Wednesday, July 24, 2019

TIGA FILM AND MINISERI HOROR INDIA PALING RECOMMENDED



(sumber: IMDb)

Film India dan genre horor bagi banyak orang seperti air dan minyak ya, alias nggak bakal klop. Gimana nggak, film India identik dengan stereotip film berdurasi tiga jam dan isinya joget-joget mulu. Bayangin kalo filmnya berkonsep slasher, lagi tegang-tegangnya sembunyi dari psikopat, eh dipotong lagu. Terus kalo filmnya bergenre setan semacam Conjuring, lagi adegan exorcisme eh malah setan sama pendetanya malah joget-joget. Kan malah jadi komedi. Konsep horornya pun jadi ancur berantakan alias nggak nyeremin lagi. Belum lagi kalo filmnya thriller psikologis gitu, pas adegan pembunuhnya terungkap bisa-bisa kayak begini special effectnya:


Ditambah lagi pas pembunuhnya jelasin motifnya, mungkin bakalan ada adegan flashback item putih. Aduh nggak banget deh. Tapi beruntung, nggak semua film India kualitasnya begitu-begitu aja. Tetap saja ada sineas-sineas jenius yang bisa mengolah genre horor dengan baik walaupun menghadapi stereotip meragukan seperti itu. Berikut ini tiga karya horor India yang patut kalian saksikan jika kalian adalah pecinta film horor yang nggak ragu untuk bereksperimen.


1. 13B: Fear Has A New Address

(sumber: IMDb)

Tiap kali gue browsing film-film horor India terbaik, pasti judul ini selalu muncul sebagai rekomendasi. Makanya gue cukup penasaran. Berjudul asli “Yavarum Nalam”, film yang sering disingkat dengan “13B” ini sebenarnya adalah film India lawas berbahasa Tamil yang dirilis 2009. Genrenya psychological thriller dan sebenarnya secara format mirip film-film India pada umumnya sih. Durasinya lama dan masih ada selipan lagu-lagu gitu. Tapi beruntung, lagu-lagunya (walaupun gue rasa nggak perlu) nggak terlalu mengganggu kita dalam menikmati film ini.

Film ini berkisah tentang sebuah keluarga yang pindah ke sebuah apartemen baru bernomor 13B. Tetapi semenjak mereka pindah, mereka mengalami hal-hal aneh yang sepertinya hanya disadari oleh sang ayah. Salah satunya adalah televisi mereka bisa meramalkan masa depan. Kedengarannya enak ya, tapi masalah mulai muncul ketika TV itu menayangkan tragedi-tragedi suram yang akan menimpa mereka, termasuk dimana nasib mereka sekeluarga akan berakhir di tangan pembunuh misterius. Siapakah pembunuh itu dan bisakah sang ayah menghentikannya sebelum seluruh keluarganya menjadi korban?

Sebagai film bergenre horor, film ini nggak serem-serem amat, bahkan diselipi adegan-adegan komedi di dalamnya. Tapi gue akui, film ini cukup enjoyable dan klimaks di akhirnya memiliki twist yang nggak terduga. Sebagai penikmat film thriller, gue sarankan deh menonton film ini sebagai awalan sebelum kita beranjak ke yang lebih serem hehehe.

2. Tumbbad

(sumber: IMDb)

Jika kalian menanyakan, apa sih film horor India terbaik yang pernah dibuat, maka gue dengan berani akan menjawab film ini. “Tumbbad” bahkan nggak hanya menjadi film horor India terbaik yang pernah gue tonton, tapi juga salah satu film horor terbaik menurut gue. Film ini disutradarai oleh bintang utamanya sendiri, yakni Sohum Shah. Namanya mungkin masih asing di telinga kalian, tapi menurut gue dia bakalan punya masa depan yang cerah di dunia perfilman. Buktinya, “Tumbbad” yang dirilis tahun 2018 ini meraih sukses besar ketika di-screening di Venice International Film festival.

Film ini diawali dengan prolog tentang dewa mitologis kuno bernama Hastar yang bisa memberikan kekayaan yang amat besar bagi siapapun yang bisa menemukannya, namun dengan konsekuensi yang mengerikan. Film ini tak hanya mengandalkan atmosfer yang menyeramkan, monster yang benar-benar menakutkan, juga jalan cerita yang unpredictable, tapi gue juga sangat menghargai settingnya di masa kemerdekaan India yang selain memiliki andil dalam konfliknya, juga memberi sedikit pelajaran sejarah. Uniknya, walau masih ada “lagu-lagu” khas India, lagu-lagu itu nggak merusak atmosfer seremnya, tapi justru membaur dalam jalan cerita. Film ini juga sarat nilai moral yang jelas, yakni tentang keserakahan manusia yang tak pernah puas pada akhirnya hanya akan membawa kehancuran.

(sumber: IMDb)

Film ini amat gue rekomendasikan sama kalian. Durasinya juga cukup singkat untuk ukuran film India, yakni hanya 100an menit. Biasanya gue lebih suka jika durasi film yang gue tonton pendek, tapi di kasus ini gue malah kecewa soalnya walaupun durasinya 3 jam-pun, gue rasa gue tetap masih akan setia menonton film ini.

3. Ghoul

(sumber: IMDb)

Netflix biasanya memang cerdas jika harus “memungut” original series dari tiap negara, apalagi jika genrenya horor, semisal “Kingdom” dari Korsel. Kali ini, perwakilan dari India adalah miniseries berjudul “Ghoul” yang mengangkat konsep “jin” dalam kepercayaan Islam. Namun tentu “jin” dalam cerita ini lebih sangar dan sadis ketimbang yang ditawarkan “Aladdin”.

Bersetting di dystopian India dimana umat Muslim dipersekusi oleh pemerintah yang authoritarian, film ini menceritakan perjalanan seorang tentara wanita bernama Nida yang amat setia terhadap pemerintah hingga menyerahkan ayahnya sendiri yang dianggap sebagai provokator. Akibatnya sang ayah dipenjara dan iapun mendapatkan “promosi” untuk tugas selanjutnya, yakni menginterogasi gembong teroris bernama Ali Said di sebuah kamp militer. Namun segalanya menjadi kacau ketika entitas gaib mulai terlibat dan meneror kamp militer tersebut, menghabisi satu demi satu yang ada di dalamnya.

(sumber: IMDb)

Serial India ini bisa go-international berkat dukungan Jason Blum (yang memproduksi “Paranormal Activuty” hingga “The Purge”) sebagai produsernya. Dan tak hanya itu, kualitasnya juga layak menjadi sorotan internasional. Film ini benar-benar murni seremnya, ada banyak twist and turn dalam jalan ceritanya (salah satu twistnya benar-benar bikin gue menganga), dan yang lebih penting lagi, berani menyorot isu yang benar-benar terjadi di dunia nyata, namun sering dianggap tabu untuk diangkat ke layar, yakni tentang prejudice kita tentang pelaku terorisme. Serial ini juga cuman 3 episode doang jadi layak untuk diikuti.

Itulah tiga rekomendasi gue buat kalian yang mungkin pecinta India tapi kesulitan nyari film-film horor India yang bagus, atau mungkin juga bisa buat kalian yang pengen nyari suasana baru aja dengan melirik film-film horor dari negara yang biasanya nggak memproduksi film horor. Hope you'll enjoy it!


14 comments:

  1. Hmm.. gk ada sempak berdarah gak resmi nih!

    ReplyDelete
  2. Kalo thriller/misteri India terbaik menurutku Drishyam versi 2015 bang. Udah nonton?

    ReplyDelete
  3. Pernah nonton judulnya Eve (kalo gak salah) tentan perselingkuhan laki2 sama cewek yg ternya cewek ini ........(sensor)


    Jaman tahun 20005an, kupikir udah serem ni film

    ReplyDelete
  4. Kok gk ada sempak berdarahnya bang 😂

    ReplyDelete
  5. Oke masuk list. Btw, film mystery thriller India jg banyak yg seru loh bang, contohnya : Special 26 (plot twist nya gila sih keren), terus Andhadhun, Drishyam, Rahasya, Kahaani. Kalau series, ada judulnya "Sacred Games" seruuu, yg mainnya tuh si bapak" yg sering nongol di film sejenis itu di India.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah niat gue mau kasi rekomendasi eh malah gue yg dapet banyak rekomendasi wkwkwkw thanks buat sarannya nanti gue akan cek satu2 :D

      Delete
  6. Hotel mumbai juga bagus Bang..tapi genrenya bukan horror sih haha tapi tentang teroris gitu..

    ReplyDelete
  7. Udah lama nggak kesini, eh updet ternyata.

    ReplyDelete
  8. Ghoul gue lagi nonton di netflix, awalnya gue udah sukak banget

    ReplyDelete
  9. Download nya dmn sih ? Kalo takut di anggap penyebar piracy? Bales nya pake akun anonym aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Guw sih jarang bgt download film, palingan nonton online di i*n*d*o*x*x*i*

      Delete