Thursday, August 29, 2013

10 STRUKTUR ALAMI YANG SEOLAH DIBUAT OLEH MANUSIA

 

montage21

Dalam postinganku kali ini, aku akan membahas sesuatu yang sangat unik, yaitu struktur2 yang sebenarnya terjadi secara alami, namun kelihatan seperti dibuat oleh manusia. Ada batu2an yang mirip paving, gedung, hingga mirip manusia. Unik kan? Berikut ini 10 struktur alami yang terlihat seperti dibuat oleh manusia.

1. Sleeping Giant (Irlandia)

dead-man1

Di lepas pantai Irlandia, tepatnya di dekat Pulau Blasket, terdapat pemandangan menakjubkan yang disebut raksasa tidur ini. Dari kejauhan, formasi bebatuan ini memang mirip manusia yang sedang tertidur dan memukau imajinasi manusia selama ribuan tahun.

2. Indian Face (AS)

montage12

Di Pegunungan Colorado terdapat ukiran wajah mirip kepala suku Indian yang terbentuk secara alami tanpa sedikitpun campur tangan manusia. Menarik bukan?

3. Giant Causeway (Irlandia)

black_rock_10b

Terlihat seperti paving buatan manusia, struktur ini sebenarnya batuan beku yang berasal dari magma gunung berapi yang dengan cepat membeku ketika bertemu air laut. Melihat bentuk geometrisnya memang sukar dipercaya kalau ini adalah buatan alam. Batu2an seeprti ini juga bisa ditemukan di berbagai belahan dunia, termasuk di Pulau Jeju, Korea.

4. Old Man of The Mountain (AS)

Fallen_Arches_4b1

Struktur batuan di White Mountain di New Hampshire ini memang mirip wajah seorang pria tua dilihat dari samping. Namun ini bukanlah bentukan manusia, melainkan diukir oleh glasier yang mencair jutaan tahun lalu. Namun sayang struktur unik ini runtuh pada 2003 yang lalu dan hanya tinggal kenangan. Tapi sekilas dilihat, mirip wajah Optimus Prime ya hahaha.

5. Yonaguni Monument (Jepang)

yonaguni1

Struktur yang terlihat di dasar perairan Jepang ini memang banyak memicu perdebatan. Banyak ilmuwan yang menganggap struktur ini buatan alam, namun ada juga yang berpendapat ini adalah kota kuno yang tenggelam. Struktur ini memang dikenal rumit sebab memiliki banyak bentuk mirip anak tangga.

6. Sphinx (Pakistan)

sphinx1

Terletak di Hingol National Park di Pakistan, batuan ini memang mirip Sphinx yang agung dari Mesir. Namun sesungguhnya struktur ini terbentuk karena erosi angin selama jutaan tahun.

7. Eagle Mountain (Yadz, Iran)

Hawk_Taft4

Terletak di desa Farashah, gunung batu ini memang tampak seperti seekor elang yang sedang hinggap. Keren ya?

Hawk_Taft3

Selain itu, di Sabalan, Iran juga terdapat batu berbentuk elang ini. Benar2 terbentuk karena proses alami lho.

Sabalan_Eagle1

8. Jembatan alami

naturalbridge002d

Jembatan2 alami ini terdapat di berbagai penjuru dunia, mulai dari Amerika hingga Australia. Dan jembatan2 ini tak kalah indah dengan buatan manusia.

Fallen_Arches_7b

9. Badlands Guardian (Kanada)

faceonearth

Wajah ini ditemukan oleh Lynn Hickox lewat Google Earth di Medicine Hat dekat Alberta, Kanada. Walau sulit dipercaya, wajah ini sebenarnya adalah formasi geologi alami.

10. Cydonia (Mars)

dm

Dari Bumi kita beralih ke penemuan menghebohkan di Planet Mars. Cydonia merupakan suatu wilayah di Mars yang menarik perbincangan para ahli hingga orang2 awam yang percaya akan keberadaan alien. Di Cydonia terdapat struktur yang dikenal sebagai “wajah Mars”. Bahkan terdapat pula struktur yang menyerupai piramid.

mars_face   marte22_07

Wajah di Mars lain yang dapat diamati adalah Libya Montes. Namun para ahli beranggapan ini adalah suatu bentuk “pareidolia” yaitu kebiasaan manusia mengganggap struktur alami seperti memiliki wajah manusia.

FaceMars4

BONUS:

Dua gambar ini kuperoleh dari forum skyscrapercity, namun belum dapat aku cross-check kebenarannya. Yang pertama disebut Solomon Citadel di Gachsaran, Iran.

solomon

Yang ini aku bingung, di forum disebutkan namanya Laoniuwan Canyon, namun kucari di google namanya Tsaparang di Ngari, Tibet.

Laoniuwan canyon

Menakjubkan bukan, seperti kota dari batu.

1 comment: