Wednesday, November 6, 2013

FOR YOUR GOLDEN EYES ONLY: 7 HEWAN EMAS PALING MENAKJUBKAN

 

closeup_portrait_of_the_golden_tiger_by_tambako_the_jaguar_from_flickr_cc-nc-nd

Hewan2 yang ada di list ini bukan patung atau perhiasan lho guys. Tapi mereka hewan2 beneran yang uniknya memiliki warna keemasan yang menyilaukan mata. Mereka benar2 ada di alam liar dan boleh juga ya dijadikan koleksi atau binatang peliharaan. Tapi jangan ampe bikin mereka punah ya guys. Berikut ini list 7 hewan berkulit emas paling keren yang kuperoleh dari berbagai website.

1. Monyet Emas

Gold_Animal_8a

Golden Marmoset atau Golden Lion Tamarin adalah jenis monyet terkecil di dunia dan yang menyedihkan, juga merupakan monyet terlangka di dunia. Di habitat aslinya di Brazil, diduga hanya tertinggal 1.000 ekor yang masih hidup. Penyebabnya tentu karena deforestasi yang menyebabkan 98% habitat aslinya menghilang. Monyet ini tak hanya unik karena warna bulunya yang keemasan, namun juga karena ukurannya yang mini.

2. Kumbang Emas

Gold_Animal_1b

Wah keren banget serangga yang satu ini ya? Tapi jangan ampe deh mereka habis diburu manusia gara2 warna perisai mereka yang indah banget.

3. Laba-laba Emas

Gold_Animal_2a

Jenis laba2 ini adalah laba2 kebun yang gemar berkeliaran di kelopak2 bunga. Karena itu warna emas mereka bisa jadi kamuflase ketika mereka untuk menangkap mangsanya.

4. Ular Emas

Gold_Animal_7b

Kita boleh takut ama ular, tapi ular ini bakal menggoda siapapun untuk menyentuhnya. Ternyata corak keemasannya bukan untuk pamer, tapi justru untuk bersembunyi. Warna emasnya membuat ular ini bisa berbaur dengan pasir2 dan vegetasi tempatnya hidup, yakni di gurun yang panas.

5. Katak Emas

Goliath frog

images

Mendengar kata “katak emas” kita mungkin bakal excited ya dan mengira hewan ini bakalan cantik banget. Tapi yang ada, begitu lihat kita langsung...EEEWWWWW!!! Soalnya katak yang disebut Goliath Frog ini merupakan katak raksasa yang ditemukan di Kamerun, Afrika dan bisa tumbuh hingga 33 cm! Hiiiiy benar2 bikin geli. Uniknya, bagian perut hewan ini berwarna keemasan lho. Sayangnya, seperti hewan2 lain di list ini, statusnya terancam punah karena banyak katak ini diambil dari habitat aslinya untuk diperdagangkan sebagai hewan peliharaan.

6. Zebra Emas

golden-zebra

Melihat gambar ini di internet, gue langsung “Wow” tapi sekaligus curiga. Zebra emas? Definitely photoshopped. Tapi ternyata nggak guys. Dari website yang bisa dipercaya (I guess??), dijelaskan bahwa zebra ini bernama “Zoe” dan ditangkarkan di Three Rings Ranch Exotic Animals Sanctuary di Kailua-Kona, Hawaii. Hewan ini ternyata menderita sejenis cacat lahir bernama amelanosis yang membuat kulitnya bercorak belang putih-keemasan. Sayangnya, warna unik justru merugikan apabila zebra ini berada di alam liar, soalnya akan membuat dia mudah terlihat dan dimangsa oleh predator. Uniknya lagi, coba perhatikan matanya. Matanya biru lho!

7. Harimau Emas

golden-tiger

Yap, harimau bisa juga berwarna emas lho, tapi dijamin langka banget. Harimau berbulu emas (plus bermata emas) ini merupakan akibat dari gen resesif dan kasusnya hampir mirip dengan harimau putih (albino). Jenis harimau ini merupakan variasi dari harimau Bengal asal India dan diduga hanya ada 30 saja di seluruh dunia ini! Wah, tapi jangan sampe ya dia ketemu ama zebra emas di atas hahaha.

BONUS:

Kalajengking Emas

1135348_917f_1024x2000

Wooooow!!! Is this animal for real? Gue nggak tau guys hehehe. Tapi katanya sih ini sejenis mutasi yang bisa terjadi di alam. Wah keren banget ya?

7 comments:

  1. kereeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeen

    ReplyDelete
  2. nomor 2 ane pernah lihat,
    dia sering ada di tumbuhan labu lonjong istilah jawanya pohon waluh,,,

    ReplyDelete
  3. "If you love them, you will take care of them, not kill them so they can be your accessories."

    ReplyDelete
  4. Marmosetnya lucu *-*
    gemesss ih! pen bawa pulang rasanya >//<

    ReplyDelete