Sunday, August 25, 2013

10 TUMBUHAN PALING BERACUN YANG TAMPAK “TAK BERDOSA”

 

Rhododendron_rouge

Remember guys, don’t judge the book by its cover. Termasuk tumbuhan2 ini. Dari luar sih kelihatannya indah, unyu2, romantis, dan tak berdosa. Namun siapa sangka, tumbuhan2 ini justru mengandung racun yang dapat membunuh manusia. Ada yang bisa membunuh siapapun yang usil memakannya. Namun ada juga yang sudah beracun padahal kita hanya menyentuhnya atau bahkan memandangnya saja *buseeeeet*. Berikut ini 10 tumbuhan paling beracun di duni, namun dengan tampilan imut2 dan innocent look.

1. Jarak (Ricinus communis)

3732193-castor-oil-plant-11

Tumbuhan ini memang banyak di sekitar kita. Tapi tahukah kalian, ini adalah salah satu tumbuhan paling beracun di dunia. Satu bijinya saja mampu membunuh seorang manusia dewasa dalam semenit! Syeeet, pantesan nggak ada yang berani ngemil biji jarak ya?

CASTOR

2. Rhododendron dan Azalea

azalea1

Siapa tak terkesima dengan keindahan dua jenis bunga yang berkerabat dekat ini? Namun jangan tertipu dengan keindahan luarnya, tanaman ini dalamnya mengandung racun yang dapat menyebabkan kelumpuhan, koma, hingga kematian. Nama racunnya lumayan keren, andromedatoxin.

3. Nightshade (Solanum)

woody-nightshade

Dikenal pula dengan “death cherry”, tanaman ini tak hanya beracun buahnya saja, namun dari ujung atas hingga ujung akar semuanya mengandung racun. Bahkan mengonsumsi sedikiiiiiiiit saja bagian tanaman ini akan menyebabkan gejala pertama: kehilangan suara! Masalahnya, berry buah ini rasanya manis sehingga menggoda siapapun memakannya.

4. Buttercup (Ranunculus)

buttercup

Walaupun tampak indah dan imut2, bunga ini dijuluki pula “the killer flower”. Tak perlu memakannya, menyentuhnya saja akan menyebabkan rasa perih disertai bekas kemerahan. Mengonsumsinya akan mengakibatkan kematian yang sangat menyakitkan.

5. Gympie Gympie (Dendrocnide moroides)

drakaea

Mungkin tanaman yang nampak biasa saja ini tak mematikan, namun racunnya sangatlah menyakitkan. Saksi yang selamat mengatakan rasanya seperti tersiram asam. Selamat? Katanya tidak berbahaya? Ya, tak jarang korban tanaman ini memutuskan bunuh diri akibat rasa sakitnya yang tak terbayangkan.

6. Larkspur (Delphinium)

larkspur

Bunga birunya yang indah mungkin menarik hati kita untuk menanamnya di kebun kita. Namun hati2, menyentuhnya saja akan membuat iritasi pada kulit. Memakannya apalagi, dapat menyebabkan tubuh kejang2 dan kemudian mengalami kelumpuhan.

7. Fairy Bells (Digitalis purpurea)

digitalis purpurea

Dari bentuk dan warna pinknya yang indah, tak heran bunga ini mendapat nama yang cantik. Namun jangan tertipu, tumbuhan ini mengandung racun digitoxin yang menyebabkan serangan jantung yang berujung pada kematian.

8. Windflower (Anemone remonosa)

800px-Anemone_nemorosa_001

Melihat bunga putihnya yang mungil mungkin bunga ini terlihat cocok buat dijadiin buket untuk cewek kalian. Namun yang ada kalian malah kena gampar. Soalnya menyentuhnya saja akan menyebabkan sensasi terbakar. Apalagi kalo dibikin sayur. Waduuuuuuh ….

9. Manzanilla (Hippomane mancinella)

hippomane_mancinella1

Namanya berarti “apel kecil pembawa kematian” karena bentuk buahnya yang mirip apel. Karena banyak yang salah mengira pohon ini adalah pohon apel, seringkali diberi peringatan di sekitar pohon ini. Well, pohon yang diberi larangan “Dilarang mendekat”, kalian hanya bisa membayangkan betapa beracunnya tanaman ini.

Jika kamu berlindung di bawah pohon ini saat hujan, maka tubuhmu akan penuh dengan luka “bakar” karena campuran getah tanaman ini jatuh ke tubuhmu bersama hujan. Bahkan jika kamu membakar bagian apapun dari pohon ini, asapnya saja bisa membuatmu buta. Apalagi kalo kamu tergoda memakan buahnya yang tampak “yummo” wah tinggal menghadap Yang maha Kuasa deh.

10. Golden Chain (Laburnum anagyroides)

PHOTO NAME: Golden Chain Tree

Kurasa inilah tanaman paling indah di list ini! Dengan warna kuningnya yang menarik, bunga ini tentu nampak seperti sakura emas. Akan tetapi tanaman ini mengandung racun Lupinine yang sangat berbahaya. Buahnya juga sangat mirip dengan kacang2an jadi harus diwaspadai, jangan sampai salah makan!

GOLDEN_CHAIN_TREE (1)

BONUS:

Oleander (Nerium oleander)

oleander

Tanaman ini banyak ditanam sebagai tanaman hias karena keelokan bunganya. Namun jangan salah, semua bagian dari tanaman ini sangatlah beracun. Bahkan satu daunnya saja cukup untuk membunuh manusia dewasa apabila dimakan. Saking beracunnya, tak jarang pelaku bunuh diri menggunakannya sebagai cara untuk mengakhiri hidup mereka dengan mengonsumsi teh yang dibuat dari ekstrak tanaman ini.

Nah, itulah readers, tumbuhan2 yang tampak tak berdaya namun sangat mematikan. Kita harus berhati2, sebab beberapa dari mereka sudah ada di sekitar kita *jreng jreng jreng*. Jadi kita harus menghormati segala bentuk kehidupan oke. Jangan suka makan daun2 nggak jelas di taman…

Ekspresi readers: “Emang kita kambeeeeeeng????”

5 comments:

  1. kok namanya tampak tak berdosa

    ReplyDelete
  2. ngomong2 yang manzanilla, rasa buahnya manis lho...

    ReplyDelete
  3. kecilan gua mainnya bunga oleander. manatau malaikat maut udah ngasah pisau di sebelah gua

    ReplyDelete
  4. gympie2 itu plg sadis menurutku. ngilangin efek sakitnya aja pake asam juga

    ReplyDelete