Saturday, July 14, 2012

10 MAKAM TERINDAH DI DUNIA

 
Pertama-tama aku ingin mengucapkan terima kasih kepada salah satu pengunjung blog-ku yang sudah memberikanku ide untuk membuat postingan ini. Tiap hari aku selalu memantau aktivitas traffic di blog-ku lewat situs statcounter. Dari situ aku bisa meneliti apa sih yang diinginkan para pembaca dari blog-ku. Ada salah satu pembaca rupanya yang kesasar masuk ke blog-ku saat mencari 10 makam terindah di dunia. Kebetulan aku lagi keranjingan bikin top ten dan ternyata belum ada blog lain yang membahas 10 makam paling keren.
Saat ngomongin makam, pasti yang terlintas adalah tempat serem, banyak pohon kambojanya, banyak pocongnya…hiiiy. Tapi makam-makam di list ini adalah makam2 yang sangat megah atau disebut mausoleum. Mausoleum adalah makam yang berukuran sangat besar dan digunakan untuk mengenang tokoh yang sangat penting. Saking megahnya, beberapa di antaranya menjadi 7 keajaiban dunia. Berikut ini adalah 10 makam (mausoleum) paling menakjubkan di dunia!
1. Mausoleum Halicarnassus (Turki)
mausoleum halicarnassus
Mausoleum Halicarnassus adalah makam seorang raja Persia yang dibangun antara tahun 353-350 SM. Makam ini dibangun Ratu Artemisia untuk mengenang mendiang suaminya, Raja Mausolus. Wah, kebalikan sama Taj Mahal ya? Sayangnya sang ratu tidak sempat melihat makam itu diselesaikan, sebab dia meninggal 2 tahun setelah kematian suaminya akibat kesedihan yang mendalam. Konon, para pemahat yang dipanggil dari Yunani terus melanjutkan pembangunan makam tersebut setelah kematian sang ratu untuk menghormati mereka berdua. Wow, benar2 cerita yang mengharukan!
Makam ini sendiri memiliki tinggi 45 m dengan bentuk mirip kuil-kuil Yunani. Tiap sisinya dihias dengan relief yang menceritakan dongeng Yunani, seperti pertempuran centaur (manusia separuh kuda) dan pertempuran melawan suku wanita Amazon. Karena keindahannya, makam ini dianggap sebagai 7 keajaiban dunia. Namun sayang, makam ini kini tinggal puing-puing setelah runtuh akibat gempa dahsyat pada abad ke-13. Saking terkenalnya makam ini, nama raja Mausolus menjadi asal istilah mausoleum, yaitu makam yang sangat megah.
2. Piramid Giza dan Valley of the Kings (Mesir)
great-sphinx
Ada sekitar 100 piramid di Mesir dan yang terbesar adalah Piramid Giza. Piramid yang dikenal sebagai salah satu 7 keajaiban dunia ini merupakan makam dari Pharaoh Khufu (Cheops) dan dijaga oleh patung Sphinx yang terkenal. Bangunan ini dibangun pada tahun 2560 SM dan usianya kini sudah sekitar 4,5 milenium!
Salah satu tempat pemakaman raja-raja Mesir selain Piramid adalah Valley of The Kings (Lembah Raja-Raja). Makam ini terkenal karena legenda Kutukan Mumi-nya. Konon pada tahun 1922, seorang ahli purbakala bernama Howard Carter membuka makam Tuthankamen, meskipun sudah ada peringatan bahwa kutukan akan mengikuti siapapun yang membuka makam tersebut. Tak lama kemudian satu-persatu orang yang terlibat dalam ekspedisi tersebut tewas secara misterius.
Kini sudah terbukti bahwa kutukan mumi ini hanyalah berita yang dibesar-besarkan oleh media. Namun baru-baru ini para peneliti menemukan kutukan itu mungkin benar-benar nyata. Makam tersebut ternyata menyimpan jamur dan bakteri berbahaya hasil pembusukan selama ribuan tahun yang mungkin bisa membunuh siapapun yang memasuki makam.
valley-of-the-kings
3. Basilica St. Peter (Vatican)
st-peters-basilica
Saint. Peter’s Basilica atau Basilika Santo Petrus sebenarnya bukan sebuah mauseloum, tetapi gereja terbesar di dunia. Gereja ini berada tepat di atas makam Santo Petrus, pemimpin dari ke-12 murid Yesus Kristus. Gereja supermegah ini disebut sebagai ibu dari semua gereja di dunia. Gereja ini pertama kali dibangun pada abad ke-4 dan merupakan bangunan bergaya Romawi. Pada abad ke-16, gereja ini kemudian dirubuhkan di atasnya didirikan gereja baru bergaya barok. Gereja ini diarsiteki oleh Michaelangelo dan hingga kini menjadi tempat kedudukan paus, pemimpin tertinggi umat Katolik sedunia.
interior-of-St.-Peters
interior basilika st peter
4. Imam Reza Shrine (Iran)
Reza Shrine
Imam Reza Shrine merupakan makam salah satu tokoh terpenting bagi penganut Syi’ah, yaitu Imam Reza yang meninggal pada tahun 818 M. Jujur, begitu melihat foto bangunan ini di Wikipedia, mulutku langsung menganga gara-gara takjub. Kompleks megah ini tak hanya meliputi makam saja, melainkan di dalamnya terdapat pula masjid, museum, perpustakaan, madrasah, hingga universitas. Bagian pusat dari kompleks ini adalah masjid Goharshad berkubah emas yang dibangun pada tahun 1418.
5. Palace of The Sun (Korea Utara)
Kumsusan Memorial Palace
Dilihat dari namanya yang indah, mungkin tak ada yang mengira bahwa ini adalah mausoleum yang didedikasikan bagi diktator Korea Utara yang kejam, Kim Il Sung dan baru-baru ini putranya, Kim Jong Il. Palace of the Sun atau Kumsusan Memorial Palace terletak di Pyongyang dan dibangun pada tahun 1976. Makam ini adalah makam diktator komunis terbesar di dunia, bahkan lebih besar daripada makam Stalin dan Lenin di Rusia. Makam tersebut dibangun dengan dana sekitar 100 juta dolar meskipun kala itu ratusan ribu rakyat Korea Utara tengah menderita karena dilanda bencana kelaparan.
Di dalam makam terdapat jenazah sang diktator yang diawetkan dalam balsem dan disemayamkan dalam peti kristal. Konon tiap peziarah diwajibkan membungkuk tiga kali, yaitu di kaki, sebelah kiri, dan sebelah kanan jenazah sang diktator, seringkali diringi dengan suara tangisan penduduk Korea Utara yang katanya direkam saat pemimpin besar mereka mati. Cuih, benar-benar najis!!!
6. Les Invalides (Perancis)
les-invalides
Nama Les Invalides mungkin terdengar asing bagi kita, walaupun bentuk bangunannya sangat indah. Namun begitu mendengar makam Napoleon Bonaparte, pasti kita langsung berpikir “Hmm…pantes.”. Bangunan yang terletak di pusat kota Paris ini awalnya dibangun pada 1670 oleh Raja Louis XIV untuk merawat para tentara yang sudah tua maupun cacat. Nama Les Invalides sendiri sebenarnya berarti “bagi yang cacat”. Pada tahun 1840, tepat di bawah kubahnya dimakamkan tokoh Perancis paling terkenal dalam sejarah, yaitu Napoleon Bonaparte.
Les Invalides   dome invalides
7. Castle of The Holy Angel (Italia)
Castel San't Angelo
Castle of The Holy Angel atau dalam bahasa Italia “Castel Sant’Angelo” sebenarnya merupakan mausoleum yang ditujukan untuk Hadrian, seorang kaisar Romawi dan istrinya, Sabina. Bangunan menakjubkan ini dibangun antara tahun 135-139 M dengan bentuk silinder mirip Colosseum di Roma. Setelah kekaisaran Romawi runtuh, bangunan ini digunakan sebagai benteng dan istana bagi para Paus Katolik Roma. Namanya yang cantik diperoleh dari patung malaikat Mikhael yang ditambahkan di puncak bangunan. Uniknya, bangunan ini digunakan sebagai setting novel Dan Brown “Angels and Demons” hingga game Assassin’s Creed II.
8. Westminster Abbey (Inggris)
Westminster-Abbey
Bangunan gereja bergaya gotik di pusat kota London ini pertama kali dibangun pada abad ke-10 dan direnovasi oleh Raja Henry III. Gereja indah ini digunakan sebagai makam raja-raja Inggris, para bangsawan berdarah biru, sastrawan Charles Dickens, hingga para ilmuwan terkenal seperti Sir Isaac Newton, Charles Darwin, dan Ernest Rutherford.
9. Mazar-e-Quaid (Pakistan)
Jinnah Mausoleum
Mazar-e-Quaid atau Mausoleum Jinnah merupakan makam Muhammad Ali Jinnah, pendiri negara Pakistan. Terletak di jantung kota Karachi, mazar atau mausoleum ini selesai pada tahun 1960. Uniknya pada tahun 2011, sekitar satu juta perempuan berkumpul di tempat ini sambil menyanyikan lagu kebangsaan Pakistan untuk memecahkan rekor dunia jumlah wanita terbanyak yang menyanyikan lagu kebangsaan. And they did it!
10. Taj Mahal (India)
taj-mahal
Dan inilah makam paling terkenal di dunia sekaligus salah satu 7 keajaiban dunia. apalagi kalau bukan Taj Mahal! Alkisah istri raja Shah Jahan, penguasa India kala itu, meninggal ketika melahirkan anak mereka. Hal ini membuat sang raja sangat sedih dan memerintahkan pembangunan mausoleum termegah dan terindah sepanjang masa untuk mengenang istrinya. Nama Taj Mahal sendiri berasal dari nama sang permaisuri, yaitu Mumtaz Mahal. Bangunan yang seluruhnya terbuat dari pualam putih dan batu permata ini selesai pada tahun 1648.
Sang raja awalnya berniat membangun Taj Mahal hitam sebagai tempat pemakamannya, namun rencana ini gagal karena ia dikudeta oleh anaknya sendiri, Aurangzeb (aku sendiri juga bakal kudeta kalo ortuku ngasih nama seperti itu). Aurangzeb kemudian mengurung ayahnya di sebuah benteng tak jauh dari Taj Mahal. Konon menurut legenda, sang raja menghabiskan sisa-sisa hidupnya dengan menatap Taj Mahal, makam istrinya tercinta, dari balik jeruji jendela penjaranya. Huh, sedih banget.
BONUS
Tomb of the Dragon Emperor (Cina)
Tomb of The Dragon Emperor
Hmm…yang mana mausoleumnya? Cuma tugu gitu doang kok dibilang makam megah? Eit, bukan tugu itu makamnya, tapi GUNUNG YANG ADA DI BELAKANGNYA!!!
Nama aslinya adalah Mausoleum of the First Qin Emperor atau Makam Kaisar Dinasti Qin yang Pertama. Makam ini dipopulerkan oeh sekuel ketiga film The Mummy sebagai Tomb of the Dragon Emperor (Makam Kaisar Naga) yang menurutku julukan itu lebih keren hehehe. Makam ini terletak di Distrik Lintong, 30 km arah timur dari kota Xi’an di Provinsi Shaanxi, Cina. Makam Kaisar Qin Shi Huang ini dibangun selama 38 tahun, mulai 246-208 SM.
Konon bagian dalam makam ini dihias untuk merepresentasikan sebuah taman. Pohon-pohonnya dihias dengan daun dari batu giok, langit-langitnya ditutupi lapisan permata lapis lazuli untuk menggambarkan langit malam, dan ditaburkan ribuan mutiara untuk menggambarkan bintang-bintang. Yang aneh, terdapat aliran air raksa (merkuri) untuk menggambarkan sungai. Konon juga setelah mausoleum ini selesai, ribuan pekerjanya dikubur hidup-hidup agar mereka tidak membocorkan lokasi makam ini pada orang lain. Wah, benar-benar kejam!
Masih banyak hal unik tentang makam ini. Bak film Indiana Jones, di dalam makam ini terdapat banyak jebakan-jebakan untuk mencegah para pencuri makam. Selain itu, di sinilah ditemukan ribuan patung tentara terakota yang terkenal itu.
pasukan terakota1
Patung-patung ini total berjumlah 8.000 dan uniknya, masing-masing patung memiliki wajah yang berbeda.
PASUKAN TERAKOTA
Hingga kini, sebagian besar makam masih berada di bawah tanah dan belum digali. Para ahli menduga jika penggalian diteruskan, maka sebagian besar air raksa di dalam makam ini akan menguap dan meracuni siapapun yang berani mengganggu makam ini. Wow, keren banget teknologinya! Jangan-jangan dibantu alien hehehe. Yang lebih misterius lagi, makam ini berbentuk piramida raksasa mirip piramida yang ada di Mesir dan Amerika Selatan.

1 comment:

  1. Itu yg disuruh nangis pas pak kim il sung meninggal, dpt gaji g ya xixi

    ReplyDelete