Saturday, July 19, 2014

MIND BLOWING: 40 ILUSI MATA PALING KEREN (SEKALIGUS BIKIN PUSING)

 

Di fan page facebook Mengaku Backpacker, gue sempat membagi link tentang ilusi2 mata paling keren. Setelah gue sempet browsing di internet, ternyata ada banyak ilusi2 optik yang bikin gue langsung pengen bikin artikelnya buat di-share ke readers semua. Tapi perlu gue peringatkan, hanya kalian yang berotak baja yang bisa nyelesaiin ilusi2 ini dari awal ampe akhir. Tidak diperlukan kecerdasan khusus buat mengerti ilusi2 ini sih, tapi kebanyakan ilusi2 ini bakal bikin kalian puyeng 7 keliling. Kalo kalian udah ngerasa pusing, mending kalian istirahat dulu aja dan lanjutkan nanti. Oya, ilusi2 ini juga membuktikan bahwa mata dan otak kita kadang nggak bisa dipercaya karena akan membawa kita ke kesimpulan yang keliru. Silakan dinikmati.

Gambar Menara Pisa di sebelah kanan tampak lebih miring kan? Salah! Kedua gambar di bawah ini sama persis alias identik!

17

Garis pada dua gambar ini tampak miring, padahal seluruhnya adalah garis paralel yang lurus. Buktikan saja dengan menempelkan penggaris ke layar kalian.

18

18A

Kedua garis datar di bawah ini tampak bengkok, padahal keduanya lurus dan sejajar.

18B

Ilusi ini menurut gue cukup keren. Tampaknya balok di gambar ini berat sebelah dan miring ke arah kanan kan? Padahal antara balok atas dan bawah keduanya sejajar.

18C

Ketiga kotak di tengah tampak tak beraturan? Padahal ketiganya adalah bujur sangkar dengan sisi yang sama sempurna.

18D

Semua bujur sangkar yang ada di gambar ini tak ada yang bengkok lho. Coba buktikan dengan penggaris.

18E

Gambar di bawah ini bukanlah spiral, melainkan 4 buah lingkaran yang sama sekali tak bersinggungan. Coba buktikan dengan memperhatikannya baik-baik.

19

Ketiga titik kuning ini selalu ada sepanjang animasi. Namun jika kita fokus pada satu titik saja, maka titik-titik kuning yang lainnya akan menghilang.

21

Bila kita perhatikan titik hitam di tengah, maka area abu-abu di sekitarnya lama-lama akan terlihat memutih. Padahal gambar ini gambar statis alias nggak bergerak.

22

Garis miring (diagonal) di sebelah kiri lebih panjang daripada yang di kanan? Nggak, keduanya sama panjang.

23a

Mana yang paling besar? Gambar di sebelah kanan? Padahal ketiga gambar tersebut ukurannya sama.

23D

Garis yang di tengah kelihatannya lebih panjang? Lagi-lagi ketiganya sama panjang.

23D

 

Tak satupun gambar di bawah ini bertipe gif alias gambar bergerak, tapi kelihatannya bergerak kan? *catatan: jangan dilihat lama2, entar pusing*

1

2

3

4

6

7

view-large-mind-teaser-teasers-moving-optical-illusion-purple_1173213

funny-math-crazy-optical-illusions-eyes-285

optical-illusion-pods-michael-tompsett

Rotation-Illusion

7a

7B

7C

7D

7E

Kalau diperhatikan, bagian pusat yang berwarna hitam lama-kelamaan akan makin melebar dan melebar.

Optical illusions pictures

Gambar ini juga gambar statis seperti gambar2 di atas, namun jika kita menjauhkan atau mendekatkan gambar ini terhadap mata kita, maka kedua lingkaran tersebut akan tampak bergerak.

8

Tipuan mata yang keren. Panahnya tampak bergerak kan? Padahal ini gambar diam. Buktikan saja dengan menge-printnya, pasti gambarnya masih bergerak juga.

Moving-Arrows-Optical-Illusion

Ini ilusi yang lumayan bikin gue merinding. Jika kalian perhatikan, sekilas warna yang ada di atas panah berbeda dengan warna di bawahnya. Namun jika kita menutup bagian horizontal yang ditunjuk tanda panah merah (bagian batas di antara kedua warna tersebut) dengan jari, baru kita menyadari kedua warna tersebut sebenarnya sama. Kok bisa ya?

9

Nah sekarang perhatikanpusat gambar bergerak berikut ini selama beberapa detik (kalo yang ini aslinya emang gambar bergerak bertipe gif). Kemudian tatap gambar yang ada di bawahnya (adegan film Inception kalo nggak salah) maka gambar kedua tersebut akan terasa bergerak.

10a

10b

Coba tebak, apa warna tiap dot (titik ) di antara kotak2 hitam ini? Putih ataukah hitam?

13

Kemana arah kereta ini bergerak? Ke dalam atau keluar? Cobalah kedipkan mata kalian lalu tatap gambar ini kembali. Keretanya akan berganti arah.

15

Sama dengan kincir raksasa ini. Arah putarannya searah jarum jam atau berlawanan jarum jam? Bisa kedua-duanya kan?

15b

Ini juga masalah sudut pandang saja. Ada berapa kubus dalam gambar ini? Kalian mungkin akan menjawab ada 6. Tapi coba ubah sudut pandang kalian, maka kalian dapat meihat tujuh kubus.

blocks_optical_illusions_by_spiderzed-d475del

Ilusi gambar yang keren. Di bawah tampak seperti gambar Albert Einstein. Namun jika menjauh sedikit, maka gambarnya akan berubah menjadi Maryln Monroe. Buktikan sendiri.

25

Ilusi ini juga keren abis. Ilusi ini dinamakan Dr. Jeckyll dan Mr. Hyde. Di sebelah kiri tampak wajah Mr. Hyde yang sangar dan di sisi kanan tampak wajah Dr. Jeckylll yang kalem. Tapi bila kita bergerak menjauh, wajah keduanya akan tertukar.

24

Gambar ini berisi foto2 artis Hollywood yang cantik dan ganteng. Namun apabila kita memperhatikan tanda silang yang ada di tengah, maka wajah mereka akan berubah menjadi monster! Silakan buktikan sendiri!

27

17 comments:

  1. ijin save ya bang dave
    ~pisces~

    ReplyDelete
  2. hahaha... puyeng euy, puyeng
    tapi keren juga hahaha

    ReplyDelete
  3. keren abis...hahahahhaa
    mantap

    ReplyDelete
  4. keren parah.. gan hahaahha

    ReplyDelete
  5. Waw. Berarti otak kita bisa menipu kita...

    ReplyDelete
  6. Keren, tp bikin agak pening juga 😅

    ReplyDelete
  7. Walah, liat yang terakhir kirain cuman omdo, eh ternyata bener!!.. Pada jadi monster.. Hahaa.. Keren abis deehh!!..

    ReplyDelete
  8. mantan gan sekalianizin copas gan hehe, kunjungi balik yah di
    vanoverhelsing.co.id

    ReplyDelete
  9. Lho, yang terakhir nggak ngena, tuh. Udah q coba berkali-kali, tetep aja gambarnya gitu doank, tolongin, dong....

    ReplyDelete
  10. Kereenn ..!!! Jadi pengen buat gambar kayak gitu, biar bisa nipu orang .. :D

    ReplyDelete
  11. wah ternyata begitu ya tentang ilusi foto, mungkin lain kali ane buat juga eheh

    ReplyDelete