Sunday, July 22, 2012

10 TAMAN TERINDAH DI DUNIA

 

a97211_g141_7-shangai

Kalo denger kata taman, pasti yang kebayang di benak kita adalah hamparan rumput yang hijau, bunga-bunga yang indah, pepohonan yang rindang, serta suasana yang sejuk. Apalagi kalo ditambahin bangku-bangku buat pacaran dan wi-fi gratisan, pasti tambah muanteb tuh kayak nama dalang hehehe. Kali ini aku daftar 10 taman paling menakjubkan di dunia hasil berselancar di dunia maya. Mau tahu? Ini dia 10 taman terindah di dunia.

1. The Garden of Cosmic Speculation (Skotlandia)

Biasanya sih orang menggunakan keindahan alam sebagai inspirasinya dalam membuat taman, namun taman ini agak beda. Taman ini justru menggunakan rumus-rumus fisika dan persamaan matematika sebagai inspirasinya. Buseeeet. Hasilnya juga luar biasa. Oya, uniknya taman yang dibuat oleh Charles Jencks pada tahun 1989 ini hanya dibuka untuk umum setahun sekali lho.

beautiful-gardens-cosmic-speculation-3

beautiful-gardens-cosmic-speculation-2

a97211_g141_9-cosmic2

a97211_g141_9-cosmic2

2. Keukenhof Garden (Belanda)

Apa yang pertama terlintas di benak kalian waktu mendengar taman di negeri Belanda? Yap betul, pastinya bunga bangkai, eh salah, bunga tulip maksudnya hehehe. Emang taman yang menjadi salah satu tujuan wisata terkenal di negeri kincir angin ini mengandalkan koleksi 7 juta bunga tulipnya untuk menghibur para pengunjungnya.

kukhenof

a97211_5-keunkhof

a97211_5-keunkhof

3. Suan Nong Nooch (Thailand)

Pattaya di Thailand nggak hanya terkenal ama keeksotisan pantainya aja lho, melainkan juga karena tamannya yang indah. Kata “suan” dalam bahasa setempat artinya taman dan Nong Nooch adalah nama pendiri taman ini. Pada 1980, tempat yang dulunya perkebunan buah ini disulap menjadi sebuah taman yang menampilkan budaya Thailand sekaligus tempat konservasi tumbuhan langka. Wah, salut deh!

a97211_g141_3-nong-thailand

a97211_g141_3-nong-thailand

a97211_g141_3-nong-thailand

4. Taman Versailles (Perancis)

Istana Versailles tak hanya terkenal sama nasib tragis Marie Antoinette aja lho, melainkan juga keindahan tamannya yang sudah tenar senatero jagad. Taman ini didesain oleh Andre le Notre atas perintah Raja Louis XIV. Berada di taman ini langsung deh berasa kayak di negerinya Alice in the Wonderland.

versaille_above

a97211_g141_4-versailles

a97211_g141_4-versailles

beautiful-gardens-versailles-2

5. Butchard Garden (Kanada)

Terkenal sebagai salah satu taman terindah di dunia, Taman Butchard terletak di Pulau vancouver, British Columbia, Kanada. Wah, nggak nyangka negara yang terletak di lingkar kutub utara yang konon dingin banget itu ternyata punya taman seindah ini.

butchart

a97211_g141_6-british

a97211_g141_6-british

6. Mirabelle Garden (Jerman)

Taman yang terletak di kota Salzburg ini berada tak jauh dari Benteng Hohensalzburg dan Katedral Salzburger Dom. Wah, nongkrong di taman ini nggak cuma dapet pemandangan yang hijau tapi juga dapet view kota tua yang artistik .

salzburg

7. Het Loo Garden (Belanda)

Apa kesamaan taman ini dengan taman Versailles? Kedua taman ini ternyata sama-sama digunakan untuk menghias istana. Taman ini berada di Istana Het Loo dan bergaya barok. Wah, jangan sampe deh tersesat di labirin-labirinnya. Eh, tapi gayanya agak ngingetin ama crop circle ya hehehe.

beautiful-gardens-het-loo-4

beautiful-gardens-het-loo

beautiful-gardens-het-loo-2

beautiful-gardens-het-loo-3

8. Taman Lotus Kuil Akshardham (India)

Taman indah ini berada di kuil Hindu di Delhi, India.

Lotus Garden Delhi Akshardham Temple India Picture

9. Taman Rikugien (Jepang)

Taman yang terletak di Tokyo ini berarti “taman enam puisi” karena konon terinspirasi oleh puisi-puisi Jepang. Hmm…suasananya emang “jepang” buangeeeet.

rikugien

beautiful-gardens-rikugien-4

beautiful-gardens-rikugien-2

Waduh, ngiri banget deh sama pasangan ini soalnya bisa santai berduaan menikmati taman Jepang sambil minum teh hiks Crying face

beautiful-gardens-rikugien-3

10. Ryoanji Garden (Jepang)

Taman ini terletak di kuil Ryoan-ji di Kyoto dan terkenal sebagai salah satu taman bergaya Zen terindah di dunia. Simpel tapi kaya filosofi.

ryoanji

a97211_g141_10-japan-zen

BONUS

Taman Nasional Yosemite (Amerika Serikat)

Walaupun taman-taman buatan manusia di list atas sangatlah memukau, namun menurutku nggak ada yang bisa ngalahin keindahan taman buatan Tuhan. Yap, sebagai bonus kuberikan Taman Nasional Yosemite (Yosemite National Park) di California, Amrik. Taman nasional seluas 3.000 km persegi ini terletak di lereng pegunungan Sierr Nevada dan ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia pada 1984. Keindahan taman nasional ini terutama terlihat pada Lembah Yosemite (Yosemite Valley) dan air terjunnya. Uniknya, taman nasional ini juga melindungi pohon Giant Sequia yang konon adalah pohon terbesar dan tertua di dunia.

Yosemite_Valley

yosemite-national-park-mirror-lake-california-ca316

Yosemite-National-Park-in-California

tomlinson-ruth-upper-and-lower-yosemite-falls-swollen-by-summer-snowmelt-yosemite-national-park-california

yosemite

1 comment:

  1. ada yang gak masuk ni dave , Taman Gantung Bahai di Bukit Karmel, Haifa, Israel

    ReplyDelete