Sunday, July 28, 2013

SEA WORLD ANCOL: LET THE OCEAN CAPTURE YOUR IMAGINATION

 

Photo-0742

Hallo para readers, baru2 ini admin blog Mengaku Backpacker dapet rejeki nomplok nih, soalnya gue diajak ke Sea World....gretongan!!! Bayangin guys, orang semacam admin Mengaku Backpacker dapet sesuatu yang gratisan *langsung*. Alkisah kakakku dapet tiket diskonan dari situs livingsocial (soalnya kakakku member nih). Lumayan banget lho, tiket Sea World yang normalnya 70 K dibandrol dengan harga 40 K. Hahahaha mantap khaaaan??? Langsung deh kakakku borong buat liburan sekeluarga. Kapan lagi nih bisa jalan2 ke Sea World murah meriah begini. Nggak lupa dong, sebagai oleh2 buat para readers setiaku, admin bakalan ngasih liputannya. Siaaaaap?

Sabtu pagi aku dah siap2 di rumah kakakku di Tangerang buat berangkat ke Ancol. Saat itu ada 7 orang yang berangkat, termasuk dua ponakanku. Aduh, aku tuh sebenarnya agak gimana gitu kalo jalan ama ponakan. Emang sih unyu2, tapi kalo mereka manggil aku, “Oom David...” hiaaaaa langsung deh aku terasa merasa terpuruk ke dalam lembah kegelapan dan nyadar bahwa...

“Gueeee TUAAAAA   A....” *nangis di pojokan* 33c4b951

Padahal di tempat kerja aja panggilanku “Sir”, “Mister”,  atau “Kak” (jarang banget ada yang manggil aku Pak). Eh ini malah “Oom”, hiks. Tapi nggak apa2 lah. Tetep rasanya asyik jalan2 bareng keluarga, apalagi ama ponakan yang unyu2 hehehe *ngingetin aku pas muda dulu*. Nah, di Ancol kami langsung disambut ama replika monster musuh Ultraman ini di pintu masuk.

Photo-0800

Begitu masuk, ada dua hal yang membuatku kaget karena Sea World nggak seperti yang aku duga sebelumnya. Pertama, Sea World ternyata nggak segede dugaanku. Begitu muter2 ternyata cuma segitu2 aja. Kedua, di dalam tuh GELAP. Tapi nggak tau kenapa, segelap apapun, tiap kali ada yang foto2 narsis di dalam, tetep aja keliatan.

Nah, akuarium pertama yang aku lihat adalah ikan2 unik asal Amazon. Ada ikan arwana raksasa dan ada pula ikan lele raksasa. Wah, jadi inget salah satu episode Monster Fish-nya Zeb Hogan (the next Steve Irwin) di Animal Planet pas dia nangkep ikan lele raksasa di Sungai Mekong. God damnit, I love that show (sayang sekarang nggak ada tivi kabel lagi hiks).

There’s also this weird-looking fish. Tapi yang gue suka dari foto ini bukan ikannya guys, tapi bapaknya yang nunjukin ikan ini sambil gendong anaknya. Wow, so kebapakan hahaha. Jadi terharu melihat cinta kasih ayah kepada anaknya *mulai deh lebay*

Photo-0775

Selain itu di sana ada” otter” alias berang2 *yang nggak tau juga kenapa bisa masuk Sea World*. Selain itu ada ikan dugong yang cuma keliatan ekornya soalnya kepalanya nongol di atas air (maklum dugong alias duyung ini kan mamalia, jadi nggak bisa bernapas di air).

Photo-0733

Ikan eksotik lain adalah ikan yang keliatan kalem ini. But dont’t be fooled by its look, guys. Keliatannya sih nggak berbahaya, tapi ternyata ini adalah IKAN PIRANHA...hiiiy.

Photo-0756

Uniknya, nggak seperti ikan laen yang berenang-renang (ampe aku jadi susah motoinnya), ikan ini cuma dieeeeeem aja, nggak gerak sama sekali. Di sampingku ada anak perempuan kecil yang nanya ama nyokapnya, “Mah, kok ikannya diem sich?”

“Itu piranha sayang, geraknya kalo ada aroma darah...”

Gue: “GLEK”

“Ikannya ganas lho. Kalo dikasih kambing langsung abis tinggal tulang2nya, makannya sampai airnya berbusa-busa gitu. Apalagi kalo ada aroma darah di air, langsung deh ...”

Plis deh Bu, gue aja yang udah oom2 aja merinding denger cerita ibu, APALAGI ANAK KECIL!!! *beneran deh tuh anak malemnya pasti nggak bisa tidur*

Tapi serem juga ya, nggak kebayang kalo ikan ini ampe lepas dari Sea World dan nyebur ke Kali Ciliwung (soalnya ini kan ikan air tawar). Jangan-jangan pas ada anak kecil lagi maen di kali ...

“Mah, adek maen dulu ya di kali ...”

“Iya ati2 Nak...”

“Mamah liat ada ikan lutu....AAAAAAAA...”

*CROT...CROT...CROT...*

Terus ada juga bapak yang mencari rezeki dengan mencari ikan di kali. Beban hidup makin menghimpitnya sejak BBM naek, apalagi istrinya sekarang sakit keras dan anak2nya masih kecil-kecil. Pas mancing di sungai, “Eh itu ada ikan gendut, diem aja lagi di air, kutangkep aja buat makan anak2 di rumah, kasian lima hari belum makan....AAAAAAA....”

*CROT...CROT...CROT...*

Terus ada anak2 mahasiswa baru yang jadi volunteer kerja bakti membersihkan sungai dari sampah sebagai bagian dari kerja sosial dan pelayanan mereka pada masyarakat, “Eh kasian banget ada ikan nggak berdosa ketangkep jaring...aku lepasin ah biar dia bebas....AAAAAAA....”

*CROT...CROT...CROT...*

Lalu ada anak2 panti asuhan...

Ekspresi readers: “UDAH!!! UDAH!!!!”

Hehehe ampe ngelantur kemana2 nih blognya. Oke balik lagi ke Sea World. Ada juga lho kolam ikan hiu *sayang belum ada ikan hiu kepala martil, favoritku*. Aku nggak pernah berhasil motret si ikan hiu ini soalnya berenang terus. Denger2 sih ikan hiu kalo berhenti berenang bakalan mati soalnya nggak bisa napas. Jadi dia harus bergerak terus sepanjang hidupnya.

Photo-0718

Nah uniknya di sini nih ada kolam sentuh. Sesuai namanya, biota laut yang ada di kolam ini bisa disentuh ama pengunjung lho. Tapi nyentuhnya harus penuh kelembutan ya dan penuh kacih caiank, kayak dielus gitu, jangan di-abuse alias dikasarin. Ada apa aja sih biotanya? Pertama, ada penyu yang unyu2. Pas aku megang tempurung penyu, rasanya keras gitu. Nggak heran lah, kan buat ngelindungin si penyu. Tapi pas aku megang kepala penyu, kirain lunak kayak ular gitu, tapi ternyata keras juga.

Photo-0680

Di sini juga ada bintang laut berwarna biru. Sumpah seneng banget pas ngeliatnya. Soalnya dari dulu aku tuh kepengen ngeliat bintang laut yang masih hidup. Aku pas backpackeran ke Lampung juga nyari2 bintang laut ini di pantai, tapi nggak ketemu. Baru kali ini kesampaian. Pas disentuh, ternyata kulitnya keras banget kayak batu.

Photo-0678

Nah, ini nih yang keren. Ada kolam sentuh isinya bayi ikan pari ama ikan hiu. Gue langsung “Wow” soalnya aku berkesempatan megang ikan hiu secara langsung. Buset deh, kapan lagi guys kita bisa megang ikan hiu dan SELAMAT? Tenyata ikan ini nggak punya sisik, nggak kayak ikan bandeng atau ikan mas, jadi pas disentuh licin dan halus banget.

Photo-0755

Koleksi lainnya ada nautilus, tau kan yang punya cangkang kayak kerang tapi juga ada tentakelnya kayak cumi2. Ternyata nautilus-nya kecil2 dan nggak serunya, hewannya nempel terus.

Photo-0706

Ada juga gurita (bisa disuruh ngeramal juga nggak ya kayak si Paul hehehe), tapi nggak gue foto, serem soalnya. Lalu ada koleksi ikan mas yang aneh2. Juga ada mobil ini yang isinya ikan2 kecil.

Photo-0705

Yang menarik menurutku adalah terumbu karangnya, soalnya indah banget, belum lagi ikannya warna-warni.

Photo-0757

Ada juga udang raksasa ini yang kupikir replika soalnya diem aja dari tadi, tapi ternyata hidup beneran. Dinding akuariumnya pas dipegang dingin banget, kayaknya nih lobster cuma bisa hidup di suhu minus.

Photo-0714

Ada belut atau morray eel yang sumpah jelek banget mukanya hehehe.

Photo-0715

Ikan ini kata kakak iparku namanya ikan lepu yang walaupun bentuknya bagus, tapi beracun banget.

Photo-0712

Ada juga spesies ikan lepu lainnya yang bisa berkamuflase jadi batu. Ponakanku agak kaget, soalnya pas diliat kirain batu, eh ternyata ikan beneran (tuh yang dua di depan).

Photo-0713

Ada juga ikan totol2 ini yang lucunya kalo dia gerak jadi kayak gerakan penari flamenco ala Spanyol.

Photo-0709

Nggak afdol rasanya kalo nggak masuk ke terowongan kaca di akuarium utama. Di sini kita bisa liat berbagai jenis ikan berenang di samping kanan kiri bahkan di atas kita. Begini nih suasananya.

Photo-0682

Tentu yang paling kutunggu adalah ikan pari raksasa ini. Rasanya gimana gitu pas dia melayang di atas kita.

Photo-0697

Ada juga ikan raksasa ini. Bandingin nih ama tanteku yang lagi megang dinding akuarium.

Photo-0687

Photo-0766

Ada ikan aneh ini yang dieeem aja di dasar akuarium. Apa mungkin ya ini ikan Coecalanth, ikan purba alias fosil hidup yang ditemuin di perairan Manado itu? Soalnya kalo ikan sapu2 jelas nggak mungkin hehehe. Bertapa kali sih si oom ikan ini.

Photo-0770

Kita juga bisa kok naek ke atas untuk melihat akuarium ini dari atas. Ada papan peringatan aneh di atas sini.

Photo-0727

Salah satu atraksi utama di Sea World ini adalah pemberian makan. Pas aku ke sana (hari Sabtu) jadwalnya adalah jam 1.30 ngasih makan ikan di kolam sentuh, jam 2 ngasih makan ikan di kolam utama (pake penyelam), jam 2.30 ngasih makan duyung, dan terakhir jam 3 ngasih makan ikan hiu. Sambil nunggu jadwal ngasih makan ikan, aku iseng2 jalan2 ke museum ini. Ada berbagai jenis ikan unik yang diawetin di sini. Yang menarik perhatianku adalah ikan ini yang katanya hidup di laut dalam. Apa ini ikan yang bisa ngeluarin cahaya lewat ekornya untuk menarik mangsa itu ya (yang pernah keluar di Finding Nemo)?

Photo-0754

Ada juga awetan ikan pari raksasa kebanggaan Sea World yang kini telah tiada, namanya Parti. Aduh duuuh, ngasih nama yang bagus dikit kek, Elizabeth, Jennifer, atau Christopher gitu *eh dia cewek ding* Aku aja punya kucing aku namain Jolie *singkatan dari Angelina Jolie* ama Aceng.

Photo-0752

Nah, atraksi pertama pun dimulai, yaitu ngasi makan ikan2 dan kura2 di kolam sentuh by Mr. Dedi. Tapi nggak tau juga nih, bukannya dikerubutin ikan, Mas Dedinya malah dikerubutin cewek2 ama ibu2, soalnya mukanya mirip artis Korea hahaha, kayak mix Chinese-Bule gitu sih.

Ekspresi pembaca; “Hiiiiii homo malah bahas begituan...”

Dibilangin ini yang punya blog kalo bahas apa2 suka ngelantur kemana2. Nah begini nih ngasih makannya, disupain langsung. Yang aneh tuh pas ngasih makan bintang laut, langsung disumpelin aja di lubang di bawah tubuhnya *padahal aku nggak bisa bedain, itu anus apa mulutnya*. Yang bikin kaget lagi, si penyu ternyata makannya potongan ikan ama cumi2, padahal awalnya kupikir penyu tuh herbivora.

Photo-0728  Photo-0730

Acara kedua, pemberian makan ikan di akuarium utama oleh dua orang penyelam *lupa namanya*. Langsung deh semua bersorak pas ikan2 itu ngerubutin dengan ganas dua penyelam itu *gue jadi tau rasanya jadi warga Romawi kuno yang dulu liat gladiator di Colosseum sambil teriak, Bunuh, bunuh!”*

Photo-0747

Si host-nya walaupun cewek tapi ngocol banget. Mbak-nya cerita kalo dulu salah satu penyelam ada yang digigit ikan pari pas ngasih makan, “Di bagian mana hayoo coba tebaaaaak…”

Anak2 menjawab, “Di bagian tangaaaaan…”

“Bukaaaan…”

Anak2 mikir lagi, “Di bagian kakiiiiii….”

“Bukan jugaaaa…”

Anak2 terdiam mikir lagi, sementara para orang tua mulai mikir jorok.

“Yang benar di bagian telingaaaa…” jawab mbak Host.

Pengunjung satu Sea World, “OOOOOOOOOO…” sambil senyum2 soalnya tadi udah mikir yang aneh2.

Oya di acara ini, host-nya sempet membahas tentang Steve Irwin yang dulu meninggal gara2 serangan ikan pari. Langsung deh aku mengheningkan cipta sejenak buat beliau *serius nih guys* soalnya he’s a great biologist and I always admire him (lama2 gue kayak Cinta Laura ya dikit2 ngomong Inggris).

Acara ketiga *aku agak miss nih soalnya keasikan jalan2 lagi di terowongan* adalah acara ngasih makan duyung. Aku cuma dapet bagian buntutnya doang, tapi sempet sih mengabadikannya sekilas. Katanya sih mukanya mirip sapi.

Photo-0772

Acara keempat yang paling seru dan ditunggu-tunggu adalah ngasih makan hiu! Yeeeey...yeeeey..... Nah beda ama cara sebelumnya, kali ini penyelamnya, yaitu Kak Ferry turun dengan pelampung, eh salah, kerangkeng maksudnya. Ya iyalah, secara yang mau dikasih makan hiu. Ternyata ada tiga macam hiu di akuarium itu (amazingly, not killing each other), yaitu ikan hiu buto (paling gede), ikan hiu sirip putih, dan ikan hiu sirip hitam. Yang terganas tuh justru bukan ikan hiu buto, melainkan ikan hiu sirip hitam yang paling kecil.

Yang ngeri, ikan hiunya harus disuapin satu-persatu lho. Mas host jelasin kalo ikan2 hiu ini sebenarnya nggak pernah memakan mangsanya dengan cara mengigitnya, melainkan dengan cara menghisapnya. Tapi kalo ngisepnya pake gigi2 runcing segede bagong gitu mah sama aja kali kakakaaak. Pas nyuapin, Mas Ferry kudu ekstra hati2 nih, soalnya kata host-nya pernah ada insiden salah satu ikan hiu “menghisap” tangan salah satu penyelam, cuma 5 detik sih tapi meninggalkan 48 jahitan. Buseeeet.

Perasaan Kak Ferry yang lagi nyelem kala itu, “Glek, bisa nggak sih dia nggak nyeritain itu PAS GUE LAGI ADA DI DALAM SINI!”. Tadi pas ngasi makan ikan pari cerita Steve Irwin meninggal gara2 dibunuh ikan pari, sekarang ikan hiu juga sama. Gila aja tuh host. Kebayang nggak sih perasaan Kak Ferry. Itu tuh kayak elo lagi jalan di tali titian di ketinggian 100 m terus temen loe bilang, “Eh orang terakhir yang nyoba ini jatoh terus mati lhooo...”. Moga2 aja deh dinding akuariumnya tebal jadi Kak Ferry-nya nggak denger hehehe.

Photo-0793

Setelah puas menikmati acara pemberian makan ikan hiu yang seru, kamipun melanjutkan dengan melihat film tentang ikan di theater mini. Berhubung perut udah kelaperan, kami pun langsung beranjak ke lokasi yang lebih cocok buat kami yakni foodcourt hehehe. Oya lupa cerita kalo pas masuk Sea World kita bakal di-stempel dengan cap kuda laut biru kayak gini nih di tangan sebagai bukti kita sudah membeli tiket.

Photo-0739

Nah asalkan cap ini masih ada, kita bebas kok keluar masuk area Sea World sampai lokasinya tutup jam 6 sore. Jadi jangan khawatir kalo perut kalian keroncongan, kalian bisa keluar cari makan bentar lalu masuk lagi, nggak usah beli tiket lagi. Tapi saranku, cari makan nggak usah jauh2. Di foodcourt kami makan nasi ayam paket hemat yang surprisingly, enak banget *sory motonya pas udah habis hehehe*

Photo-0799

Setelah jalan2 di Sea World, kami pun jalan2 di pantai Ancol sambil menikmati sore dan menunggu berbuka (soalnya di rombongan kami ada sodara kakak iparku yang beragama Islam) terus buka puasa bareng deh dengan hidangan ala seafood di tepi pantai.

Photo-0803

Asyik banget seharian bisa jalan2 bareng famili. Malamnya di kost tinggal ketawa2 deh liat status galau temen2 yang pada sendirian di malam minggu. Kaciaaaaaaan deh loe sendirian di rumah, gue jalan2 ke Sea World xixixixixi *dasar temen nggak tau diri*

2 comments:

  1. Yeah...Enak jalan2 di Sea World....Nyadar-nyadar pas di rumah....
    #@#@$&@#$@#$@#$%%@$#
    HP GUE ILAAAAAAAAAAAAAANG!!!
    (beneran lho! Ini terjadi waktu gue kesana)

    ReplyDelete
  2. Yeah Bang Dave 'under the sea'
    Ke Taman Safari Bang
    Biar ketemu Pangeran Simba-The Lion King

    ReplyDelete