Tuesday, July 16, 2013

PENGALAMANKU MENCARI KOST DI JAKARTA

 

Photo-0141

Menurut hierarki Maslow, ada tiga kebutuhan utama manusia yang tidak dapat ditawar, yaitu sandang, pangan, dan android papan. Untuk mencukupi kebutuhan ketiga, kaum perantau nomaden seperti aku mau tak mau harus kost. Daripada jadi parasit di rumah sodara atau kebalikannya, jadi gembel di pinggir jalan, kita harus mengeluarkan kocek ekstra untuk urusan yang satu ini. Mencari kost memang bukan urusan gampang. Salah2 kita bisa berakhir di sarang penyamun atau malah di sarang perawan (yang belakangan mah boleh). Semoga aja pengalamanku mencari kost ini bisa makin menjerumuskan eh membantu kalian hehehe.

Pengalamanku kali ini akan kubagi menjadi dua season (cailah kayak sinetron aja). Pertama pas aku pertama tiba dari kampung halamanku Solo ke Tangerang (jangan bayangin aku kayak orang Jawa stereotip pake blangkon gitu ya. I’m not that innocent *nari2 ala Britney Spears*). Beruntung aku punya kakak yang baik hati berdomisili di Tangerang juga. Asik lah, hari2 pertama aku bisa jadi *parasit* gretongan di tempat kakak (adik nggak tahu diri #nari2 ala Gita Gutawa#). Tapi nggak enak dunk di situ terus. Apalagi kakakku punya pembantu cewek asli Sunda yang masih 17an dan cukup geulis, takutnya nanti mendatangkan fitnah *halah*.

Dianter pak ojek, akupun muter2 daerah Gading Serpong tempatku bekerja kelak. Beruntung, di antara hamparan ruko2, apartemen, hotel2 mewah, dan perumahan mentereng yang membentengi wilayah sub-urban itu, masih ada saja peninggalan arkeologis berupa KAMPUNG! Namun day-one aku muter2 di sana tetep nggak ada kost, penuh semua. Day-two akhirnya aku minta bantuan ke kantor baruku untuk mencarikan kost. Dapat sih dengan harga lumayan, 500 K tapi begitu liat tempatnya.

“WOT???” (kalo ini sinetron, langsung selingan iklan)

....

“WOT???”(biasa, adegan diulang lagi abis iklan)

Ternyata kamarnya kosong melompong, nggak ada isinya. Gue bingung, ini emang modelnya kayak gini apa barang2nya abis dirampok ama previous tenant? Aku akhirnya menolak tawaran itu. Ada juga yang nawarin kost mewah ber-AC dengan harga lumayan, 900 K. Wah, itu mah dah over-bugdet. Bu kost-nya sih bilang gampang, entar siapa tahu bulan depan ada yang bisa diajak share kamar. Tapi kupikir-pikir iya kalo dapet. Akhirnya aku juga nolak penawaran itu.

Eh nggak tahu ya, mungkin pas saat itu Dewi Fortuna lagi berpihak kepadaku (padahal pengennya sih Dewi Persik). Pas aku mau pulang tiba2 aku liat ada tulisan “Kamar Kosong” di rumah kost yang sehari sebelumnya sempet aku kunjungi tapi bilangnya penuh). Rupanya paginya ada tenant yang memutuskan keluar #aku benar2 harus berhenti menyebut anak kost = tenant#. Paaaaaaas banget, apalagi kamarnya udah full-furnished, ada lemari, kasur, bahkan ada dapur plus wastafelnya segala dengan harga yang amat terjangkau, Cuma 400 K. Langsung deh aku samber aku bayar kontan saat itu *criiiiing* (padahal bayarnya ama uang kertas). Soalnya takutnya Senin harga udah naek hehehe.

Namun tempat kostku itu (walaupun bapak kost baeeeeeek banget), adalah kost campuran cowok dan cewek. Sebenarnya tempat kos2an kayak gini jelas2 bertentangan banget dengan perintah kitab suci yang menjadi pedoman hidup aku (yang terakhir kubuka 5 tahun yang lalu mungkin????). Buset deh, masa sih cowok-cewek bisa tinggal dalam satu atap tanpa adanya suatu ikatan pernikahan????

Ekspresi pembaca: ”Ya iyalah bang, namanya juga tempat kost. Masa atapnya mau beda2?”

Untunglah kamarku ada di bawah bagian belakang, terisolir dengan kamar2 lain sehingga aku terhindar dari hal2 yang kuinginkan, halah, tidak diinginkan. Mungkin kos2an kayak gini biasa ya di Jakarta, tapi kalo di Solo, waduh...udah disuruh nikah lah ama Pak RT.

Beruntung juga, kos2anku ini juga strategis dalam hal letak. Deket ama warteg 24 jam, *tiiiit* mart, ATM, abang jual pulsa, nasi padang, pecel lele, tukang gado2, potong rambut, laundry, pom bensin, klinik, restoran Thai ... buset deh, yang kurang kayaknya cuma pegadaian ama mantri sunat. Ama Summarecon Mall Serpong alias SMS pun deket. Gilaaaak...tiap malem tuh kita hangout di situ, window shopping, ngeliatin SPG-SPG yang ada di situ, nyari brosur gratisan (OK, gue harus berhenti ngebuka aib gue sendiri).

Nah, lanjut ke season 2, rupanya banyak cobaan yang menghadang langkahku bekerja di sana, sehingga aku hanya betah selama 1 season aja alias setengah taon. Aku lalu pindah kerja di Jakarta. Lagi2 langkah pertama yang kutempuh adalah mencari kost. Kost di Jakarta tentu lebih menantang, mengingat peribahasa, “Sekejam-kejamnya ibu tiri, lebih kejam ibu kost pas kita telat bayar kost, eh salah, lebih kejam ibu kota.” Big difference antara tempat kerjaku di Tangerang dan Jakarta adalah di sini, aku mesti ngeluarin kocek ekstra buat ongkos transport, secara tempat kerjaku di kawasan elite Pondok Indah dengan harga properti mencekik leher (and haunted too). And to make everything worse, kepindahan gue bertepatan dengan kenaikan harga BBM. Man!

Ada beberapa lokasi yang menjadi incaranku. Pertama daerah Pondok Ranti dekat LB alias Lebak Bulus (lanjutannya LA). Pas nyari kost di sini, aku sempet mengajak teman sekost-ku pas di Tangerang. Aku muter2 nyari kost di kampung situ sambil nanya2 ama orang (ya iyalah, masa nanya ama tiang listrik). Katanya, daerah yang banyak kos2an itu Jalan Damai. Setelah melihat sebuah rumah kost yang nampak menjanjikan, kamipun bertemu dengan bapak kost (yang rupanya nggak tahu menahu masalah kost, soalnya yang ngurus ibu kostnya) dan anaknya cowok yang akika.

Aku ama temenku akhirnya nunggu ibu kost yang katanya lagi pergi ke warung (belakangan baru aku tahu kalo yang dimaksud warung itu ternyata Indomaret. Buset dah, supermarket modern = warung!!! Setajir apa sih nih keluarga). Akhirnya karena kelamaan, si anak tadi disuruh bokapnya buat jemput nyokapnya di “warung” tadi. Adegan pas si anak lagi nyiapin motor,

“Ya ampyuuuun....mana sih sandal eke?” sambil nyari2 di kolong sofa.

Saat itu gue dah kepengen narik temen gue buat segera kabur dari situ. Tapi karena nggak enak ama bapak kost, akhirnya gue tunggu Sus Akika tadi jemput ibu kost. Begitu ibu kost datang, dia jelasin, “Waduh maaf Mas, kamarnya udah penuh semua.”

“Wah, syukurlah Bu,” ucapku lega, “Makasih ya.” #kabur#

Setelah muter2 di daerah itu dan tetep nggak dapet kost, akhirnya pencarian kulanjutkan besoknya. Setelah tanya ama satpam yang kerja di kantor baru, aku mendapatkan satu lokasi lagi bernama Terogong. Mungkin namanya agak etnik tradisional gitu ya (nggak tega mau bilang “ndeso”), tapi di daerah ini ternyata banyak apartemen yang ditinggali bule2. Ya ampun, padahal daerah lain namanya udah “Bukit Golf Ranch”, “Nirwana Residence”, “Pacific Place”, “Casa Grande”, “Diego Hills”, eh ini masih “Terogong” (bule2 percaya aja lagi, mungkin karena namanya eksotis kali ya).

Photo-0667

Eskpresi readers: “Kok nggak ngontrak di apartemen aja Mas?”

Aku sambil liat ke atas, “Nggak ah, gua takut ketinggian.”

*Bisa aja nyari alasan, padahal aslinya nggak punya duit hehehe*

Nah, di sini aku melihat tulisan “Ada Kost”. Namun begitu ditunjukin kamarnya yang seharga 550 K ternyata ....

“APA????” (selingan sholat Maghrib)

.....

“APA?????” (diulang lagi, #maklum lebay#)

Ternyata kayak di Tangerang dulu pas selingan iklan, kos2an ini juga kosong melompong tanpa furniture. Baru kos2an kedua agak mewah. Dengan harga 600 K aku mendapat kamar lengkap dengan lemari, kasur, kamar mandi dalam, bahkan ada showernya. 

Kebetulan sekali kos2an baruku itu deket banget ama masjid, padahal aku non-Muslim. Mungkin kalian berpikir kalo aku bakalan terganggu ama suara adzan dari toa masjid. Tapi menurutku fine2 aja kok, lagian kan mereka juga lagi ibadah di sana. Toh aku malah sebenarnya diuntungkan soalnya aku jadi bisa bangun pagi. Lumayan, pagi2 aku jadi ada waktu buat berdoa bentar. Jadi inget dulu aku punya temen sekamar Muslim dan berkat dia yang tiap subuh selalu siap2 sholat, aku jadi ngerasain gimana rasanya bangun pagi #maklum kebo, susah bangun pagi hehehe#

Nah, itu dia guys share pengalaman aku nyari2 tempat kost. Yang penting cari lokasi yang lingkungannya aman, bebas banjir, dan yang pasti membuat kalian nyaman dan cocok ama isi kocek kalian. Pinter2 cari lokasi lah. Cuman yah, gara2 BBM naek dan gaji tetap, aku musti tighting the budget dengan cara: nyari kos2an yang murah, nahan diri nggak makan yang enak2 dulu, stop ngemil chitato, berhenti minum kopi dan soft drink, mengubah kebiasaan minum jus jadi minum pop ice, dan mulai bersahabat ama warung kelontong serta menjauhi minimarket. Sialnya di deket malah kosanku malah ada ...

7-eleven yang bau kopi ama yakiniku-nya menggoda banget.

DAMN!

2 comments:

  1. selamat yahh akhirnya dapet kost2an juga. Hehehehehe..

    ReplyDelete
  2. KIKIIIIiiiiikiiii.. kayaknya hidup bang Dave seru kali ya??? hahaha
    disini juga begitu harga kost masih mahal belum lagi tempat ga strategis mending nyewa bedeng atau ngontrak rumah soalnya harga sama. wkkkkwkkk
    enak ya kalau dekat mesjid soalnya saya juga kebo#plak. ketularan suka buka aib

    ReplyDelete