Tuesday, May 29, 2018

MONSTER MANIA: 7 FILM PENDEK MONSTER TERBAIK DI YOUTUBE



Gue sekarang lagi hobi banget liat film pendek bertema horor di youtube (maybe you should too guys). Banyak sih film pendek yang pembuatannya asal-asalan, tapi ada pula yang bahkan lebih bagusan ketimbang film Hollywod akhir-akhir ini. Beberapa minggu lalu gue sempat membahas 10 film pendek bebas jumpscare dan kali ini gue akan membahas film-film pendek bertema monster. 

Gue sendiri sih bukan fans berat film monster dan body horror ya guys, tapi boleh gue katakan kalo make up monster di film-film ini, walaupun dengan bugdet terbatas, cukup mumpuni dan seram untuk sekelas sebuah film pendek. Salah satu channel youtube yang cukup rajin memberikan update film horor pendek adalah Crypt TV. Gue sendiri udah subscribed, maybe you should too.

Berikut ini 7 film pendek tentang monster yang gue rekomendasiin ke kalian. Tiap film durasinya pendek kok guys, jadi nggak bakal ngerugiin waktu kalian.







Salah satu film horor pendek favorit gue, cerita horor berjudul “Mira Mira” berkisar tentang sebuah cermin. Kalo inget cermin, mungkin bayangan kalian adalah permainan “Bloody Mary” ya guys. Namun alih-alih menggunakan trope yang udah usang itu, monster yang muncul dari balik cermin ini sangat mengerikan. Walaupun berdurasi kurang dari 4 menit, namun kalian akan disuguhi dengan berbagai adegan mengerikan tanpa henti. Definintely one of the best I’ve seen.



Film ini agak berbeda dengan film-film lainnya di list ini. Alih-alih mengeksploitasi kengerian make up sang monster, film ini justru lebih mengandalkan kisah drama dan twist di endingnya yang takkan pernah disangka-sangka.

Cerita ini me-remake dongeng kuno berjudul “Si Peniup Seruling” dan mengisahkan seorang anak tuli yang mencari kakaknya yang hilang. Ceritanya cukup bagus dan endingnya … wow, didn’t see that coming. Kesimpulannya, nggak semua cerita dongeng berakhir bahagia, apalagi kalo sudah dibumbui horor begini.



Film monster tanpa monster, mungkin inilah julukan yang pas bagi film ini. Berdurasi hanya 5 menitan, film ini berkisah tentang seorang ibu yang pindah ke rumah baru bersama anak perempuannya. Ketika sang anak menemukan sebuah diary menakutkan, mereka akan segera menemukan rahasia mengerikan di rumah itu yang menyebabkan pemilik lamanya tiba-tiba menghilang. Film ini lumayan cerdas, menggunakan coret-coretan anak kecil yang terkesan tak berdosa sebagai “kanvas” utamanya. Dan ada pula kejutan di bagian akhirnya.



Dengan hanya durasi tiga menit, film ini menceritakan kembali trope vampir dengan gaya baru. Scene diawali dengan sosok pemuda yang gugup di rumah sakit dan berakhir dengan sangat chilling. Salah satu film dengan ide paling sederhana yang pernah gue lihat, tapi efektif!



Film ini hanya berdurasi 2,5 menit, jadi jelas takkan menghabiskan waktu kalian. Bercerita tentang seorang ayah yang terjaga di malam hari, kengerian di film ini bukan terletak pada bentuk monsternya (walaupun cukup disturbing), namun lebih pada apa yang bisa dilakukan oleh monster itu.



I save the best for last (well, at leats the last two). Film horor bertema pohon kedengarannya mungkin agak kurang meyakinkan ya guys. Tapi film pendek yang memenangkan berbagai penghargaan ini membuktikan bahwa pohon pun bisa menjadi monster mengerikan. Apalagi desain monsternya yang mengingatkan kita pada makhluk-makhluk di film-film Guilermo del Toro.

Tak hanya mengandalkan kengerian monsternya saja, film ini juga menyajikan sedikit teror psikologis. Jika kalian menggabungkan scene terakhir dengan scene awal, maka kalian akan dibuat menduga-duga, apakah monster pohon birch yang ia summon ini benar-benar ada, ataukah hanya khayalannya untuk menjelaskan perbuatan mengerikan yang ia lakukan?



Mungkin seperti inilah jadinya jika SCP difilmkan. Film ini sebenarnya terdiri atas dua part yang bersambung, tapi CryptTv juga menyajikan film utuhnya yang sudah disambung. Walaupun berdurasi 13 menitan, jauh lebih lama dibandingkan film-film lain di list ini, tapi tetap worth it untuk dilihat dan yang jelas nggak akan membuang-buang waktu kalian.

Seperti judulnya, film ini menceritakan tentang seorang wanita yang diteror oleh “sesuatu” di dalam kamar apartemennya. Walaupun bentuk monsternya udah di-spoiler di thumbnail videonya, tapi tetap saja ceritanya sangat menegangkan untuk diikuti.

Itulah guys, tujuh film monster yang gue rekomendasiin ke kalian. Walaupun pendek tapi keren kan? Bagaimana pendapat kalian tentang film-film di atas? Dan jika kalian punya rekomendasi film pendek lain yang kalian temukan di Youtube dan patut untuk ditonton, silakan rekomendasikan melalui comment. I hope you enjoy it all!

No comments:

Post a Comment