Saturday, July 14, 2012

10 TEMPAT TERSUCI UMAT KRISTEN


Patung Kristus Penebus
Kalau umat Muslim punya Mekah sebagai tanah suci mereka, maka umat Kristen pun juga memiliki tempat-tempat suci yang tersebar mulai dari Yerusalem hingga Roma. Sayangnya sebagian besar Tanah-Tanah Suci tersebut berada di  daerah konflik Israel dan Palestina. Berikut ini adalah lokasi-lokasi tersuci dalam Agama Kristen.

1. Churh of Annunciation (Nazareth, Palestina)
Church of the Annunciation Nazareth
Nazareth dikenal sebagai kota asal Bunda Maria dan Yesus Kristus. Bahkan, kata Nasrani berasal dari nama kota ini. Church of Annunciation dibangun tepat di lokasi dimana peristiwa Bunda Maria mendapatkan kabar gembira dari Malaikat Gabriel bahwa ia akan mengandung dalam keadaan perawan. Bangunan yang ada sekarang merupakan bangunan baru yang berdiri tahun 1969 karena bangunan asli hancur karena perang yang berkecamuk terus-menerus.
2. Gereja Kelahiran (Betlehem, Palestina)
Church of the Nativity
BethlehemChurchOfTheNativityBirthPlace
Gereja Kelahiran atau Church of Nativity dianggap sebagai salah satu gereja tertua di dunia dan dibangun tahun 326 M. Gereja ini dibangun tepat di tempat kelahiran Yesus Kristus dan dianggap sebagai bangunan suci baik oleh umat Kristen maupun Muslim.  Sayang sekali tempat suci ini menjadi lokasi konflik Israel-Palestina pada Intifada kedua pada tahun 2002. Pada tahun 2012, gereja ini tercatat sebagai Situs Warisan Dunia milik Palestina.
3. Gereja Makam Suci (Yerusalem, Palestina)
gereja makam suci3
Gereja Makam Suci atau Church of The Holy Sepulchre adalah gereja tersuci umat Kristen, sebab dibangun tepat di atas bukit Golgota tempat Yesus disalibkan serta lokasi makam dimana Yesus dimakamkan dan bangkit pada hari ke-3.  Uniknya, ini adalah satu-satunya gereja di dunia ini yang dipakai bersama-sama oleh umat Katolik, Kristen Orthodox, bahkan oleh Kristen Protestan.
4. Taman Getsemani (Yerusalem, Palestina)
Gethsemane
Taman Getsemani adalah taman yang terletak di kaki Bukit Zaitun, Yerusalem dimana Yesus berdoa sebelum ditangkap dan dijatuhi hukuman salib secara tidak adil. Di taman ini pulalah Yudas Iskariot mengkhianati Yesus demi 30 keping uang perak.
5. Rumah Bunda Maria (Efesus, Turki)
800px-Ephesus_House
Tempat ini adalah lokasi dimana Bunda Maria tinggal setelah kenaikan Yesus ke surga. Di Injil diceritakan bahwa saat Yesus berada di kayu salib, Yesus meminta salah satu dari 12 murid, Yohanes untuk merawat Bunda Maria. Di rumah inilah Yohanes tinggal bersama Bunda Maria hingga Bunda Maria meninggal dan dipercaya naik ke surga.
6. Via Dolorosa (Yerusalem, Palestina)
423px-Via_Dolorosa
Via Dolorosa atau Jalan Salib adalah jalur yang dilewati Yesus Kristus sejak dijatuhi hukuman mati hingga disalibkan dan dimakamkan. Jalur ini dimulai dari Benteng Antonia hingga Gereja Makam Suci. Ada 14 pemberhentian sepanjang Jalan Salib ini sesuai Tradisi Katolik dan selalu ramai dikunjungi para peziarah pada hari raya Jumat Agung.
7. Vatikan (Roma, Italia)
800px-Vatican_city_and_san_pietro
Vatikan adalah negeri terkecil di dunia dengan luas hanya 44 hektar dan jumlah penduduk 800 jiwa. Namun Vatikan adalah tempat terpenting bagi lebih dari 1 milyar penganut Katolik di seluruh dunia, sebab di tempat inilah berkedudukan Sri Paus, pemimpin tertinggi Gereja Katolik. Jantung dari Vatikan adalah Gereja Basilika St. Petrus yang dibangun tepat di atas makam St. Petrus yang juga merupakan Paus pertama. Konon St. Petrus yang dijatuhi hukuman mati oleh Kaisar Nero meminta agar dia disalibkan terbalik (kepala di bawah) karena merasa tak pantas mati dengan cara yang sama seperti Yesus.
8. Lourdes (Prancis) dan Fatima (Portugal)
800px-MpaLurdesRosaryBasilica.jpg
Lourdes adalah salah satu tempat tersuci bagi umat Katolik. Lourdes berada di barat daya Prancis, tepat di kaki pegunungan Pyrenees. Di lokasi inilah Bunda Maria dipercaya menampakkan diri kepada St. Bernadette pada 11 Februari 1858. Kota kecil ini hingga kini telah menarik 200 juta peziarah karena mata airnya yang konon dapat menyembuhkan segala jenis penyakit.

800px-Santuário_de_Fátima_(3)_-_Jul_2008
Fatima adalah salah satu tempat peziarahan umat Katolik, dimana pada 1917, Bunda Maria menampakkan diri kepada 3 anak bernama Lucia, Jacinta, dan Fransisco. Mukjizat ini disahkan oleh kesaksian 70.000 orang yang melihat “Miracle of The Sun” atau Mukjizat Matahari pada bulan Oktober tahun yang sama.
 9. Cenacle (Yerusalem, Palestina)


Cenacle atau yang lebih dikenal sebagai “Upper Room” adalah lokasi dimana Yesus mengadakan perjamuan terakhir bersama ke-12 murid sebelum disalibkan. Ruangan ini menjadi saksi peristiwa penting dalam sejarah agama Kristen, mulai dari perjamuan terakhir yang diabadikan dalam lukisan Leonardo da Vinci, pembasuhan kaki, penampakan Yesus setelah bangkit kepada Thomas, tempat para murid berkumpul setelah kenaikan Yesus, pemilihan St. Mathias sebagai rasul menggantikan Yudas Iskariot, hingga peristiwa turunnya Roh Kudus pada hari raya Pentakosta. Dengan kata lain, bangunan ini sebenarnya adalah gereja pertama di dunia.
10. Laut Galilea
Laut Galilea bukanlah sebuah laut, melainkan danau dengan luas 166 km persegi. Semua penganut Kristen pasti mengenal Laut Galilea sebagai tempat dimana Yesus mengajar banyak orang dan melakukan banyak mukjizat.
BONUS
Gereja Ayam Berkokok (Yerusalem, Palestina)
800px-Church_of_Saint_Peter_in_Gallicantu
Gereja Ayam Berkokok atau Church of St Peter in Gallicantu berada tepat di kediaman Kayafas, dimana Petrus menyangkal Yesus tiga kali sebelum ayam berkokok pada saat Yesus diadili.

8 comments:

  1. bangunannya persis mesjid karena ada kubahnya, cuma diatas anda tanda salip

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan umat kristen lebih dulu memakai kubah untuk bangunan gereja jauh sebelum nabi muhammad lahir, bung laksmana

      Delete
    2. Intinya kubah adalah seni arsitektur ala Timur tengah

      Delete
    3. hmmm ... kubah itu hasil ciptaan romawi di eropa. silakan googling pantheon

      Delete
  2. Iya kubah itu Ada jauh sebelum nabi Muhammad SAW Ada, jadi gereja di timur tengah memang seperti iTunes.

    ReplyDelete