Friday, August 17, 2012

10 SERIAL KILLER PALING TERKENAL DI DUNIA

 
Aku lama-lama tertarik juga dengan serial killer setelah melihat drama-drama kriminal semacam CSI dan Criminal Minds di TV kabel. Serial killer alias pembunuh berantai menggambarkan sosok manusia yang paling kejam dan paling jahat. Namun herannya, dari luar para serial killer ini tampak biasa-biasa saja. Bahkan banyak dari mereka tampak lemah lembut dan sopan (beberapa bahkan ganteng dan cantik). Namun dalamnya hati, siapa sih yang tahu. Sedihnya, banyak serial killer di list ini berubah menjadi seperti itu gara-gara penyiksaan yang mereka terima saat kecil. Nah, inilah 10 serial killer paling terkenal di dunia urut berdasarkan jumlah korbannya (banyak di antaranya bahkan menginspirasi film-film Hollywood).

10. Jack The Ripper
Identitas: ?
Tahun beraksi: 1888 di London
Korban: paling sedikit 5 orang

image

Jack the Ripper adalah pembunuh berantai paling terkenal dalam sejarah. Ia meneror warga White Chapel, London dan membunuh kurang lebih 5 orang wanita PSK. Semua korbannya dimutilasi dengan rapi sehingga banyak yang menduga bahwa ia sebenarnya adalah dokter bedah yang terpelajar. Namun identitasnya hingga kini tak pernah diketahui. Yang membuat heboh publik saat itu adalah ia mengirimkan surat kepada polisi dengan alamat pengirim bertuliskan “From Hell” atau “Dari Neraka”. Tak terbilang banyaknya film yang terinspirasi oleh pembunuh berantai yang satu ini.

9. The Gay Slasher
Identitas: Andrew Cunanan
Tahun beraksi: 1997
Jumlah koban: 5 orang

Andrew_Cunanan

Pembunuh berantai yang satu ini kisah hidupnya mirip Ryan Jombang. Polisi sempat sulit menangkapnya karena ia memiliki kemampuan menyamar yang mengagumkan bak bunglon. Salah satu korbannya adalah Gianni Versace, seorang perancang mode terkenal asal Italia. Ia kemudian bunuh diri sebelum berhasil ditangkap polisi.

8. Zodiac
Identitas: ?
Tahun beraksi: 1968-1970 di California
Jumlah korban: paling sedikit 6 orang


Pembunuh bertopeng yang satu ini menginspirasi pembunuh berantai di film Scream. Korbannya adalah para pasangan yang tengah berpacaran. Yang menghebohkan, ia mengirim surat berkode ke koran San Fransisco Chronicle mengenai detil pembunuhannya. Hingga kini, identitas aslinya masih tetap misteri.

7. The Monster
Identitas: Aileen Wurnos
Tahun beraksi: 1989-1990
Jumlah korban: 7 orang

u1_004

Perempuan ini dikenal sebagai pembunuh berantai wanita paling terkenal di Amerika Serikat. Ia dihukum mati pada tahun 1992 dan menginspirasi film peraih Oscar, Monsters yang membawa pemerannya, Charlize Theron mendapatkan piala Oscar sebagai aktris terbaik. Yang membuat justru banyak orang bersimpati pada pembunuh berantai ini adalah penyiksaan yang kerap ia lalui semenjak kecil.

6. BTK Strangler
Identitas: Dennis Rader
Tahun beraksi: 1974-1991 di Kansas
Jumlah korban: paling sedikit 10 orang

dennis-rader-1-tm

Pembunuh yang satu ini dikenal dengan nama BTK Strangler karena suka mencekik korbannya (kalo kepanjangan BTK terlalu sadis buat kubeberin di sini). Herannya, ketika akhirnya ia tertangkap ternyata dia adalah tipikal bapak kepala keluarga biasa.bahkan istrinya sendiri yang sudah menikahinya puluhan tahun tak tahu bahwa suaminya adalah pembunuh berantai. Uniknya, tokoh ini menginspirasi The Strangler dalam kartun Spongebob Squarepants (model kumisnya juga sama).

5. Ed Gein
Tahun beraksi: 1947-1957
Jumlah korban: 15 orang

u1_002

Kisah hidup pembunuh berantai ini menginspirasi tokoh dalam film Psycho arahan Alfred Hitchcock hingga box office hit “Texas Chainsaw Massacre”. Ia menjadi terobsesi terhadap perempuan karena terlalu tergantung pada sang ibu yang over-protektif dan dominan. Setelah kematian ibunya, pemuda pemalu inipun berubah menjadi pembunuh berantai. Ia tertangkap dan dimasukkan ke rumah sakit jiwa hingga akhirnya meninggal karena kanker pada umur 78 tahun.

4. Killer Clown
Identitas asli: John Wayne Gacy
Tahun beraksi: 1972-1978
Jumlah korban: 33 orang

u1_002

Sebelum pria yang mengaku Joker muncul di halaman depan dengan menembaki para penonton film Batman di kota Aurora, Amerika Serikat, sudah ada pembunuh berantai lainnya yang dijuluki sang Joker. Pria itu adalah John Wayne Gacy, seorang badut diam-diam menjadi pembunuh berantai. Pertama-tama ia menjebak korbannya dengan pura-pura melakukan trik sulap dengan cara mengikat tangan korbannya dengan borgol. Begitu terjebak, ia akan segera membunuh mereka. Setelah tertangkap, terkuak bahwa ia memiliki 4 kepribadian ganda, salah satunya sebagai pembunuh berantai. Ia akhirnya dieksekusi pada tahun 1994. Kisah hidup sang pembunuh ini diangkat ke layar lebar dalam film “To Catch A Killer”.

3. Ted Bundy
Tahun beraksi: 1974-1978 di Utah, Oregon, dan Washington
Jumlah korban: 36 orang

ted-bundy

Theodor Bundy mungkin adalah pembunuh berantai paling terkenal dalam dunia modern. Ia menjadi sangat terkenal pada tahun 1970an dimana kala itu saat orang menyebut kata “pembunuhan” yang langsung terlintas adalah nama pria ini. Masa kecilnya sangat menyedihkan, dimana ia lahir di luar nikah dan ia mengira kakek neneknya adalah orang tuanya dan ibunya justru dia kira sebagai kakaknya. Pria ini dikenal sebagai lelaki yang sangat tampan, cerdas, dan charming. Dengan menggunakan pesonanya, ia menarik gadis-gadis muda ke dalam mobilnya lalu membunuh mereka. Konon ia mulai membunuh pada umur 14 tahun dan korbannya selalu memiliki ciri yang mirip dengan cinta pertamanya.  Uniknya, setelah tertangkap ia membantu polisi menangkap pembunuh berantai lainnya yang dijuluki “Green River Killer”. Pada tahun 1989 ia akhirnya dihukum mati.

2. Albert Fish
Tahun beraksi: 1919-1930
Jumlah korban: paling sedikit 100 orang

fish5

Pembunuh ini punya banyak julukan, mulai dari “Brooklyn Vampire”, “Boogeyman”, hingga “Werewolf of Wysteria”. Pembunuh berantai yang satu menginspirasi diciptakannya tokoh Hannibal Lecter dalam film peraih Oscar, “Silence of The Lambs”. Seperti tokoh dalam film itu, ia juga kanibal.

1. Dr. Holmes
Identitas: HH. Mudgett
Tahun beraksi: 1893-1895
Jumlah korban: paling sedikit 200 orang

Herman_Webster

Pembunuh yang satu ini menginspirasi film “Saw”. Dokter yang merangkap pembunuh berantai ini memerangkap korbannya dalam kastilnya yang penuh perangkap dan labirin. Saat hampir tertangkap, ia kabur dan membakar kastilnya sendiri. Ia kemudian tertangkap dan dihukum gantung.

BONUS
Elizabeth Bathory

image

Nggak nyangka ya kalo pembunuh berantai dengan korban  paling banyak sepanjang sejarah ternyata seorang wanita. Lebih sadis dari Count Dracula, Countess asal Hungaria ini bertanggung jawab atas kematian 200-300 wanita pada abad ke-16. Konon ia mandi dengan darah para korbannya agar tetap awet muda. Hiiiiy…

6 comments:

  1. Ah, keren.

    Countess Elizabeth. Kalo enggak salah ada raja juga, kejam. Nyuruh tentaranya bakar serumah besar berisi pengemis dan fakir.

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. itu mah urban legend boongan, bukan serial killer

      Delete
  3. Setelah gue search di Google, ternyata Ultah Ted Bundy ama gue sama -_-

    ReplyDelete