Saturday, July 19, 2014

NEVER DIE UGLY: FOTO “DISTURBING” PERAWATAN KECANTIKAN DI MASA 30-40’AN

 

Gue selalu suka dengan website Bored Panda sebab isinya selalu menarik dan mencerahkan. Salah satu artikel terbaru yang gue baca di website tersebut adalah foto2 perawatan kecantikan pada era sebelum Perang Dunia II. Salon di masa sekarang bagi kita bukan tempat yang menakutkan. Banyak cewek rela menghabiskan waktu berjam-jam untuk tampil cantik *bahkan cowok2 juga mulai ikutan nyalon cyn* Namun tidak begitu adanya pada zaman 30-an hingga 40-an di Amerika dan Eropa. Beginilah kondisi salon pada zaman tersebut, dimana wanita tak merasa keberatan menggunakan alat2 mengerikan untuk tampil lebih putih atau sekedar mengeriting rambut. Ingin tahu seperti apa? Mari kita naik mesin waktu berupa gambar2 hitam putih ini untuk mendalami apa yang dialami para wanita hampir 7-8 dasawarsa yang lalu.

vintage-beauty-salon-equipment-3

Alat ini bertujuan untuk menghilangkan noda di wajah dengan membekukannya dengan karbon dioksida. Perhatikan mata “pasien” ditutup dengan “sumbat” kedap udara, kedua lubang hidung harus ditutup, dan “pasien” harus bernapas dengan udara yang dialirkan ke mulutnya, saking berbahayanya metode ini.

vintage-beauty-salon-equipment-2

Blow drier pada masa 20-an.

vintage-beauty-salon-equipment-4

Topeng ini nggak hanya disturbing, namun juga memilliki steker yang bisa dihubungkan ke stop kontak. Listrik akan menghangatkan topeng ini dan dipercaya panasnya akan mempercepat aliran darah di wajah dan membuatnya cerah.

vintage-beauty-salon-equipment-5

Mesin “slendering” ini berfungsi membuatmu terlihat ramping dengan memijat2 kaki sehingga lemaknya menghilang. Namun malah terlihat seperti kursi penyiksaan dengan lengan2 robot yang menakutkan.

vintage-beauty-salon-equipment-6

Gue sama sekali nggak kepengen tahu apa alat ini, namun fungsinya untuk membetulkan make up.

vintage-beauty-salon-equipment-7

Entah apa tujuannya menempelkan es di wajah, namun mekanisme ini sangat populer di antara bintang film di era 40-an.

vintage-beauty-salon-equipment-8

Alat seperti mesin penyiksaan ala Nazi ini sebenarnya bertujuan untuk memerahkan wajah dengan menurunkan tekanan atmosfer sehingga menyamai kondisi di puncak pegunungan.

vintage-beauty-salon-equipment-10

Perawatan kecantikan di sebuah salon di tahun 40-an. So creepy ….

vintage-beauty-salon-equipment-11

“Topeng kecantikan” yang terbuat dari kulit ini dipakai untuk menghilangkan kerut2 di wajah mereka. Well, walaupun itu justru membuat mereka seperti pembunuh berantai.

vintage-beauty-salon-equipment-14

Sebelum tabir surya ditemukan, beginilah pakaian renang yang harus dikenakan para wanita ketika musim panas yang menyengat. Bagian kepalanya bahkan memiliki sunglasses. Tapi menurutku malah mirip topeng Ku Klux Klan.

vintage-beauty-salon-equipment-1

Beginilah pengeritingan rambut dilakukan di Jerman pada tahun 1929.

vintage-beauty-salon-equipment-9

Lagi2 mesin pengeriting rambut, dan bonusnya lagi, wanita harus menghabiskan waktu berjam-jam menggunakan alat ini untuk mendapatkan keriting yang sempurna. Jujur, ini membuat gue teringat dengan film gory asal Jepang berjudul “Tetsuo Iron man”.

Alat2 di atas mungkin tampak seperti mesin di film fiksi ilmiah atau alat penyiksaan di film horor semacam Saw. Kita pasti berpikir, ekstrim sekali cara wanita pada masa lalu  mendapatkan kulit yang halus atau penampilan yang sempurna. Namun kalau dipikir2, metode yang dilakukan para wanita saat ini seperti prosedur bedah plastik untuk mengubah bentuk wajahnya justru lebih ekstrim dengan memasukkan zat2 seperti silikon atau kolagen, bahkan menyuntikkan racun seperti botox. Kesimpulannya, walau alat2 disturbing seperti di atas sudah tak lagi digunakan, namun cara berpikir kita tetap sama, menghalalkan segala cara untuk menyempurnakan penampilan luar kita.

Sumber: http://www.boredpanda.com/weird-funny-historic-beauty-products/

7 comments:

  1. Alat pengriting rambut annoying banget. Eh annoying itu apaan ya?

    ReplyDelete
  2. Beauty is pain hahaha

    ReplyDelete
  3. bang artikel yang ini dibahas di on the spot hari ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha ini juga comot dari bored panda koq

      Delete
  4. Semua cewe mau cantik
    TAPI GAK SAMPAI SEGITUX JUGA KALE.....

    ReplyDelete