Saturday, August 11, 2012

10 HAL YANG HARUS KAMU LAKUKAN SEBELUM MATI

 

sekaten

Salah satu tujuan travelling adalah menikmati budaya dan mendapatkan pengalaman unik yang tidak bisa dirasakan di tempat lain. Nah, sebelum kalian mati (hopefully tidak dalam waktu dekat), kuberikan list 10 hal unik yang harus kamu lakukan sebelum mati. Ada beberapa yang bisa dilakukan kok di Indonesia kok. So check it out!

1. Menyaksikan matahari terbit di Bromo

images3

Konon, matahari terbit di Bromo konon adalah salah satu panorama terindah di dunia. Gunung vulkanik ini bisa dicapai dengan berkendara dari Malang atau naik kereta ke Probolinggo. Untuk naik ke puncak Bromo bisa dilakukan dengan trekking maupun menyewa jip. Sudah tak terhitung lho wisatawan mancanegara yang rela pergi jauh-jauh ke tempat ini untuk menyaksikan sunrise-nya, jadi jangan sampai kita yang orang Indonesia sendiri malah belum pernah menikmatinya. Sepulangnya dari melihat terbitnya matahari, kita bisa menikmati panorama Gunung Bromo sambil berkuda.

2. Menghitung anak tangga di Imogiri

makam raja imogiri

Imogiri adalah makam raja-raja Mataram Islam yang terletak di luar kota Yogya. Ada tradisi unik di sini, yaitu apabila kita bisa menghitung jumlah anak tangganya dengan benar (sekitar 409 anak tangga), maka permohonan kita akan terwujud. Well, walaupun nantinya kamu salah hitung (dan pastinya males kalo disuruh ngitung lagi), paling tidak kamu masih bisa menikmati keindahan panorama gunung dan bukit dari atas.

3. Berjalan di antara dua pohon beringin di Keraton Yogyakarta

beringin

Tradisi unik ini tak boleh kamu lewatkan jika kamu berada di Yogya. Orang bilang jika kita berhasil berjalan lurus melewati dua pohon beringin di alun-alun selatan dengan mata tertutup, maka kita memiliki hati yang bersih. Walaupun terlihat mudah, namun ada saja orang yang justru berjalan seliweran ke arah lain.

4. Makan gudeg ceker tengah malam di Solo

9eZrmZ-xHaNDMSKUPk1vI1Ek3MLJAmSLFUjIu6BZyk0_300x300

Kuliner Solo memang unik dan khas. Salah satu yang paling unik adalah gudeg ceker Margoyudan, tepat di depan SMA 2 Solo. Keunikannya adalah warung ini buka jam 1.30 dini hari! Wah, berarti harus siap-siap begadang jika ingin menikmatinya. Walaupun jam bukanya tidak lazim, namun warung ini selalu saja ramai dikunjungi pecinta kuliner, bahkan dari luar kota. Jika kalian datang jam 4 pagi saja, bisa dipastikan gudeg ceker di warung ini sudah habis!

5. Berebut gunungan sekaten di Solo/Yogya

gunungan

Acara Sekaten diselenggarakan tiap tahun untuk memperingati Maulud Nabi. Nah, salah satu acara puncak dari Grebeg Sekaten (baik di Solo ataupun Yogya) adalah berebut gunungan sekaten. Konon jika kita berhasil mengambil makanan dari gunungan ini dan memberikannya ke pasangan kita, maka dia akan menjadi jodoh kita. Tapi mengambilnya bukan hal yang mudah lho, sebab kamu harus siap berebut dengan ribuan orang lainnya. Well, cinta memang harus diperjuangkan.

6. Menyaksikan senja di Tanah Lot

tanah-lot_0070x5501

Tak lengkap rasanya jika pergi ke Bali tanpa mengunjungi Tanah Lot. Salah satu ikon Bali tersebut memang lebih indah dinikmati saat senja. Jangan lupa untuk menyentuh ular-ular jinak yang tinggal di Tanah Lot tersebut.

7. Menyentuh patung Buddha di stupa Borobudur

5

Konon jika kita menyentuh patung Buddha yang terdapat di dalam stupa di tingkat tertinggi Borobudur, maka permohonan kita akan terkabul. Tapi entah, selalu saja ada tangan yang kurang panjang sehingga tidak bisa menyentuh patung ini hahaha. Kalaupun kalian tak berhasil, tenang saja. Kalian masih bisa menikmati keindahan salah satu keajaiban dunia ini serta panorama Bukit Manoreh yang indah di sekitarnya.

8. Berlari bersama banteng di Spanyol

The Bull Run

Nah, mulai dari sini, kita harus siap-siap travelling ke luar negeri untuk melakukannya. Selain terkenal dengan aksi matadornya, Spanyol juga terkenal dengan tradisi unik yang dinamakan “bullrun” atau berlari bersama banteng. Di festival yang selalu diadakan setiap tahun ini, para peserta harus berlari di depan kejaran banteng yang marah saat banteng tersebut digiring ke stadion untuk diadu dengan matador. Acara kejar-kejaran ini tentu memacu adrenalin dan merupakan impian terbesarku untuk bisa berpartisipasi di dalamnya.

9. Naik gondola di Venesia

gondola_ride_venice

Kupikir tak ada hal lain yang lebih romantis ketimbang berlayar dengan gondola melewati kanal-kanal di Venesia. Di sepanjang perjalanan, kita akan disuguhi bangunan-bangunan bergaya Eropa yang indah. Apalagi jika kita datang di festival topeng yang diadakan tiap tahun di Venesia, suasana akan tambah menarik.

10. Makan balut di Filipina

balut egg

Yang satu ini boleh disebut sebagai tantangan, kamu bisa memilih melakukannya atau tidak. Balut dianggap sebagai hidangan paling menjijikkan di dunia (walaupun bagi beberapa orang dianggap sebagai salah satu hidangan terlezat). Makanan tradisional Filipina ini adalah telur berisi embrio bebek. Hanya yang bermental baja saja yang bisa menyantapnya.

Nah, itu dia 10 hal-hal yang harus kamu lakukan sebelum mati. Hal-hal unik itu bisa menjadi pengalaman sekali seumur hidup yang nggak akan bisa kalian lupakan. Selain itu mengunjungi Ka’bah bagi yang Muslim ataupun mengikuti misa di katedral gotik bagi yang Katolik juga pasti merupakan impian yang pasti kalian cita-citakan. Apapun mimpi kalian, marilah kita mengusahakannya mulai dari sekarang (bisa dengan menabung, mulai bikin paspor, dan lain-lain). OK? Kalo ada hal-hal unik lain yang menurut kalian belum ada di list (mungkin di daerah tempat tinggal kalian), silakan tambahkan di comment.

8 comments:

  1. fuck this shit, hampir semuanya java

    ReplyDelete
  2. hahahhaaa.. emang ya di Jawa banyak tempat wisata yang bagus?
    lah di Sumatra? ada sih tapiiii... jauuuuuuuuuuuuuuuuuhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh di pedlaman hahahahaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduuuuuuuuh gue aja kepengen banget ke Sumatra, apalagi ke Bukittingi + Danau Maninjau

      Delete
  3. BODY RAFTING di Green Canyon di pangandaran gmn? haha ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Since I don't know how to swim ===> skip

      Delete
  4. 1 hal yang paling penting yang harus dilakukan sebelum mati itu TAUBAT Broooo !
    Jangan ampe ajal udah di ujung tanduk baru mau taubat... Stuju ?!

    ReplyDelete
  5. Kalo ngelakuin semua yg disebutkan diatas kayaknya gak jadi mati deh bro,soalnya badan tambah sehat keliling mulu wkwkwkwk

    ReplyDelete