Sunday, August 25, 2013

10 TUMBUHAN “ANEH TAPI NYATA”

 

images

Aku pernah membuat postingan tentang 10 tumbuhan teraneh di dunia yang pastinya bikin jijik ngeliatnya *tapi asik kok baca postingannya hehehe*. Nah, sekarang nih sekuelnya, yaitu 10 lagi tumbuhan teraneh di dunia. Pokoknya tumbuhan2 ini pastinya bikin kita “Eeeeuuuuwwww...” Seaneh apa sih tumbuhan2nya? Buktikan aja sendiri lewat postingan ini.

1. Coral Jade (Crassula ovata)

6c525c

Kesan pertama kalian saat melihat tanaman ini pasti “What the f*ck is that???” Tumbuhan sukulen ini emang bikin amit2 jabang bayi, kayak cacing parasit pemakan manusia dari dasar laut. Tapi ini termasuk tanaman hias kok guys (ada di green house sekolahan tempatku kerja juga hiks).

2. Black Bat Flower (Tacca chantrieri)

black-bat-flower

Mirip dengan buket pengantin dari neraka, bunga ini dijuluki “kelelawar hitam” tentu karena warna serta penampilannya yang sangar. Tapi jangan2 buru membakarnya jika melihatnya, karena tumbuhan ini sangat langka. Uniknya, bunga ini memiliki diameter 30 cm dan “kumisnya” bisa mencapai panjang 1 m. Oke, aku bakal membakarnya jika ketemu.

3. Elephant Foot Yam (Amorphophallus paeoniifolius)

amorphophallus

Tak hanya bentuknya yang tak sedap dipandang, baunya juga. Sebab bunga ini berkerabat dekat dengan bunga bangkai alias mengeluarkan bau busuk untuk menarik lalat agar membantu penyerbukannya. Yeah, like it can’t get even worse. Oya, tanaman ini bisa dimakan lho, lebih tepatnya dibikin keripik. Cocok buat kalian yang pengen diet *soalnya diliat aja langsung ilang selera makan*

4. Pom Pom Mushroom (Hericium americanum)

Hericium_erinaceus

Mengetahui benda di atas itu hidup aja sudah bikin kita kaget, apalagi kalo diberitahu kalo itu bisa dimakan. Bahkan manfaatnya banyak lho, bisa untuk mengobati cacingan hingga melawan kanker. Hm...bener2 don’t jugde the book by its cover ya.

5. Hammer Orchid (Drakaea glyptodon)

drakaea

Apa...itu hidup? Itu tumbuhan? Itu ANGGREK??? Yap memang sukar dipercaya tapi bentuk bunganya yang superaneh ternyata bertujuan untuk menipu tawon jantan supaya mengawininya (sebab seharusnya benda itu mirip tawon betina *apanya yang mirip???) dan membantu penyerbukannya.

6. Silver Torch Cactus (Cleistocatus straussi)

silver torch cactus

Namanya yang keren kayaknya lebih cocok jadi nama superhero. Keanehan kaktus ini bukan terletak pada bentuknya *yang udah cukup bikin -momen hening- menurutku* namun kenyataan bahwa kaktus ini menyukai habitat yang dingin! Kaktus ini hidup di puncak pegunungan di Bolivia dan Argentina yang bersuhu -10 derajat celcius. Benar2 kaktus yang abnormal.

7. Duckweed (Wolffia anguste)

wolffia

Perkenalkan tumbuhan terkecil di dunia! Jika gambra di atas belum memberikan gambaran betapa kecil tumbuhan ini, carilah huruf “o” di halaman ini. Dua buah tanaman ini bisa muat di huruf “o” tersebut! Buseeet. Dan jika kamu tinggalkan dua tanaman ini sendirian, dalam sehari mungkin tumbuhan ini sudah jadi empat, soalnya perkembangbiakannya cepat sekali.

8. Lithops julii

lithops

Tumbuhan memiliki berbagai cara untuk menghindari dirinya dimakan. Ada yang punya duri, ada yang mengeluarkan getah yang bikin gatal, dan ada juga yang memiliki rasa pahit biar pada nggak doyan *really? Liat aja nasib pare*. Namun tumbuhan ini memiliki cara unik untuk menghindari herbivora: berpura2 jadi batu. Pengen lihat caranya berkembang biak? Pertama dia akan membelah menjadi dua (this can’t be good).

Lithops_julii_C297_810

Ehm...lalu dia akan mengeluarkan sesuatu

Lithops-Julii-buds1

*perasaan mulai nggak enak*

.

.

.

.

.

Dan ia akan berbunga.

lithops_dish_garden_pic4

Hmmm...not bad ha?

9. Beehive ginger (Zingiber spectabilis)

a-weird-looking-plant-at-tbg-ginger-i-think-volcanoes

Jenis jahe2an ini ditanam karena bunganya yang extraordinary. Extraordinary my ass! It’s extremely gross!!!

10. Mick Jagger’s Lip (Psychotria elata)

Psychotria_Elata_Kiss

OMFG...SERIOUSLY??!! Tumbuhan aneh ini hanya bisa ditemukan di hutan hujan tropis di Kolumbia dan Kosta Rika. Warnanya yang merah menyala menarik manusia, eh bukan, burung kolibri dan kupu2 untuk membantu penyerbukannya.

BONUS:

Maiden’s Veil Stinkhorn Fungus (Phallus insudiatus)

maiden'e veil

Oke...seriously guys, apa itu? Lama2 bisa gila beneran aku kalo bikin top ten isinya gambar kayak beginian *salah siapa*. Bentuknya mirip alat kelamin laki2 yang memakai kerudung berenda. Officially disturbing.

Coco de Mer (Lodoicea maldivica)

Seychelles_COCO_DE_MER_89880b588c8a4d08bcf31c925e86c0ed

Bicara soal distrubing, sejenis kelapa bernama coco de mer yang hanya hidup di Kepulauan Seychelles ini dikenal memiliki buah terbesar dan terberat di dunia. Hmmm…bentuknya mirip apa ya???

kppcont_029827

images (1)

111110021058-rhino-extinct-coco-demer-horizontal-gallery

Ekspresi readers: AAAAAAAAARGH…ADMIN STOP THIS POSTING!!!!

3 comments:

  1. good jobs min terus lanjutkan kreasimu add gua ya wkowowkw

    ReplyDelete
  2. wah mas David Bio UNS ya??? nice blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh ini siapa ya? adik tingkat gue kah?

      Delete