Sunday, July 28, 2013

10 MENARA OBSERVASI DAN TELEKOMUNIKASI TERKEREN DI DUNIA

 

tokyoskytree

Menara telekomunikasi dulu masih sangat dibutuhkan sebagai pemancar gelombang radio dan TV. Namun seiring perkembangan zaman, menara2 inipun tak lagi populer dan beralih menjadi objek wisata. Pada puncak menara bisasanya disediakan observatorium untuk mengamati kota dari atas atau bahkan sebuah restoran berputar. Berikut ini adalah 10 menara telekomunikasi dan observasi terkeren di dunia (menara Eiffel tidak kumasukkan ke sini karena aku yakin sudah banyak yang tahu)

1. Shuhkov Tower

d2

Dinamai sesuai nama perancangnya, Vladimir Shuhkov, menara ini mungkin adalah Menara Eiffel-nya Rusia. Menara telekomunikasi ini memiliki tinggi 160 m dan memiliki pemandangan dramatis justru bila dilihat dari bawah.

2. Tokyo Tower (Tokyo, Jepang)

Tokyo_Tower_M4854

Menara setinggi 333 m ini jelas terinspirasi oleh Menara Eiffel, hanya uniknya dicat dengan warna oranye menyala untuk mematuhi regulasi keselamatan transportasi udara. Diperkirakan 150 juta orang telah mengunjungi menara ini sejak pertama kali dibuka pada tahun 1958.

3. KL Tower (Kuala Lumpur, Malaysia)

KLCC-KL-Tower-night-scene

Dengan tinggi 421 m, menara ini menjadi menara tertinggi ke-7 di dunia. Bersama dengan Menara Petronas, menara ini telah menjadi ikon kota Kuala Lumpur.

4. Riga Tower (Riga Latvia)

riga-tv-tower-tornis

Tak hanya menjadi menara tertinggi di wilayah Balkan, menara ini juga menjadi yang tertinggi di negara2 Uni Eropa. Menara setinggi 385 m ini dibangun di atas pulau bernama Zakusala dan memberikan pemandangan laut Baltik yang sangat indah.

5. Fernsehtrum (Berlin, Jerman)

museum-island-734565

Menara setinggi 368 m ini merupakan struktur tertinggi di Jerman dan tetap menjadi landmark kota Berlin hingga kini.

6. Space Needle (Seattle, AS)

TR007241

Dengan ketinggian 184 m, menara ini mungkin terlihat “cemen” bila dibandingkan dengan menara2 lainnya. Namun saat dibangun pada tahun 60-an, menara ini sempat menjadi ikon dunia.

7. CN Tower (Toronto, Kanada)

toronto-cn-tower

Menara bernama lengkap Canadian National Tower ini merupakan landamark Kanada. Menara dengan ketinggian 553 m ini pernah menjadi bangunan tertinggi di dunia dan kini masih menjadi menara telekomunikasi tertinggi di dunia Barat.

8. Oriental Pearl Tower (Shanghai, Cina)

Shanghai Pudong

Menara setinggi 486 m ini dikenal karena bentuknya yang unik. Sesuai namanya, bentuk spheris pada dek observasi menara ini menyimbolkan mutiara. Uniknya, menara ini juga memiliki lantai kaca yang tentu memacu adrenalin para pengunjung yang berjalan di atasnya.

9. Canton Tower (Guangzhou, Cina)

canton-tower-in-the-guangzhou

Menara setinggi 488 m kini menyandang gelar sebagai menara tertinggi di Cina. Daya tarik menara ini selain pemandangan kota Guangzhou, juga panorama indah dari sungai Pearl di dekatnya.

10. Tokyo Sky Tree (Tokyo, Jepang)

4fbf505a9f09b

Menara setinggi 634 m ini adalah menara telekomunikasi tertinggi di dunia sekaligus struktur buatan manusia tertinggi kedua setelah Burj Khalifa. Menara ini dibangun oleh stasiun televisi NHK untuk menggantikan Menara Tokyo yang telah usang dan kalah tinggi dengan bangunan2 di sekitarnya.

BONUS:

Daewon Park Observatory (Seongnam, Korea Selatan)

bf01

Rancangan ini dikirimkan oleh arsitek Changki Yun dalam kompetisi mendesain menara observatori untuk Daewon Park di kota Seongnam, namun sayangnya tidak menang dalam kompetisi. Buset, sekeren ini aja nggak menang, yang menang kayak apa ya?

3 comments:

  1. keren-keren menaranya, sayang sekali negara Indonesia tidak ada..

    ReplyDelete
    Replies
    1. katanya indonesia mau bikin menara jakarta, mana nih buktinya?

      Delete