Thursday, September 1, 2016

KECIL-KECIL CABE RAWIT: FILM-FILM BOX OFFICE BERMODAL SEUPRIT TAPI MERAUP SUKSES LUAR BIASA

 

Apa sih syarat sebuah film Hollywood agar bisa sukses? Modal jutaan dolar? Special effect keren? Pemaennya harus terkenal atau bahkan peraih Oscar? Ternyata film bermodal ratusan juta bukan jaminan film itu akan memperoleh keuntungan berlipat ganda. Buktinya film-film yang akan gue bahas ini. Walaupun film-film ini modalnya amat kecil (low –budget movies), tapi ternyata mampu meraup profit hingga ratusan juta.

Tak hanya itu, film-film ini bahkan menjadi cult classic dan tak segan dibuat sekuel-sekuel untuk mengulang kesuksesannya. Padahal hampir semua film ini modalnya di bawah sejuta dollar lho. Apa aja sih filmnya? Mungkin kalian bakal kaget jika melihat salah satu film favorit kalian (gue yakin salah satunya pasti ada di sini jika kalian penggemar film horor) ternyata ber-budget rendah, namun kenyataannya mampu meraih kesuksesan yang mencengangkan. Berikut ini list-nya.

10. THE EVIL DEAD (1981)

Modal: $ 90 K

Profit: $2,6 M (29 kali lipat)

evil dead 

Mungkin ini satu-satunya film horor yang sampai sekarang gue nggak berani liat. Gue nggak bakal banyak comment tentang film ini, tapi yang jelas jika ada orang yang tau cara membuat film horor, jelas Sam Raimi-lah orangnya.

9. SAW (2004)

Budget: $ 1,2 M

Profit: $ 103 M (86 kali lipat)

  saw

Ini dia salah satu film horor favorit gue. Walaupun sudah menjadi franchise horor yang sukses, namun kesuksesan film pertamanya-lah yang mengawali semuanya. Film ini termasuk bermodal rendah (walaupun modalnya paling tinggi di antara deretan-deretan film di list ini). Namun, kesuksesannya kala itu cukup mencengangkan dan memicu trend film “gore”. Sayang, sekuel-sekuelnya menurut gue tak se-berkualitas versi pertamanya.

Berawal dari film independen inilah, sutradaranya, yakni James Wan merintis karir hingga bisa memproduksi film-film horor yang tak kalah sukses seperti “Insidious” dan “The Conjuring”.

8. OPEN WATER (2004)

Modal: $ 500 K

Profit: $ 52,1 M (104 kali lipat)

  open water

Gue jujur belum liat film ini, tapi kayaknya keren. Bercerita tentang dua penyelam yang terjebak dan harus menghadapi ancaman ikan hiu, film bermodal kecil ini mengandalkan teknik ‘found footage”, Bahkan, budget film sebesar setengah juta dollar ini tidak dihabiskan untuk produksi, melainkan sebagian besar justru digunakan untuk menjaga keamanan para aktor dan krunya (secara musuhnya kan ikan hiu).

7. FRIDAY THE 13th (1980)

Budget: $ 500 K

Profit: $ 59,7 M (119 kali lipat)

  jason

Siapa tak kenal film ini? Lagi-lagi walaupun bermodal kecil, film ini langsung mempopulerkan genre slasher dan menjadi legenda horor. Apalagi ada tokoh Jason dengan topeng hoki serta senjata gergajinya yang langsung menjadi sosok pembunuh berantai fiktif yang paling diingat.

6. HALLOWEEN (1978)

Budget: $ 325 K

Profit: $ 70 M (215 kali lipat)

  halloween

Kaget kalo film horor legendaris ini ternyata termasuk film berbudget rendah? Ketika dirilis, film ini langsung mencuatkan nama aktrisnya, Jamie Lee Curtis dan membuat karakter Michael Myers, sang pembunuh berantai, menjadi ikon horor fenomenal. Kesuksesan film ini tak ayal berkat tangan dingin sang sutradara, John Carpenter.

5. ROCKY (1976)

Modal: $ 995 K

Profit: $ 225 M (226 kali lipat)

  rocky

List ini nggak melulu membahas film horor kok. Buktinya ada “Rocky” yang langsung melejitkan nama Silverster Stallone menjadi seorang superstar. Tak hanya mengumpulkan keuntungan box office yang mencengangkan, film bermodal kurang dari 1 M ini bahkan meraih 10 nominasi piala Oscar dan memenangkan 3 di antaranya, termasuk Film Terbaik.

4. NIGHT OF THE LIVING DEAD (1968)

Budget: $ 114 K

Profit: $ 42 M (368 kali lipat)

  zombie

Para penggemar film zombie pasti sudah tahu film jadul yang satu ini. Film besutan sutradara Italia bernama Goerge Romero ini merupakan film bergenre zombie pertama, yang seperti yang kita tahu, menjadi genre film horor paling favorit pada saat ini. Film ini sangat klasik, bahkan pada saat dirilis masihlah berupa film hitam putih. Hingga kini, tak terbilang berapa film zombie yang sudah dirilis dan terinspirasi olehnya.

3. MAD MAX (1979)

Budget: $ 200 K

Profit: $ 99,75 M (498 kali lipat)

  mad max

Gemar dengan film-film bertema dystopian seperti “Hunger Games”, “Maze Runner”, dan “Divergent”? Well, tanpa film jadul ini, kisah-kisah favorit kalian tersebut takkan ada. Sebab film yang dibintangi Mel Gibson ini merupakan film pertama yang mengangkat tema post-apocalyptic dystopian jauh sebelum film-film tersebut ada. Kesuksesannya pun cukup mencengangkan, bahkan meraih gelar Guinness Book of Record untuk film ber-bugdet rendah dengan profit tertinggi.

2. BLAIR WITCH PROJECT (1999)

Budget: $ 35 K

Profit: $ 248,3 M (6.943 lipat)

  blair witch project

Film independen ini menggemparkan ketika dirilis karena benar-benar menampilkan teknik sinematografi yang fresh dan original. Hanya berbekal budget di bawah 100 ribu dolar, film ini bisa mengumpulkan keuntungan hingga ratusan jutaan dolar! Ceritanya pun amat sederhana, tentang tiga pembuat film yang tersesat dalam hutan dan diikuti oleh penyihir misterius. Film ini juga mengawali trend film horor bertema “found footage”.

1. PARANORMAL ACTIVITY

Budget: $ 15 K

Profit: $ 193 M (12.867 kali lipat)

  paranormal activity

Film ini berbudget amat rendah yakni hanya $ 15 K karena memang di-shoot hanya menggunakan surveilance camera. Namun ketika dirilis, film ini mampu mengguncang box office kala itu. Kesuksesan film bergenre found-footage ini tak hanya berhenti di situ, sebab sekuel-sekuel yang kemudian dirilis mengumpulkan keuntungan total hingga $ 805 M (yah walaupun kualitasnya makin lama makin menurun sih). Murahnya budget film ini juga konon karena sang sutradaranya, Oren peli melakukan syuting seluruh film hanya selama 7 hari di rumahnya sendiri untuk menekan biaya.

Bila ditilik lebih lanjut, rahasia kesuksesan film-film di atas ternyata adalah kemampuannya menekan budget dengan promosi seminimal mungkin. Promosi melalui berbagai media memang taktik jitu untuk menarik penonton, namun biayanya tentulah sangat menyedot budget. Sebab biaya promosi tidaklah murah, memakan jutaan dolar, apalagi jika film tersebut hendak dirilis di luar negeri. Namun film-film di atas dapat diketahui penonton karena “word to mouth” alias disebarkan dari mulut ke mulut. Kalo filmnya nggak bener-bener bagus, tentu kalian nggak akan menyarankan ke orang-orang terdekat untuk menontonnya kan?

Namun jangan salah, film-film di atas nggak cuman bermodal dengkul. Perlu kekreativitasan dari sutradara dan para krunya untuk membuat film bermutu dengan ketatnya budget. Yang jelas, kesuksesan film-film di atas membuktikan bahwa kekreativitasan bisa diganjar dengan harga yang amat mahal. Dalam hal ini, film-film bermodal rendah di atas mengumpulkan keuntungan hingga jutaan dolar, hanya berbekal kekreativitasan saja. Bahkan tak bisa dipungkiri, semua film di atas bukanlah film yang ikut-ikutan saja, namun malah menjadi pioneer berbagai genre. Berminatkah kalian membuat film-film kreatif seperti di atas?

2 comments:

  1. Evil dead menurut gue paling serem

    ReplyDelete
  2. seru tuh. berarti kalo kita kreatif itu semuanya juga nggak harus keluar duit gede2, kan?

    ReplyDelete