Tuesday, July 16, 2013

UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA: MY BELOVED CAMPUS

 

Photo-0565

Lagi2 cerita pas aku mudik ke Solo. Kebetulan salah satu tujuanku pulang ke Solo adalah bertemu dengan salah satu teman kuliah yang kini bekerja di almamaterku, kampus UNS (Universitas Negeri Surakarta) Sebelas Maret. Atau lebih singkatnya sih disebut UNS saja atau Universitas Sebelas Maret. Nah, kali ini aku akan menceritakan tentang satu2nya kampus negeri di Solo ini pada kalian.

Kampus ini berdiri pada 11 Maret 1976 di atas lahan yang *katanya sih* kuburan Cina. Makanya kalo malem2 suasananya angker2 gimana gitu (tapi heran masih ada juga yang nekad hotspotan buat download film malam2 di sini, dasar). Ada 9 fakultas di sini, mencakup Kedokteran (yang jadi favorit, bahkan untuk anak2 Jakarta), Fakultas Keguruan dan Ilmu Keguruan (FKIP), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Teknik, Sastra dan Seni Rupa (FSSR), Pertanian, Hukum, Ekonomi, dan almamaterku, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). di sini baek banget dan benar2 membantu banget pas aku ada masalah keuangan pas kuliah di sini *hehehe jujur banget*. Dosen2 di sini juga baek2 kok guys. Jadi kangen banget ama kampus ini.

Photo-0570

Photo-0571

Ada banyak perubahan saat aku mengunjungi kampusku ini (setelah dua setengah tahun lulus). Pertama, banyak gedung2 baru (bahkan FK mau membangun gedung bertingkat buat kampusnya yang baru). Jurusanku, Biologi juga dapat gedung baru lho. Kedua, ada danau baru juga.

  Photo-0580

Lumayan lah buat pacaran. Tapi ups, ada papan peringatan.

Photo-0584 

Yah, dari dulu emang kampusku ini nggak berubah, masih nggak menghargai hak asasi mahasiswa hahaha.

Ini adalah lab dimana aku dulu mempertaruhkan masa depanku dalam membuat skripsi *yang tak kunjung selesai saat itu hiks* jadi agak trauma2 gimana gitu pas kesini.

  Photo-0575

Yang di atas itu namanya lab pusat. Pengurus2nya agak rese2 gimana gitu, makanya aku bete banget ama tempat ini. *walaupun kepala sublab-nya yang kebetulan dosen pembimbingku orangnya baek banget*. Untungnya jurusanku sekarang punya lab baru yang alat2nya superlengkap. Berasa di lab-nya Natalia Boa-Vista di CSI Miami xixixixi *lebay*. Namun yang paling kusuka dari jurusanku adalah suasana kekeluargaannya yang kental. Dan untunglah pas aku berkunjung ke sini dan sekilas ngeliat anak2 yang nge-lab, suasana itu belumlah luntur.

Tapi, yah tetap yang namanya bikin skripsi itu pasti stress. Kayak mahasiswa yang bikin ini nih (ditempel di atas meja kerjanya), kayaknya udah stress beneran hahaha.

  Photo-0579

Kampus ini masih muda, baru 37 tahun, jadi jangan dibandingin2in ama UI, ITB, atau UGM melulu. Bahkan pas aku maen ke UGM, aku ngerasa kampus UNS ini kayak miniaturnya UGM aja hahaha. Berikanlah kampus ini waktu untuk berkembang *tapi dengan uang kuliah yang makin mahal tentunya hehehe*. Lagian denger2 anak2 angkatan baru tahun2 terakhir ini banyak yang keterima summer school di Jerman, Amrik, dan lain2. Wah, makin membanggakan almamater tentunya. Dan buat kalian yang pengen ngerasain suasana tenang buat belajar, keramahan ala wong Solo, serta harga kebutuhan sehari2 yang masih murah, silakan aja mengincar UNS ini untuk SNMPTN kalian.

2 comments: