Sunday, July 8, 2012

10 GEREJA TERTINGGI DI DUNIA

 

Sebelum adanya gedung pencakar langit, gereja-gereja adalah bangunan tertinggi di dunia. Pada tahun 1311, menara Katedral Lincoln menjadi bangunan tertinggi di dunia, melampaui Piramid Giza. Pembangunan gereja-gereja tertinggi di dunia ini tak diragukan lagi berkaitan erat dengan penemuan gaya arsitektur gotik di Eropa. Dengan pengetahuan dan teknologi arsitektur pada masa itu, dapat dibangun gereja dengan tinggi ratusan meter, yang sebelumnya tidak bisa dilakukan dengan gaya arsitektur biasa. Nah, kali ini aku akan membahas 10 gereja tertinggi di dunia.

1. Gereja Ulm Minster (Ulm, Jerman) – 161,5 m

Ulm Minster

Ulm Minster bukanlah sebuah katedral, melainkan sebuah gereja Protestan. Gereja ini pertama kali dibangun pada tahun 1377 dan baru selesai sepenuhnya pada tahun 1890. Gereja ini merupakan gereja tertinggi di dunia saat ini.

2. Katedral Lincoln (Lincoln, Inggris) – 159,7 m

Katedral Lincoln

Katedral Lincoln atau nama resminya Katedral St. Mary memegang rekor sebagai bangunan tertinggi di dunia selama 2,5 abad, yaitu sejak tahun 1300-1549. Gereja yang terdiri atas 3 menara raksasa ini ini konon memakan biaya hingga 1 juta dolar tiap tahunnya untuk perawatan. Gereja ini pernah menjadi tempat syuting “Da Vinci Code” karena gereja Westmintser Abbey (lokasi asli dalam novelnya) menolak izin untuk syuting.

3. Gereja St. Olaf (Talinn, Estonia) – 159 m

Gereja St Olaf

Gereja ini dibangun pada abad 12. Menara tinggi dari gereja ini sebenarnya dimaksudkan sebagai pos maritim untuk mengawasi kapal-kapal dagang yang berlayar di laut. Saat Estonia jatuh ke tangan Soviet, gereja ini pernah ditutup dan menaranya digunakan untuk menara radio.

4. Basilica Our Lady of Peace (Yamoussoukro, Pantai Gading) – 158 m

Basilika Yamoussoukro

Gereja yang juga memegang rekor gereja terbesar di dunia ini dibangun pada tahun 1985-1989 atas prakarsa Presiden Pantai Gading bernama Felix Houphouet-Boigny dan menghabiskan dana 300 juta dolar. Gereja ini dibangun di kota kelahiran sang presiden. Gereja ini sangat kontroversial bagi kaum Katolik karena sengaja dibangun untuk mengungguli Basilika St. Peter di Vatikan, tempat kedudukan Sri Paus di Roma.

5. Katedral Cologne (Cologne, Jerman) – 157,4 m

Cologne Cathedral

Katedral Cologne termasuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO dan pertama dibangun pada tahun 1248, namun tak diselesaikan. Baru setelah 600 tahun kemudian, justru di tangan pemerintah Protestan, gereja Katolik ini akhirnya dirampungkan pada tahun 1880. Gereja ini merupakan salah satu landmark Jerman dan dikunjungi hingga 20.000 wisatawan setiap harinya!

Pada tahun 2004, sebuah gedung pencakar langit akan dibangun di samping gereja. Rencana tersebut kemudian dibatalkan setelah ada kekhawatiran dari UNICEF bahwa gedung itu akan merusak estetika gereja. Pada tahun 2007, seorang seniman bernama Richter membuat jendela kaca patri bergaya modern di tengah-tengah gereja untuk menggantikan kaca jendela yang dulu rusak akibat PD II. Umat Katolik sebenarnya tak rela gereja bergaya gotik yang klasik milik mereka diisi dengan karya seni kontemporer, namun akhirnya rencana kontroversial itu dilaksanakan juga. Oya, gereja ini juga menyimpan lonceng terbesar di dunia yang beratnya mencapai 24 ton!

6. Katedral Beauvais (Beauvais, Perancis) – 153 m

Katedral Beauvais

Gereja ini unik sebab dapat berjejer di deretan gereja-gereja tertinggi di dunia walaupun tidak memiliki menara. Gereja bergaya gotik ini dibangun pada tahun 1225 dan sebenarnya tak pernah selesai karena rancangan awalnya hingga kini belum pernah tercapai. Wow! Belum selesai saja sudah termasuk salah satu gereja tertinggi di dunia, gimana kalau sudah selesai?

7. Gereja St. Mary (Stralsund, Jerman) – 151 m

Stralsund

Gereja yang berada di utara Jerman ini termasuk unik karena merupakan campuran gaya arsitektur gotik dan baroque seperti terlihat pada kubah menaranya. Gereja ini selesai pada 1298.

8. Katedral Rouen (Rouen, Perancis) – 151 m

katedralrouen

Gereja yang bergaya campuran Gotik-Renaissance dan mulai dibangun pada abad ke-12 dan selesai pada abad ke-16. Gereja ini juga merupakan makam dari Richard the Lion Heart.

9. Katedral St. Paul Lama (London, Inggris) – 150 m

Old St Paul cathedral

Katedral St. Paul Lama mulanya adalah sebuah gereja gotik yang dibangun pada tahun 1087–1314 di pusat kota London. Sayangnya, gereja ini musnah pada saat terjadi kebakaran hebat di London pada tahun 1666. Katedral yang baru kemudian dibangun tepat di atas reruntuhan katedral lama, namun kali dengan gaya baroque dengan sebuah kubah raksasa dan dua menara jam di sisi kiri dan kanannya.

St Paul cathedral London    Menara St. Paul Cathedral

10. Gereja St. Nikolai (Hamburg, Jerman) – 147,8 m

Gereja St. Nicholas Hamburg

Gereja yang pernah menjadi bangunan tertinggi di dunia ini dibangun pada tahun 1842 dengan gaya Gothic Revival. Sayangnya gereja ini tinggal puing-puing karena serangan Sekutu pada 1943. Karena kerusakannya yang terlalu parah, gereja ini terpaksa dirubuhkan dan hanya menyisakan bagian menaranya saja sebagai tugu peringatan. Hingga kini, para pecinta sejarah di kota Hamburg masih berusaha untuk merestorasi gereja ini.

BONUS:

Basilika Sagrada Familia (Barcelona, Spanyol) – 170 m

sagrada familia

Gereja ini merupakan rancangan arsitek kontemporer bernama Antonio Gaudi. Gereja ini masih dalam tahap pembangunan dan apabila selesai akan menjadi gereja tertinggi di dunia dengan ketinggian 170 m.

No comments:

Post a Comment