Sunday, July 28, 2013

OMG! 10 ECO-ARCHITECTURE PALING MENAKJUBKAN DI DUNIA!

 

Vincent_Callebaut_Lilypads_4_Small

Dunia memang disadarkan akan berbagai permasalahan lingkungan seperti pemanasan global dan krisis energi. Tentu kita tak bisa hanya acuh tak acuh terhadap permasalahan tersebut, namun juga diharapkan menemukan solusinya. Namun bagaimana apabila solusinya adalah hasil karya arsitektur yang mencengangkan di bawah ini? Memang aku setuju kalau masalah yang esktrim harus dipecahkan dengan cara yang ekstrim juga. Nah berikut ini 10 rancangan arsitektur sebagai solusi permasalahan lingkungan yang kita hadapi saat ini. Tapi mungkin nggak ya benar2 dibangun?

1. Garden By The Bay

afp_singapore_supertree_grove_resized_03Apr12-878x629

Satu2nya proyek dalam list kita yang benar2 terealisasi, pembuatan taman raksasa di atas lahan reklamasi seluas 101 hektar ini untuk mewujudkan ambisi Singapura menjadi “kota di dalam taman”. Ikon taman ini tentunya Supertree yang sebenarnya bukanlah pohon, melainkan taman vertikal raksasa setinggi 25-50 m dan dilengkapi dengan sel surya.

7516091556_3f2d526da5_z

2. N.O.A.H.

tumblr_m84onnDdcD1rsftq9o1_500 (1)

Kali ini bukan nama grupband, namun NOAH merupakan singkatan New Orleans Archology Habitat, yaitu kompleks gedung perkantoran, apartemen, dan hotel dengan luas 1 juta meter persegi. Bangunan ramah lingkungan ini akan memiliki turbin angin, solar panel, turbin air, dan tempat penyulingan air minum sendiri.

3. Spacescape

slide_218874_860222_free

Spacescape adalah bola raksasa yang akan dibuat mengapung di atas kota Stockholm, Swedia. Bola ini bukan bola biasa, melainkan sebuah pembangkit listrik tenaga cahaya matahari raksasa.

4. Gullwing Twin Wind Tower

gullwing-twin-wind-towers-by-arxx-studio_2_

Siapa bilang pembangkit listrik tenaga angin harus berbentuk kipas membosankan? Bangunan keren rancangan desainer dari ARXX studio ini sebenarnya merupakan generator tenaga angin raksasa yang rencananya akan dibangun menjulang di tengah kota Dubai.

5. Lilypad

Vincent_Callebaut_Lilypads_2a_Small

Bagaimana kita akan selamat apabila permukaan air laut naik gara2 global warming dan menenggelamkan kota2 yang kita tinggali? Nah, arsitek Vincent Callebaut mencoba menjawabnya dengan membuat sebuah kota mengapung yang dinamakan Lylipad. Layaknya bahtera nabi Nuh, Lilypad dapat berlayar ke segala penjuru dunia, mencari tempat bernaung bagi manusia dikala dunia kiamat akibat pemanasan global.

6. Hydrogenase

HydrogenaseVincentCallebaut1

Vincent Callebaut lagi2 memiliki ide gila untuk menyelamatkan dunia, kali ini dari krisis energi. Apabila minyak bumi habis sehingga tak ada lagi bahan bakar untuk pesawat, jangan khawatir! Masih ada Hydrogenase, sarana transportasi baru berupa pesawat vertikal yang dapat dihuni! Bahan bakarnya berupa biofuel yang dihasilkan alga. Pretty amazing ha?

HydrogenaseVincentCallebaut6

7. Digital Cloud

my-dream-our-vision-1

Terinspirasi oleh “pixel” komputer, bangunan ini didesain oleh firma Design Act untuk World Expo 2010 Singapore Pavillion Competition. Gedung ini diharapkan menjadi contoh gedung yang dinamis dan ramah lingkungan.

8. Dragonfly

dragon1

Lagi2 rancangan ambisius Callebaut, kali ini bagi New York City. Gedung raksasa ini kelak akan menjadi apartemen, perkantoran, laboratorium riset, dan fungsi utamanya: lahan pertanian dan peternakan vertikal. Ya, sebenarnya bangunan yang desainnya meniru sarang lebah ini akan digunakan untuk menanam berbagai tanaman pertanian yang penting untuk mengatasi keterbatasan pangan di kota besar. Bahkan, sapi, ayam dan hewan2 lainnya juga dapat diternakkan di dalamnya.

9. Energy Roof

dzn_Energy-Roof-Perugia-by-COOP-HIMMELBLAU-4 (1)

Tidak, ini bukan ilustrasi serangan alien di Eropa, melainkan proyek yang dicanangkan firma arsitek asal Jerman, Coop Himmemb(l)au untuk kota Perugia, Italia. Kanopi ini sebagai berfungsi sebagai peneduh, juga menjadi pembangkit listrik di tengah kota sebab dilengkapi sel surya dan turbin angin.

dzn_Energy-Roof-Perugia-by-COOP-HIMMELBLAU-5 (1)

10. Ultima Tower

Towers04a1

Diproposalkan oleh Eugene Tsui untuk kota San Francisco,  menara ini memiliki segalanya: hemat energi, mampu menghasilkan energinya sendiri, hingga tahan gempa. Hanya masalahnya, bangunan ini direncanakan memiiki tinggi 2 km dan mampu menampung 2 juta orang. Ukurannya yang raksasa juga diperkirakan mampu menghasilkan perbedaan tekanan atmosfer yang dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik. Namun melihat perbandingan ukurannya dengan pencakar2 langit lainnya di dunia, jelas tak mungkin struktur ini dibangun.

BONUS:

Masdar City

p26p1-lg

Bagaimana jika tak hanya satu gedung saja yang ramah lingkungan, melainkan seluruh kota? Masdar City yang akan dibangun di Uni Emirat Arab ini akan menjadi kota zero-emisi pertama di dunia. Kota yang dirancang oleh Foster and Partners asal Inggris ini akan bergatntung sepenuhnya pada energi alternatif. Selain itu, penggunaan mobil akan dilarang dan seluruh penduduknya akan menggunakan transportasi massal.

masdar-city-future-rendering-image

postive-energy-building-3_69

1 comment:

  1. Setelah baca sekian pos, tetep nggak nemu yg buat indonesia...

    ReplyDelete