Wednesday, February 19, 2020

PARA KANDIDAT PEMILU AMRIK 2020: SIAPAKAH YANG AKAN MENJADI PRESIDEN NEGARA ADIDAYA TERSEBUT? NOMOR 3 BIKIN KAGET!!!



Proses Pemilu Amerika Serikat tentu menjadi salah satu tradisi demokrasi yang paling ditunggu-tunggu sejagad. Tak mengherankan, siapa sih yang nggak merasa penasaran tentang sosok yang akan memimpin negara adidaya tersebut dan kebijakan-kebijakan apa yang AKAN ditempuhnya? Soalnya tak bisa kita pungkiri, tiap kebijakan negara Paman Sam tersebut mau tak mau akan berdampak pada seluruh dunia.

Pemilu terdekat adalah tahun 2020 dan sudah ada 10 kandidat presiden yang mengungkapkan hasrat serta ambisinya untuk maju sebagai calon presiden. Perlu diingat hanya ada dua partai politik di Amrik, yani parta Demokrat dan Republikan. Kedua-duanya memiliki visi dan ideologinya sendiri yang sekilas saling bertentangan. Semisal kaum Republikan dikenal berpemikiran tradisional dan konservatif, sementara pendukung Demokrat dikenal modern dan moderat (liberal).

Pendirian merekapun tertuang dalam berbagai kebijakan mereka yang cukup kontradiktif satu sama lain. Semisal, kaum Demokrat yang amat mendamba kebebasan amatlah mendukung pelegalan pernikahan sesama jenis (pro-LGBT) dan hak aborsi (pro-choice). Sebaliknya, pendukung Republikan amat menentang kedua hal tersebut (anti-gay dan pro-life). 

Namun kaum Republikan juga bukannya tanpa dosa. Mereka amat mendukung hak warga sipil untuk memiliki senjata (pro-gun) dimana hal ini ditengarai menyebabkan maraknya berbagai kasus penembakan massal di Amerika. Sementara itu kaum Demokrat tentu saja ingin membatasi kepemilikan senjata api untuk mencegah jatuhnya korban jiwa.

Nah, politik di Amrik memang sangat menarik, maka dari itu gue di sini akan membeberkan siapa saja calon presiden mereka. Emang sih kita nggak bisa milih, tapi nggak ada salahnya kita senantiasa mengikuti perkembangan berita internasional. Yuk kita kemon!


1. JOSEPH R. BIDEN


Jika nama Joe Biden terdengar tak asing bagi kalian, mungkin karena ia adalah tak lain dan tak bukan wakil presiden dari Barrack Obama. Sosok politisi dari kaum Demokrat ini memang dikenal amat senior, bahkan pernah dua kali mengikuti pemilihan presiden. Sayang, kedua-duanya gagal. Tapi ada peribahasa di Amrik berbunyi: “Third time’s the charm” alias percobaan ketiganya biasanya berhasil. Well, apakah Joe Biden berhasil mencapai mimpinya?

Berasal dari Partai Demokrat, tentu Joe Biden memiliki kebijakan yang bertentangan dengan Donald Trump yang berasal dari Partai Republikan. Ia dianggap mengayomi kaum kelas pekerja (alias ekonomi menengah ke bawah) dan berjanji meningkatkan ekonomi mereka.

2. MICHAEL R. BLOOMBERG
Nama ini juga mungkin tak asing lagi. Dikenal sebagai konglomerat dan mantan walikota New York, ia dikenang karena berhasil memimpin warga New York keluar dari memori kelam pasca Serangan 11 September. Sebagai calon dari Partai demokrat, ia amat peduli dengan isu “gun control”.
3. PETE BUTTIGIEG
Salah satu kandidat dengan sejarah paling menarik, veteran tentara AS  ini merupakan kandidat termuda dan juga satu-satunya kandidat gay di ajang pemilihan presiden ini! Yap, kalian nggak salah baca. Pria muda ini tak malu mengakui identitasnya sebagai LGBT bahkan memiliki seorang suami. Tentu saja, menilik latar belakangnya yang seperti itu, ia amat peduli pada isu-isu kesetaraan gender.
4. TULSI GABBARD
Kandidat dari Hawaii ini cukup kontroversial karena di masa lalunya, ia pernah mengadakan pertemuan dengan presiden Syria yang kala itu tengah dituduh melancarkan senjata kimia. Isu yang ia angkat adalah melawan intervensi militer AS ke negara-negara lain, termasuk di antaranya penarikan tentara-tentara AS dari Timur Tengah.
5. AMY KLOBUCHAR
Amrik sepanjang sejarahnya berdiri tak pernah sekalipun memiliki presiden wanita. Mungkin karena itu, sosok pengacara ini berambisi menjadi presiden wanita Amrik pertama. Uniknya, ia mengutamakan isu obat-obatan, termasuk penyalahgunaan narkoba.
6. BERNIE SANDERS
Salah satu kandidat paling potensial sekaligus paling kontroversial, Bernie Sanders dikenal memiliki ideologi sosialis yang condong ke kiri. Tak heran, program-program kandidat presiden tertua di list ini ini meliputi penggratisan biaya kuliah dan penyetaraan jaminan kesehatan.
7. TOM STEYER
Miliuner dan aktivis ini dikenal sangat vokal dengan isu perubahan iklim dan global warming. Tak mengherankan, isu yang angkat juga bertemakan lingkungan. Ia juga amat keras menentang Trump dan mendukung, bahkan mensponsori, proses pemakzulan Trump.
8. ELIZABETH WARREN
Mantan profesor dari Harvard ini menjadi satu-satunya akademisi yang ikut dijagokan di ajang pilpres yang kebanyakan diikuti politisi dan pengusaha ini. Ia mengangkat isu ekonomi dan memiliki slogan “I have a plan for that”. Hmmm ... kurang kreatif ketimbang “Make American Great Again” sih, tapi nggak apa-apalah.
9. DONALD J. TRUMP

Well, well, well ... Donald Trump tak berhasil dimakzulkan, maka tak heran jika ia kembali bersaing ke bursa calon presiden. Tapi mampukah Trump berkuasa untuk kedua kalinya? Toh, programnya masih sama, membangun tembok pembatas  Meksiko dan Amrik ...
10. WILLIAM F. WELD
Mantan gubernur Massachusetts menjadi satu-satunya kandidat dari Partai Republikan selain Trump. Namun kebijakannya ternyata lebih moderat, terlihat dari kekurang-getolannya untuk mempersekusi para imigran dan juga ia ingin melegalkan ganja. Hmmmm ....
Well, dari 10 kandidat di atas, siapakah jagoan kalian? Akankah Trump berhasil merebut tahtanya kembali? Siapkah Amrik memiliki presiden gay pertama di dunia, mengingat kengototan mereka menjamin hak para LGBT? Akankah Amerika justru dimpimpin oleh seorang wanita? Ataukah Bernie Sanders menang dan membawa kebijakan Amrik yang terkenal liberal menjadi lebih condong ke kiri? Kita ikuti saja perkembangannya!
SUMBER ARTIKEL : New York Times 
SUMBER GAMBAR: Wikipedia

8 comments:

  1. Njir, judulnya dah kayak artikel artikel Indonesia aja 🤣

    ReplyDelete
  2. Trump Will win again

    ReplyDelete
  3. Liat judulnya aku kirain lagi baca line today

    ReplyDelete
  4. Saking penasaran sama yang nomor 3 akhirnya sampe searching, dan update terbaru ternyata si Pete mengundurkan diri dari kontestasi

    ReplyDelete
  5. Tapi Joe Biden kesandung kasus pedofilia tuh. Banyak banget sentuhan dia ke anak2 yang dianggap ngga senonoh 😅

    ReplyDelete