Wednesday, July 8, 2020

MAU MASUK PERGURUAN TINGGI? HARUS BISA MECAHIN RIDDLE DULU!


Pagi ini gue sempet tanda tangan petisi Change.org tentang Test Rapid gratis buat peserta UTBK. Setelah sempat browsing dikit tentang apa itu UTBK (ternyata pas zaman gue namanya SPMB, maklum generasi jadoel), ternyata itu adalah seleksi masuk perguruan tinggi. Namun ada berita yang menggelitik gue, yakni berita dari News Detik dimana netizen heboh dengan salah satu soal di UTBK online tersebut.

Soalnya seperti ini.

k = 5
hkxgvgqgn ngyor jgxo ygza jozgshgn ygza?
a. zomg
b. ksvgz
c. ktgs
d. jag
e. rosg


What the hell? Gue tahu sih pas SPMB dulu ada soal psikotes yang mencari pola-pola gitu. Soal-soal kayak gitu emang membuktikan ilmu yang kita dapet bukan cuman hasil apalan aja, namun kita emang memiliki kecerdasan serta kemampuan mencari pola dan memecahkan masalah (skill yang kita perluin banget, nggak cuman buat kuliah aja, namun juga buat kehidupan sehari-hari). Tapi gue sama sekali nggak nyangka kalo ternyata soal ujian masuk perguruan tinggi sekarang juga termasuk mecahin riddle!

Jadi apa soal di atas cuma keisengan si pembuat psikotes yang cuma gebrak-gebrak keyboard komputer sampai hasil ketikannya nggak jelas begitu? Ataukah memang ada makna tersembunyi di dalamnya?

Nah, coba dulu aja pecahin riddle di atas baru coba blok tulisan tersensor hitam di bawah ini (pake mouse kalian) buat mengetahui jawabannya.

Kuncinya adalah k = 5. Pertama kita ganti huruf K dengan angka 5. Lalu huruf berikutnya L kita ganti angka berikutnya yakni 6. M jadi 7, N jadi 8, O jadi 9, dst. Karena ada 26 huruf dalam abjad, maka angka maksimal adalah 26, abis itu balik lagi ke angka 1. Jika kita ngitungnya benar, maka F akan menjadi angka 26 dan G akan balik menjadi angka 1.

Kita coba deh kata pertama soal ini

hkxgvgqgn

Diganti angka menjadi:

2-5-18-1-16-1

Lalu kita ganti angka-angka itu menjadi huruf kembali, semisal angka 1 = A, 2 = B, 3 = C. 4 = D, dst. Jika kita mengikuti pola ini, maka kata pertama akan terbaca:

B – E – R – A – P – A - K – A – H

Hmmm ... I think we're on the right track. Nah sekarang kita coba pecahin semua kalimatnya, maka akan terbaca:

Berapakah hasil dari satu ditambah satu? 
A. tiga 
B. empat 
C. enam 
D. dua 
E. lima

Lumayan kan ternyata skill kita mecahin riddle ada manfaatnya juga wkwkwk.

14 comments:

  1. Pertamax kakak! Wah ternyata ini hasilnya. Maaf saya tidak bisa jawab dan langsung blok. Terima kasih min.

    ReplyDelete
  2. alhamdulillah langsung berhasil dalam sekali percobaan wkwkwk

    ReplyDelete
  3. Begitu liat ada 5 nd huruf2 nonsense itu langsung mikir "ini pasti sandi caesar", tapi sempet salah ngira kalo angka limanya itu maksudnya lompat 5 😅😅. Tapi akhirnya ketebak juga

    ReplyDelete
  4. gue bener jawabnya, tapi caranya itu beda. nah kira2 gimana tuh? wkwkwk

    ReplyDelete
  5. Malah keinget ke sandi AN sih xD cmn ini jadi sandi AG xD Perkiraan gue hampir sama kek komen di atas, kirain K = 5 ini kek K + 5 = P xD //YAAMPUN

    ReplyDelete
  6. Ane yg cuma ngandelin ingatan alias hafalan mending skip bang :(( Ndang kuat akutu

    ReplyDelete
  7. Untung udah ngikutin blog ini dari lama jadi langsung paham :)

    ReplyDelete
  8. HAHAHAH bangga banget pas baca soalnya langsung ngeh cara jawabnya yg kayanya ada hubungannya sama krypto² gitu ya bang?
    Gue tau ini gegara pernah join grup line terus diledekin sama kakak² disitu dengan dikucilkan mereka bicara pake bahasa begituan dan gue cuma bisa melongo ga ngerti
    Langsung minta diajarin sama guru komputer sekolah dah abis itu ngerti HAHAHAH semoga soal di utbk sesusah² nya cuma sesusah ini aja

    ReplyDelete
  9. saya sampe nyobain nyari pake coding haha

    ReplyDelete
  10. Replies
    1. Dave buriq ini siapanya Dave Cahyo?

      Delete
  11. k=5 berarti huruf k=e.... gitu wkwkw tapi pas aku utbk gaada soal kek gini sih untungnya, thun lalu memang ada

    ReplyDelete