Saturday, September 13, 2014

THE FAULT IS NOT IN OUR STARS: KISAH MENGHARUKAN DARI SITUS REDDIT

 

Kalo bulan ini hampir semua postinganku bertema humor, kali ini aku akan menyisipkan sebuah cerita mengharukan dari situs yang selalu menginspirasiku, Bored Panda. Seorang ayah bernama Nathan Steffel mengirimkan permintaan ini pada para photoshoppers dan artis yang bernaung di website reddit.

edit-26567-1405448819-3

 

Ia baru saja kehilangan putrinya yang berumur sangat pendek, Sophia, yang meninggal hanya pada usia 6 minggu. Sophia lahir dengan kelainan “hepatic hemangioma” pada hatinya. Seumur hidupnya, dia hanya bisa terbaring di dalam inkubator dengan alat2 penyokong kehidupan pada tubuhnya. Ia hanya memiliki satu foto putrinya ini dengan tabung pernapasan menempel di wajahnya. Permintaan sang ayah ini sangat sederhana. Ia ingin seseorang di reddit mem-photoshop foto bayinya ini agar ia dan istrinya memiliki kenangan seperti apa wajah putri mereka tanpa alat2 tersebut.

enhanced-15770-1405448144-1

Semula, Nathan mengira ia hanya akan menerima paling tidak satu foto yang bisa ia kenang seumur hidup. Namun ternyata balasan dari para pengguna reddit membuatnya kewalahan. Ia menerima tak hanya foto2 sesuai permintaannya saja, namun juga karya2 seni yang memperindah foto almarhumah putrinya tersebut, tak lupa diiringi dengan ucapan bela sungkawa yang tulus dari para pengguna reddit.

enhanced-8186-1405448524-1

enhanced-8205-1405448392-1

baby-photoshop-sophia-nathan-steffel-4

baby-photoshop-sophia-nathan-steffel-2

baby-photoshop-sophia-nathan-steffel-23

baby-photoshop-sophia-nathan-steffel-5

baby-photoshop-sophia-nathan-steffel-28

baby-photoshop-sophia-nathan-steffel-25

baby-photoshop-sophia-nathan-steffel-26

Menurutku, kebaikan hati para photoshopper ini benar2 membuatku tersentuh. Bayangkan, mereka tak hanya menyumbangkan waktu, namun juga tenaga, demi meringankan penderitaan sang ayah yang tengah berduka cita ini, tanpa imbalan apapun! Menurutku memang untuk hal2 seperti inilah sebaiknya ketrampilan kita digunakan, apapun keahlian kita itu. Ironis sekali karena selama ini kita mengenal keahlian photoshop justru dimanfaatkan untuk hal2 negatif, contohnya yang jelas pada kampanye Pemilu kemarin. Aku sendiri nggak begitu mengerti cara mengedit gambar dan sebagainya, dan aku merasa kagum dengan kebaikan hati para photoshopper ini.

Dari kisah nyata ini, aku dapat menyimpulkan bahwa internet bukanlah tempat dimana kita bisa memaki dan menghina orang secara anonim, melainkan tempat dimana kita bisa menyebarkan kebaikan, mungkin secara anonim juga, kepada orang asing yang bahkan tak kita kenal.

Bagaimana dengan nasib situs reddit sendiri, dimana kisah mulia ini terjadi? Setahuku, situs ini sempat diblokir oleh Depkominfo. Aku sempat berhasil membuka situs ini beberapa saat lalu, namun sekarang situs ini kembali tak dapat diakses. Another irony in our country.

Sumber: http://www.boredpanda.com/baby-photoshop-sophia-nathan-steffel/

2 comments:

  1. aku bahkan cuma pernah denger aja situr Redit dan belum sempat membukanya

    ReplyDelete
  2. Sampai sekarang situs reddit masih diblokir.

    ReplyDelete