Thursday, May 24, 2018

REKOMENDASI MANGA HOROR: YOU WILL HEAR THE VOICE OF THE DEAD




Gue baru saja mendapat rekomendasi manga horor keren dari temen gue Foo yang juga member senior grup Line MBP. Komiknya emang bagus banget, makanya gue memutuskan untuk mereview dan merekomendasikannya pada kalian. Judul aslinya adalah “Shibito no Koe wo Kiku ga Yoi” … susah kan hehehe. Makanya gue lebih suka judul terjemahannya, yakni “You Will Hear the Voice of The Dead”.


Ceritanya sudah cukup intense semenjak episode pertama. Kisahnya berkutat seputar, Jun Kishida, seorang pemuda pendiam yang memiliki indra keenam. Setiap kali merasakan kehadiran makhluk halus, ia akan langsung mimisan (karena itu banyak yang menganggap dia sebagai anak yang sakit-sakitan). Karakternya emang udah cukup ya untuk membangun sebuah trope cerita horor, namun kisahnya tak hanya berhenti sampai di situ. Suatu hari, dia bertemu dengan arwah sahabat masa kecilnya, seorang gadis bernama Ryoko Hayakawa yang baru saja menjadi korban pembunuhan berantai. Semenjak saat itulah, hidup Jun benar-benar berubah, sebab ia menjadi sering terlibat dalam kasus-kasus supranatural yang mengerikan. Namun tentu saja, di tiap bahaya yang ia temui, ia selalu dibantu oleh arwah Hayakawa yang selalu berusaha melindunginya.

Kisah-kisah dalam manga ini cukup pendek. Sejauh ini, gue sudah membaca hingga volume 5 chapter ke-29. Sejauh ini gue merasa terhibur dengan manga horor ini, apalagi manga ini juga dibumbui sedikit humor. Emang gambarannya nggak se-maestro Junji Ito, tapi tetap saja cukup lumayan. Manga ini juga banyak memiliki adegan gory dalam tiap panelnya.



Cerita-cerita pendek dalam manga ini bisa gue bilang cukup bagus dan membuat gue terhibur. Yah, mungkin gue kasih nilai 7,5 lah dari skor 1-10. Tapi, karena memang jarang ada manga yang menawarkan genre seperti ini, maka gue sangat mengapresiasi penulisnya, yakni Hiyodori Sachiko (gue sih belum mendapatkan banyak informasi mengenai mangakanya, tapi melihat namanya, gue menduga kalau dia adalah cewek).

Cerita-cerita pendek yang ditampilkan dalam manga ini sedikit banyak mengingatkan gue pada Junji Ito. Namun bedanya, semua cerita dalam manga ini memiliki keterkaitan, sebab menampilkan tokoh-tokoh yang sama, walau dalam permasalahan yang berbeda-beda. Sub-genre horor yang ditampilkan di tiap episodenya pun beraneka ragam, mulai dari yang berbau hantu alias supranatural hingga menghadapi pembunuh berantai ala-ala slasher. Bahkan ada dua paling tidak episode yang menampilkan zombie. Yang jelas, semakin naik seasonnya, ceritanya bergulir semakin bagus. Salah satu favorit gue adalah kisah berjudul “Day of The Pig”.

Tokoh-tokoh dalam manga ini juga cukup likable. Mulai dari tokoh Jun yang terlihat culun, namun herannya cukup populer di mata cewek-cewek (agak nggak masuk akal sih menurut gue). Lalu ada sahabat Jun yang gendut dan selalu terlibat masalah, si cewek ketua klub misteri yang antagonis banget, seorang aktris muda yang memiliki kemampuan super yakni mudah disusupi hantu (well shit), hingga ibu Jun yang mirip-mirip tokoh Aunt May di Spiderman Homecoming (alias sexy wkwkwk). Tapi tentu saja tokoh favorit gue adalah Hayakawa. Tokoh ini agak-agak ngingetin gue ama tokoh Misaki Mei di “Another”. Uniknya, tokoh Hasakawa di manga ini sama sekali tak pernah berbicara. Tapi tetap, karakternya mencuat dan kehadirannya selalu gue tunggu-tunggu.

Yang membuat gue cukup “Awww” di manga ini adalah hubungan Jun dan Hasakawa yang secara implisit menunjukkan kalau mereka saling jatuh cinta, walaupun perasaan itu tak pernah mereka tunjukkan secara gamblang. Hasakawa selalu muncul untuk memperingatkan dan menolong Jun dari marabahaya dan sebaliknya, Jun juga menunjukkan kepanikannya ketika Hasakawa berada dalam bahaya.

Yup. Itulah yang bisa gue review untuk kalian. Manganya sendiri gue rasa belum terlalu terkenal, sebab gue nggak begitu banyak mendapatkan info tentang manga ini di internet. Namun silakan kalian nilai sendiri, sebagus apa manga ini buat kalian. Kalian bisa mengikuti kisahnya di situs ini.

Akhir kata, silakan comment bagaimana pendapat kalian mengenai manga ini. Kalo gue sih suka banget dan nggak sabar nunggu kelanjutannya hehehe.

2 comments:

  1. Eh Bang... Bang... Kalo Dead Tube gmna bang? 😆 Gk sekalian di review? 😆😆😆

    ReplyDelete