Sunday, July 29, 2012

10 JEMBATAN TERINDAH DI DUNIA

 

1024x768-golden-gate

Jembatan emang memiliki fungsi yang sangat besar bagi manusia. Manusia membangun jembatan untuk menyeberangi sungai, mendaki gunung, dan melewati lembah (hehehe, jadi kayak lagunya Ninja Hattori). Selain dilihat dari segi fungsi, banyak jembatan juga mementingkan segi keindahan atau estetika. Nah, inilah daftar 10 jembatan terindah di dunia.

1. Khaju Bridge (Isfahan, Iran)

khaju-bridge-reflections

Jembatan Khaju di Isfahan dibangun sekitar abad ke-17 oleh Sultan Shah Abbas II. Jembatan ini juga berfungsi ganda sebagai bendungan untuk mengairi taman di sepanjang sungai Zayandeh. Jembatan Khaju memiliki lorong beratap yang dihiasi dengan keramik warna-warni. Pada tengah jembatan terdapat paviliun besar dimana sang raja dapat menikmati keindahan sungai di tengah kota Isfahan ini.

2. Bridge of Sighs (Venesia, Italia)

384px-Ponte_dei_sospiri_bridge_of_sighs_venice

Jembatan yang melintasi Rio de Palazzo di Venesia ini memiliki kisah unik. Jembatan ini dibangun pada tahun 1600 dan berfungsi menghubungkan penjara Doge ke tempat eksekusi. Konon, para tahanan akan melalui jembatan ini dan mendapat kesempatan melihat keindahan kota Venesia untuk terakhir kalinya sebelum dieksekusi. Seringkali disini mereka mengambil napas panjang, sehingga jembatan inipun dinamai “Brigde of Sighs”. Oya, konon apabila sepasang kekasih berciuman saat gondola yang mereka naiki melewati bawah jembatan ini, maka cinta mereka akan abadi.

3. Rialto Bridge (Venesia, Italia)

rialto-bridge-in-venice,-italy-llamnudds940-ll

Jembatan ini adalah salah satu jembatan tertua di Venesia dan berada di Grand Canal, jalan air terbesar di Venesia. Jembatan ini menghubungkan Distrik San Marco dan San Polo. Walaupun terkenal sebagai salah satu jembatan teromantis di dunia, sayangnya sama sekali tak ada yang romantis di balik sejarahnya. Jembatan ini dibangun pada tahun 1591 untuk menggantikan jembatan serupa yang terbuat dari kayu.

4. Ponte Vecchio (Florence, Italia)

pointe-vecchio

Ponte Vecchio adalah jembatan yang merangkap pasar dan menjadi landmark kota Florence. Jembatan ini dibangun pada tahun 1345 dan baru diberi atap pada tahun 1565. Segera, jembatan ini menjadi tempat berdagang bagi penjual perhiasan dan batu permata. Konon, dari jembatan inilah lahir istilah “bangkrut”. Ketika pedagang tidak bisa membayar hutangnya, maka tentara akan menghancurkan meja (“banco”) tempatnya berjualan. Karena tidak memiliki meja lagi (“bancorotto”), maka iapun disebut telah bangkrut.

5. The Wind and Rain Bridge (Chenyang, Cina)

chengyang-bridge-2

Jembatan unik ini dinamakan Jembatan Angin dan Air karena dibangun untuk melindungi siapapun yang lewat di atasnya dari dua elemen Avatar tersebut hehehe. Jembatan ini sudah berusia seabad dan dibangun sama sekali tanpa menggunakan paku.

6. Brooklyn Bridge (New York, Amerika Serikat)

brooklyn-bridge

Jembatan bergaya gotik ini dibangun pada tahun 1855 oleh John Roebling. Walaupun kini jembatan ini menjadi salah satu jembatan dengan lalu lintas terpadat di dunia, perlu 15 tahun bagi arsiteknya untuk meyakinkan pemerintah kota untuk menyetujui pembangunan jembatan ini.

7. London Bridge (London, Inggris)

Tower-Bridge-of-London

Pembangunan jembatan yang pernah menjadi judul lagu Fergie ini dimulai sejak tahun 1886. Jembatan ini dibangun dengan gaya Victorian Gothic untuk menyesuaikan dengan Menara London di dekatnya. Bagian tengah jembatan ini dapat dibuka untuk lalu lintas kapal yang melewati Sungai Thames. Kini, jembatan ini menjadi salah satu landmark kota London.

8. Forth Bridge (Skotlandia)

800px-Forthrailbridgefromsouthqueensferry

forthbridgecalmevening

Jembatan baja yang artistik ini dibuka pada tahun 1890 dan menghubungkan kota Edinburg dengan Fife. Saking bangganya rakyat Skotlandia dengan landmark mereka ini, jembatan ini sudah didaftarkan sebagai Situs Warisan Dunia.

9. Chain Bridge (Budapest, Hungaria)

Chain Bridge, Budapest, Hungary

Chain Bridge atau Jembatan Rantai merupakan salah satu landmark Budapest, ibu kota Hungaria. Jembatan yang dibangun pada tahun 1849 ini melintasi Sungai Danube dan menghubungkan wilayah Buda dan Pest. Tiap sisi jembatan dihiasi dengan patung singa yang gagah. Jembatan ini juga pernah muncul di video klip Katy Perry “Fireworks”.

chainw

10. Golden Gate (San Fransisco, Amerika Serikat)

golden-gate-bridge2-jpg_78277_20120527-102

Jembatan paling terkenal di dunia ini tak pelak lagi menjadi simbol kota San Fransisco yang paling dikenal. Arsiteknya, Joseph Strauss memerlukan 2 dekade untuk meyakinkan pemerintah kota San Fransisco untuk membangun jembatan ini karena saat itu pembangunan suatu jembatan yang melewati laut dianggap mustahil. Jembatan ini sengaja dicat merah agar tampak jelas saat kabut menyelimuti teluk San Fransisco. Penyelesaian jembatan ini memakan waktu 4 tahun dan biaya sebesar 27 juta dolar (sekitar 1 juta lebih murah daripada budget awalnya). Hal ini membuat sang arsitek berhak mengantungi uang sisa sebesar 1 juta dolar itu (hmmm…nice job).

Oya, selain mendapat peringkat sebagai jembatan terindah di dunia, jembatan ini juga dijuluki sebagai jembatan paling berhantu di dunia. Betapa tidak, tempat ini menjadi tempat favorit bagi mereka yang ingin mengakhiri hidup mereka dengan melompat dari jembatan ini. Bahkan, lebih banyak orang yang bunuh diri di jembatan Golden Gate daripada tempat manapun di dunia ini. Konon, terjadi satu kasus bunuh diri tiap 2 minggu di jembatan ini.

BONUS:

Millau Viaduct (Millau, Prancis)

millau2

Jika jembatan lain dalam list ini dibuat untuk menyeeberangi sungai, maka jembatan yang satu ini dibuat untuk menyeberangi lembah. Millau Viaduct merupakan jembatan yang melintasi lembah Tam, dekat kota Millau, Prancis. Jembatan ini dibuat untuk memecahkan masalah kemacetan di rute yang menghubungkan Prancis dan Spanyol (secara dua negara itu adalah tempat wisata paling mantap di Eropa). Jembatan ini adalah jembatan tertinggi di dunia, bahkan lebih tinggi daripada menara Eiffel! Tak heran kita akan disuguhi pemandangan yang fantastis jika melewatinya, bahkan seakan-akan jembatan ini dapat menyentuh awan.

article-1320183-0B7F62E6000005DC-150_634x393

Hangzhou Bay Bridge (Cina)

931677364_640da3cdfa_o

Jembatan ini adalah jembatan terpanjang di dunia, yaitu sepanjang 36 km. Membentang di atas Teluk Hangzhou, jembatan ini menghubungkan kota Shanghai dengan kota Ningbo. Namun melihat gambarnya, menurutku pembangunan jembatan ini sia-sia saja bahkan bisa dibilang merusak keindahan lautan. Gimana menurut pendapat kalian?

No comments:

Post a Comment

Post a Comment