Saturday, August 10, 2013

10 LAGU ROHANI PALING MENYENTUH BUAT DIDENGERIN *INSYAF MODE ON*

 

Ekpresi readers pasti pada nggak percaya. Mana mungkiiiiiin admin Mengaku Backpacker yang terkenal belagu membuat list top ten semacam ini??? Hehehe...sekali2 boleh lah guys jadi anak alim, mumpung lagi pengen tobat nih. Kali ini aku akan mempersembahkan 10 lagu rohani Kristiani paling moncer dan asik buat didengerin. Siapa tau lagu2 ini bisa membuat kalian kembali ke jalan Tuhan, ya nggak? Inilah list 10 lagu rohani favoritku dan wajib kalian koleksi.

1. Nikita “Seperti Yang Kau Ingini”

Hidup ini kuserahkan di atas mezbahmu ya Tuhan

Terjadilah padaku seperti yang Kau ingini

Waktu membuat list ini, lagu inilah yang pertama kali terpikirkan di benakku. Yap, lagu ini emang bagus, nada2nya pas, dan liriknya juga Kitab Suci bangeeeet (diambil dari Surat Rasul Petrus yang Pertama 1: 18-19 *cieeeee tobat beneran ni yeeee*). Lagu ini jelas lagu rohani favoritku. Apalagi lagu ini dinyanyiin ama Nikita, “The Queen of Religious Song”. Masih inget banget dong ama lagu lawasnya “Di Doa Ibu Kudengar Namaku Disebut” yang membuat pendengarnya berlinang air mata, hiks *apalagi buat anak durhaka*.

2. Maria Shandy “Mukjzat Itu Nyata”

Bukan kar’na kekuatan, namun Roh-Mu ya Tuhan

Ketika ku percaya, mukjizat itu nyata

Nah, ini nih saingannya Nikita, Maria Shandy yang nggak se-senior Nikita sih tapi lagu2nya...buseeeet, menggemparkan banget hehehe. Kalo ada penghargaan buat penyanyi2 religi semacam MTV Award gitu, doi pasti langsung menyabet “The Hottest Newcomer” xixixixi. Kayak lagu “Mukjizat Itu Nyata” yang gue yakin pasti sering dinyanyiin pas ibadat Rokat ama KMK se-Indonesia. Lagu2-nya yang lain seperti “Janji-Mu S’perti Fajar” dan “Masih Ada Tuhan” juga layak didengerin. Dua lagu itu pas banget kalau kita lagi dilanda badai kehidupan, mengingatkan kalo masih ada Tuhan yang bisa kita jadikan pegangan dan penolong.

3. Tiada Yang Mustahil

Tiada yang mustahil bagi orang percaya

Jika Roh Allah turut bekerja

Gue nggak tau siapa penyanyi lagu ini ataupun dimana link downloadnya (hiks, nyari2 nggak ketemu), tapi jujur gue suka banget lagu ini. Aku sebenarnya Katolik, tapi juga suka dengerin lagu2 Kristen Protestan, apalagi lagu yang satu ini. Aku inget banget pertama kali denger pas persekutuan temen2 kerja di kantorku yang lama, dimana yang beragama Katolik ama Protestan dicampur jadi satu. Dan temen2 Protestan saat itu (kebetulan semuanya cowok) nyanyiin lagu ini. Wuih, langsung merinding denger paduan suara dadakan itu, apalagi lagunya dan liriknya bagus banget. Lirik pertamanya aku ingat banget, “Roh Kudus kau hadir di sini ...”

4. Bapa, Engkau Sungguh Baik

Kunaikkan syukurku buat hari yang Kau b’ri

Tak habis-habisnya kasih dan sayangmu

Selalu baru dan tak pernah terlambat pertolonganmu

Tetap setia-Mu di s’panjang hidupku

Pengalamanku paling berkesan tentang lagu ini (aku lupa pas ziarah atau rekoleksi) adalah pas lagu ini dinyanyiin saat ibadat malam bareng temen2 KMK (Keluarga Mahasiswa Katolik) zaman kuliah dulu. Sumpah, ampe pengen nangis dengernya. Pertama karena paduan suara yang sebenarnya sih isinya anak2 yang nggak bisa nyanyi semua (hehehe, peace), tapi mungkin karena penghayatannya jadi terdengar indah banget. Kedua, karena nada2nya yang “galau” walaupun isinya mengungkapkan rasa syukur kita pada Tuhan. Rasanya nggak pas kalo aku ngasih download link lagu ini. Mau dinyanyiin ama penyanyi sekaliber apapun dengan kualitas suara sebagus apapun, tetap nggak bisa ngalahin indahnya lagu ini saat dinyanyiin bareng2 ama teman2 seiman yang sudah kita anggap saudara sendiri. Hiks, jadi kangen ama mereka :,(

5. LeAnn Rimes “I Need You”

I need You like water, like breath, like rain

I need You like a mercy from heaven’s sky

There’s freedom in Your arms, that carries me through, I need You

Jauh sebelum dia nyanyi pake baju dengan belahan dimana2 sambil nari2 di tiang, penyanyi country ini pernah menyanyikan lagu rohani yang nge-pop banget dan pernah menjadi favoritku saat SMP. Duh, inget banget pas videonya diputer di MTV. Lagu ini kalo nggak salah pernah jadi soundtrack film “Jesus” (nggak tau juga film yang mana). Yang membuatku terkesan adalah sisi religius lagu ini disampaikan secara “tersirat” soalnya liriknya sama sekali nggak menyebut kata, “God”, “Lord”, ataupun “Jesus”. Bahkan sekilas mirip ama lagu2 cinta biasa. Namun liriknya emang pas banget untuk mengungkapkan rasa cinta kita pada Tuhan.

6. Pie Jesu

Pie Iesu

Qui tollis peccata Mundi

Dona eis requiem

Sempiternam

Artinya, Yesus yang setia menanggung dosa-dosa manusia,

Berikanlah istirahat kekal kepadanya

Kalo lagu2 di atas adalah lagu2 milik saudara2 Protestan, sekarang ini nih lagu2 Katolik yang juga nggak kalah seru buat didengerin. Lagu2 Katolik ama lagu2 Protestan emang beda banget. Lagu2 Katolik lebih syahdu dengan iringan organ dan koor Gregorian (berasa kayak Dark Age abad pertengahan Eropa gitu), sedangkan lagu2 Protestan lebih modern, nge-pop, dan easy listening. Aku nggak bisa bilang mana yang lebih baik, soalnya keduanya memiliki keunikannya sendiri2.

Lagu ini cocok buat kalian penggemar musik klasik dan lagu seriosa. Lagu “Pie Jesu” ini merupakan lagu pemakaman (requiem) ala Katolik dan liriknya menggunakan bahasa Latin. Makanya nggak salah kalo lagunya juga agak2 serem gimana gitu hehehe. Versi yang kurekomendasikan untuk didownload adalah duet maut diva gospel yakni Sarah Brightman dan Charlotte Church. Jika nggak sabar pengen denger lagunya kayak apa, silakan simak dulu videonya oleh Jackie Evancho dalam salah satu episode “America’s Got Talent”. Asli keren, soalnya penyanyinya baru berumur 10 tahun!

 

7. Ave Maria

Ave Maria gracia plena

Dominus tecun

Benedicta tu in mulieribus

Artinya, Salam Maria, penuh rahmat

Tuhan sertamu

Terpujilah engkau di antara wanita

Lagu ini merupakan lagu gereja Katolik favoritku. Kebalikan dengan “Pie Jesu” di atas, lagu ini biasa diperdengarkan pada saat pernikahan, walaupun dibawain secara seriosa juga. Ada beberapa macam versi lagu “Ave Maria”, namun yang aku rekomendasikan adalah versi Ave Maria versi Schubert.

 

8. Josh Groban feat Charlotte Church “The Prayer”

Lead us to a place, guide us with Your grace

Give us faith so we will save

Suara cowok ini emang pas banget buat nyanyiin lagu gereja, apalagi dipadukan dengan suara angelic-nya Charlotte Church. Tambah lagi, lagu ini diciptakan sama David Foster yang dikenal dengan hits2 wondernya. Tambah syahdu deh.

9. Bobby “You Are The One”

“I live my pray, for night and day

And let Your will be down on me

I’m in Your hands, until the end

I give my life, You are Mighty God”

Pertama kali kenal lagu ini dari komputer kantor baruku (maklum sekolah Kristen). Lagu ini dinyanyiin oleh Bobby “One Way” Febrian, penyanyi Indonesia namun dengan lirik berbahasa Inggris. Dan pertama kali denger lagunya, aku langsung mikir, buset deh...gimana dia dapet nada2 kayak gitu ya? Bener2 nih cowok diinspirasi ama Roh Kudus kali ya? Lagunya seru banget dan berasa merasuk hingga ke sumsum tulang #lebay#. Layak banget buat didengerin.

10. Bapa Kami versi Filipina

Ampunilah kesalahan kami,

seperti kamipun mengampuni

yang bersalah kepada kami

Jujur, lagu ini adalah lagu “all time” favoritku dari semua lagu2 di atas. Lagu ini mungkin adalah alasan aku dari kecil suka ke gereja. Soalnya lagunya bener2 memberi semangat dan aku suka banget menyanyikan lagu ini. Namun sayang, lagu ini kini tidak pernah dinyanyikan lagi di dalam misa. Nggak tahu juga kenapa. Jadi sedih, padahal aku suka banget sama lagu ini. Lagu2 Bapa Kami penggantinya pun nggak ada satupun yang sebagus lagu ini.

13 comments:

  1. kak ada kok yang lagu tiada yang mustahil, aku dpt di index of mp3s.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya, bagi donk link-nya, takutnya nggak sama dg lagu "tiada yg mustahil" yg kumaksud,,,

      Delete
  2. the prayer punyanya celine dion sama andrea bocelli juga enak

    ReplyDelete
  3. lagu Bapa Kami Filipina sudah tidak diperbolehkan lagu utk dinyanyikan krn lirik/syairnya memiliki perbedaan dgn doa Bapa Kami yang biasanya kita daraskan... Bapa Kami yang boleh dinyanyikan hanyalah yg lirik/syairnya sama dgn yg di doa

    ReplyDelete
  4. lagu yang liriknya Bapa sentuh hatiku bagus tuh

    ReplyDelete
  5. Mau menambahkan menurut Saya,, Elisa- god only knows jg menenangkan kok. Silakan coba didengarkan http://m.mp3.zing.vn/bai-hat/God-Only-Knows-Elisa/ZWZAUWIW.html

    ReplyDelete