Saturday, October 13, 2012

HARI-HARI RAYA AGAMA KATOLIK

 
Di dalam agama Katolik, bisa dibilang setiap hari adalah hari raya. Betapa tidak, setiap hari umat Katolik pasti merayakan sesuatu, apakah itu hari raya atau peringatan para orang kudus. Pemeluk agama non-Kristen mungkin hanya mengetahui Natal dan Paskah sebagai hari raya umat Katolik dan Protestan. Namun sebenarnya ada banyak hari raya yang dirayakan oleh umat Katolik. Ini dia beberapa di antaranya.

Epifani
Hari raya Epifani adalah hari raya pertama yang dirayakan umat Katolik sepanjang tahun, sebab jatuh tak lama setelah tahun baru, yaitu pada tanggal 6 Januari. Hari raya ini memperingati peristiwa yang terjadi setelah kelahiran Yesus Kristus, dimana Maria dan bayi Yesus yang baru saja lahir dikunjungi oleh tiga orang majus dari Timur yang membawa persembahan.

Rabu Abu
Hari raya Rabu Abu adalah permulaan masa Prapaskah, yaitu masa berpuasa dan berpantang bagi umat Katolik. Dinamakan Rabu Abu sebab pada hari raya ini setiap orang Katolik wajib ke gereja untuk diusapi abu pada dahinya. Seperti namanya, hari raya Rabu Abu selalu jatuh pada hari Rabu. Tanggalnya tidak pernah tetap dan dihitung pada hari Rabu tepat 40 hari sebelum hari raya Paskah (tanpa menghitung hari Minggu, karena pada hari Minggu umat Katolik tidak diperbolehkan berpuasa).

Minggu Palem
Minggu Palem dirayakan pada hari Minggu sebelum hari raya Paskah. Hari raya ini memperingati kedatangan Yesus ke Yerusalem sebelum disalibkan. Seperti namanya, pada hari itu umat Katolik datang ke gereja sambil membawa daun palem, karena konon begitulah umat di Yerusalem dahulu menyambut kedatangan Yesus.

Kamis Putih
Kamis Putih adalah hari raya yang dirayakan pada hari Kamis sebelum hari raya Paskah. Pada hari raya ini, umat Katolik memperingati peristiwa Perjamuan Terakhir, tepat satu malam sebelum Yesus disalibkan. Peristiwa Perjamuan Terakhir ini diabadikan dalam lukisan Leonardo da Vinci yang terkenal berjudul “Last Supper”.

Jumat Agung
Hari raya ini lebih dikenal sebagai hari raya Wafat Isa Almasih. Banyak yang salah mengira bahwa hari raya Jumat Agung adalah Paskah, padahal sebenarnya dua hari raya itu berbeda. Hari raya Jumat Agung ini memperingati peristiwa penyaliban Yesus.

Sabtu Sepi
Hari raya Sabtu Sepi dirayakan pada hari Sabtu atau malam Paskah. Hari raya ini memperingati malam kebangkitan Yesus. Karena jatuh pada tiga hari secara berurutan, maka hari raya Kamis Putih, Jumat Agung, dan Sabtu Sepi biasa disebut sebagai Tri Hari Suci atau Pekan Suci.

Minggu Paskah
Hari raya Paskah memperingati peristiwa kebangkitan Yesus setelah tiga hari disalibkan. Hari raya ini adalah hari raya terpenting bagi umat Kristiani dan merupakan puncak perayaan keagamaan umat Kristen. Pada hari raya ini ada tradisi yang tak bisa dilupakan, yaitu tradisi telur Paskah. Hari Paskah tak pernah tetap tanggalnya setiap tahun dan dihitung pada hari Minggu setelah bulan purnama pertama setelah 20 Maret.

Kabar Sukacita (Annunciation)
Hari raya ini dirayakan pada 25 Maret (sekitar 9 bulan sebelum Natal) dan merayakan peristiwa dimana Malaikat Gabriel memberitahukan Bunda Maria bahwa ia akan mengandung dalam keadaan perawan.

Kerahiman Ilahi (Divine Mercy)
Hari raya ini diperingati tepat pada hari Minggu seminggu setelah Paskah. Hari raya ini memperingati kasih dan kerahiman Tuhan. Pada hari raya ini juga kita juga dianjurkan untuk berbuat baik kepada sesama seperti Tuhan juga telah berbuat baik pada kita.

Kenaikan (Ascension)
Hari raya ini lebih dikenal dengan nama Kenaikan Isa Almasih dan dirayakan tepat 40 hari setelah Minggu Paskah. Hari raya ini memperingati kenaikan Yesus Kristus ke surga.

Pentakosta
Hari raya Pentakosta dirayakan 50 hari setelah Paskah atau 10 hari setelah Kenaikan Isa Almasih. Hari raya ini penting baik bagi umat Katolik maupun Kristen Protestan karena memperingati turunnya Roh Kudus.

Tritunggal Mahakudus (Holy Trinity)
Hari raya ini jatuh pada hari Minggu pertama setelah Pentakosta. Hari raya ini dirayakan untuk menghormati Tritunggal Mahakudus (Bapa, Putra, dan Roh Kudus).

Corpus Christi
Hari raya Corpus Christi dirayakan pada hari Kamis sesudah Holy Trinity. Hari raya ini memperingati sebuah mukjizat dimana roti hosti dan anggur pada suatu perayaan Ekaristi berubah sungguh-sungguh menjadi daging dan darah Yesus Kristus.

Hati Kudus Yesus (Sacred Heart)
Hari raya ini dirayakan tepat jatuh 19 hari setelah Pentakosta dan selalu jatuh pada hari Jumat.

Transfigurasi
Hari raya ini dirayakan pada 6 Agustus dan memperingati peristiwa Transfigurasi Yesus dimana Yesus berubah rupa tepat di hadapan ketiga murid, yaitu Petrus, Yohanes, dan Yakobus.

Kenaikan Bunda Maria (Assumption)
Hari raya ini sesuai namanya dirayakan untuk memperingati kenaikan Bunda Maria ke surga. Hari raya ini dirayakan pada tanggal 15 Agustus.

Semua Orang Kudus (All Saints)
Hari raya All Saints yang disebut juga All Hallow ini dirayakan pada 1 November untuk memperingati semua orang kudus yang sudah meninggal. Uniknya, satu malam sebelum hari raya ini dikenal sebagai hari Halloween. Kata “Halloween” berasal dari kata “All Hallow’s Eve” atau malam All Hallow.

Hari Arwah (All Souls)
Hari raya ini merupakan kesempatan bagi semua orang Katolik mendoakan keluarga atau kerabat yang sudah meninggal dunia. Hari raya ini jatuh tepat sehari setelah All Saints, yaitu 2 November dan biasanya diisi dengan berziarah ke makam.

Kristus Raja
Hari raya ini dirayakan pada hari Minggu terakhir sebelum 27 November.

Bunda Maria Dikandung Tanpa Noda (Immaculate Conception)
Hari raya Immaculate Conception memperingati dikandungnya Bunda Maria tanpa noda (dosa asal). Hari raya ini diperingati 8 Desember, sekitar 9 bulan sebelum hari raya Kelahiran Bunda Maria (8 September).

Keluarga Kudus
Hari raya ini dirayakan untuk menghormati Keluarga Kudus, yaitu Yesus, Bunda Maria, dan Santo Yosef. Hari raya ini dirayakan pada hari Minggu sebelum Natal.

Natal
Hari raya Natal seperti semua orang tahu merupakan hari raya untuk memperingati kelahiran Yesus. Umat Katolik sudah mulai merayakan Natal sejak sebulan sebelum Natal tiba, yaitu disebut bulan Adven. Tradisi dari hari raya ini tentu saja pohon Natal dan bertukar kado. Hari raya ini jatuh pada 25 Desember, namun ada juga aliran Kristen yang bernama Kristen Ortodoks yang merayakannya tiap 6 Januari. Sedangkan gereja Adven, salah satu aliran dalam gereja Kristen Protestan justru tidak merayakan Natal. Hari raya ini juga menutup seluruh perayaan umat Katolik selama setahun.

Bulan-bulan Suci
Selain hari raya, umat Katolik juga merayakan bulan-bulan suci, semisal 40 hari sebelum Paskah disebut Bulan Prapaskah dan diisi dengan berpuasa, berpantang, dan beramal. Sebulan sebelum Natal disebut Bulan Adven. Bulan Mei dan Oktober dikenal sebagai Bulan Maria dan Bulan Rosario dimana umat Katolik dianjurkan berziarah ke Gua Maria dan mengikuti upacara Jalan Salib. Terakhir bulan September dikenal dengan Bulan Kitab Suci dimana umat Katolik diwajibkan memperdalam kitab suci.

2 comments:

  1. Saya suka dengan postingan-postingan di blog kamu.
    Boleh saya minta ijin untuk mengambil beberapa materi pada postingan kamu?
    Silahkan berkunjung sesekali ke blog saya ya :)
    http://duniaamerahh.blogspot.com/
    Salam Blogger :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke silakan aja asal dikasih link asalnya :D

      Delete