Sunday, July 28, 2013

10 GEDUNG OPERA PALING MENAKJUBKAN DI DUNIA

 

valencia_opera_house_01

Siapapun manusia di muka bumi ini pasti menyukai musik. Oleh sebab itu, konser pertunjukan musik selalu saja menjadi incaran, apalagi jika artisnya berkelas *nggak kayak Dahsyat dong*. Tak hanya itu, tempat konsernya pun harus mumpuni. Sayang sekali Indonesia belum memiliki gedung opera atau concert hall seperti di bawah ini *masa konser musik malah di lapangan tenis indoor sih?* Malu2in emang Indonesia ini. Nah, berikut ini silakan disimak 10 gedung opera paling menakjubkan di muka bumi.

1. Sydney Opera House (Sydney, Australia)

SOH_MLS_sunset

Inilah gedung opera paling terkenal di dunia sekaligus landmark Australia, yakni gedung opera Sydney. Alkisah, pemerintah Australia pada 1956 mengadakan sayembara untuk menrancang gedung opera nasional mereka. Pemenangnya adalah arsitek Swedia bernama Jorn Utzon, mengalahkan 300 pesaingnya. Akhirnya gedung ini diselesaikan pada 1973 dengan menghabiskan dana 100 juta dolar. But it’s worth, right?

2. Esplanade (Singapura)

717413

Singapura memang tak menyia-nyiakan kekayaannya dengan membangun berbagai landamark baru untuk makin mengukuhkan keberadaannya pada dunia. Setelah membangun Marina Bay Sands yang ikonik, Singapura kembali membangun Esplanade” Theatre by the Bay yang bentuk bangunannya terinspirasi dengan buah durian.

3. National Centre for the Performing Arts (Beijing, Cina)

National_Grand_Theatre

Bangunan yang lebih dikenal dengan nickname-nya “Bird’s Egg” ini didesain oleh arsitek Prancis, Paul Andreu. Bangunan dengan kubah titanium ini dikelilingi oleh danau buatan dan bagian dalamnya mampu menampung 1.000 penonton. Apakah gedung ini mampu menjadi ikon Cina seperti gedung opera Sydney menjadi ikon Australia?

4. National Theatre and Concert Hall (Taipei, Taiwan)

taiwan_2009_taipei_national_concert_hall_at_chian_kai_shek_cultural_center_frd_7364_pano_extracted

Dilihat dari luar, mungkin tak ada yang menyangka bangunan mirip Istana Terlarang ini adalah gedung konser. Diselesaikan pada 1987, bangunan ini menjadi lambang kemerdekaan Taiwan atas Cina dan didirikan tepat di depan Chiang Kai Sek Memorial Hall.

5. Walt Disney Concert Hall (Los Angeles, Amerika Serikat)

Walt Disney Concert Hall - Los Angeles, CA, USA

Sulit dipercaya mungkin kalau gedung modern eksentrik ini adalah rumah konser Walt Disney. Gedung ini selain arsitekturnya yang sangat unik, juga dikenal sebagai gedung opera dengan akustik terbaik di dunia. Pembangunannya dimulai 1987 dan membutuhkan waktu 16 tahun untuk selesai!

767px-Disney_Concert_Hall_by_Carol_Highsmith_edit2

6. La Luciole Hall (Lower Normandy, Prancis)

contemporary-architecture-building-france

Bangunan rancangan Jacques Moussafir ini memang sangat unik dan eye-catching. Berbentuk silinder, biru, dan miring, semuanya memang tak umum untuk sebuah gedung konser musik. Uniknya lagi, bangunan ini adalah contoh “sustainable architecture” yang ramah lingkungan.

modern-music-hall-tickets-boot

7. Palau de les Arts Reina Sofia (Valencia, Spanyol)

Valencia-Ciencias

Bangunan yang lebih dikenal sebagai Valencia Opera House ini dibangun oleh arsitek kenamaan Spanyol, Santiago Calatrava. Bangunan yang berada di kompleks “Ciy of Arts and Science” memang lebih mirip kapal alien dari planet lain ketimbang sebuah gedung opera.

8. Guangzhou Opera House (Guangzhou, Cina)

ZH_Opera_House_001

Gedung opera terbaru Cina ini dirancang oleh arsitek wanita asal Irak, Zaha Hadid. Sesuai kegunaannya untuk menampilkan teater, bentuknya juga sangat teatrikal dan dramatis.

guangzhouoperahouse13

9. Philaharmonie de Paris (Paris, Prancis)

Tak layak memang jika kota Paris tak memiliki gedung opera modern kelas dunia. Sebelumnya Paris memiliki gedung2 opera bergaya Baroque seperti Palais de Gardner yang indah seperti di bawah ini.

700-03018109

f_paris_opera_32

It’s so last year!  Ini dia desain gedung opera baru untuk kota Paris.

HALL1

philharmonie-de-paris-1

Unfolding-Sound-02

Namun ambisi pemerintah Paris ini sangat kontroversial sebab dianggap memboroskan kas negara di tengah krisis yang tengah menimpa Eropa. Bangunan karya Jean Nouvel ini akan memakan biaya setidaknya 387 juta euro atau sekitar 4 triliun rupiah.

10. Seoul Opera House

jean_384884_1[674354]

Haram rasanya kota setenar Seoul tidak memiliki opera house sendiri sebagai landmark kota tersebut. Diarsiteki Park Sung-Hoo, bangunan ini akan menjadi “Jewel of Han River” sebab akan dibangun di pulau buatan tepat di tengah Sungai Han yang berada di pusat kota Seoul. Bisa bayangkan jika para artis K-Pop mengadakan konsernya di tempat sekeren ini?

BONUS:

Dalian International Conference Centre

foto_referenzen_kuv_kongresszentren_w62838_001_637

Inilah bangunan mencengangkan dari Cina yang memang jor2an dengan proyek mercusuarnya. Kali ini Coop Himmemn(l)au, sebuah firma arsitek asal Jerman sengaja merancang bangunan bergaya modern ini untuk kota Dalian. Bangunan yang terinspirasi dari sisik ikan ini tak hanya akan digunakan untuk tempat konferensi kelas dunia, namun juga untuk pertunjukan teater dan musik.

Dezeen_Dalian-International-Conference-Center-by-Coop-Himmelblau_11

Dezeen_Dalian-International-Conference-Center-by-Coop-Himmelblau_16

Dezeen_Dalian-International-Conference-Center-by-Coop-Himmelblau_ss_2

2 comments:

  1. wow postingannya bagus sekali ,oh ya postingannya yang soal arsitektur ditambah lagi dong klo bisa soal gereja. thanks GBU

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih ^-^
      wah pengennya gitu, tapi dah keabisan inspirasi hahaha, enaknya bikin postingan apa lagi ya? kasi saran dunk...

      Delete