Tuesday, May 29, 2018

COPYCAT HEROES: 10 KARAKTER DC DAN MARVEL YANG TERNYATA HASIL PLAGIAT




Which one is the best? Marvel or DC? Well, kalian bisa beradu opini sesuka kalian, namun ada satu rahasia gelap DC dan Marvel yang perlu kalian tahu. Bahwa selama puluhan tahun, dua raksasa komik ini saling berkompetisi dengan cara …. menjiplak superhero lawannya. Yup, tanpa kalian ketahui, DC dan Marvel tanpa malu saling meniru lawannya, seperti produk KW murahan. Bahkan mungkin saja, superhero-superhero favorit kalian sebenarnya hasil plagiat. Berikut ini 20 karakter Marvel dan DC yang memiliki kemiripan (serta mana yang asli dan mana yang hasil plagiasi).

1. Deadpool (Marvel) vs Deathstroke (DC)



Kalian penggemar Deadpool? Bersiaplah bertemu dengan Deadpool ala DC, yakni Deathstroke. Tak hanya memiliki kostum yang hampir serupa, mereKa berdua juga memiliki kemampuan super, senjata, bahkan nama yang hampir sama, yakni Wade Wilson (Deadpool) dan Slade Wilson (Deathstroke). Namun Deadpool rupanya lebih populer dengan filmnya yang dibintangi Ryan Reynolds selalu menduduki puncak box office.

Mana yang lebih dulu muncul: Silakan terkejut guys, tapi Deathstroke muncul pertama kali tahun 1980 dan Deadpool baru muncul setahun kemudian, tahun 1981. Jadi silakan memaki semau kalian, tapi Deadpool adalah hasil jiplakan Deathstroke.

2. Aquaman (DC) vs Namor (Marvel)



Keduanya sama-sama makhluk super penguasa lautan. Namun Namor adalah mutan asal Atlantis yang akhirnya bergabung dengan X-Men, sedangkan Aquaman adalah raja Atlantis sendiri menurut versi DC. Aquaman jelas lebih terkenal, bahkan sudah muncul di film Justice League. Namun manakah yang asli?

Mana yang lebih dulu muncul: Namor pertama kali dipublikasikan tahun 1939, sedang Aquaman baru muncul dua tahun berikutnya, tahun 1941. Jadi yup, konsep Aquaman jelas menjiplak Namor. Namor bahkan dikenal sebagai salah satu karakter pertama Marvel dan juga sosok “antihero” pertama dalam dunia perkomikan Amerika. Well, I hope Namor gets the fame he deserved.

3. Catwoman (DC) vs Black Cat (Marvel)



Kedua-duanya sama cantik, sexy, serta berprofesi sebagai “cat burglar”. Bedanya, Catwoman alias Selina Kyle adalah musuh utama (sekaligus kekasih) Batman, sedangkan Black Cat alias Felicia Hardy adalah musuh utama (sekaligus kekasih) Spiderman.

Mana yang lebih dulu muncul: Catwoman pertama kali muncul 1940 dan Black Cat diperkenalkan hampir 40 tahun kemudian, pada tahun 1979. Shame on you, Marvel!

4. Green Arrow (DC) vs Hawkeye (Marvel)



Kalian pasti langsung tahu apa kesamaan kedua superhero ini. Yap, kedua-duanya sama-sama menggunakan panah sebagai senjata mereka. Mereka juga bukan “superhero” sungguhan sebab tak memiliki kekuatan super dan hanya mengandalkan kemampuan memanah mereka.

Mana yang lebih dulu muncul: Green Arrow pertama kali muncul 1941, sedangkan Hawkeye baru diperkenalkan lebih dari 20 tahun kemudian pada tahun 1964. So Hawkeye, you’re officially Green Arrow’s rip-off!

5. Swamp Thing (DC) vs Man Thing (Marvel)



Keduanya jelas serupa, sama-sama makhluk penghuni rawa, sebenarnya baik hati namun seringkali dianggap antagonis karena penampilan mereka yang buruk rupa, bahkan nama keduanya pun mirip. Gue sendiri lebih mengenal Swamp Thing berkat film serinya yang sering gue tonton waktu kecil. Namun mana yang lebih duluan?

Mana yang lebih dulu muncul: Swamp-Thing pertama kali muncul tahun 1972, sedang Man-Thing sudah ada sejak 1971. Ketahuan deh kali ini DC yang nge-jiplak.

6. Falcon (Marvel) vs Hawkman (Marvel)



Mudah melihat kemiripan keduanya, sama-sama memiliki sayap dan jelmaan sejenis burung. Keduanya, paling tidak dalam komik, juga memiliki asal-usul hampir serupa. Berbeda dengan versi film layar lebarnya, asal kekuatan Falcon lebih supranatural (ketimbang versi dimana dia mendapatkan kekuatannya dari suit militer), sama seperti Hawkman.

Mana yang lebih dulu muncul: Hawkman pertama kali muncul pada 1940 dan Falcon baru direkrut Avengers pada 1969. Jadi ketahuan deh siapa meniru siapa.

7. Ant Man (Marvel) vs The Atom (DC)



Secara visual, keduanya memang kurang mirip (at least di versi komik). Namun melihat kekuatan super mereka (serta asal-usulnya mereka), tak ayal lagi keduanya memiliki kesamaan. Ant Man (Dr. Hank Pym) dan The Atom (Dr. Ray Palmer) sama-sama ilmuwan yang berhasil mengecilkan tubuh mereka dan menggunakan kemampuan itu untuk mengalahkan kejahatan. Namun mana yang muncul duluan?

Mana yang lebih dulu muncul: secara mengejutkan, Ant Man muncul tahun 1962 sedangkan The Atom sudah ada setahun sebelumnya pada 1961. Maka bisa disimpulkan The Atom lebih original.

8. Doctor Strange (Marvel) vs Doctor Fate (DC)



Ternyata DC juga punya Doctor Strange versi mereka sendiri. Baik Doctor Fate maupun Strange sama-sama penyihir. bedanya Doctor Fate (Kent Nelson) mendapatkan ilmunya dari peradaban kuno Mesir dan Mesopotamia, sedangkan Doctor Strange diajari ilmu sihir oleh Ancient One di Himalaya. Kesamaan lainnya, mereka berdua memiliki amulet dan sama-sama mempunyai jubah sakti.
Mana yang lebih dulu muncul: pasti kalian jagoin Doctor Strange kan? Tapi silakan kecewa, sebab Doctor Fate nongol lebih dulu tahun 1940, sedangkan Doctor Strange baru diciptakan 23 tahun kemudian pada 1963. Wow … mind blowing fact!

9. Hulk (Marvel) vs Solomon Grundy (DC)



“Strong, vicious, and mindless” itulah deskripsi Wikipedia terhadap karakter Solomon Grundy (secara gue sendiri juga asing ama tokoh ini). Baik Solomon Grundy maupun Hulk mungkin memiliki fisik, kemampuan, serta kepribadian yang hampir sama. Namun di DC, Solomon Grundy dikenal sebagai supervillain, sedangkan Hulk adalah superhero.

Mana yang lebih dulu muncul: sayang seribu sayang. Solomon Grundy sudah muncul pada 1944, sedangkan Hulk baru nongol lebih dari dua dekade kemudian, pada 1962.

10. Thanos (Marvel) vs Darkseid (DC)



Sama-sama raksasa, sama-sama dewa, dan sama-sama ingin menghancurkan alam semesta. Bedanya, Thanos adalah musuh besar Avengers sedangkan Darkseid adalah musuh besar Justice League. Desain mereka berdua pun serupa, walau tak bisa diayal sosok Thanos sebagai tokoh antagonis jauh lebih populer ketimbang Darkseid berkat penampilannya di Infinity War.

Mana yang lebih dulu muncul: Darkseid diperkenalkan tahun 1971, dan Thanos baru muncul 1973. Jadi ketahuan deh, Thanos rupanya menjiplak gayanya Darkseid hehehe.

BONUS:

X-Men (Marvel) vs Doom Patrol (DC)



Pasti banyak di antara kalian yang belum pernah mendengar tentang Doom Patrol (albeit, nama mereka keren). Secara garis besar, Doom Patrol memiliki banyak kemiripan dengan X-Men. Anggota-anggota Doom Patrol adalah anak-anak dengan kemampuan super yang tak jarang mengalami stress dan trauma akibat diasingkan dan dibenci masyarakat karena kemampuan mereka tersebut. Bahkan kedua-duanya dimpimpin oleh sosok berkursi roda, yakni Prof. Charles Xavier (X-Men) dan Niles Caulder Pd.D alias The Chief (Doom Patrol). Bedanya, di X-Men sumber kekuatan tersebut dijelaskan lebih rinci sebagai “mutasi”.

Mana yang lebih dulu muncul: Doom Patrol memang terdengar sebagai rip-off dan jiplakan X-Men, namun ternyata mereka muncul lebih dulu! Doom Patrol pertama kali terbit bulan Juni 1963, sedangkan X-Men baru lahir selang beberapa bulan kemudian pada September 1963. Walaupun diterbitkan pada tahun yang sama, urutan bulan penerbitannya jelas menunjukkan karya mana yang lebih orisinil.

Well, jangan buru-buru menyimpulkan guys kalau DC itu lebih original dan Marvel itu tukang jiplak. Banyak kok superhero asal DC yang terang-terangan memplagiat Marvel, semisal Commander Steel yang meniru Captain America, Rocket Man yang meniru Iron Man, dan Zatanna yang meniru Scarlet Witch (tega banget sih niru my lovely Wanda?). Semuanya itu bentuk persaingan guys (walau nggak sehat sih menurut gue) dan sedihnya malah justru yang rip-off yang lebih terkenal ketimbang yang asli hehehe.

Source:ranker dan cbr




No comments:

Post a Comment