Sunday, July 28, 2019

MISTERI KATE YUP: MUKBANG GONE WRONG?


Salam psikopat!

Gue tergelitik dengan video yang dishare di grup Line MBP gue tentang salah satu video mukbang dari youtuber yang nggak pernah gue dengar namanya sebelumnya, yakni Kate Yup. Sekilas melihat, jelas ada sesuatu yang jelas nggak beres dari video ini. Karena itu gue akan mencoba menganalisis dan membahas video ini.

Pembaca, inilah bedah kasus kali ini.





Video Kate bisa kalian lihat di link berikut ini. Thumbnail video ini terlihat normal. Gue sering lihat kok video mukbang dengan thumbnail serupa dimana youtubernya dihadapkan dengan banyak sekali makanan. Nah, masalahnya adalah .... gue sering melihat video mukbang akan tetapi yang ini benar-benar disturbing. Adegan pertama menampilkan Kate (itupun jika itu nama aslinya) menyantap cumi-cumi dengan lahapnya. Selama semenit pertama, gue tahu gue nggak akan sanggup melanjutkan nonton video ini. Gue bener-bener nggak bisa.

Melihat cara makannya, banyak komen yang mengatakan bahwa ia sebenarnya dibiarkan kelaparan agar nantinya ia makan dengan lahap di video mukbangnya dan memperoleh banyak viewers. Gue akan mencoba membeberkan satu persatu keanehan dalam video ini yang membuat para viewernya (termasuk gue) berpikir seperti itu.

Kalian harus lihat cara dia makan. Di menit pertama, ia menggigit dan menelan dua tentakel cumi-cumi dengan sangat cepat dan lahap, seakan-akan dia memang benar-benar kelaparan. Pada menit 0.39, ia menuliskan (dengan tulisan yang muncul di layar) “I'm SoOo HUNGRY” Pada menit 1.06, ia menyatakan “You will have to understood it, I lOoOve SEAFOOD SO MUCH”

Mungkin gue yang pareidolia atau apa, tapi apa huruf O di kata “ lOoOve” membentuk emoticon seseorang yang berteriak?

Awalnya gue nggak paham kenapa dia kadang menulis dengan huruf kecil dan besar, hingga akhirnya gue tiba di detik 17.36 dimana ia menuliskan, “The meat is So delicioOouS, soft and tender.” Perhatikan huruf kapital di “So delicioOouS” , ada kata SOS di situ!

Pada menit 4.52 ada suara keras seolah ada yang memukul meja dengan kayu atau semacamnya. Mungkin ada orang yang mengawasi saat ia makan dan memukul meja sebagai peringatan agar ia tetap makan dan tidak berbuat macam-macam?

Mulai detik 5.36 perhatikan tangan kirinya melakukan hal yang aneh, seakan ia tengah mengetik. Di kolom comment ada yang mengatakan bahwa itu adalah sinyal kode morse untuk meminta tolong.

Pada 15.45, mangkok yang ia dekatkan ke arahnya tiba-tiba kembali ke posisi semula. Hal aneh lagi terjadi pada detik 20.03, mangkok di sampingnya terlihat bergerak, semakin meyakinkan gue kalo ada seseorang di sampingnya yang tengah mengawasinya.

Beberapa viewers di kolom komentar memperhatikan ada memar di tangan, jari, dan bibirnya. Gue sendiri malah heran sama penutup matanya, seolah dia nggak ingin ada yang mengenali wajahnya.

Oke, apakah gue dan orang-orang di jagad maya yang paranoid ataukah memang terjadi sesuatu ama cewek ini? Untuk memastikan, gue mampir ke channelnya untuk melihat-lihat videonya yang lain dan membandingkan. Secara garis besar, gue menggambarkan akunnya sebagai channel “biasa-biasa saja”. Ada 26 video yang diuploadnya sejak setahun lalu (ia pertama bergabung tahun 2018) dan ia berdomisili di Amerika Serikat. Subscribernya mencapai 188 ribu orang dan ada beberapa videonya yang view-nya sudah mencapai 1 juta lebih. Jadi bisa dibilang ia youtubers yang lumayan sukses.

Namun dari beberapa videonya yang sudah lalu, gue menangkap beberapa keanehan.

Pertama tanggal upload. Terlihat bahwa ia cukup rutin mengupload video, bahkan ada masa dimana dalam satu bulan ia mengunggah hingga 4 video. Sedangkan di bulan yang lebih “sepi” ia hanya mengunggah 1-2 video. Nah di sini anehnya. Video yang heboh ini diunggah sebulan lalu (Juni berarti?) dan video sebelumnya tercatat 3 bulan lalu (berarti sekitar April), ini berarti pada bulan Mei dia tidak mengunggah apapun. Menurut track record-nya ini agak janggal, sebab semenjak setahun lalu dia sama sekali tak pernah absen mengunggah video satu bulanpun. Apakah di bulan Mei ini terjadi sesuatu? Dan ini membawa gue ke sesuatu yang tak pernah dia pake di video-video sebelumnya, namun ia kenakan pada video yang heboh ini.

Cincin.

Pemberian seseorangkah? Apa dia bertemu seseorang atau meresmikan hubungan?

Dan yang lebih penting lagi, di video-video sebelumnya, ia selalu memakai pakaian lengan panjang atau minimal sesuatu yang menutupi lengan atasnya. Namun di video yang gue bahas ini, dia memakai baju lengan pendek dan secara langsung memperlihatkan memar di lengannya itu.

Apakah itu disengaja? Apakah ia ingin menunjukkan pada viewersnya bahwa seseorang menyiksanya? Dugaan gue, pacarnya?

Satu lagi yang gue pahami dengan melihat video-video lamanya adalah hingga sebelum video terakhirnya, ia menulis dengan cara “normal”. Artinya, ia tidak mencampur aduk huruf kecil dan kapital. Semuanya normal mengikuti kaidah yang ada. Baru pada video terakhir ia bermain-main dengan ukuran huruf, mungkin agar kita bisa membaca “SOS” itu.

Wajahnya juga mencurigakan, maksudnya topengnya dan cara dia menjaga agar separuh wajahnya tidak terlihat. Di awal tiap video ia selalu tersenyum untuk menyapa fansnya. Sayangnya separuh wajah nggak cukup bagi gue untuk melihat apa senyumnya tulus atau nggak. Ada yang disebut dengan senyum “Duchenne” yakni senyum tulus yang bisa dibedakan dengan senyum tidak tulus. Setiap senyum akan menggerakkan otot di ujung bibir kita, namun hanya senyum Duchenne yang juga menarik otot di sekitar mata kita. Sayangnya, tentu untuk melihat senyum tersebut tulus atau dipaksa, gue harus melihat matanya juga, yang nggak dimungkinkan karena dia memakai topeng.

Dan apakah kalian juga memperhatikan ukuran tubuhnya? Bayangkan makan sebanyak itu tapi tubuhnya masih kurus. Ini membawa gue ke teori lainnya. Bullimia? Apa dia memakan banyak makanan kemudian memuntahkannya lagi demi menjaga ukuran tubuhnya tetap kecil? Apa dia melakukannya secara sukarela? Ataukah dia dipaksa?

Satu hal lagi: foto profilnya diambil dari Dreamstime. Kenapa tidak memakai fotonya sendiri? Tidak sulit bukan? Tapi entahlah, mungkin ini tidak berarti apapun.

Gue nggak akan menarik kesimpulan apa yang sebenarnya terjadi pada Kate ini, biarlah kalian sendiri yang memutuskan. Apa benar ia dipaksa untuk membuat channel itu untuk meraup untung dan akan menerima akibat yang tidak baik apabila menolaknya? Ataukah kita sendiri terlalu paranoid dan menghakimi cara dia menikmati makanan? Gue dalam satu titik memang cenderung berlebihan dalam menganalisis, gue akui. Semisal saat dia absen vlogging selama sebulan, itu mungkin bukan berarti apa-apa. Gue saja absen selama 9 bulan tapi bukan berarti terjadi apa-apa sama gue kan?

Kasus ini sedikit banyak mengingatkan kita dengan Marina Joyce. Yang jelas, seperti Marina Joyce, kasus ini mulai menarik perhatian, paling tidak hingga dikupas di Reddit. Namun di sanapun teori-teori yang bermunculan bahkan lebih menggila. Ada dua kubu di sana, yang menganggap serius dan juga yang menganggap ini cuma tipuan. Yang menganggapnya serius memberikan teori yang bahkan lebih mengerikan lagi: bahwa Kate adalah korban sex-trafficking! Mereka menganggap “wristband” di pergelangan tangannya (yang selalu ia pakai sejak video pertamanya) sebenarnya menutup tato atau bekas ikatan. Para “human trafficker” atau pelaku perdagangan manusia biasanya menandai “dagangannya” atau “miliknya” dengan tato tertentu. Sedangkan kubu yang menganggap ini hanya tipuan menganggap ini semua hanya ARG atau “Alternate Reality Game”, sejenis permainan detektif-detektifan dimana orang-orang diajak untuk memecahkan kasus yang sengaja mereka susun.

Akhir kata, gue biarkan kalian sendiri memutuskan. Is it real or not? Jika kalian memang tertarik untuk mencari kebenaran, silakan analisis tiap videonya, mungkin kalian akan menemukan petunjuk lain yang mungkin menjawab misteri ini. Namun apapun yang terjadi, gue berharap semoga Kate nantinya akan memberi klarifikasi di video berikutnya.

Jika memang belum terlambat.

31 comments:

  1. cuminya juga kek membentuk satan, tapi entahlah apa hubungannya

    ReplyDelete
  2. Kabar2nya dia udah konfirmasi that she's allright, tp tebtu saja gak bisa dipastikan bahwa yang konfirmasi beneran dia

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gue liat di akun youtubenya emang dia udah klarifikasi, katanya itu bukan "memar" tapi karena penyakit herpes. tapi itu juga yang gue takutkan. kalaupun bener dia meminta tolong lewat video ini, pastinya siapapun yg menyekap dia tahu dong dengan membaca komen2nya? well, I hope she's fine now

      Delete
    2. tapi pas aku baca di twitter, ternyata klarifikasi itu di copy paste dari Reddit

      Delete
    3. dia klarifikasi dua kali kok, di channelnya sendiri (liat bagian community) ama di postingannya. nah di postingannya ini dia pake kata "she" karena dia copas dari reddit, tapi di channelnya dia pake kata "me"

      Delete
  3. Klo dia emang disiksa, masa dia juga yang ngedit videonya. Biasanya disuruh makan doang kan. Menurut gue si ini GRA

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin aja menurut gue, si penyiksa biasanya terima beres, yg penting uang ngalir, apalgi kalo ngedit mukbang gini pasti punya ciri khas sendiri

      Delete
  4. Tapi dia komen klarifikasi pake kata 'she/her' berarti yang ngetik orang lain dong bukan dia?

    ReplyDelete
  5. Dia klarifikasi di pinned commentnya pake kata 'she' dan 'her' untuk menggambarkan si Kate. Kenapa dia ga langsung nulis 'I' atau 'me' aja buat nyebut diri dia sendiri?

    Hmm jadi siapakah yang nulis klarifikasi itu ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. dapet info katanya itu copasan dari reddit

      Delete
    2. Assalamu'alaikum
      Nama saya adibah dan usia saya 18 thn, hmmm soal kate yup ini seperti disiksa
      ama orang. dan kate yup minta tolong ama aku kata dia sih "please help me, don't..." yang ada titik nya sih gue tahu tp gak boleh curhat lewat sms no whatsapp kadang2 gw bisa ngomong bahasa lain (bahasa dari luar negri). nanti aja yach soal kate yup lagi. bye
      wassalamu'alaikum

      Delete
  6. Hai kak, baru sempet ikutin baca padahal blm pernah nonton. Tp asik. Suka kalau tentang misteri misteri gitu... Coba bahas tentang Akseyna mahasiswa UI yang mati di danau UI sampai sekarang pembunuh nya msih misteri

    ReplyDelete
  7. Kalo memang itu ARG mestinya lgsg ada klarifikasi dr pihak akun channel Kate nya tsb, Inimah komentar klarifikasinya yg di sematkan sama channel nya itu juga bikin rancu dan mencurigakan lagi. Mksd saya di sini adalah, mau sampai mana dan sampai kapan si akun tsb bermain2 detektif2an

    ReplyDelete
  8. "I lOoOve SEAFOOD SO MUCH” : I LOOSE A FOOD SO MUCH 😱

    ReplyDelete
  9. tadi nemu komen "ayo kita track ip nya terus dateng ke rmhmya."
    terus gw mo nambahin "ayo hackers indo hack yt nya, trs track ip nya ��"

    ReplyDelete
  10. gua sangat suka cerita creepy bgni.. mantapp

    Bonus Turnover Terbesar di Indonesia hanya di sini

    http://seputarcemeonline.over-blog.com/2019/07/promo-bonus-turnover-terbesar-oceqq.html

    ReplyDelete
  11. Masih nunggu Ewing ngebahas masalah ini

    ReplyDelete
  12. Setelah baca artikel ini, gua coba mencari arti dibajunya. Apakah benar dia disiksa sama pasangannya?

    Tulisan dibajunya "Si mes défauts ne vous plaisent pas, j'en ai d'autres." yang artinya "Jika kesalahan saya tidak menyenangkan Anda, saya punya yang lain."

    ReplyDelete
  13. Tapi menurut ane...
    Mungkin itu viral marketing untuk meningkatkan viewer nya...
    Kok bisa? Dia membuat orang lain untuk berteori dan menyebarkannya,sehingga orang2 lain yg membaca teori tersebut jadi tertarik untuk melihat video tersebut....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini juga bisa jadi, kek yutuber Indo kalo mau naikin viewers bikin drama

      Delete
    2. no offense, tapi keliatannya dia ga "sepinter" itu buat bikin teori-teori. maksudnya, bahasa inggris aja masih salah. ya ngga salah sihh perihal grammar kurang, tapi seenggaknya dia bisa narik audience lokal perancis, tapi ini langsung internasional gitu

      Delete
  14. taugasi bang, gua selama ini jd sider di blog lo, duaduanya. gua peratiin blakangan ini ko gaya bahasa lo beda ya, ga kaya yg biasa lo pake. gua kaya ga lagi baca blog lo. tp overall ttp b gua suka postingan lo hehe. mangat.

    ReplyDelete
  15. Menurutku sih itu terlalu dibesar-besarkan (moga-moga aja). Emang sih, gak ngeliatin mukanya itu agak mencurigakan, tapi bisa aja dia emang ga nyaman buat nampakin mukanya? Soalnya ga mau diganggu di real-life? Kan banyak juga tuh haters yang sempet-sempetnya ngelacak seleb-seleb youtube dan ngangguin hidup nyata mereka.
    Soal cara dia makan, jujur itu mirip sama cara makanku kalo skip meal time sekali (entah gara-gara sibuk ato disengaja soalnya mau makan di restoran all-you-can-eat). Bahkan karena aku orangnya rada hyper, pas makan sesuato yang susah dikunyah juga gerakin jari kaya Kate soalnya ga sabar.
    Dan jujur aja, semua video mukbang cewek yang pernah kulihat, semuanya kurus-kurus meski makan jatah satu RT. So maybe genetic?

    ReplyDelete
  16. Saya rasa bukan dia yg membalas ataupun membaca komen komen subscribernya:v

    ReplyDelete
  17. Ku kesini karena komik LOOKISM diwebtoon , baca jadi ngerii sendiri 😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. samaa ... gegara baca lookism jadi mampir kesini :(

      Delete
  18. ngeri sih sm kasian kalau emg beneran dia minta tolong.. semoga dia baik-baik aja

    ReplyDelete