Sunday, July 8, 2012

10 PENCAKAR LANGIT TERINDAH DI DUNIA

 

800px-20080615_Wrigley_Building_clock_and_Tribune_Tower_from_Sixteen

Aku emang suka banget nulis postingan unik yang kira-kira belom ada di blog lain. Apalagi kalo soal arsitektur, excited banget deh nulisnya. Apalagi juga pas nggak ada agenda backpacking, lumayan buat ngabisin waktu. Nah, kali ini aku akan membahas 10 gedung pencakar langit terindah di dunia. Gedung-gedung pencakar langit ini bergaya klasik dan keren banget deh gaya arsitekturnya. Ini dia 10 gedung pencakar langit terindah di dunia!

1. Flatiron Building (New York)

Flatiron_cropnyc-flatiron-building-01

Flatiron Building atau Fuller Building berlokasi di 175 Fifth Avenue, Manhattan, New York. Saat kelar dibangun pada tahun 1902, gedung ini sempat menjadi gedung tertinggi di dunia lho. Ada cerita unik lho soal gedung ini. Konon bentuk gedung yang berbentuk segitiga meruncing ini sering menimbulkan angin kencang yang menyibak rok-rok cewek yang lewat di depan gedung ini. Waduh, Girl’s generation jangan lewat gedung ini!!! Oya,  gedung ini juga menjadi markas Daily Bugle, tempat Peter Parker bekerja di film Spider-Man.

2. Municipal Building (New York)

Municipal_Building_Manhattan

new-york-municipal-building-new-york-city-nyc038

Manhattan Municipal Building adalah gedung setinggi 40 lantai yang beralamat di 1 Centre Street (kalo2 ada yang mau kirim parcel lebaran). Konstruksi gedung ini dimulai sejak 1907 dan kelar 1914. Gedung ini diarsiteki oleh William M. Kendall dengan gaya arsitektur Beaux-Arts. Gedung ini juga pernah menjadi lokasi syuting film “Ghostbusters” 1984. Oya ini satu-satunya gedung milik pemerintah di list ini (lainnya punya swasta). Wah, moga2 aja pemerintah kita nggak minta gedung sebagus ini ya hehehe.

3. Met-Life Building (New York)

Met-Life-Hdq_8770

Met-Life Building atau kepanjangannya Metropolitan Life Tower terletak di Madison Avenue, Manhattan. Gedung ini didesain oleh Napoleon LeBrun dan dibangun menyerupai Campanile (menara lonceng gereja Basilica St. Mark) di Venezia, Italia. Gedung ini sempat menjadi gedung tertinggi di dunia hingga tahun 1913. Gedung ini juga terkenal karena 4 buah jam yang terletak di tiap sisi menaranya. Tiap jam memiliki diameter 8 meter dan tiap angkanya memiliki ukuran hingga 1,2 m. Bahkan jarum jamnya saja memiliki berat satu ton! Wow!

4. Helmsley Building (New York)

18194192537px-NY_Central_Building_Tower_Cropped3238082962_0a5d99ddcf_b

Helmsley Building adalah gedung setinggi 35 lantai yang terdapat di 230 Park Avenue. New York. Gedung ini pernah muncul di poster film Batman “The Dark Knight”. Bagian puncaknya bagus banget detailnya, tapi kalo dipikir-pikir ngapain ya bikin puncak gedung bagus2 begini, kan nggak bisa dilihat kecuali pake helikopter?

5. Woolworth Building (New York)

woolworth

TNY2073

woolwr06

Woolworth Building (huh susah banget namanya) didesain oleh Cass Gilbert pada tahun 1913 atas perintah seorang pengusaha bernama Frank Woolworth yang berambisi membangun gedung tertinggi di dunia. Gedung setinggi 57 lantai ini bergaya arsitektur neo-gotik kayak gereja2 Eropa dan sempat dijuluki “Cathedral of Commerce” (Katedral Perniagaan). Gedung ini muncul di serial dalam Ugly Betty sebagai tempat Betty bekerja. Gedung ini juga muncul di film “Cloverfield” dan di klimaks film Disney “Enchanted”.

6. Chrysler Building (New York)

250px-Chrysler_Building_by_David_Shankbone_Retouched

Chrysler Building adalah contoh klasik gedung bergaya arsitektur art-deco yang terletak di Turtle Bay, Manhattan, New York. Gedung setinggi 319 m ini pernah menjadi gedung tertinggi di dunia, ngalahin Menara Eiffel (wah, keren), sebelum akhirnya dikalahin oleh Empire State Building pada tahun 1931. Namun, gedung ini masih menjadi gedung batu bata (non-beton) tertinggi di dunia. Gedung ini didesain oleh William van Allen atas perintah seorang pengusaha bernama Walter P. Chrysler.

chrysler-building

7. Wrigley Building (Chicago)

Wrigley_Building_-_Chicago,_Illinois

1l_9a5dd840-7564-11e1-8e32-8f0c85600001

Wrigley Building terletak di Michigan Avenue, Chicago, tepat di sebelah Tribune Tower. Gedung ini didesain oleh Graham Anderson pada tahun 1920 dengan meniru bentuk menara Giralda di Katedral Seville, Spanyol. Gedung ini juga menjadi satu-satunya gedung berkonsep arsitektur Moorish khas Islam pada list ini. Gedung ini memiliki menara jam setinggi 190 m (30 lantai) dengan jam berdiameter hampir 6 m di tiap sisinya.

8. Jewelers Building (Chicago)

Jewelers_Building_35_east_Wacker_Chicago35EastWacker-Chicago-00907-003a

35 East Wacker Building atau Jewelers Building adalah gedung setinggi 40 lantai (159 m) di Chicago, Amerika Serikat. Gedung ini terletak di Wabash Avenue dan berhadapan langsung dengan Sungai Chicago. Gedung dibangun pada tahun 1925-1927 dan didesain oleh Joachim G. Giaver dan Frederick P. Dilkenberg. Bangunan ini pernah lho menjadi bangunan tertinggi di dunia di luar Kota New York. Gedung ini juga pernah muncul sebagai setting film “Batman Begins” dan di klimaks film “Transformer 3: Dark of The Moon”. Duh, inget banget deh adegannya Decepticons ama Autobot gelantungan di cupola berkubah ini.

3471274503_60a67b6448_z

9. Temple Building (Chicago)

3551992957_6fc2af9de6_z

Chicago Temple Building adalah gedung setinggi 23 lantai (173 m) yang terletak di 77 Washington Street, Chicago dan menjadi markas kongregasi Gereja Metodis. Bangunan ini rampung 1924 dan didesain oleh Holabird & Roche dengan gaya arsitektur neo-gotik. Bangunan ini satu-satunya gedung di list ini yang digunakan untuk fungsi keagamaan.

Chicago Temple Building (Church on Top of a Skyscraper) - 2010

10. Tribune Tower (Chicago)

tribune tower

TribuneTower-00905-002a

Tribune_entrance

Tribune Tower adalah sebuah bangunan bergaya neo-gotik yang terletak di North Michigan Avenue, Chicago dan dianggap sebagai salah satu landmark kota tersebut. Gedung yang selesai dibangun pada 1925 ini memiliki keunikan, yaitu pada lantai dasarnya terdapat fragmen atau pecahan batu dari berbagai lokasi terkenal, seperti Taj Mahal, Hagia Sophia, Piramid Giza, Notre Dame, Kuil Parthenon Yunani, Tembok Besar Cina, Tembok Berlin, Angkor Wat, bahkan pecahan baja WTC hingga batu bulan. Gedung ini juga mungkin tidak asing buat penggemar Transformers soalnya pernah dijadikan ajang duel Autobots dan Decepticons di Dark of The Moon. Masih ingat tuh adegannya, ciat…ciat…U kill my brother (lho kok jadi duel silat?).

BONUS

Menara Katedral Antwerp (Belgia)

antwerp cathedral

Katedral Antwerp atau nama resminya Cathedral of Our Lady adalah gereja terbesar dan tertinggi di Belgia. Sekilas dilihat, menara gereja ini memang bak sebuah pencakar langit. Walaupun tampak megah, sebenarnya gereja ini ternyata tak pernah selesai pembangunannya. Menurut rencana awal, seharusnya gereja ini memiliki dua menara. Namun hingga kini yang rampung hanya satu menara saja. Gereja ini dibangun pada 1352-1521 atau memakan dua ratus tahun. Yap, dengan teknologi abad pertengahan yang seadanya, pembangunan gereja-gereja megah memang memakan waktu hingga ratusan tahun.

Seven Sisters (Rusia)

17

1.1222150020.seven-sisters-building

Seven Sisters adalah proyek ambisius Uni Sovyet untuk menyaingi pencakar2 langit yang ada di Amerika Serikat. Sesuai namanya, ada tujuh bangunan pencakar langit yang dibangun di wilayah Uni Sovyet kala itu, mulai dari Moscow hingga Ukraina.

International Finance Building (Hong Kong)

two-international-finance-center

International Finance Centre (IFC) adalah gedung jangkung yang terletak di jantung kota Hong Kong. Asal tahu saja, kota Hong Kong ternyata menyimpan lebih banyak gedung pencakar langit ketimbang New York. IFC sebenarnya terdiri dari 2 gedung, yaitu menara 1IFC setinggi 88 lantai dan 2IFC setinggi 55 lantai. Gedung ini sekarang adalah gedung ke-2 tertinggi di Hong Kong, gedung ke-4 tertinggi di Cina, dan gedung ke-8 tertinggi di dunia.

Gedung ini pernah muncul di film “Lara Croft Tomb Raider:The Cradle of Life” dan “The Dark Knight”. Wah keren juga ya gedung ini. Gedung ini memang gedung modern, berbeda dengan gedung lainnya di list ini yang bergaya klasik. Namun aku sangat menyukai gedung ini karena bentuknya yang anggun (agak melengkung di bagian atasnya). Tak heran, gedung ini nampak menonjol dalam panorama Hong Kong.

Hong Kong

4 comments:

  1. makasi buat informasi tentang gedung2 pencakar langitnya... :) thats good.

    please comment blog aku y,.
    http://mariobrossvika.blogspot.com/
    makasii

    ReplyDelete
  2. Kalau Warsaw Palace Of Culture kok enggak masuk ya, padahal itu salah satu arsitektur stalinis yang cukup keren lho

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan itu masuk seven sisters juga

      Delete
  3. keren mas. makasih ya :) smoga sukses selalu

    ReplyDelete