Thursday, August 29, 2013

8 HEWAN TRANSPARAN PALING MENAKJUBKAN

 

transparent_animals_2x

Hewan2 yang kutemukan di list Webecoist dan Oddee ini memang aneh tapi nyata, soalnya tubuh mereka TRANSPARAN guys. Yap, transparan berarti kamu bisa melihat menembus kulitnya dan melihat bagian2 dalam tubuhnya. Ewww...kedengaran agak menjijikkan tapi hewan2 ini juga mengagumkan lho. Berikut ini 8 hewan transparan paling menakjubkan di dunia.

1. Kodok transparan

a357_frog

Kodok ini dijuluki “glass frog” atau kodok kaca bukan tanpa alasan. Lihat saja, bagian perutnya transparan sehingga menunjukkan dengan jelas saluran pencernaan dan organ2 dalamnya. Hmmm....nggak perlu bedah katak lagi untuk melihat anatominya ya kalo begitu?

2. Ikan berkepala transparan

transparent_animals_4a

Ikan bernama Barrel-eye (Macropinna microstoma) ini memang unik (dan agak menakutkan), soalnya tempurung kepalanya transparan! Kita bisa melihat apa isi kepala ikan ini secara harfiah. Ternyata ini merupakan bentuk adaptasi agar wilayah pandang ikan ini lebih luas. Kan dia bisa melihat menembus tengkoraknya.

Eit, tapi jangan tertipu! Dua lubang di depan itu bukan matanya, melainkan lubang hidungnya. Matanya berupa dua bola hijau yang terdapat di kepalanya. Tapi dilihat2 jadi mirip kapal selam ya?

transparent_animals_4x

3. Cumi-cumi transparan

transparent_animals_6

Hanya ditemukan di laut belahan bumi selatan, glass squid atau cumi2 kaca ini tak hanya memiliki tubuh transparan, namun cara pertahanannya dirinya juga tak kalah unik. Mollusca bernama ilmiah Teuthowenia pellucida ini bisa menggulung tubuhnya seperti bola apabila terancam, mirip trenggiling.

4. Buaya transparan

a357_fish

Sebenarnya sih hewan ini bukan buaya sungguhan guys, melainkan sejenis ikan berjulukan crocodile icefish (Cannichthydae) yang dapat ditemukan di Antartika. Tapi bentuk moncongnya memang mirip buaya ya? Tak hanya tubuh mereka transparan, namun darah mereka juga tembus pandang sebab tak memiliki hemoglobin. Darah “kaca” ini bisa efektif mengedarkan oksigen walaupun tanpa hemoglobin sebab di suhu dingin, oksigen sangat mudah terlarut dalam air.

5. Ubur-ubur transparan

transparent_animals_7b

Kebanyakan ubur2 memang tampil transparan sehingga cukup sulit dilihat. Namun hati2, walaupun terlihat cukup cantik, ubur2 dikenal sebagai hewan paling beracun di dunia. Sengatnya bisa menimbulkan rasa sakit hingga menyebabkan kematian.

6. Udang transparan

transparent_animals_5x

Udang transparan ini khusu ditemukan di dalam ekosistem gua yang gelap gulita. Hewan2 yang hidup di kegelapan total memang biasanya tak memiliki warna karena pigmen warna tak banyak berguna di dalam gelap.

7. Ikan flounder transparan

transparent_animals_8

Ikan flounder adalah ikan yang berbentuk sangat pipih dan biasa bersembunyi di dalam pasir. Namun warna transparan dari salah satu jenis ikan fliounder akan membuatnya lebih jago berkamuflase, sebab ia dapat bersembunyi di mana saja tanpa terlihat.

transparent_animals_8x

8. Kupu-kupu transparan

a357_Butterfly

Last but not least, kupu-kupu bernama glasswing butterfly (kupu2 sayap kaca) ini sangat mengagumkan, sebab sayapnya transparan. Serangga bernama latin Greta oto ini bisa ditemukan mulai di Amerika Tengah, mulai dari Mexico hingga Panama.

No comments:

Post a Comment