Sunday, February 2, 2020

UPDATE TERBARU KASUS-KASUS YANG PERNAH DIBEDAH DI “DARK CASE” MENGAKU BACKPACKER




Hallo guys! Nggak terasa udah 7 bulan sejak comeback gue di dunia blogging (cailah) dan pastinya selama itu udah banyak banget kasus-kasus yang gue bahas. Nah di bulan Februari kali ini gue ingin  meng-update beberapa kasus yang pernah gue di “Dark Case” (dulu namanya “Bedah Kasus”). Kali ini cuma 4 kasus sih yang berhasil gue update, tapi gue harap di kedepannya akan lebih banyak update lagi, terutama untuk kasus yang belum terpecahkan. Silakan disimak.


1. UPDATE KASUS KATE YUP: 
MUKBANG GONE WRONG



Mungkin kalian pernah ingat, kasus ini adalah salah satu kasus pertama yang gue bahas di “Bedah Kasus”. Misteri ini melibatkan video mukbang dari seorang vlogger bernama Kate Yup. Jika dilihat dengan seksama, rekaman ini terasa janggal, tak seperti video mukbang dan ASMR pada umumnya. Banyak pengguna YouTube melihat banyak keanehan, di antaranya luka memar di tangan dan bibir Kate, juga “pesan-pesan rahasia” yang seolah disamarkan di subtitle video itu, seolah-olah ia sedang meminta pertolongan. Ada pula kesan bahwa seseorang berada di sampingnya, di luar kamera, mengawasinya. Belum lagi nafsu makan Kate di video itu amatlah besar hingga muncul kecurigaan bahwa ia sebenarnya sengaja disekap hingga kelaparan supaya bisa membuat video tersebut. Bahkan muncul teori bahwa Kate ini merupakan korban penculikan atau human trafficking.

Omong-omong soal human trafficking, teori ini terasa pas setelah mendengar kasus baru-baru ini. Di Inggris pada tahun 2019 lalu, sebuah truk kontainer ditemukan berisi jenazah-jenazah warga negara Vietnam yang menjadi korban perdagangan manusia. Mereka meninggal karena kondisi tak manusiawi di dalam truk tersebut. Kontainer tersebut hanya dirancang untuk mengangkut barang, bukan untuk manusia, sehingga berujung pada kematian menggenaskan para imigran tersebut. Kate Yup mengaku kini berdomisili di Amerika Serikat, negara yang tentunya jadi tujuan utama para imigran. Apakah itu pula yang dialami gadis ini?

Setelah videonya menjadi viral, Kate lalu membuat pernyataan di salah satu comment untuk mengklarifikasi keadaannya. Namun lagi-lagi comment itu justru memperkuat teori konspirasi yang menyelubunginya sebab comment tersebut ditulis dengan sudut pandang orang ketiga (menggunakan kata “her” untuk menggambarkan Kate) sehingga banyak yang berasumsi bukan Kate yang menulisnya. Kate juga kembali memposting klarifikasi di channelnya yang menjelaskan memar di bibirnya yang disebabkan oleh penyakit “herpes labialis” yang dideritanya.


Namun lagi-lagi klarifikasi tersebut tak membuat penghuni jagad maya merasa puas. Mereka meminta Kate Yup membuat video sendiri untuk memjelaskan keadaannya. Akan tetapi entah kenapa, Kate Yup bersikap amat misterius dan nggak menyanggupi permintaan tersebut, bahkan tidak membalas comment yang ada di channelnya. Emang sih ada YouTuber yang selalu rajin berinteraksi dengan para subscribernya dengan memberikan like atau bahkan membalas comment yang masuk; namun ada pula  beberapa YouTuber yang adem-adem aja. Entah kenapa, Kate juga menunjukkan sikap dingin ini pada fans-nya yang jelas merasa khawatir kepadanya.

Lalu bagaimana kondisi terkini Kate Yup? Setelah videonya yang kontroversial tersebut, ia merilis video baru yang berjudul “I AM ALIVE”. Tapi bukannya membuat tenang para penggemarnya, judul inipun kembali memicu teori konspirasi. Ada yang menduga judul tersebut lagi-lagi kode pinta tolong yang disandikan Kate. Coba lihat huruf pertama dari tiap kata: “I Am Alive” yakni “I”, “A”, dan “A”.

I = kata ke-9 dalam alfabet
A = kata pertama dalam alfabet
A = kata pertama dalam alfabet

Sehingga IAA akan berarti “911” yang merupakan nomor telepon darurat di Amerika Serikat, dimana Kate Yup bermukim sekarang. Apakah itu berarti Kate meminta para penggemarnya untuk menghubungi 911?  Entahlah, ada kemungkinan bahwa itu hanya sekedar cocoklogi saja. Gue malah lebih cemas pada judul video terbaru Kate seperti yang gue perlihatkan di screenshot berikut.



“I LOSE MY TEETH DURING THIS MEAL”

Oke, itu cukup mengkhawatirkan. Kenapa gigi Kate begitu mudah copot kala memakan hidangan untuk video mukbang itu? Apakah seseorang sebelumnya melakukan kekerasan, seperti memukul Kate, hingga giginya akhirnya terlepas? Yang menggenaskan, nggak hanya satu, namun TIGA giginya tanggal pada akhir video mukbang tersebut.

Tak hanya itu teori yang menyeruak dari video terbarunya. Misteri tentang apa yang terjadi pada Kate mungkin dapat dijelaskan ketika kita memperhatikan apa yang terjadi pada detik 10.17


Jika kalian jeli memeprhatikan, pada tangan kiri Kate terlihat sesuatu berwarna putih menonjol dan ikut bergerak ketika Kate menggerakkan tangannya, sehingga kita bisa berspekulasi benda putih itu sengaja diikat pada tangannya tersebut. Banyak yang menduga benda itu adalah sebuah sikat gigi. Namun apa hubungannya sebuah sikat gigi dengan semua ini?

Dalam postingan terdahulu gue yang mengangkat misteri yang menerpa Kate Yup, sebenarnya gue sudah memiliki teori gue sendiri akan apa yang terjadi pada vlogger ini. Gue berteori bahwa Kate ini sebenarnya menderita bulimia. Hal yang membuat gue yakin kala itu adalah fakta bahwa walaupun Kate memakan begitu banyak makanan, tetap saja tubuhnya terlihat kurus. Gue menduga Kate sengaja memuntahkan semua makanan itu, dengan demikian ia masih bisa menyantap hidangan itu video berikutnya.

Teori ini semakin diperkuat dengan adanya sikat gigi yang terlihat di video itu. Mengapa? Karena salah satu cara penderita bulimia untuk memuntahkan makanannya adalah dengan menyogokkan sikat gigi ke dalam mulutnya sehingga ia muntah. Bahkan, salah satu komentar di video itu juga mengukuhkan pendapat gue. Komentar itu datang dari seorang gadis yang mengaku juga pernah menderita bulimia dan ia mengatakan, gara-gara kebiasaan buruknya itu, ia juga kehilangan beberapa giginya.

Lho, kok bisa? Emang apa hubungannya bulimia dengan gigi yang copot? Ternyata ketika muntah, asam yang berada di dalam lambung ikut naik bersama makanannya itu, sehingga merusak gigi. Asam lambung memiliki pH yang cukup kuat dan mampu mengkorosi gigi. Sehingga apabila kebiasaan itu dilakukan terus-menerus, gigi-giginya tersebut akan rusak dan akhirnya lepas.

Namun kenyataan bahwa ia menderita bulimia tetap nggak menutup kemungkinan bahwa ia sedang disandera. Mungkin saja sang penyandera memaksanya untuk melakukan bulimia supaya gadis malang itu bisa terus membuat video mukbang. Sudah cukup banyak iklan yang bercokol di videonya semenjak channelnya menjadi viral, sehingga gue hanya bisa mengira-ngira berapa banyak penghasilan dari video-video ini.

Beberapa subtitle di video terbarunya juga cukup membuat gue cemas. Gue sempat berpikir setelah videonya viral, mungkin Kate (jika memang ia tidak diculik seperti klarifikasinya) akan lebih berhati-hati dalam membuat subtitle sehingga tidak memicu kerancuan dan salah tafsir dari penghuni jagad maya yang senantiasa ingin tahu. Namun justru kata-kata ini yang ia ketikkan di videonya.



"Banyak orang di dunia ini yang kelaparan"


"Aku juga tahu rasanya ..."


"Setelah gigitan ini aku bisa mati dengan tenang"


Well, gue harap dia baik-baik saja dan semoga ini bukan video terakhirnya. For Kate, I wish you well.

2. UPDATE KASUS CHRIS WATTS: 
THE HEARTLESS FATHER



Percuma ganteng kalo ternyata pacarnya juga ganteng punya hati keji bak iblis


Kasus lain yang ingin gue update adalah kasus Chris Watts, yang juga menjadi salah satu kasus pertama yang gue bedah. Untuk menyegarkan ingatan kalian, Chris Watts adalah pria yang dipenjara gara-gara tega membunuh istri dan kedua anak perempuannya yang masih balita. Gue sudah memberikan beberapa teori tentang kenapa Chris bisa sekejam itu membunuh kedua buah hatinya sendiri, sehingga bukan itu yang akan gue bahas lebih lanjut dalam kesempatan kali ini, melainkan hal yang lain. 

Ada satu detail kecil yang gue lewatkan pada saat membahas kasus itu. Jasad kedua anaknya, yakni Bella (4 tahun) dan Celeste (3 tahun), dibuang Chris begitu saja di sebuah tangki minyak di tempat dimana ia bekerja. Ini kembali membuktikan kekejian Chris yang tak hanya tega menghabisi nyawa buah hatinya sendiri, melainkan juga nggak respek pada jenazah keduanya. Beruntung, kejahatan brutal Chris Watts terbongkar ketika tanpa ia sadari, kamera CCTV di rumah tetangganya merekam gerak-geriknya ketika ia tengah menyingkirkan jenazah istri dan kedua anaknya di tengah malam buta.

Nah di sinilah letak keanehan, atau mungkin gue bilang, pertanda, yang amat berkaitan dengan beberapa fakta yang kala itu masih tersembunyi dari kasus tersebut. Gue sempat membagi rekaman  “body cam” kala polisi, bersama dengan Chris Watts dan tetangganya, menyaksikan rekaman CCTV itu. Tiba-tiba saja, di tengah percakapan ketiganya, terlihat sesuatu yang aneh.


Perhatikan, pada detik ke 3.49 semua ini akan dimulai. Sang tetangga, setelah selesai memutar CCTV, mengalihkan channel televisinya kembali ke saluran TV kabel. Kebetulan, channel yang ia pilih adalah “National Geographic Wild” yang tengah memutar iklan untuk season terbaru “American Horror Story” (kala itu), yakni “Apocalypse”.Perhatikan dengan seksama, terlihat gambar janin, kemudian hati yang meledak, tengkorak, dan diakhiri dengan tengkorak tersebut dilumuri dengan minyak.

Hati yang meledak, mungkin menggambarkan perasaan murka Chris yang membuatnya kalap hingga membunuh istrinya sendiri. Tengkorak jelas menggambarkan kematian. Dan minyak ... minyak jelas berkaitan erat dengan kasus ini sebab kedua anaknya ia tenggelamkan begitu saja dalam tangki minyak untuk menghilangkan jejak.

Sedangkan gambar janin?

Ingat, istri Chris yang bernama Shannan tengah hamil ketika dibunuh oleh suaminya. Inilah yang menyebabkan Chris kini dihukum 4 kali hukuman seumur hidup, satu untuk tiap nyawa yang ia cabut. Ia nggak hanya melenyapkan tiga anggota keluarganya saja (istri plus dua anaknya), melainkan empat, jika ditambah dengan janin laki-laki dalam perut Shannan.

Entah kenapa, TV commercial yang ditayangkan tepat ketika kejahatannya terbongkar, seakan adalah kiasan akan perbuatan beringas yang ia lakukan. Apakah ini semua kebetulan? Ataukah ini semua pertanda yang dikirim Shannan dari alam baka? Yang jelas, menurut gue sendiri semua timing ini terlalu “sempurna” jika dikatakan kebetulan.

Bagaimana menurut kalian?

3. UPDATE KASUS “NIRBHAYA”: 
BAGAIMANA KABAR PARA PELAKUNYA KINI?





Kasus ini pernah gue bahas sebagai bagian dari “Rudapaksa Trilogy” yang menceritakan nasib menggenaskan yang harus dihadapi tiga perempuan korban penculikan dan pemerkosaan. Kasus Jyoti Singh yang dikenal publik India sebagai “Nirbhaya” atau “tak kenal takut” menggambarkan ketidakadilan serta stigma yang selalu dipikul oleh kaum hawa yang tinggal di masyarakat yang patriarkis dan kosenrvatif seperti di India. Bukannya mendapat perlindungan ketika ia pulang ke rumahnya pada malam hari, ia justru diperkosa, disiksa, dan kemudian ditinggalkan begitu saja untuk mati. Beruntung, paling tidak mendiang Jyoti Singh masih bisa mencicipi secercah keadilan. Pada 2013, keempat pelakunya akhirnya ditangkap dan dijatuhi hukuman mati, sementara satu pelaku ditemukan tergantung dalam selnya, diduga bunuh diri.

Namun itu hampir tujuh tahun lalu. Bagaimana dengan nasib para pelakunya sekarang? Pengadilan telah memutuskan tanggal eksekusi mereka berempat, yakni pada 1 Februaru 2020. Bahkan percobaan menggunakan “dummy” atau boneka telah dilakukan di tiang gantungan yang disiapkan untuk menjemput ajal mereka. Percobaan itu dilakukan untuk memastikan acara eksekusi itu berjalan lancar tanpa suatu hambatan apapun (termasuk untuk tujuan manusiawi agar para pelaku mati secepat mungkin tanpa perlu menderita). Akan tetapi, pelaksanaan eksekusi itu sepertinya akan molor. Pasalnya, keempat terdakwa tersebut meminta banding ke pengadilan untuk menunda hukuman, yang kemudian dikabulkan. Salah satu terdakwa, yakni Mukesh Singh, bahkan meminta amnesti dari presiden India, Ram Nath Kovind.

Mukesh berkilah bahwa selama di penjara ia mendapat banyak siksaan dan proses pengadilan yang dilakoninya juga berat sebelah. Ia juga mengaku bahwa saudaranya, Ram Singh, yang juga salah seorang pelaku, tidaklah mati gantung diri, melainkan dibunuh di dalam sel penjaranya. Namun tentu saja permintaan pengampunan itu ditolak mentah-mentah, mengingat Mukesh Singh adalah pemimpin gerombolan pemerkosa itu, bahkan yang terkeji di antara semuanya. Mukesh Singh juga pernah diwawancarai BBC untuk acara dokumenter mengenang kasus Nirbhaya. Pemikiran kolot pria tersebut yang terekam dari hasil wawancara itu bisa dibilang sangat memuakkan!




Yang jelas, gue yakin cepat atau lambat eksekusi mati itu tetap akan dilakukan, sebab kejahatan mereka berempat sudah benar-benar terbukti. Hukuman tegas itu juga diharapkan akan membuat gentar siapapun yang berniat melakukan kejahatan keji yang sama serta membuktikan bahwa pemerintah India benar-benar bertekad melindungi keselamatan wanita di negerinya. Kita tinggal menunggu saja tanggal mainnya.

4. UPDATE KASUS WENDY WILLIAMS: 
MISTERI KEMBALI “TERCIUM” DI SKANDAL KENTUTNYA SAAT TAYANGAN LIVE



Ekspresi Wendy Williams saat tragedi yang mencekamnya di tayangan televisi terjadi

Wow, ini nih salah satu kasus terheboh yangpernah gue bahas sepanjang gue jadi admin blog Mengaku Backpacker. Ada banyak banget kasus misterius yang gue bedah, namun nggak ada satupun yang menyulut keingintahuan gue seperti kasus ini!

Nama Wendy Williams sebagai presenter terkenal asal Amerika Serikat ini sedang mendapat sorotan publik. Bukan karena statusnya sebagai selebriti yang membuat banyak orang penasaran akan kehidupan pribadinya, namun karena skandalnya saat sedang tampil di acara live. Ia diduga kentut di tengah siaran langsung acara bincang-bincang yang tengah dipandunya. Gue pernah membahasnya dengan tuntas di postingan ini, namun bagaimanakah perkembangan kasusnya? Ternyata begitu Wendy “mencium” bahwa kasusnya menjadi viral dan “berhembus kencang” di media sosial, iapun melakukan klarifikasi. Di dalam salah satu videonya, ia menyanggah bahwa ia pernah melakukan perbuatan tidak terpuji itu. Bahkan, ia menyalahkan tim di belakang layarnya dan berkilah bahwa suara “PREEEEET” yang terdengar bergaung di studio kala itu bukan berasal dari tubuhnya, melainkan kesalahan teknis akibat malfungsi salah satu peralatan saat itu.

Namun video klarifikasi ini bukannya membuat netizen bernafas lega dan reputasi Wendy kembali “harum semerbak” seperti sediakala, namun malah mengundang kritik keras dari publik. Pasalnya, sudah ada banyak bukti yang mengisyaratkan bahwa Wendy memang benar-benar buang angin dalam tayangan video tersebut. Mulai dari gerak-gerik Wendy, cara bicara, hingga ekspresi muka dan tatapannya begitu insiden itu menggelegar di video, semuanya membuktikan bahwa proses pembuangan gas tersebut memang terjadi secara sadar dan direncanakan. Masyarakat berpendapat bahwa seharusnya Wendy, sebagai public figure yang menjadi panutan kawula muda, berani mengakui kesalahannya dan meminta maaf, bukannya malah menyalahkan pihak lain, terutama kru di belakang layar yang sudah bekerja sedemikian keras demi menyukseskan acaranya.


Wendy Williams menyangkal semua alegasi yang dituduhkan kepadanya, bahkan memanggil "saksi ahli" untuk membersihkan namanya


Penasaran akan kebenaran kasus ini, naluri investigasi gue-pun membuat gue menggali semakin dalam tentang kontroversi Wendy Williams ini. Gue mulai mencari video-video lama Wendy untuk mendapat titik terang atas kasus menghebohkan ini. Ternyata dari hasil penyelidikan ini, gue menemukan banyak fakta-fakta mengejutkan lain. Salah satu yang ingin gue soroti adalah posisi duduk Wendy Williams. Di postingan gue terdahulu, gaya duduk Wendy yang condong ke kiri inilah yang membuat gue mengungkapkan teori bahwasanya Wendy sengaja kentut di depan publik. Pasalnya, posisi itu akan mempermudah proses pengeluaran angin tersebut dari tubuhnya. Jika ia duduk dengan posisi biasanya, tidaklah mustahil jika suara yang dihasilkan akan semakin keras bergema sebab mendapat perlawanan dari sofa yang didudukinya.




Posisi duduk Wendy Williams seperti ini sudah menjadi ciri khasnya di tiap episode, termasuk kala ia membahas penyanyi sensasional yang tengah naik daun, Dua Lipa. Karena memang nyaman ataukah ada tujuan lain yang tersembunyi?


Akan tetapi, gaya duduk semacam itu rupanya telah menjadi trademark bagi presenter kontroversial ini. Di beberapa videonya yang lain, terlihat ia duduk dengan posisi yang sama ketika ia membawakan acara bincang-bincangnya yang konon meraup rating cukup tinggi di negeri Paman Sam tersebut. Hal ini menyulut kecurigaan gue. Mungkinkah di episode-episode sebelumnya, Wendy sudah seringkali melakukan perbuatan nista tersebut? Akan tetapi, ia beruntung karena peristiwa-peristiwa itu tak terdengar oleh publik dan tertangkap kamera. Mungkin Wendy sudah ahli dan dengan tekniknya tersebut, Wendy berhasil mengeluarkannya dengan frekuensi suara yang hampir tak terdengar oleh telinga manusia?

Fakta lain yang juga sama mengejutkannya pun berhasil gue korek melalui investigasi gue yang mendalam. Ternyata di masa lalu, aksi memalukan ini juga pernah terjadi di acara yang sama. Namun pelakunya justru bukan Wendy Williams, melainkan slaah satu bintang tamu yang hadir di acaranya! Coba perhatikan video berikut ini (gue kembali menyarankan kalian memakai headphone supaya kalian tidak “melewatkannya”).


Yap, kalian bisa mendengar sendiri pada detik ke-14, tragedi serupa ternyata pernah terjadi. Mengapa insiden yang sama bisa terjadi tak hanya sekali, namun sampai tiga kali di studio tersebut (gue pernah singgung ini adalah kali KEDUA Wendy melakukan perbuatan tak terpuji tersebut di acara live-nya). Gue pernah membahas tentang kota Black River Falls dan Rollin Acres Mall yang seakan dikutuk hingga peristiwa mengerikan terus-menerus terjadi di tempat tersebut. Apakah hal yang sama terjadi dengan acara bincang-bincang tersebut? Apakah studio itu sebenarnya dikutuk sehingga insiden dengan bau tak mengenakkan yang sama terus-menerus terjadi? Akankah misteri yang menyelimuti Wendy Williams ini akhirnya terungkap? Entahlah, mungkin hanya waktu yang bisa menjawabnya.

7 comments:

  1. Lah buset, kutukan kentut. Lagian mbahas kentut kek mbahas misteri ala2 detektif😂

    ReplyDelete
  2. Udah baca serius, bagian terakhir malah bahas kentut XD

    ReplyDelete
  3. Bang dave keliatan lebih semangat waktu bahas kasus kentut daripada kasus-kasus lainnya XD

    ReplyDelete
  4. Cukup bang dep :(( hentikan penyelidikanmu tentang Wendy Wiliams, kami sudah cukup pusing baca info dari postingan sebelumnya

    ReplyDelete
  5. Giliran kasus qeundtoed aja panjaaang amat bahasan nya

    ReplyDelete
  6. Bang, tolong dong review pitch decknya Fyre Festival.

    Link download : https://www.slides.ai/pages/fyre-festival-pitch-deck

    ReplyDelete
  7. Azab bintang tamu kentut sembarangan

    ReplyDelete