Sunday, July 8, 2012

10 SINAGOGA TERINDAH DI DUNIA

 

Sinagoga adalah tempat ibadah agama Yahudi. Tapi ini bukan berarti aku pendukung Yahudi lho. Aku cuman pemerhati arsitektur (cailah) dan kebetulan saat sedang hunting foto bangunan2 bergaya Moorish Revival, aku nggak sengaja lewat depan rumahmu, eh, maksudnya nemuin foto2 sinagoga yang indah. Aku membuat postingan ini lebih bertujuan untuk menghargai keindahan arsitektur sinagoga2 ini. Lagian, aku udah pernah membuat postingan tentang gereja, masjid, dan kuil Hindu-Buddha terindah di dunia, kenapa nggak sekalian sinagoga aja? Biar sama rata hehehe.

Dari informasi yang kudapat, ternyata sinagoga tidak memiliki ciri khas arsitektur tertentu, beda dengan gereja yang punya gaya gotik ataupun masjid dengan kubahnya. Banyak sinagoga justru meminjam gaya arsitektur gereja dan masjid. Makanya, jangan heran bila sinagoga2 ini banyak yang mirip gereja atau masjid. Bagian dalam sinagoga juga seperti kombinasi gereja dan masjid. Bagian dalamnya sih dilengkapi dengan deretan kursi2 untuk berdoa mirip ama gereja. Namun ternyata, menurut hukum agama Yahudi, pria dan wanita harus dipisahkan. Umumnya kaum Adam menempati lantai satu sinagoga dan kaum Hawa di balkon atau lantai dua. Sinagoga juga dengar2 punya arah “kiblat” yaitu selalu dibangun menghadap Yerusalem.

Kebanyakan sinagoga2 ini dibangun antara kurun waktu 1800-1900. Sebelum masa ini, kaum Yahudi selalu didiskriminasikan di Eropa dan diasingkan di bagian kota tertentu yang disebut “Jewish Ghetto”. Barulah pada awal abad ke-19, kaum Yahudi di Eropa mengalami emansipasi dan diberi kebebasan untuk beribadah. Banyak pula sinagoga2 tersebut yang diarsiteki oleh non-Yohadi.

Inilah foto 10 sinagoga terindah dari seluruh penjuru dunia.

  1. Central Synagogue (New York, AS)

Central Synagogue

  1. Berlin Neue Synagogue (Berlin, Jerman)

Berlin Neue Synagoge

  1. Grand Choral Synagogue (St. Petersburg, Rusia)

StPersburg Synagogue

  1. Jubilee Synagogue in Jerusalem Street (Praha, Ceko)

Jubilee Synagogue

Jerusalem synagogue

  1. Great Synagogue of Paris (Paris, Perancis)

Paris Synagogue

  1. Fabric Synagogue (Timisoara, Rumania)

Fabric Synagogue

  1. Firenze Synagogue (Florence, Italia)

sinagoga_firenze

  1. Great Synagogue of Dohany Street (Budapest, Hungaria)

budapest synagogue

  1. Tempel Synagogue (Krakow, Polandia)

Tempel Synagogue

  1. Eldrigde Street Synagogue (Manhattan, AS)

Eldridge Street Synagogue

1 comment: