Sunday, August 11, 2019

RATU-RATU HOROR: INILAH 10 SCREAM QUEENS PALING CANTIK DAN SEXY



“Scream Queens” adalah sebutan bagi aktris yang kerap memerankan tokoh protagonis di film horor. Kebanyakan film horor memang memajang aktris cantik sebagai pemeran utamanya, biasa sebagai karakter “final girl” atau satu-satunya survivor dalam film horor. Trope ini udah lazim di film Hollywood hingga ada aktris-aktris cantik yang lekat dengan perannya dalam film horor, sehingga layak menyandang gelar Scream Queens. Scream Queen pertama Hollywood adalah aktris Fay Wray di film “King Kong” pada tahun 30-an. Nah, kali ini gue akan memperkenalkan para Scream Queens paling cantik (dan juga sexy) di perfilman Hollywood saat ini. Pastinya jika kalian sering menonton film horor, kalian nggak akan asing dengan wajah-wajah di bawah ini.

Reaksi readers: “Tumben amat min bahas yang cantik dan sexy. Biasanya yang dibahas yang ganteng-ganteng?”

Gue: “Hush diem aja dan simak top tennya!”


1. Alexandra Daddario


Aktris cantik ini pertama kali dikenal publik lewat aktingnya di “Percy Jackson”. Namun gadis bermata indah ini juga berkiprah di perfilman horor, salah satu yang terkenal adalah “Texas Chainsaw 3D”. Selain itu dia juga berperan di film horor lain seperti “The Attic” (2007), “Bereavement” (2010), dan film komedi zombie “Burying The Ex” (2014) dimana dia beradu akting dengan almarhum Anton Yelchin. Kiprahnya sebagai Scream Queen semakin diakui ketika ia digaet untuk berperan sebagai bintang tamu di “American Horror Story: Hotel”. Alexandra juga kayaknya nggak kapok berperan di film horor, sebab dia juga akan berperan di beberapa film bergenre horor dan psychogical thriller semacam “We Always Lived in The Castle”, “Night Hunter”, dan “Lost Girls and Love Hotels”.

2. Naomi Watts


Naomi memang lebih dikenal berkat kerja samanya dengan sutradara eksentrik David Lynch. Namun publik juga pasti mengingat kiprahnya di remake film “The Ring” sebagai seorang ibu yang berusaha menyelamatkan anaknya dari kutukan video Samara. Selain itu, aktris Australia yang pernah meraih nominasi Oscar ini juga berperan di film-film bergenre horor dan thriller seperti “Children of The Corn IV” yang diangkat dari novel Stephen King, “Down” (2001), “Funny Games” (2007), dan “Shut In” (2016).

3. Neve Campbell


Menyebut nama Neve Campbell pasti generasi 90-an akan langsung teringat akan peran ikoniknya sebagai Sidney Prescott di franschise “Scream”. Perannya sebagai bintang utama di tetralogi Scream tentu membuatnya layak menyandang gelar “Scream Queens”. Sayang, kiprahnya di perfilman horor tak begitu terdengar. Di luar project “Scream”, terakhir ia berperan sebagai penyihir di film “The Craft” (1996).

4. Sarah Michelle Gellar


Lagi-lagi nama yang tidak asing bagi generasi 90-an, Sarah Michelle Gellar menjadi salah satu Scream Queen berkat film legendarisnya “I Know What You Did Last Summer”. Gadis berambut pirang ini juga mendaratkan peran di berbagai film horor seperti “Scream 2” (1997) dan “Possession” (2008). Namun aktris pemeran Daphne di live action “Scooby Doo” ini lebih dikenal lewat perannya di adaptasi film horor Jepang “Ju On”, yakni “The Grudge” (2004) dan “The Grudge 2” (2006).

5. Chloe Grace Moretz


Pada usia 6 tahun, aktris ini sudah bermain di film “The Amytiville Horror” (2005) dan beradu akting bareng Ryan Reynolds. Jadi bisa dibilang, Chloe ini udah meraih gelar Scream Queens sejak dini. Setelah gede pun dia nggak bosan lho berkiprah di film horor. Tercatat dia pernah bermain di film “The Eye” (2008) bareng Scream Queens lain, Jessica Alba, lalu “Let Me In” pada 2010 sebagai vampir cilik, dan terakhir “Suspiria” (2018) bareng Dakota Johnson yang pernah bermain di ... ehm, di ... ya, kalian pasti tahulah. Namun film yang paling membesarkan namanya adalah “Carrie” (2013) yang merupakan remake film Stephen King, dimana ia meraih peran utama sebagai sosok gadis berkekuatan psikokinetik yang membalas dendam pada orang-orang yang membully-nya pada prom night.

6. Vera Farmiga dan Taissa Farmiga


Penggemar film horornya James Wan pasti udah nggak asing dengan sosok yang memerankan paranormal Lorraine Warren di “Conjuring” Universe. Kiprah Vera Farmiga sebagai Scream Queen makin dikenal ketika ia berperan di film “Orphan” (2009) dan juga mami psikopat di serial “Bates Motel”.


Namun Vera ternyata bukan satu-satunya Scream Queen dalam keluarganya. Adiknya, yakni Taissa Farmiga juga bergabung dalam “Conjuring” Universe setelah mendapatkan peran sebagai suster di film “The Nun”. Tak hanya itu, gadis manis berdarah Eropa Timur ini juga menjadi salah satu pemain tetap di “American Horror Story” dan sudah memamerkan aktingnya di empat season.

7. Bipasha Basu



Didaulat sebagai Scream Queen-nya Bollywood, aktris yang terkenal sexy ini memang doyan melakoni peran di film horor dan thriller India. Namanya melambung setelah ia berperan di film horor “Raaz” dan “Raaz 3D” yang semakin mengukuhkan namanya sebagai Scream Queen Hindustan.

8. Nina Dobrev



Berbeda dengan para Scream Queens lainnya yang dibesarkan namanya oleh film-film blockbuster, nama Nina Dobrev bergaung berkat perannya di serial horor-romantis "Vampire Diaries"  sebagai Elena Gilbert, seorang remaja yang terjebak cinta segitiga di antara dua vampir ganteng.

Ekspresi readers: "Nah tuh kan, tuh kan ..."

Tak hanya itu, aktris berdarah Bulgaria ini juga bermain di beberapa film semacam "Final Girls" (2015) yang bergenre slasher-komedi dan juga "Flatliners" (2017). Gue sebagai fans beratnya sih berharap lebih banyak melihat wajah cewek cantik ini di lebih banyak film horor ke depannya hehehe, kalian juga pasti setuju kan?


9. Lulu Wilson



Nah ini nih yang unik, yakni Scream Queen cilik. Walaupun umurnya terbilang masih amat muda, namun jam terbangnya di film horor terbilang banyak, mulai dari “Deliver Us from Evil” (2014), “Ouija: Origin of Evil” (2016), dan “Annabelle: Creation” (2017). Karir akting gadis kelahiran 2004 ini juga semakin terasah setelah ia berperan dalam serial horor “The Haunting of Hill House” (2018).

10. Jamie Lee Curtis



I saved the best for last! Sebagai pamungkas, inilah sosok Scream Queen paling senior, yakni Jamie Lee Curtis yang namanya melambung berkat aktingnya di franchise “Halloween”. Ia berperan sebagai protagonisnya, Laurie Strode semenjak film “Halloween” pertama besutan John Carpenter pada tahun 1978 hingga sekuelnya yang terbaru pada 2018 silam. Uniknya, bakat aktingnya ini ternyata menurun dari sang ibundanya, Janet Leigh, yang tak hanya aktris, namun juga Scream Queen yang pernah bermain di film “Psycho”(1960). Selepas “Halloween”, Jamie juga kerap bermain di film horor serupa seperti “The Fog”, “Prom Dance”, dan “Terror Train” pada 1980-an. Sosoknya sebagai Scream Queen kenamaan akhirnya membuatnya didapuk memerankan serial slasher-komedi “Scream Queens” (2015) selama dua season.

Namun ternyata Jamie ini malah gerah jika senantiasa diidentikkan dengan sosok Scream Queen yang hanya bisa sukses di film-film horor. Ia berusaha membuktikan bahwa sebagai aktris profesional, dia juga bisa berperan di genre film lain. Terbukti ia berhasil meraih piala Gloden Globe dan juga nominasi BAFTA dan Emmy berkat kualitas aktingnya di berbagai genre, seperti drama dan komedi.

BONUS:

Drew Barrymore


Lag-lagi nama yang pastinya kalian kenal jika kalian generasi 90-an (atau bahkan 80-an), Drew Barrymore adalah mantan aktris cilik yang lebih ngetop sebagai "Charlie's Angel" dan film-film bergenre komedi romantis. Namun Drew juga layak menyandang gelar "Ratu Horor" pula. Pada usia 9 tahun ia sudah membintangi film adaptasi novel Stephen King berjudul "Firestarter" dan lanjut setahun kemudian di film antologi horor "Cat's Eye". Namun debutnya yang paling terkenal (dan juga mengejutkan) adalah peran cameo-nya di adegan pembuka "Scream" yang legendaris. 

Nah, di antara para Scream Queens di atas, mana nih favorit kalian?

9 comments:

  1. Bang dave kok gambarku dipajang di nomer satu, kan jadi ge-er 😆😆😆

    Bang kalo gak berhasil survive gak disebut scream queen ya? Cz park ji hyun di Gonjiam wajahnya akan mengalihkan duniamu itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga harus selamat sih, yg penting kerap nongol aja di film horor. tuh buktinya sarah michelle gellar cakep2 tapi selalu kebagian jadi korban mutilasi mulu wkwkwk

      Delete
  2. sigourney weaver bang dave yg di fil aliens btw kok aku keluar muncul sby anon ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue juga mau masukin dia sih tapi kalo menurut wikipedia dia lebih cocok dipanggil "sci-fi queen" jadi gue nurut2 aja hehehe

      Delete
  3. Jangan lupa Indonesia juga punya Shandy Aulia, bang..

    ReplyDelete
  4. yeeee bang dep kembaliiii

    ReplyDelete
  5. Kalo Cassandra Peterson, cocok juga gak masuk list ?

    ReplyDelete
  6. Gw juga pernah nonton film komedi ny Jamie Lee yg judul ny Freaky Friday barengan Lindsay Lohan,, lucuuu bgt walaupun nonton berkali2 te2p ngakak😂

    kalo Drew Barrymore gw malah kenal ny sebagai ratu komedi cz byk bgt film komedi ny..

    ReplyDelete