat ini sebenarnya mengadopsi bentuk gereja Romawi Timur kala itu. Mungkin karena sebab itulah, para arsitek modern seperti terlihat pada rancangan masjid di Turki ini, mulai kembali pada bentuk kubus yang sederhana. Bentuknya yang miring, menurut firma arsitek yang merancangnya, menyimbolkan gerakan sujud pada saat shalat, tentu dengan mengarah ke kiblat. Nggak terduga ya bentuk masjid kontemporer ini ternyata kaya akan makna Islami yang kental.

1 comment: