Saturday, September 13, 2014

PESONA 10 KOTA TERINDAH DI EROPA TIMUR

 

kiev2

Kali ini gue kembali ke postingan bertema wisata dan arsitektur. Kenapa kali ini gue berniat membahas Eropa Timur. Gara2nya di sekolahan gue ada anak bule yang lucuuuu banget. Ternyata dia asalnya dari Serbia. Haduuuuh....jadi kepikiran, kalo gue nikah sama cewek bule, bisa nggak ya dapet anak seunyu dia.

Ekspresi readers: “Nggak mungkin kale min...yang ada cewek bulenya dapat musibah...”

Nah, kali ini gue bakalan mengupas keindahan Eropa Timur. Gue tahu, pasti banyak di antara kalian yang melirik sebelah mata terhadap kawasan yang satu ini. Kalo ke Eropa, pastilah destinasi yang dituju nggak jauh2 dari Paris, London, atau Roma. Apalagi begitu liat film Hostel, langsung deh pada nggak niat jalan2 di Eropa Timur hehehe. Namun kota2 di Eropa Timur menyimpan keeksotisan tersendiri. Buktikan sendiri ya dengan membaca postingan gue kali ini. Inilah 10 kota terindah di Eropa Timur.

1. Praha (Republik Ceko)

prague5

Kota ini mungkin merupakan kota Eropa Timur paling terkenal seantero dunia. Kota ini merupakan satu-satunya kota Eropa yang masih utuh dengan koleksi bangunan2 kunonya yang masih asli. Hal ini disebabkan karena kota ini merupakan satu2nya kota yang selamat dari kehancuran akibat Perang Dunia II. Kota Praha memiliki kompleks istana terbesar dan terluas di dunia, yang dibuat mengelilingi katedral kota tersebut, yakni Katedral St. Vitus. Gue masih ingat kota ini pernah menjadi lokasi syuting video klip “Numb” milik Linkin Park.

prague4

2. Budapest (Hungaria)

Budapest1

Kota romantis ini sebenarnya merupakan perpaduan 3 kota, yakni Buda, Pest, dan Obuda. Kota ini terkenal dengan keindahan gedung parlemennya yang menurut gue pribadi merupakan salah satu bangunan terindah di dunia. Kota ini secara “literally” merupakan kota yang panas. Bukan karena cuacanya, namun karena kota ini dibangun di atas aliran sumber air panas bawah tanah. Sehingga sejak zaman Romawi kuno, kota ini terkenal akan pemandian2 air panasnya. Kota ini juga memiliki jalur subway (kereta bawah tanah) tertua di dunia yang beroperasi sejak 1896 dan juga memiliki sinagoga terbesar di Eropa.

3. Riga (Latvia)

riga

Kota yang terletak di wilayah Balkan ini terkenal karena kedamaiannya. Sementara peperangan terjadi antara para penganut Protestan dan Katolik di berbagai penjuru Eropa, di kota ini 5 gereja dari 5 aliran Kristen yang berbeda justru hidup berdampingan dengan rukun. Kota ini juga dikenal sebagai salah satu kota terbersih di Eropa serta memiliki koleksi bangunan2 bersejarah bergaya art nouveau.

riga2

4. Talinn (Estonia)

tallinn

Kota indah ini dikenal sebagai kota pantai yang indah sekaligus kota kuno yang menyimpan bangunan2 bersejarah. Selain itu, para penduduk dan wisatawannya juga dimanjakan dengan akses internet wireless 24 jam gratis *waaaah kepengeeeen* Landmark kota ini adalah gereja St. Olaf yang menaranya pernah menyandang gelar sebagai bangunan tertinggi di dunia.

tallinn2

5. Kiev (Ukraina)

kiev1

Salah satu kota terindah di Eropa ini sayangnya kini porak-poranda gara riot alias kerusuhan politik yang terjadi awal tahun 2014 lalu. Kota ini menyimpan gereja 2 Ortodoks yang sangat indah.

6. Beograd (Serbia)

BELGRADE1

Kota ini memang dulu identik dengan perang, namun kini kota Beograd mulai membuka diri untuk industri pariwisata. Nama kota ini berasal dari kata “beo” yang artinya putih dan “grad” yang berarti kota. Namun di barat, kota ini lebih dikenal dengan nama Belgrade. Landmark dari mantan ibu kota Yugolavia ini adalah Katedral St. Sava yang bergaya arsitektur Byzantine.

7. Dubrovnik (Kroasia)

Croatia

Kota pelabuhan yang sangat indah ini memadukan pemandangan laut yang biru dengan benteng2 tuanya yang perkasa. Kota ini dulunya merupakan republik yang merdeka, bahkan merupakan negara pertama yang mengakui kemerdekaan Amerika Serikat. Karena keindahannya dan letaknya di Laut Adriatik di wilayah Mediterania, kota ini sering dijuluki sebagai “Pearl of the Adriatic”.

8. Moskow (Rusia)

saint-basils-cathedral-moscow

Dengan penduduk hampir 12 juta orang, kota Moskow merupakan kota terpadat di Eropa. Kota terpenting di Rusia ini terkenal dengan ikonnya Kremlin dan Katedral St. Basil. Kita seringkali mengganggap Moskow sebagai kota yang dingin dengan salju yang selalu turun. Padahal Moskow juag mengalami musim panas yang sangat terik. Sayangnya, kota indah ini juga dikenal kurang bersahabat, sebab disebut2 sebagai salah satu kota termahal di dunia.

9. St. Petersburg (Rusia)

Saint-Petersburg

St. Petersburg dibangun oleh Kaisar Peter Agung yang sangat ambisius pada abad ke-18. Dia ingin membangun ibu kota Rusia yang baru lebih ke arah barat untuk mendekati daratan Eropa. Pada saat Rusia jatuh ke tangan komunis, nama kota ini sempat diganti menjadi Leningrad. Kota ini ditata selayaknya kota2 romantis Eropa lainnya dengan kanal2 yang indah, sehingga sering disebut Venice of The North alias Venesia dari Utara. Bangunan terindah di kota ini menurutku adalah katedral Spilled Blood yang memiliki desain yang sama dengan Katedral St. Basil di Moskow. Di sini juga terletak masjid terbesar di Eropa, yakni Masjid Biru Soekarno.

russian-art-walking-tour-of-st-petersburg-church-of-the-saviour-on-in-st-petersburg-122360

st-isaacs-cathedral-in-st-petersburg

russia-st_catherines_palace_st_petersburg   Saint_Petersburg._Mosque_exterior_detail,_entrance

10. Istanbul (Turki)

Blue_Mosque_Istanbul_Turkey

Kaget aku memasukkan kota ini sebagai pamungkas di list ini? Berbeda dengan opini sebagian besar orang, Turki terletak di wilayah Eropa dan bukan Asia, walaupun sebagian besar penduduknya merupakan Muslim. Kota Istanbul juga bukan merupakan ibu kota Turki. Kota ini dulunya ibu kota Kekaisaran Ottoman, namun ibu kota negara Turki modern adalah Ankara. Kota yang dulunya disebut Konstantinopel ini memiliki jembatan Bhosporus yang secara harfiah menghubungkan Eropa dan Asia. Kota yang menjadi tempat asal bunga tulip ini terkenal dengan bangunan2 masjid bergaya Ottoman (contohnya Blue Mosque) serta salah satu gereja paling terkenal di dunia, Hagia Sophia.

BONUS:

Lviv (Ukraina)

Kota yang cara penyebutan namanya saja gue nggak tahu ini memang pantas menjadi kota terindah di Eropa. Liat saja gambar2 berikut ini, Eropa banget!

lviv3

lviv

Lviv2

10 comments:

  1. bukanya hagia sofia itu museum, mesjid, dan gereja ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm ... hagia sophia pertama kali dibangun sebagai sebuah gereja dan akan selalu tetap dikenang sebagai gereja

      Delete
    2. Ehm...gini bang dave, sebelum ottoman datang, hagia sophia memang gereja. Setelah ottoman datang, fungsinya diubah jadi masjid. Setelah ottoman runtuh, hagia sophia jadi museum. Tapi 1-2 tahun lalu warga turki pada demo minta hagia sophia fungsinya diubah jadi masjid lagi

      Delete
    3. trus katedral cordoba dulunya katedral st. vincent, lalu sama bangsa moorish dijadiin masjid agung cordoba, lalu setelah reconquista dijadikan katedral cordoba, lalu bbrp tahun terakhir jg ada yg meminta dikembalikan mjd masjid. lalu itu masjid apa gereja?

      Delete
  2. Subhanallah 😊😊, semoga suatu saat nanti bisa tinggal di eropa :D

    ReplyDelete
  3. Thanx infonya.. Smoga bs ke eropa timur dlm waktu dekat. Btw enaknya bulan apa yah tour ksana?

    ReplyDelete
  4. Kota kota dan bangunan yg indah...

    ReplyDelete