Sunday, February 2, 2020

ANYTHING FOR MONEY: DERETAN ULAH KETERLALUAN PARA YOUTUBERS DEMI MERAIH VIEWS




Kalo di postingan sebelumnya gue membahas tentang influencer di Instagram, maka kali ini gue akan membahas para YouTubers. Jujur, YouTube adalah salah satu bagian hidup gue sebab gue mendapat banyak banget hiburan dan informasi dari sana. Bahkan di sanalah gue menghabiskan sebagian besar waktu luang gue. YouTubers yang gue ikuti pun kebanyakan adalah insan-insan kreatif dengan konten bermutu dan bermanfaat.

Namun ternyata nggak semua YouTubers berfaedah seperti itu. Ada banyak contohnya dimana YouTubers yang hanya peduli pada pundi-pundi uang sehingga menghalalkan segala cara untuk meraih views dan followers. Beberapa bahkan jelas-jelas tak terpuji dan membahayakan orang lain. Mau tahu sejauh apa yang akan dilakukan para YouTubers ini demi meraih popularitas? Silakan disimak!

PS: beberapa konten di luar YouTube juga gue masukkan di sini, tapi sama nistanya sih


PRANK KELEWATAN




“Prank” adalah salah satu konten YouTube yang paling banyak diminati karena merupakan cara “cepat” untuk meraih views dan followers. Tapi tetep ingat batas ya guys, jangan sampai prank kalian keterlaluan seperti yang dilakukan seorang YouTuber bernama Kanghua Ren alias ReSet ini. Nggak main-main, YouTuber asal Spanyol ini dihukum 15 bulan penjara gara-garanya prank-nya yang dianggap keterlaluan, yakni memberi seorang tuna wisma sebuah oreo berisi pasta gigi hingga korbannya itu muntah-muntah. Tak hanya itu, ia juga diwajibkan membayar denda senilai 307 juta rupiah, yang jelas nggak setimpal dengan pendapatannya channelnya. Hmmm ... jadiin pelajaran buat kita semua aja ya.

Sumber artikel: Bussiness Insider




PRANK SUPER KELEWATAN





Kasus ReSet di atas, walaupun keterlaluan, masihlah enteng jika dibanding kasus yang satu ini. Sam Pepper menjadi YouTubers yang banyak mendapat cacian gara-gara pranknya yang dianggap super kelewatan. Bagaimana tidak, dalam salah satu videonya, ia menculik temannya sendiri, lalu pura-pura membunuh sahabat dari temannya itu di depan matanya menggunakan pistol. Prank “eksekusi” ala ISIS itu dianggap penontonnya sudah kelewat batas, bahkan bisa membuat korbannya trauma seumur hidup.

Tak hanya itu, mantan peserta reality show “Big Brother” itu juga mendapat alegasi pelecehan seksual gara-gara salah satu video pranknya, dimana ia mencubit tubuh perempuan tanpa persetujuan mereka. Karena berbagai tuduhan serta kontroversi yang terus menimpanya, akhirnya pemilik akun dengan 2 juta subscriber ini memutuskan pensiun dari YouTube. Hmmm ... mungkin keputusan yang tepat.

Sumber artikel: Bussiness Insider




FITNAH ORANG





Nama channel ini, yakni “Drama Alert” mungkin udah jadi peringatan bagi kita ya untuk nggak terlalu percaya sama kontennya. Buktinya, pada 2016, adminnya yang bernama “Keemstar” menuduh Tony, seorang lansia berusia 60-an yang gemar bermain game “Warcraft” di Twitch sebagai seorang pedofil. Ia juga menuduh Tony berkeliaran di platform yang dgandrungi anak muda tersebut untuk mencari mangsa. Hal ini menyebabkan lelaki sepuh itu mendapat cacian dan hinaan dari orang-orang yang nggak dikenalnya, bahkan ancaman pembunuhan.

Namun ternyata pedofil yang dimaksud bukanlah Tony, melainkan pria berwajah mirip bernama Phillips yang kini mendekam di penjara. Akibat salah tuduh itu, banyak pengikutnya yang ramai-ramai unfollow channel tersebut dan balik memberi simpati pada Tony. Ini juga jadi pelajaran ya buat para jurnalis “dadakan” di luar sana untuk selalu cross check kebenarannya dan nggak cuman bikin konten berita click bait yang sensasional tapi jauh dari kenyataan.

Sumber artikel: Classic Rock 961




PURA-PURA VEGAN





Yovana Mendoza adalah content creator yang mempromosikan gaya hidup vegan yang kini sedang trend, terutama di kalangan millenials yang semakin menyadari pentingnya hidup sehat. Namun hal paling memalukan terjadi pada YouTuber ini kala kedoknya terbongkar. Di salah satu story-nya, para fans-nya menyadari bahwa ia tengah memakan sepiring ikan!

Well, emang ada sih beberapa tingkatan vegetarian. Ada yang masih mengkonsumsi produk hewani semisal telur dan susu. Ada pula yang masih menoleransi ikan. Semua itu tentu didasarkan pada kebutuhan gizi masing-masing orang. Namun dengan mengaku “vegan”, harusnya ia berpantang dong pada semua jenis daging. Bayangin aja kalo ada yang ngaku vegan tapi ketauan mamam babi, ih maluuuu.

Sumber artikel: Inform Overload

PURA-PURA CANTIK





Yang ini cukup parah juga. Kisah ini terjadi di Douyu, sebuah platform streaming di negeri Tiongkok yang cukup populer di kalangan generasi muda. Karena kecantikannya, seorang vlogger bernama Qiau Biluo menjadi amat terkenal di platform tersebut hingga dijuluki “Cute Goddess”. Ia dipuja di sana, bahkan membuat banyak pria tergila-gila. Namun kedoknya terbongkar ketika terjadi “glitch” di tengah siaran live-nya dan wajahnya yang semula imut-imut tiba-tiba berubah menjadi amit-amit.

Yap, ternyata selama siaran, sang “dewi” ini menggunakan filter untuk menyembunyikan wajah aslinya. Ketika filter itu mengalami malfungsi, akhirnya wajah aslinya terbongkar. Yup, ternyata ia adalah TANTE-TANTE!!! Pria-pria muda yang merasa ditipu pun akhirnya berbondong-bondong #kabur dan menuduh tante-tante ini memanfaatkan mereka. Duh, makanya jangan liat orang dari fisiknya doang dong!

Sumber artikel: Inform Overload


PURA-PURA HAMIL





Konten “reaction” adalah salah satu konten yang paling diminati di YouTube dan bisa mengundang hingga jutaan viewers. Mungkin inilah yang mendorong pasangan Sam dan Nia Rader untuk menggarap konten ini. Namun mereka sendiri bingung akan konten apa yang akan mereka reaksikan, secara nggak ada hal menarik di hidup mereka yang bisa dijadikan konten.

Karena itu, pasangan itu kemudian punya akal agar Nia berpura-pura hamil dan mereka kemudian bereaksi kaget. Konten itu tentu mengundang jutaan pasang mata yang terharu dengan reaksi tersebut. Akan tetapi, kebohongan mereka mulai terendus setelah mereka mengumumkan bahwa Nia mengalami keguguran. Hmmmm ... udah kayak Lucinta Luna aja.

Sumber artikel: Wikipedia


PURA -PURA NIKAH





Lebih parah nih daripada cuman pura-pura hamil, ada yang pura-pura nikah juga demi konten. Well, pernikahan pasangan selebriti Youtube Tana Mongeau dan Jake Paul sih katanya bener-bener “legit”, namun banyak juga yang menyangsikannya. Kalo kalian merasa nama Jake Paul terdengar tidak asing, itu karena ia adalah adik dari Logan Paul, YouTuber kenamaan yang menjadi “outcast” gara-gara videonya di Hutan Aokigahara, Jepang yang memicu kontroversi.

Sumber artikel: Inform Overload

PURA-PURA PACARNYA MATI





Mungkin di benak kalian terngiang pikiran seperti ini, "Idih ada yang pura-pura nikah. Kenapa nggak pura-pura mati sekalian?" Well, hold your beer! Soalnya tantangan kalian terjawab di list-list di bawah ini.

Apa yang dilakukan YouTuber bernama ImJayStation ini emang keterluan. Demi meraup subscriber, ia rela membuat konten dengan dirinya menangis dan mengaku bahwa kekasihnya yang bernama Alexia telah meninggal. Videonya pun mendapat jutaan views, namun itu tidak cukup. Ia membuat video berikutnya dimana ia melakukan 3 AM challenge dimana dia menjajal tantangan untuk memanggil arwah pacarnya itu lewat papan Ouija. What the hell, emang ada challenge kayak gitu? Kebohongan itu akhirnya terbongkar setelah Alexia membuat video klarifikasi yang kira-kira isinya begini, “WOY GUE MASIH IDUP WOY!!!”

Aduh, kehabisan ide konten sih gue bisa ngerti tapi jangan gini-gini juga kali????

Sumber artikel: Inform Overload


PURA-PURA KENA KANKER





Cewek Australia bernama Belle Gibson memiliki ide cemerlang untuk nge-prank seantero jagad raya dengan mengatakan bahwa ia pernah terkena kanker. Tentu ini membuat publik bersimpati padanya. Nggak hanya itu, publik bertambah kagum setelah Belle mengaku bahwa berkat gaya hidup sehatnya serta obat-obatan herbal yang ia konsumsi, ia akhirnya sembuh dari kankernya. Belle kemudian “mengkomersilkan” gaya hidupnya itu dengan menulis buku dan meluncurkan sebuah aplikasi bernama “The Whole Pantry”.

Namun “gaya hidup sehat” yang diklaim Belle menyembuhkan kankernya itu mulai menimbulkan kontroversi, sebab meliputi anti-vaksinasi dan meminum susu murni yang tidak dipasteurisasi. Perlu diketahui bahwa meminum susu yang tidak disterilkan dulu amatlah berbahaya, apalagi jika dikonsumsi anak kecil, karena masih mengandung bakteri.

Kecurigaan masyarakat ini akhirnya membuat kedok Belle terbongkar. Ternyata ia hanya scammer yang berpura-pura kena penyakit kanker untuk mengundang simpati saja. Bahkan uang 2,7 M yang didonasikan kepadanya dengan janji akan diteruskan sebagai misi amal untuk mengobati anak-anak penderita kanker ternyata ia selewengkan dan masuk ke kantongnya sendiri.

Karena aksi penipuannya, Belle dijatuhi denda sekitar 3,8 M rupiah oleh pengadilan Australia, tapi cewek ini mengaku tak mampu membayarnya karena bangkrut. Duh, minta ditabok nih orang.

Sumber artikel: Wikipedia


PURA-PURA SEKARAT





XtremeGamez adalah duo gamers yang merasa bahwa channel mereka mengalami penurunan jumlah views. Demi menjaga pemasukan tetap terjaga, mereka akhirnya memutuskan menebar sensasi saja. Mereka mengupload video berjudul “Were Quitting Youtube Because Were Dying (NOT Clickbait)” dimana mereka mengaku tengah sekarat karena penyakit gagal ginjal dan vertigo yang mereka alami. Video penuh air mata itu tentu mengundang simpati penontonnya hingga mencapai 1,5 juta views lebih.

Oya, di video itu mereka juga bagi-bagi I-Phone.

Emejing khan? Namun kebohongan mereka akhirnya dibongkar habis oleh YouTuber lain bernama Leon Lush. Dan coba tebak gimana duo konyol itu menanggapinya? Mereka mengaku menemui seorang ahli chiropractor di Amerika Serikat dan secara mengejutkan, mereka sembuh! Kabar baiknya lagi, di video itu lagi-lagi mereka giveaway I-Phone! 

Hmmmm ... gue mungkin bukan dokter ya tapi chiropractor bukannya terapi pijat ya? Apa hubungannya sama sakit ginjal dan vertigo? Terus emang lu bisa mati gara-gara vertigo? Kecuali kalo lu vertigonya di tengah rel kereta api trus ketabrak.

Sumber artikel: Inform Overload, Leon Lush


PURA-PURA MATI


Netizen Nusantara sempat dihebohkan oleh ulah salah satu YouTuber dengan konten tak berfaedah (you know who you are) yang pamit terus balik lagi. Nah, India punya versi yang lebih hardcore lagi, dimana seorang YouTuber cilik bernama N3ON mengaku mati terus hidup lagi. Serius!!!

Cukup screenshot yang berbicara. Udah males gue bahasnya.






NGERACUNIN PARA FANS-NYA





Jojo Siwa dikenal sebagai salah satu YouTubers dengan fanbase anak-anak kecil (bayangin aja ya guys Jojo Siwa ini versi bulenya Atta Halilintar). Dengan gayanya yang sok imut dengan pita yang selalu ia kenakan, Jojo Siwa sering dituduh mencuci otak anak-anak untuk membeli merchandise-nya. Bahkan dalam beberapa kasus, merchandise Jojo Siwa ini berujung pembully-an yang akhirnya mendorong sekolah-sekolah di Inggris untuk melarangnya di sekolah.

Namun tak hanya itu kontroversi yang dialami Jojo Siwa. Ia juga merilis kosmetik untuk anak-anak yang akhirnya dicekal oleh FDA (badan obat-obatan di Amrik) karena diduga mengandung zat beracun berupa abestos. Waduh, jangan-jangan Jojo Siwa ini sodaraan ya ama Jaclyn Hill? Bisa kolaborasi tuh bikin bedak ketek merkuri hehehe.

Sumber artikel: Inform Overload




NYIKSA ANAK





Oke, pada pura-pura sekarat atau mati sekalian, gue nggak peduli. Toh itu urusan mereka. tapi kalo mulai ngerugiin orang lain kayak begini, apalagi anak sendiri, ini udah mulai kelewatan. Michael dan istrinya Heather Martin, pemilik channel YouTube “Daddy O'Five” dilaporkan ke pihak berwajib karena membully dan menyiksa anak-anak mereka demi konten. WOT??? Gue sih belum sempet liat channel mereka karena males aja ngabisin kuota demi video-video kayak gini. Namun menurut laman Wikipedia, video mereka berisi prank yang berakibat anak-anak menangis, trauma, bahkan terluka secara fisik. Kabar teranyar, mereka berdua telah mendelet akun mereka dan kini kehilangan hak asuh atas anak-anak mereka.

Sumber artikel: BBC

Nah, siapa tuh di antara Youtubers di atas yang menjadi favorit kalian? AMIT-AMIT JABANG BAYI!!!

7 comments:

  1. dihh malesin semua mereka ,mending nonton film drama nya ga ngerugiin orang,lebih seru lagi

    ReplyDelete
  2. Mending nonton kimi hime ya dave??

    ReplyDelete
  3. min itu youtuber prank indo mana? yang ngeprank bang ojol. kasian tau bang ojolnya dah capek2 kerja, eh orderannya dibatalin. sama yang prank ngajak pacar nge-***

    ReplyDelete
  4. lu tau Calon Sarjana? katanya dia maling kontennya JT

    ReplyDelete
  5. Btw Jojo Siwa itu terkenal banget lho. Bahkan ada boneka mirip Barbie gitu, tapi versinya sendiri. Dan dibeli dong sama orang sana :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eneg gue jg ama dia. Masa satu channel isi videonya kayak gini semua: "BELI MERCH AKU YANG ORI YAAAA!!! JANGAN LUPA NONTON KONSER AKU JUGAAAA!!!!"

      Delete