Saturday, September 13, 2014

10 LAGU K-INDIE TERBAIK VERSI ADMIN MENGAKU BACKPACKER (PLUS BONUS!)

 

ccd-cafe-latte

Readers dah tau belum tentang musik K-indie? Gue mulai akrab ama musik2 K-Indie setelah gue kenal ama situs musik online semacam soundcloud ama 8tracks. Situs2 itu memberi pengalaman baru dan pengetahuan yang luas tentang musik Korea. Dulu, gue taunya musik Korea tuh cuman ada K-Pop doang yang diisi ama boyband dan girlband. Emang sih keren2, tapi lama2 bikin jenuh juga. Karena itu gue mencoba sesuatu yang baru dengan ngupingin musik2 K-indie yang lebih bebas genrenya ini dan ternyata ... nggak mengecewakan!

Musisi2 K-indie nggak bernaung di label recording company yang gede. Karena itulah, mereka lebih “independent” alias merdeka dalam bereksplorasi dan hasilnya emang wow. Musik K-indie ini nggak hanya terdiri satu jenis musik saja, sehingga kalian bebas memilih mana yang cocok ama kepribadian kalian. Mau yang nge-rock, boleh. Mau yang girlie dan kiyut2, boleh. Mau yang nge-jazz atau akustik buat santai sore2, boleh. Mau yang elektronik dan aneh2, juga boleh. Kalo gue sendiri jujur lebih memilih musik yang slow-rock, apalagi kalo kentara banget alunan gitar ama drumnya.

Di postingan gue yang berjudul 10 Lagu Korea Terbaik 2013, ternyata tanpa sadar gue udah masukin beberapa musisi K-indie kayak Urban Zakapa ama Roy Kim (dia di recording label yang gede sih, tapi musik2nya masih berbau indie banget). Nggak ada salahnya nih gue tambahain lagi biar perbendaharaan musik Korea kalian lebih luas. Terserah kalian deh, lebih milih musik K-Pop atau lagu2 K-indie yang jelas2 anti-mainstream ini?

1. 10 CM “Americano”

photo189756

Ada situs yang masukin lagu ini sebagai lagu K-indie terbaik yang pernah ada. Dan setelah denger lagunya, I can’t agree more. 10 CM adalah band yang menganut aliran musik rock. Begitu denger musik mereka, kayak nggak jauh2 beda deh ama band2 Barat. Lagu andalan mereka juga easy listening banget. Cocok buat level para beginner yang pengen memulai menikmati musik2 K-indie.

2. Mate “Fly To The Sky”

 

Jujur, kalo disuruh menyebutkan, siapa musisi Korea paling keren yang pernah ada, gue tanpa pikir panjang bakal langsung sebut nama band ini. Nggak tau kenapa gue cocok banget ama musik mereka yang agak gelap2 gimana gitu. Kalo kalian pernah dengerin lagu2 soundtrack Vampire Diaries, nah musik indie yang mereka anut nggak jauh2 dari itu. Lagu mereka yang patut dipantengin ada banyak, kayak “Real”, “I Love You”, “Yeah” (anjrit, Coldplay banget lagunya), semuanya keren2. Sayang banget, band yang digawangi drummer bule ini kini sudah bubar setelah para anggotanya mengikuti wajib militer *TIDAAAAAAK*

3. Nell “Holding Onto Gravity”

nell

This band is so horrifyingly cool! Mungkin Nell udah nggak bisa lagi dianggap sebagai band indie sebab kepopuleran mereka udah menjadi magnet bagi label besar buat menaungi mereka. Namun tetep, musik mereka masih anti-mainstream. Lagu2 mereka banyak banget dipengaruhin band2 kayak Radiohead, Placebo , Travis, dan Muse; jadi bisa lah kalian ngira2 musik mereka seperti apa. Tapi kalo denger lagu “Holding Onto Gravity”, nggak tau kenapa gue langsung inegt ama Letto. Selain lagu ini, gue juga nyaranin “Slip Away” yang nuansanya dark banget.

4. Jung Joon Young “Spotless Mind”

e11a3c765268c42bb71b580c04b8ed0c

Pas gue membahas Roy Kim di salah satu postingan gue, salah satu fans gue *halah* menyarankan musisi cowok satu ini, karena aliran musiknya nggak jauh2 beda ama beliau. Dan begitu denger lagunya di soundcloud, reaksi gue langsung, “WTF DID I JUST HEAR?” Suaranya bener2 bikin gue merinding. Kayaknya dia bakalan sukses deh kalo ngelebarin sayap dikit ke luar negeri, soalnya kualitas suaranya dah mumpuni banget untuk ukuran anak muda seumuran dia.

5. Jung Jun Il “Hug Me”

jung jun il

Pas gue lagi hunting lagu2 K-indie keren, gue nggak sengaja (sumpah bener2 nggak sengaja), play video lagu ini di halaman situs tersebut. Padahal awalnya gue nggak tertarik sama sekali buat nyetel video itu. Tapi begitu denger, gue nggak langsung matiin tapi justru malah terpesona ama lagu ini. Walaupun gue sama sekali nggak ngerti liriknya (bahkan saat itu gue nggak bisa baca nama penyanyi ama judulnya karena dalam aksara Hangul), gue berasa mau nangis dengernya saking sedihnya lagu ini.

Mungkin ini bukan tipe lagu yang catchy banget, tapi musiknya bener2 indah dan penghayatannya dalam banget bo. Setelah gue selidikan, pantes aja, penyanyinya ternyata vokalis Mate yang bersolo karier. Kayaknya nih lagu cocok banget buat jadi soundtrack drama Korea deh hahaha.

6. Epitone Project feat. Han Hee Jeong “Where Are You”

Epitone Project a0024421_4c50d9354c4d4

Gue demen banget nih sama penyanyi K-indie yang satu ini, soalnya suaranya enak banget. Udah alunan pianonya romantis, masih duet lagi ama cewek bersuara manis ini, dijamin para readers tambah melting denger lagu ini. Selain lagu ini, kalian juga sebaiknya nggak ngelewatin musik instrumen piano besutan Epitone Project yang berjudul “Spring Day, Cherry Blossom, and You”. Artis K-indie yang satu ini emang kreatif abis. Kalo mau bukti, dia pernah nyiptain lagu berjudul “Cactus” yang liriknya unik banget, menceritakan sebuah kaktus yang jatuh cinta pada pemiliknya. Hmmmm ...

7. John Park “Falling”

John-Park

Denger2 cowok ini adalah jebolan ajang pencarian bakat bergengsi American Idol. Walaupun doi kalah di ajang tersebut, namun ia justru meraup kesuksesan ketika merintis karir di tanah airnya sendiri, Korsel. Untung aja musisi berbakat ini nggak latah ngikutin gaya2 bermusik artis2 K-Pop, tapi lebih mandiri di jalur slow rock yang emang sih kurang komersil, tapi enak banget didengerin.

8. Urban Zakapa “Cafe Latte”

images

Kalo dari tadi kita bahas musik rock, sekarang kita beralih ke yang lebih berbau jazz. Kalian pernah tau kan lagu2 yang langsung nempel di telinga walau baru pertama kali denger? Nah, lagu ini salah satu di antaranya. Too easy listening and catchy, kalian pasti langsung suka sama lagu ini.

9. Blueberry “My Love, My Fate, My Lover”

블루베리 (Blueberry) - 넌 내 애인이고 사랑이고 운명이야

Begitu denger lagu ini di 8tracks gue langsung berasa being molested, kayak ada yang ngepang rambut gue terus ngasih ribbon warna-warni ama jepit rambut ke kepala gue. Soalnya lagu ini sumpah, cewek banget. Pernah denger lagu “I Choose To Love You”-nya Hyorin Sistar yang reffrainnya “Saranghagesso ...” ? Nah mirip2 deh atmosfernya. Dan sialnya lagu ini easy listening banget, jadi melodinya susah banget dikeluarin dari kepala, damnit!

10. Standing Egg “I Will Forget You Tomorrow”

20121214_standingegg_01

Lagu ini sih tipenya romantis kayak lagu di atas, tapi gue udah telanjur kesengsem ama suara halus dan mendayu2 (juga agak mendesah dikit) dari vokalis ceweknya. Rasanya gimana gitu kalo denger suaranya hehehe. Belum lagi genjrengan gitarnya dan pesan liriknya buat “move on”. Standing Egg ini udah diakuin banget lho sebagai salah satu band K-indie yang disegani, jadi kualitas musiknya udah nggak diraguin lagi.

HONORARY MENTIONS:

Akdong Musician “Crescendo”

akdong-musician_1396722642_af_org

Artis K-indie bisa dibilang berbanding terbalik ama artis2 K-pop. Kalo artis2 indie biasanya punya tampang pas2an, tapi suara ama kemampuan bermusiknya level dewa banget. Beda ama artis2 K-Pop yang punya tampang keren.... tapi ... tapi ... *ngelirik fans2 boyband yang lagi ngasah golok* ah ga jadi deh hehehe ... masih sayang nyawa.

Ak-Mu alias Akdong Musician ini salah satu contohnya. Jenius banget gaya bermusik mereka, di lagu2 mereka bisa ada tune2 alias nada2 yang nggak kepikiran ama musisi kebanyakan. Dengerin lagu “Crescendo” besutan mereka, gue langsung berasa menjadi superstar K-Pop yang beraksi di dance-floor dan jadi pusat perhatian. Lagu mereka yang lain “Eyes, Nose, Lips” juga seru buat dipantengin.

Accoustic Collabo “You and I”

ac

This band really reminds me of D’Cinnamons (damn, I miss them). Yap, dari namanya aja dah ketauan kalo mereka gemar bawain musik mereka secara akustik. Lagunya enak2 buat nyantai sambil istirahat sepulang kerja sambil ngopi xixixi.

Coffee Boy “That’s Nothing”

coffee boy

2 AM meets Norah Jones dan voila, jadilah grup ini. Walaupun agak boyband2 gimana gitu, tetep aja musik mereka bisa digolongkan ke dalam K-indie karena kental banget nuansa jazzy-nya.

Humming Urban Stereo “Insomnia”

hqdefault

Grup ini digawangi seorang DJ yang lebih doyan nge-mix musik dan nggak punya vokalis. Tapi itu justru jadi alasan buat menggandeng cewek2 cakep untuk nyanyi ama dia hehehe. Lagu ini cukup keren, apalagi efek2 suaranya bener2 anti-mainstream. Dijamin beat-nya bakalan bikin kalian pengen nge-disco, belum lagi lagunya emang dari sononya udah easy listening. Lagu lainnya yang bisa gue rekomendasiin ada “Scully Doesn’t Know” dan “Bullshit”. Gue yang alim aja jadi kepengen dugem begitu denger lagu mereka hehehe.

Dickpunks “Sunglass”

 

Musik mereka ......aneh dan video klip mereka ......lebih aneh lagi. Gue jadi tergoda buat mengeksplorasi lebih jauh musik2 mereka. Liat aja deh video klip ama lagunya, this is just f*cking weird! Bener2 bakal mengubah persepsi cewek2 tentang cowok2 Korea hahaha.

Another nice K-indie song, this time from Busker Busker with “Cherry Blossom Ending”.

 

Nah, itu dia sekelumit lagu2 K-indie yang pernah gue dengerin dan gue rasa perlu buat di-share ke kalian. Tujuannya cuman satu, biar kalian juga merasakan warna baru musik Korea, nggak cuma stuck di K-pop aja hahaha. Seru ya setelah tahu bahwa di Korea masih ada musisi2 yang lebih mementingkan idealisme dalam bermusik. Oya, ada satu pelajaran yang bisa gue petik dari musisi2 K-indie yakni ternyata kondisi dunia permusikan di Indonesia ternyata lebih maju ketimbang di Korea. Lho kok bisa?

Kalo didenger2, musik2 dari musisi K-indie ini (terutama yang rock) ternyata mirip2 ama musik yang udah berkembang secara mainstream di Indonesia. Jadi kasian banget ya mereka, di sana mereka dianggap idealis banget, tapi di sini mungkin musik semacam itu udah biasa2 aja. Itu menunjukkan kedewasaan bermusik orang2 sini lebih maju ketimbang sana. Cuman mungkin masalah labelnya aja ya yang terlalu ngejar setoran jadi musik2 alay nggak jelas jadi ikut2an berkembang.

Gimana menurut kalian? Adakah track2 K-indie lain yang ingin kalian share ke readers yang lainnya? Ditunggu pokoknya di comment :D

3 comments:

  1. min coba akmu yang melted juga.itu enak *-*

    ReplyDelete
  2. cobain akdong musician - artifical grass bang (rasanya gitu deh judulnya)

    ReplyDelete
  3. Foto joon jung young nya mirip ahn jae hyun ya O.o

    Drummer mate itu yg main drama "Sufbb" kan ya ...

    Akmu ♡

    ReplyDelete