Saturday, August 11, 2012

10 SEKOLAH & KAMPUS TERKEREN DI DUNIA

 

clip_image001

Inget zaman sekolah dulu (gini2 aku juga pernah sekolah lho), kalo disuruh berangkat rasanya males banget. Pengennya tidur di rumah mulu. Tapi kalo sekolahnya kayak di list di bawah ini…wah, langsung pada rajin semua (belajarnya nggak tahu, yang pasti rajin ke sekolahnya dulu hehehe). Soalnya sekolah-sekolah di list di bawah ini superkeren dalam hal arsitekturnya. Hmm…moga2 aja anak2nya juga pinter2 dan lulus ujian semua, ya nggak? Inilah top ten sekolah dan kampus terkeren di dunia.

1. Orestad High School (Copenhagen, Denmark)

clip_image001[5]

clip_image001[7]

clip_image001[9]

Wah sekolah di Copenhagen beda banget ya sama sekolah di Indonesia (ya iyalah, secara). Kalo SMA-nya aja kayak gini sih hari Minggu aku juga masuk hehehe. Apalagi ada ruang santainya yang dilengkapi bantal-bantal raksasa sama wi-fi gratisannya (kebayang nggak sih akses internet di Eropa secepat apa?). Kalo di sini, tempat kayak gini udah jadi tempat mesum kali ya hehehe.

2. Modern High Scool #9 (Los Angeles, Amerika Serikat)

clip_image001[11]

Sekolah di LA aja udah kedengaran keren, apalagi kalo bangunannya secanggih ini. Yang lebih mengherankan, SMA 9 LA ini ternyata sekolah negeri lho. Arsiteknya aja didatangkan jauh-jauh dari Austria. Kalo di sini sekolah negeri yang ada atapnya pada ambruk hehehe.

3. Green Roof Art School (Singapura)

clip_image001[13]

Hmm…sekarang emang lagi populer green building yang ramah lingkungan. Tapi kalo green buildingnya bener-bener diterapin secara harfiah? Fakultas Seni, Desain, dan Media ini terletak di universitas bergengsi, Nanyang Technological School. Atap berumputnya melindungi lima lantai kelas di bawahnya. Hampir seluruh pencahayaan-nya menggunakan cahaya matahari alami. Atap hijaunya juga menyejukkan bagian dalam ruangan serta menyerap air hujan untuk irigasi taman.

4. Stata Center, MIT (Massachusets, Amerika Serikat)

clip_image001[15]

Bangunan yang bernama lengkap Stata Center of Computer, Information, and Intelligence Science (nggak heran cuma disingkat Stata Center) berlokasi di salah satu universitas bergengsi di Amrik, yaitu MIT (Massachusets Institute of Technology). Diarsiteki oleh Frank Gehry, bangunan ini emang seperti berada dalam lukisan (nggak real). Kompleks ini mencakup ruang kelas, laboratorium, aula, hingga fitness center.

5. Miami Dade College (Miami, Amerika Serikat)

clip_image001[17]

clip_image001[19]

Buseeet….kalo kampusnya sekeren ini dijamin nggak ada mahasiswanya yang bolos! Apalagi kampus ini terletak menghadap pantai Miami yang aduhai. Hmm…bisa pada konsen belajar nggak ya para mahasiswanya hehehe.

6. Maryland Institute College of Art (Maryland, Amerika Serikat)

clip_image001[21]

Maryland Institute College of Art atau yang sering disingkat MICA ini memiliki gedung unik berbentuk drum yang menampung lobi, galeri, teater, pusat karir, kafe, asrama, hingga studio. Hmm…namanya juga sekolah seni, kampusnya juga harus nyeni dong. Tapi yang namanya kampus luar negeri emang segalanya ada, lengkap. Nggak kayak kampus di sini, kalo laper kudu manggil2 bapak siomay dulu hehehe.

7. Metzo College (Doetinchem, Belanda)

clip_image001[23]

clip_image001[31]

Sekolah kejuruan di Belanda ini emang unik dengan bentuk piramidanya. nggak nyangka ya kalo ini sebenarnya adalah gedung 6 lantai.

8. Kolding University (Kolding, Denmark)

clip_image001[25]

Buseeeet…ini kampus apa mall??? Universitas ini emang menerapkan desain mall dalam kampusnya. Buktinya, ada atrium luas yang dikelilingi oleh ruang-ruang kelas, kantor dosen, hingga kafe. Wow… materi kuliahnya pasti “Giordano-nya kakaaaaaak…”

9. Jubilee Campus (Nottingham, Inggris)

clip_image001[27]

Silakan kaget, soalnya bangunan kampus ini dulunya adalah sebuah pabrik sepeda yang direnovasi. Kompleks ini mencakup taman tempat nongkrong, restoran, toko-toko, hingga ruang kelas (urut dari yang paling penting dulu hehehe). Kompleks ini juga dapat menampung 2.5000 siswa.

10. Arcadia University (Pensylvania, Amerika Serikat)

clip_image001[29]

Wah, sekolah di sini pasti langsung berasa kayak Harry Potter! Awalnya kampus ini adalah sebuah kastil bernama Grey Tower Castle yang dibangun William Welsh Harrison pada 1893, kemudian dibeli oleh Universitas Arcadia pada tahun 1929. Konon kastil ini punya jalan-jalan rahasia yang berhubungan dengan terowongan-terowongan bawah tanah. Wow, kereeeen!!! Kayak Hogwarts beneran!

Sumber:

http://weburbanist.com/2009/04/21/15-cool-high-school-college-and-university-building-designs/

BONUS

OCAD (Toronto, Kanada)

kan-School of Design OCAD Building (Toronto, Canada)   ocad_u_building

Sekolah desain ini diarsiteki oleh Will Alsop dan memperoleh berbagai penghargaan baik dari Inggris maupun Kanada sendiri. Ruang kelas baru didirikan tanpa merusak gedung tua tempat sekolah itu berdiri. Caranya dengan membangun ruangan serupa meja dengan pilar-pilar penopang.

3 comments:

  1. SMA Horikoshi nggak masuk Bang Dave ?

    ReplyDelete
  2. Keren2 sih...
    Kunjungi juga blog saya di:
    ketikajadiblogger.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. Kalo kayak gitu, lama-lama saya bisa minggat kluar negri buat sklh... :v asal dpt beasiswa sich... :v

    ReplyDelete