Sunday, July 28, 2013

WRATH OF NATURE: 10 FOTOGRAFI BENCANA PALING ….

 

lightning

Murka alam memang sangat mengerikan. Bagi kita yang melihatnya di televisi dan tak mengalaminya sendiri mungkin tak bisa merasakan kedashyatannya. Namun foto2 ini akan membantu kita menghargai alam. Foto2 ini bisa membuat kita takjub sekaligus ngeri. Oleh sebab itu, judulnya kuberi nama 10 Fotografi Bencana Paling … yang bisa kalian isi sendiri, entah itu paling menakjubkan, menakutkan, dan lain-lain.

1. Volcano

kirkjufell

Sama seperti Indonesia, Islandia adalah negara yang dipadati dengan gunung berapi yang masih aktif. Contohnya bencana letusan gunung Eyjafjallajokull, Islandia tahun 2010 yang masih segar di ingatan kita, sebab membuat ratusan penerbangan ke Eropa dibatalkan. Contoh lainnya adalah letusan Gunung Kirkjufell 2009 pada gambar di atas. Yang membuat foto itu sangat menakutkan adalah betapa dekatnya letusan dengan rumah penduduk.

2. Neraka di Surga

a98642_red lava

Hawaii memang dikenal dengan panorama surgawinya. Namun ada bahaya yang mengintai, yakni ratusan gunung berapi aktif di wilayah itu. Di atas adalah foto gumpalan magma panas yang indah di mata, namun sangat mematikan. Bahkan sang fotografer mungkin membahayakan nyawanya sendiri dengan mengambil gambar menakjubkan ini.

3. Gate to Hell is in the Ocean

a98642_disaster

Tak hanya gunung berapi yang terlihat saja yang membahayakan manusia, masih ada gunung2 berapi yang tak terlihat mata kita. Gunung2 berapi tersebut berada di bawah kedalaman lautan. Berada di dalam air tidak membuatnya kurang berbahaya daripada yang di darat. Letusan gunung berapi bawah air tahun 2009 di Tonga, Polynesia ini membuktikannya. Bayangkan jika kapal yang terlihat dalam foto terletak beberapa kilometer saja lebih dekat dengan sumber ledakan ini.

4. Angin, Petir, dan Api

a98642_chile volcan

Bayangkan dua bencana alam paling mengerikan beradu menjadi satu, yakni badai petir dan letusan gunung berapi, inilah hasilnya. Foto ini diambil pada 3 Mei 2008 pada saat Gunung Chaiten meletus dan mengejutkan warga lokal yang segera dievakuasi. Padahal gunung ini sejak lama tak pernah menunjukkan aktivitas vulkanik dan dianggap tak aktif.

5. Lari dari Tsunami

a98642_tsunami

Tak jelas dimana foto ini diambil (kemungkinan besar bukan di Indonesia), bahkan tak jelas apakah orang2 di foto ini berhasil selamat. Namun ini memberikan gambaran betapa dahsyatnya sebuah gelombang tsunami. Tsunami 2004 tercatat dalam sejarah sebagai tsunami yang memakan jumlah korban terbanyak, yakni 230 ribu jiwa.

6. Amarah Si Jago Merah

a98642_wildfire

Berbeda dengan kebakaran hutan di Indonesia yang terjadi akibat ulah manusia, wildfire atau kebakaran hutan merupakan peristiwa alami yang biasa terjadi di California, bahkan dianggap bagian dari siklus kehidupan. Tumbuhan dan hewan di sana juga telah beradaptasi terhadap kejadian ini. Ulah manusia yang membuat pemukiman semakin dekat dengan kawasan hutan2 inilah yang membuatnya menjadi berbahaya (atau bahkan semakin sering terjadi).

7. Tiupan Tornado

supercell

Tornado merupakan hal yang biasa terjadi di Amerika Serikat. Kondisi iklim dan geografis yang unik membuat pusaran angin ini terjadi secara frekuentif, bahkan sejak sebelum bangsa Barat mengambil alih benua ini. Namun tak bisa dipungkiri, sejak perubahan iklim akibat global warming terjadi,  jumlah dan frekuensi tornado di Amerika Serikat meningkat dengan drastis.

8. Bumi Terbelah

a98642_asfalto roto

Gambar retakan ini diambil setelah gempa 6,9 SR pada 6 Februari 2012 di Filipina yang menewaskan 52 orang. Bayangkan trauma yang dialami para warganya melihat hal seperti ini.

9. Sub-Zero

icestorm

Negara2 tropis terkenal dengan badai, gempa, dan gunung berapinya, namun itu tak membuat negara2 subtropis luput dari bencana. Badai salju mungkin takkan kita alami, namun menjadi ancaman mengerikan bagi warga yang tinggal di belahan bumi selatan dan utara, dan datang tiap tahun! Contohnya badai es yang terjadi di Quebec, Kanada ini.

10. Cukup Satu Kata: Merapi

merapi

Kata “merapi” cukup untuk menggambarkan segalanya. Nama yang disematkan nenek moyang kita ini memang dengan gamblang menggambarkan keganasan gunung berapi ini. Gunung ini juga dikenal sebagai salah satu gunung berapi paling aktif di dunia.

BONUS:

Nowhere Is Safe

kliuchevskoi

Foto letusan gunung Kliuchevskoi di Rusia pada 1994 ini secara pribadi membuatku tercengang. Sebelum melihat foto ini, aku sama sekali tak menyangka dampak letusan sebuah gunung berapi bisa sedemikian dahsyatnya. Bahkan asapnya bisa terlihat dari luar angkasa, menodai bola bumi kita.

NB: Diambil dari berbagai sumber

1 comment: