Saturday, August 11, 2012

10 LUKISAN TERINDAH DI DUNIA

  Claude_Monet_Water-Lilies-500x500
Hari gini masih ngomongin lukisan? Kan sekarang zaman digital gitu, jadi tinggal foto2 terus masukin ke facebook. Eit, jangan berpikir serba praktis gitu dong. Di dunia ini banyak lukisan yang menjadi mahakarya seni tak ternilai harganya. Bahkan jutaan orang rela mengantri ke museum di belahan dunia lain hanya untuk menyaksikan dengan mata kepala sendiri lukisan-lukisan yang cuma ada satu di dunia tersebut. Bahkan, harganya ada yang mencapai ratusan milyar! Well, inilah 10 lukisan paling terkenal sekaligus terindah di dunia menurut versiku.
1. Monalisa (Leonardo da Vinci)
  Mona_Lisa_by_Leonardo_da_Vinci
Lukisan ini tak perlu diragukan lagi adalah lukisan paling terkenal di dunia ini. Menurut sejarawan, wanita yang berada dalam lukisan ini adalah Lisa del Giocondo, istri seorang bangsawan di Florence, Italia. Da Vinci memulai melukis Monalisa sekitar tahun 1503-1504 dan menyelesaikan sesaat sebelum kematiannya pada 1911. Lukisan yang terkenal karena senyum misteriusnya ini kini tersimpan di Museum Louvre, Paris.
2. Girl With A Pearl Earring (Johannes Vermeer)
Johannes_Vermeer_-_The_Girl_With_The_Pearl_Earring
Lukisan mahakarya pelukis Belanda ini disebut-sebut sebagai “Monalisa”-nya Belanda. Hingga kini tak jelas kapan lukisan ini dibuat dan siapa gadis yang berada dalam lukisan ini.
3. The Last Supper (Leonardo da Vinci)
Da_Vinci_The_Last_Supper
Mungkin tak banyak yang tahu jika lukisan ini sebenarnya adalah mural yang dilukis di dinding Biara Santa Maria della Grazia di Milan, Italia. Kemisteriusan lukisan yang dibuat pada abad ke-15 ini menginspirasi novel Da Vinci Code.
4. Water Lilies (Claude Monet)
Water-Lilies 1914
Lukisan “Water Lilies” atau “Nymphaea” ini sebenarnya bukan cuma satu lukisan, melainkan 250 lukisan cat minyak yang berurutan. Lokasi kolam dimana Monet menggambar salah satu mahakaryanya ini masih ada lho di kota Giverny dan masih sama plek kondisinya seperti saat Monet membuat lukisannya ini. Lukisan ini kini berada di Metropolitan Art Museum di New York.
Water-Lily-Pond-large
Water-Lilies-large
5. The Scream (Edward Munch)
The_Scream
Lukisan yang menggambarkan seseorang berteriak karena perubahan cuaca di sekitarnya ini dibuat oleh pelukis asal Norwegia pada tahun 1893. Lukisan bergaya ekspresionis ini sebenarnya menggambarkan perubahan warna langit akibat letusan Gunung Krakatau di Indonesia pada 1889. Uniknya, lukisan ini pernah dicuri pada tahun 2004 dari Museum Munch dan ditemukan kembali pada tahun 2006.
6. The Starry Night (Vincent van Gogh)
Van_Gogh_-_Starry_Night
Van Gogh mungkin adalah pelukis terkenal yang bernasib paling naas. Ketika hidup, hasil karyanya tak pernah dihargai, bahkan ia masuk rumah sakit jiwa dan akhirnya tewas dengan cara bunuh diri. Namun setelah kematiannya, karya-karya seninya menjadi sangat terkenal dan bernilai jutaan dolar. Lukisan ini kini tersimpan di Mueum of Modern Art di New York.
7. Persistence of Memory (Salvador Dali)
The_Persistence_of_Memory
Salah satu lukisan surealis paling terkenal ini menggambarkan sebuah jam yang mencair di alam mimpi. Nggak tau kenapa, tapi kayaknya lukisan ini langsung menyentuh alam bawah sadar ya?
8. The Destruction of Sodom and Gomorah (John Martin)
  John_Martin_-_Sodom_and_Gomorrah
Lukisan yang menggetarkan jiwa ini dibuat pada tahun 1852 dan menggambarkan kisah pemusnahan kota Sodom dan Gomora.
9. Louis XVI and Marie Antoinette with Their Children at Versailles, October 6, 1789 (Gyula von Benczur)
  marie antoinette
Lukisan ini menggambarkan keputusasaan Raja Louis, permaisurinya Marie Antoinette, beserta seluruh keluarganya saat terjadi Revolusi Prancis. Dramatis sekali menurutku, apalagi pose cewek di samping kiri. Dalam sejarah diceritakan bahwa seluruh keluarga Louis XIV yang merupakan raja lalim itu kemudian dihukum mati, jadi lukisan ini mungkin menggambarkan rasa terguncang mereka saat mengetahui nyawa mereka akan hilang.
10. Night of Terrors (William Blake)
Night-Terrors
Lukisan ini menceritakan fenomena tindihan, dimana sesosok iblis tampak menduduki dada seorang wanita yang sedang tidur sehingga ia mengalami mimpi buruk. Gambar yang agak disturbing menurutku.
BONUS:
The Course Of An Empire (Thomas Cole)
The Course of an Empire adalah lima seri lukisan yang menggambarkan suksesi sebuah kerajaan. Dimulai dari kondisi alami yang liar, lalu muncul pemukiman, kemudian berkembang menjadi kerajaan besar, berkecamuknya peperangan, hingga hancurnya kerajaan (kembali ke kondisi alami yang liar). Lukisan yang penuh makna menurutku.
Cole_Thomas_The_Course_of_Empire_The_Savage_State_1836
Cole_Thomas_The_Course_of_Empire_The_Arcadian_or_Pastoral_State_1836
cole_empire
Cole_Thomas_The_Course_of_Empire_Destruction_1836
800px-Cole_Thomas_The_Course_of_Empire_Desolation_1836




































1 comment: