Sunday, October 14, 2012

GEDUNG BANK INDONESIA SOLO: YANG LAMA KLASIK, YANG BARU KEREN

 

Foto4949

5 Oktober 2012 kemaren gedung BI Solo yang baru udah diresmikan. Gedung baru BI ini difungsikan untuk menggantikan gedung BI yang lama, karena bangunan bergaya kolonial tersebut dirasa terlalu kecil untuk mengakomodir kerja para pegawai BI.

Ini dia gedung BI yang lama. Keren sih banget, cuma emang kecil bangunannya. makanya dibangun gedung baru yang lumayan besar di sampingnya.

Foto4553

Nah, sedikit soal gedung BI yang baru ini, gedung ini diarsiteki oleh Han Awal yang memenangkan sayembara kontes rancangan gedung BI baru ini (wah kayak zaman majapahit aja pake sayembara segala hehehe). Menurut informasi, pembangunan gedung ini memakan waktu 2 tahun dan biaya 150 M. Gedung baru ini dibangun tepat di samping gedung BI lama. Nah, seingatku tanah tempat bank baru ini berdiri dulunya adalah mess pegawai kantor pos yang terbengkalai (letaknya pas di sebelah kantor pos Solo). Bangunannya sendiri waktu itu udah nggak ditempati dan nggak terawat, jadi sukur2 deh kalo sekarang  tanahnya berguna.

Bangunan BI baru ini unik, soalnya bangunan modern ini berdiri di samping gedung kuno yang arsitekturnya kolonial banget. Selain itu, bangunan modern ini ternyata ramah lingkungan lho! Buktinya pohon beringin besar yang ada di tanah tempat gedung ini dibangun ternyata tidak ditebang, melainkan menjadi unsur pelengkap taman di gedung ini. Dengar-dengar juga ini adalah gedung BI pertama di Indonesia yang berkonsep green building. Wah, salut deh!

Foto5009

Selain itu, untuk menyesuaikan dengan kota Solo yang notabene kota budaya, dipasanglah beberapa hiasan khas Jawa, misalnya relief di sisi gedung maupun hiasan motif batik di kaca depan gedung.

Foto5030

Oya, yang unik lagi, ada sebuah jembatan penyeberangan yang menghubungkan gedung BI baru dengan gedung BI yang lama.

Foto5008

Foto5021

Keren ya? Berasa di Jakarta. Ternyata view dari atas jembatan ini cukup keren. Inilah view gedung BI lama dilihat dari jembatan tersebut.

Foto5028

Foto5027

Ada pula air mancur di depan gedung baru. Setahuku bahkan sebelum gedung ini diresmikan, air mancur ini udah jadi tempat nongkrong dan foto2 ABG Solo tiap Car Free Day Minggu pagi. Wah, tau aja spot oke buat narsis2an hehehe. Tapi overall gedung ini asyik dan memperkaya koleksi bangunan keren di Solo.

No comments:

Post a Comment