Thursday, September 29, 2016

MBP GOES TO 20 M VISITS: EVENT CREEPYPASTA CREATOR

 

287

Hallo guys, kali ini gue akan merinci lebih detail tentang event Creepypasta Creator berhadiah buku riddle gue. Tujuan event ini adalah menciptakan karakter Creepypasta original bikinan kalian sendiri. Syarat-syaratnya adalah:

1. Dibuat dalam bentuk cerita.

Cerita tentang karakter Creepypasta ini tak usah panjang-panjang. Kalo kalian sering baca Original Story gue, anggap aja panjang ceritanya setara dengan satu bab cerita gue. Ada dua jenis cerita yang umumnya menceritakan karakter Creepypasta:

a. Backstory, yakni cerita mencakup tentang masa lalu (origin) dari karakter Creepypasta itu. Semisal cerita tentang Jeff The Killer yang menceritakan sejak awal dia masih “innocent” hingga ia berubah jadi pembunuh berdarah dingin. Jika kalian memakai cerita ini, maka gue saranin sih latar belakang karakter Creepypasta ini membuat pembacanya bersimpati padanya (walau ending2nya jadi jahat sih)

b. Cerita langsung lompat ke kiprah jahat karakter tersebut tanpa menjelaskan asal-usulnya. Cerita semacam ini menekankan pada karakter dan teror yang ia berikan, contohnya pada cerita Slenderman. Nggak pernah kan ada latar belakang tentang darimana asal Slenderman? Tau-tau udah meneror aja.

2. CERITA HARUS ORIGINAL BIKINAN KALIAN SENDIRI. SEGALA BENTUK PLAGIARISME TIDAK AKAN DITOLERIR

3. Cerita harus bersetting di Indonesia

Gue pengennya Indonesia punya karakter Creepypasta sendiri. Jadi settingnya harus berada di Indonesia dan sebaiknya memakai nama-nama yang Indonesia banget (sebisa mungkin hindari nama-nama berbau Barat, terutama untuk tokoh utama. Kalau untuk tokoh figuran silakan saja).

4. Karakter harus memiliki ciri khas

Tahu dong karakter Creepypasta luar terkenal karena ciri khas mereka. Nah, karakter buatan kalian juga harus memiliki ciri khas. Ciri khas tersebut dapat berupa:

a. Nama yang keren dan mudah diingat

b. Ciri dan penampilan, semisal Jeff The Killer punya penampilan khas selalu tertawa, Laughing Jack pakai baju badut, Bloody Painter memakai topeng “smiley”

c. Senjata khas, semisal Jack The Killer bersenjatakan pisau, Judge Angel bersenjatakan pedang, Ticci Toby bersenjatakan kapak.

d. Modus Operandi, semisal Eyeless Jack selalu memakan ginjal korbannya

e. Tagline, nggak harus sih tapi gue harapkan karakter kalian punya tagline atau kata khusus yang selalu ia pakai. Semisal Jack The Killer memiliki tagline terkenal “Go To Sleep”. Gue rasa kalian juga bisa membuatnya supaya ciri khasnya lebih terasa.

5. Syarat tambahan:

a. Tokoh boleh cowok atau cewek, gue rasa gender nggak begitu bermasalah.

b. Sangat disarankan, cerita kalian memuat pesan moral (contohnya cerita Jeff The Killer memiliki pesan moral untuk tidak membully orang lain).

c. Harus seram dan menimbulkan mimpi buruk hahaha

d. Sangat disarankan jika cerita kalian memiliki plot twist. Tidak diharuskan sih (asalkan jalan cerita kalian sudah bagus). Namun jika ada maka akan menjadi nilai tambah. Tapi sekali lagi, tidak harus.

e. Cerita akan lebih bagus jika didampingi gambar bagaimana penampilan karakter Creepypasta kalian tersebut. Namun hal ini tidak diharuskan, sebab gue tahu ada orang yg berbakat menulis tapi nggak berbakat menggambar (kayak gue).

6. Segala tambahan (selain cerita) akan disambut dengan baik apabila tujuannya untuk meneguhkan cerita. Semisal cerita “Jeff The Killer” dulu juga diiringi cuplikan berita koran yang seakan membuat cerita Jeff tampak nyata. Cerita Slenderman juga disertai foto-foto penampakan (editan tentunya) yang membuat sosoknya terkesan beneran.

Jika kalian sudah mendapatkan ide cerita, silakan saja dibikin dan dikirimkan ke gue dua cara berikut ini:

JIKA KALIAN MEMILIKI AKUN WATTPAD

1. Tag cerita kalian dengan #horror dan #creepypasta

2. Follow akun gue dave.cahyo. Jangan lupa kirim private message ke gue supaya gue follow balik.

JIKA KALIAN TIDAK MEMILIKI AKUN WATTPAD

1. Kirimkan melalui email di bawah ini:

mengakubackpacker.2015@gmail.com

2. Pastikan di subject kalian tuliskan: MBP CREEPYPASTA

3. Di email, tuliskan pula biodata singkat kalian, seperti Nama, Usia, Domisili. Pake kata pengantar juga boleh hahaha. Pastikan juga alamat email kalian aktif ya soalnya kalo terpilih, akan gue wawancarai singkat.

Juga perlu kalian ingat baik-baik, jika sudah berada di domain internet, kalian memang memiliki hak cipta atas karakter kalian, namun kalian tidak boleh marah jika ada yang mencomot cerita kalian untuk dibuat fan fiction. Justru itulah yang nanti akan menambah kepopuleran karakter fiksi kalian.

Batas pengirimannya masih lama kok, gue kasih waktu dua bulan deh sampai 30 November 2016. Masih banyak waktu khaaaaan. Silakan ya ditunggu karakter Creepypasta asli kalian supaya jagad Creepypasta Indonesia tambah rame hahaha. Siapa tahu tokoh kalian bakal terkenal ke seantero dunia kayak Jeff The Killer. Jangan khawatir, nanti bakal gue bantu promosiin kok, kalo perlu gue translate dan gue kirim ke website Creepypasta.

Dinanti partisipasinya. Jika ada pertanyaan, silakan kirim di comment atau ke alamat email di atas.

BERANI MENERIMA TANTANGAN INI???

30 comments:

  1. Keknya asik nih...
    Panjang cerita bebas bang dave?

    -Venzuu-

    ReplyDelete
  2. bang ada typo itu "jack the killer"

    ReplyDelete
  3. Bg cover di wattpad harus ada ga? Terus.... Kalo karakternya pake nama lo boleh ga?
    #SiapSiapDiSantet

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh pakai, tapi nggak mempengaruhi penilaian ven :D

      Delete
  4. pengen ikut tapi masih konsen nulis riddle... ;)

    ReplyDelete
  5. Entah, saya pengen tapi umm... Kayanya gak bisa.
    Aku punya 20 karakter, semua dari berbagai bangsa, tapi ada satu dari negara ini. Namun masih dalam sebuah konsep sederhana, belum mutusin untuk merealisasikannya.

    ReplyDelete
  6. Mau ikut sich
    tapi kerjaan kayaknya nggaq ngizinin dulu :-D *PasrahAjalah*
    BTW...nama,tempat,dan senjata.harus berasal dari indonesia ya...??
    Hhmmm... Boleh nggaq namanya yg tradisional..?
    Misal : Shinden,trus lokasi pulau lombok (taulah),dan senjata pisau pembuka surat..??
    THANKS..sori kalo cerewet

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh bgt. batas akhirnya masih lama kok. masih ada waktu sekitar sebulan.

      Delete
  7. Waw....musti bolak balik otak nieh...yaudah makasi bang

    ReplyDelete
  8. bang...mau tanya,kalo ceritanya ada unsur unsur pornonya sedikit boleh tidak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduuuuh ga boleh dong. kan pembaca mbp dr semua umur

      Delete
  9. Sudah punya 4 karakter sih, tapi namanya barat semua...


    -Neko-
    *pertama kalinya muncul setelah diam selama 2 tahun

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya sih maksud gw nama tokoh2nya berbau indonesia, tapi kalo julukannya semisal ... the killer ga apa2 sih pake bhs inggris.

      Delete
    2. Kalau tagline, harus pake bhs indonesia atau boleh pake bhs inggris?

      Delete
    3. boleh dua-duanya, dalam arti pake bhs indo keren, tapi kalo diterjemahin ke bhs inggris juga keren

      Delete
  10. Bang, semua kalangan boleh ikut?? Entah domisilinya di luar pulau Jawa, boleh bang?? Silent reader juga bolehkah bang?? Terus anak SMP gitu boleh bang??

    ReplyDelete
  11. bang, emangnya boleh gk klo yg ikut itu semua umur?

    ReplyDelete
  12. mau nanya lagi nih. boleh gk, kalo tokohnya itu pakenya senjata dari luar negeri. soalnya tokohku itu orang Jakarta, tapi senjatanya samurai. samurai kan dari Jepang. boleh gk kira-kira?

    ReplyDelete
  13. bang dave apakah saya boleh bertanya berapa maksimalnya ceritanya apa 1 saja / lebih terimakasih
    *masihsilentreader*
    *nantijugatahukok*
    la dastan

    ReplyDelete
  14. bang, ceritanya ditulis biodata lengkap juga, kan? trus, tulis biodatanya di sebelah mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. taroh dimana aja. ntar juga gak dimuat kok

      Delete
    2. maksudnya biodatanya ya yg ga dimuat, kan privacy. palingan intinya aja

      Delete
  15. bang dave, boleh ngga sih kalo karakternya itu kanibal?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleeeeeeeh

      nih pada nanya2 tapi gak ada yg ngirim ya?

      Delete
  16. Replies
    1. Masih. ayo buruan tinggal dua hari lagi :D

      Delete