Sunday, July 22, 2012

RUMAH-RUMAH KHAS AMERIKA SERIKAT

 

13815d4a-d41f-41f8-801f-63aea688ab97_tcm10-418963

Kalo sering liat film-film Hollywood, kita pasti tahu kalo rumah-rumah Amrik punya ciri khas. Pertama kali aku tertarik sama gaya arsitektur rumah-rumah Amerika ketika aku ngeliat Vampire Diaries. Di sana diceritakan Elena, tokoh utamanya, tinggal di rumah tua warisan keluarganya yang penataan interiornya cantik banget. Apalagi rumahnya keluarga Lockwood juga keliatan kolonial banget. Nah, iseng-iseng aku cari info soal gaya arsitektur rumah-rumah Amerika. Ternyata kudapat bahwa rumah-rumah tradisional seperti ini masih banyak yang lestari di Amerika Serikat bagian selatan (southern).

Wilayah selatan Amrik emang sebagian besar adalah wilayah pedesaan yang subur, beda ama Amrik bagian utara yang kebanyakan adalah wilayah industri. Gaya arsitekturnya ada banyak, semacam gaya Victoria, gaya Gregorian, dan lain-lain. Namun secara umum, baik eksterior maupun interior rumah-rumah khas Amrik bagian selatan ini disebut Southern Accent (Aksen Selatan).

Ini beberapa rumah tradisonal Amerika Serikat yang berhasil kukumpulkan fotonya.

haunted-mansion

shandon colonial

112-castel-pines-front-edited

Ciri khas rumah tradisional Amerika Serikat ternyata ada kesamaan dengan rumah Jawa, yaitu sama-sama punya serambi (pendapa). Ini menunjukkan bahwa orang-orang wilayah Selatan memiliki keramahan dan selalu menyambut setiap tamunya dengan terbuka. Bagian serambi (porch) rumah-rumah Amrik pun ditata dengan sangat indah. Ini beberapa contohnya.

via southern living 4

blog better home and garden

blog country living 1

blog southern accents 1

via southern accents

stained floor

Berikut ini beberapa gaya interior ala Southern Accent yang wow banget!

Ruang tamu

boxwood-home-in-dunwoody-bill-grant-builder-6

house beautiful

house beautiful1

southern_mediterranean4

Study Room (ruang belajar)

jan showers antelope carpet

minton-2-living-room-l

Dapur

Top_10_Kitchens_by_SouthernAccents_3

Top_10_Kitchens_by_SouthernAccents_7

Top_10_Kitchens_by_SouthernAccents_9

Ruang makan

yellow-setting-full-table-l

southern_mediterranean6

Ruang santai

via southern living 5

via southern living

Lorong

southern_mediterranean8

Ruang tidur

200-beautiful-rooms-hp

Wah asik ya kalo punya rumah-rumah bergaya Amerika begini. Tapi buat kalian yang percaya feng shui, gaya ini katanya kurang cocok. Rumah bergaya Amerika kebanyakan berlantai dua dan tangganya selalu ditempatin tepat di depan pintu masuk. Nah, katanya menurut feng shui, posisi ini kurang baik dan bikin sial. Hmmm…mungkin itu ya sebabnya rumahnya Elena didatengin vampir mulu hahahaha. Tapi terserah kalian juga sih mau percaya apa nggak.

2 comments:

  1. Rumah di kebun, walau kecil tapi kalau di hiasi dengan dormer window terkesan aristokrat. Itulah daya tarik rumah bangsa eropa dengan jendelanya.

    ReplyDelete
  2. inspiratif, rumah yang nyaman bikin penghuni betah

    ReplyDelete