Sunday, August 25, 2013

10 KEAJAIBAN ALAM SEMESTA

 

TGraphic-com-l-Space-the_starkiller_quasar_by_esk6a935

Kalo sebelumnya aku biasa membahas keajaiban2 yang ada di dunia, seperti bangunan dan keajaiban alam, kali ini aku akan membahas keajaiban2 yang ada di alam semesta alias di luar bumi. Apa saja struktur2 menakjubkan yang ada di luar angkasa? Mari kita simak satu-persatu *btw, ini artikel astronomiku yang pertama Open-mouthed smile*

1. Bintang Berlian

LucyDiamondStarWhiteDwarf

Berlian terbesar ternyata tak ditemukan di bumi, melainkan di luar angkasa. Yap, percaya atau tidak, sebuah bintang yang dinamakan Lucy (sesuai judul lagu beatles) terbuat dari berlian. Bintang ini memiliki nama asli BPM 30793 dan terletak di Rasi Centaurus, berjarak hanya 50 tahun cahaya dari bumi (1 tahun cahaya = 9,46 trilyun kilometer). Bintang ini merupakan jenis bintang kerdil putih, yakni bintang yang kehabisan bahan bakarnya dan hanya tersisa atas kumpulan zat karbon dan hidrogen.

2. VY Canis Majoris

VY CANIS MAJOR

Bintang ini merupakan bintang terbesar di alam semesta. Silakan lihat saja perbandingannya dengan matahari pada gambar di bawah ini.

CANIS MAJORIS 2

3. OJ 287

oj-287-biggest-black-hole

OJ 287 adalah sebutan bagi lubang hitam terbesar di alam semesta. Massanya seberat 18 milyar massa matahari kita, bahkan memiliki lubang hitam yang lebih kecil di pusatnya dan lubang hitam lain yang mengorbitinya.

4. Crab Nebula

The Crab Nebula in Taurus

Crab nebula merupakan sisa sebuah ledakan Supernova di konstelasi Taurus. Ledakan Supernova tersebut diamati oleh astronom Cina dan Arab pada tahun 1054 dan dikatakan menyinari malam2 dengan cahaya yang terang.

5. Pistol Star

PISTOL STAR

Pistol star adalah sebutan bagi bintang paling terang di alam semesta. Bintang ini terletak 25.000 tahun cahaya dari bumi dan berada di galaksi Bima Sakti kita.

6. NGC 2440 Nucleus

Hottest-Star-NGC-2440-Nucleus-640x480

Merupakan bintang paling panas di alam semesta. Suhu permukaannya 200.000 derajat celcius, padahal suhu permukaan matahari saja hanya 6.000 derajat celcius. Letaknya 4.000 tahun cahaya dari matahari dan 1.000 kali lebih terang dari matahari.

7. Bintang Dingin

Cold_Star_by_AmbientConceptions

Kita tahu bintang merupakan sebuah sumber energi yang sangat panas, namun ilmuwan ternyata juga menemukan bintang yang suhunya hanya 20 derajat lebih tinggi daripada segelas kopi Starbucks. Bahkan ada bintang yang lebih dingin lagi, yakni bintang WISE 1828+2650 yang suhunya hanya sekitar 26 derajat celcius. Bintang2 ini diyakini tak memiliki cukup massa untuk melakukan reaksi fusi hidrogen dan menghasilkan panas.

8. The Void

THE VOID

“The void” merupakan sebutan bagi rongga kosong yang terdapat di alam semesta. Di dalamnya tidak terdapat benda2 langit apapun seperti bintang ataupun planet. Masih banyak perdebatan tentang apa yang menyebabkan “the void” ini, mulai dari lubang hitam sampai adanya dark energy atau dark matter, suatu energi misterius yang mengisi alam semesta.

9. Petir Luar Angkasa

Space fantasy

Petir memang diketemukan tak hanya di bumi, namun juga di planet lain seperti Saturnus dan Jupiter. Namun petir ternyata juga diketemukan di luar angkasa. Petir luar angkasa ini pertama kali diamati di dekat galaksi 3C303 dengan kekuatan 1 triliun kali dibandingkan petir di bumi dan memiliki panjang separuh dari galaksi Bima Sakti!

10. Andromeda

AndromedaGalex_2048

Andromeda adalah galaksi spiral yang berjarak sekitar 2,5 juta tahun cahaya dari Bumi dan merupakan salah satu galaksi terdekat dengan Bima Sakti. Pusatnya diduga merupakan kumpulan bintang2. Menurutku, inilah struktur paling indah di alam semesta.

BONUS:

Supernova

supernovadestrplanet

Supernova merupakan bintang yang meledak, melepaskan energi yang sangat besar ke seluruh galaksi. Seperti kita tahu, bintang memiliki siklus kehidupan, mulai dari lahir hingga mati dan meledak. Dalam beberapa detik, ledakan sebuah supernova akan memuntahkan energi yang sama dengan energi yang dihasilkan matahari seumur hidupnya. Oleh sebab itu, supernova sangatlah berbahaya bagi planet2 maupun bintang2 yang ada di dekatnya, sebab akan memusnahkan apapun dalam jarak 30 tahun cahaya.

4 comments:

  1. Artikel bagus kak :) aku suka sama hal yang berhubungan dengan astronomi :)


    -GN

    ReplyDelete
  2. izin copy ya untuk tujuan dikongsi ilmunya

    ReplyDelete